Rekomendasi Wisata Peternakan Domba Untuk Edu Farm di Jateng

4 Rekomendasi Wisata Peternakan Domba di Jateng

Wisata edukasi bertema peternakan menawarkan pengunjung tidak hanya piknik tetapi juga tujuan liburan di akhir tahun. Tur ini mengajarkan orang tentang fakta baru yang menyenangkan tentang hewan ternak. Seperti halnya dengan wisata peternakan domba di Jateng yang kian rami pengunjung.

Selain itu, Anak anak juga bisa menikmati lokasi dimana domba atau kambing ini dipelihara secara terbuka di alam liar atau juga didalam kandang. Mereka bisa memberi makan dan berinteraksi langsung dengan kawanan domba ini. Dengan demikian, anak anak akan semakin mencintai hewan ternak, belajar merawat sambil memberinya makan.

Selain itu, tentu saja akan memberikan efek positif untuk dunia peternakan Indonesia dan meningkatnya produktivitas dalam sektor peternakan, khususnya kambing atau domba ini.

Wisata Peternakan Domba

Kebun binatang berfungsi sebagai lokasi liburan keluarga yang penuh canda tawa dan edukasi tentang hewan. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk menyampaikan pentingnya hewan melalui pelajaran tentang spesies liar, hewan jinak, dan hewan yang terancam punah. Berbicara tentang hewan jinak, domba adalah salah satu hewan ternak yang jinak dan bisa menjadi teman bagi anak anak. Selain itu, banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari hewan ternak ini, diantaranya adalah kulit, bulu, daging dan juga susu domba.

Dengan mengajari anak beberapa hal tentang domba, akan semakin menambah kecintaan anak terhadap hewan ini dan memberikan pelajaran tentang bagaimana berinteraksi dengan makhluk lain ciptaan Allah.

Di dalam kandang yang bersih dan terawat, pengunjung belajar tentang perawatan ternak sebelum menjelajahi serangkaian ruangan. Setelah menerima tur, pengunjung dapat mencicipi susu dari sapi bersih yang ditempatkan di lokasi. Pengunjung dapat membayar untuk minum susu langsung dari kendi pencampur. Ini disebut susu murni dan harganya terjangkau.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke peternakan domba, Berikut rekomendasi tempat wisata edukasi peternakan domba di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga tercinta saat liburan.

1. Menggala Ranch Banyumas

Objek wisata Peternakan Menggala Banyumas terletak di Jawa Tengah yang merupakan salah satu kawasan desa tropis Indonesia. Disini Anda bersama keluarga dapat menikmati karakteristik negara yang memiliki empat musim.

Taman petualangan menampilkan pemandangan alam dan udara yang menyegarkan. Mereka juga memiliki ayam, kelinci, kambing dan ikan. Taman ini juga menawarkan Atraksi keindahan alam hijau dan ini sangat cocok untuk tamasya keluarga. Bahkan Anak anak dapat memberi makan setiap hewan dengan makanan yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Wisata Edukasi Menggala Ranch Banyumas memiliki padang rumput hijau dengan kawanan domba yang merumput membuat para pengunjung merasa segar untuk melihatnya.

Karena alam dan perbukitan di belakangnya, orang-orang dari segala usia suka menghabiskan waktu di taman. Secara alami, bahkan anak-anak tertarik padanya. Bahkan tidak sedikit para pengunjung wisata edukasi peternakan memutuskan untuk kembali lagi setelah melihat ladang hijau dan perbukitan di belakang mereka. Melihat ternak berkeliaran bebas di tengah perbukitan dan rerumputan hijau pasti menjadikan pengalaman tersebut sangat menyenangkan.

Lokasi Wisata

Wisata Peternakan Menggala terletak di desa Karang Tengah – Kecamatan Cilongok – Kabupaten Banyumas. dimana Anda cukup menghhabiskan waktu 45 menit untuk menuju ke sana dari pusat kota Purwokerto. Selain dialek Cilongok dan tempe mendoan, pengunjung juga kerap berwisata ke peternakan untuk menikmati liburan.

Dengan harga yang murah, siapapun bisa berfoto dengan pemandangan alam yang indah dan menikmati aktivitas yang menyenangkan. Beli saja tiket masuk seharga 20K untuk setiap orang, dengan biaya parkir 2 ribu untuk sepeda motor, atau 5 ribu untuk mobil.

Meskipun awalnya dibangun sebagai pusat penelitian ternak, alam yang indah dari pusat tersebut dengan cepat membuatnya menjadi objek wisata.

Pertumbuhan jumlah wisatawan sekarang semakin meningkat untuk mengunjungi peternakan besar dengan nuansa Eropa ini. Maka beberapa pihak berusaha mengelola secara profesional destinasi yang semakin populer ini dikalangan anak muda, anak anak dan orang tua. Peternakan ini memiliki sapi dan kambing yang berkeliaran bebas di tengah lapang berbukit.

Objek wisata Peternakan Menggala dibuka di sebelah taman Teletubbies pada tahun 2021. Taman Teletubies sendiri cukup dikenal dengan alamnya yang indah dan juga menjadi objek wisata. Namun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke peternakan Menggala tersebut sudah cukup banyak meskipun baru saja buka. Keindahan kawasan yang memukau masih menjadi daya tarik banyak wisatawan yang ingin berfoto. Dan bahkan ternak di kawasan ini menawarkan interaksi gratis bagi wisatawan yang datang. Bahkan Anda juga bisa memberi makan atau memerah susu sapi karena selain domba, adapula sapi yang dipelihara di tempat ini.

Ada banyak spot foto, serta tempat istirahat dan peralatan bermain. Taman ini juga memiliki bangku taman untuk bersantai, toko suvenir, dan gerai kuliner.

2. Rajendra Farm Jogja – Wisata Peternakan Domba Joga

Rajendra Farm adalah wisata edukasi yang direkomendasikan yang mengajarkan tentang peternakan kambing dan domba terintegrasi melalui program pelatihan terpadu. Ada 2 jenis kambing yang diternak disini yakni kambing Sapera atau Saanen yang mana keduanya penghasil susu untuk diolah menjadi yogurt.

Daging kambing sering dijadikan makanan kaleng. Misalnya, gulai kambing dan tongseng yang biasa dikemas dalam kaleng. Daging kambing biasa dijadikan santapan di restoran oleh pemiliknya. Ini adalah salah satu dari banyak program pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar lokasi.

Peternakan Rajendra membuat daging olahannya – yang meliputi penyembelihan, memasak, dan pengalengan – di ruang terpisah. Mereka menggunakan koki khusus untuk menyiapkan daging tersebut sebelum mengolahnya menjadi produk jadi.

Ada panggung yang terbuat dari bambu berbentuk gunung yang terletak di sini yang biasanya bisa digunakan untuk pertunjukan outbond. Ini juga memiliki ruang besar untuk teater yang dapat digunakan untuk pertunjukan outbond.

Terdapat bangunan berbentuk limasan di kawasan Rajendra Farm untuk restoran dan wisata kuliner seperti tongseng. Tempat ini juga biasa digunakan untuk acara resmi seperti acara kunjungan dinas, rumah pelatihan dan konferensi.

Wisata peternakan domba untuk tujuan pendidikan di Rajendra Farm mulai beroperasi pada tahun 2018. Ini dapat menampung hingga 1500 ekor kambing yang mana tempat ini berada di lokasi Widosari Ngargosari Samigaluh, Kulon Progo Yogyakarta. Untuk dapat menikmati wisata edukasi di tempat ii, Anda harus merogoh kocek sebesar 35 ribu untuk setiap orang.

3. Mojodadi Farm Gribig Kudus

Belajar peternakan kambing atau domba itu kini semakin mudah, terutama jika anda sebagai warga Kudus atau disekitar lokasi. Tempat tersebut berada di Desa Gribig Kecamatan Gebog yang mana terdapat tempat bernama Mojodadi Farm, yakni sebuah bisnis peternakan domba.

Peternakan Mojodadi terkenal karena kegiatan pendidikannya yang berkaitan dengan peternakan ayam dan kambing serta domba. Tempat ini terkenal dengan lokasi pencahayaannya yang romantis yang mana dulunya tempat transaksi terlarang. Selain menjadi peternakan bagi desa wisata Gribig terdekat, situs tersebut juga menjadi situs wisata edukasi di tahun 2019. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan pendapatan yang dihasilkan oleh kelompok ternak yang dikelola oleh warga daerah tersebut.

Sekitar 100 ternak domba hidup di Peternakan Mojodadi. Di tempat peternakan ini juga Anda dapat belajar tentang pembuatan pakan ternak dan bagaimana beternak domba. Orang yang sering datang ke tempat ii adalah mahasiswa, anggota masyarakat atau pejabat. Mereka belajar tentang pupuk organik dan peternakan domba dan samping aspek lain dari berkebun.

Mojodadi Farm berfungsi sebagai pusat wisata pendidikan dan pelatihan. Tujuan utamanya adalah untuk mengajari masyarakat cara membuat kompos, menanam campuran dan cara menabur terong dan cabai. Sayangnya tempat ini memang diperuntukkan untuk pendidikan, karena tidak tersedia fasilitas yang menjadikan tempat untuk rekreasi bersama keluarga. Jadi lebih ke wisata edukasi dan pelatihan untuk pendidikan.

4. Rumah ternak Jagad Domba Semarang

Saat Erwan memperkenalkan wisata edukasi dengan menerapkan ide beternak dan pembibitan domba, tanpa disadari ia justru telah membuka wisata baru di Desa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang.

Sekitar Februari 2021, Rumah Jagad Domba dibuka di dekat taman komunitas yang indah. Ini adalah peternakan di mana domba tinggal dan itu jauh dari pemukiman warga terdekat.

Ada banyak tempat wisata terdekat disekitar lokasi, seperti Desa Wisata Kalongan, yang memudahkan akses menuju ke peternakan Jagad Domba. Pada mulanya, tempat ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak yang digunakan sebagai kambing kurban ataupun aqiqah. Namun karena tingkat kebersihan yang sangat dijaga menjadikan tempat ini sebagai wisata peternakan domba.

Kebersihan tempat ini memang tidak biasa untuk peternakan kambing pada umumnya. Namun, peternakan domba milik Erwan menjadi pengecualian karena kenyamanan yang dirasakan wisatawan berada di sana.

Konsep Kandang Domba

Kandang untuk domba di Jagad Domba ini menggunakan konsep kandang modern yang mana tempat pembuangan kotoran domba dbuat terpisah dari kandang. Dengan konsep ini, maka untuk proses pembuatan pupuk organik jadi lebih mudah terkontrol.

Peternakan domba adalah usaha bisnis baru yang menjanjikan yang digeluti oleh pemilik Jagad Domba selama pandemi yang sedang berlangsung. Dia membangun Jagad Domba di tengah pandemi virus yang tak berkesudahan.

Ada sekitar 100 domba yang dipelihara di tempat ini dan mereka semua berada didalam kandang yang cukup bersih sehingga banyak anak anak yang menyukai tempat ini untuk belajar memelihara domba dan menyayangi mereka.

Bahkan, Ada juga bisa membeli domba domba yang dipelihara disini karena selain menyediakan pupuk kandang untuk perkebunan, domba yang dipelihara memang untuk dijual sebagai konsumsi daging kurban dan aqiqah.

Nah sahabat JogloNesia, dengan mengunjungi destinasi wisata peternakan domba, tentu saja akan memberikan Anda wawasan yang lebih luas tentang peternakan domba dan bagaimana memanfaatkan limbah dari hasil peternakan. Dengan demikian, anak anak yang Anda ajak mengunjungi tempat ini akan semakin memahami dan mencontai hewan, terutama domba.