Kegiatan Perayaan Hari Sumpah Pemuda, Logo dan Sejarahnya
credit image: www.kemenpora.go.id

Kegiatan Perayaan Hari Sumpah Pemuda, Logo dan Sejarahnya

Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini akan digelar pada hari Jumat 28 Oktober 2022 nanti. Tentu saja, peringatan hari sumpa pemuda tahun ini akan berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini merupakan Perayaan Sumpah Pemuda yang ke 94 dan Menteri Pemudan dan Olahrga Indonesia mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” pada perayaan kali ini.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia telah memberikan Pedoman Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022. Pedoman ini menguraikan banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari ini.

Kemenpora mewajibkan semua pihak untuk mengikuti setidaknya lima ketentuan dalam perayaan Sumpah Pemuda

  • Setiap lembaga akan menggelar upacara bendera pada 28 Oktober 2022.
  • Pajangan spanduk, media luar dan dalam ruangan serta media sosial sepanjang bulan Oktober untuk memeriahkan hari ikrar Hari Sumpah Pemuda 2022.
  • Menyelesaikan protokol kesehatan COVID-19 dan membangun persatuan melalui kegiatan pemuda sangat penting untuk mempertahankan bulan yang didedikasikan untuk kaum muda.
  • Sekolah, kelompok agama, Pramuka dan organisasi pemuda semuanya memiliki peran untuk dimainkan.
  • Mengunduh logo, tema, dan tagline Hari Sumpah Pemuda yang ditautkan adalah satu-satunya cara untuk menggunakan materi ini. Download Logo Sumpah Pemuda disini.
  • Orang-orang juga dapat berpartisipasi dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan menambahkan twibbon ke profil media sosial mereka. Halaman khusus link diatas berisi informasi cara download logo Sumpah Pemuda 2022.

Tentang Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah sebuah gerakan yang dimulai oleh para remaja Indonesia untuk merdeka (NKRI) dari penjajah. Mereka memutuskan untuk berjanji satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air.

Nilai-nilai Sumpah Pemuda harus diamalkan setiap hari. Diantaranya rasa cinta tanah air, kekeluargaan, patriotisme dan persatuan, tanggung jawab, gotong royong, musyawarah dan keyakinan akan perdamaian.

Pelajari lebih lanjut tentang Sumpah Pemuda dengan penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928)

Sumpah Pemuda diawali dengan kongres yang diprakarsai oleh Persatuan Pelajar Indonesia atau biasa disebut PPPI. Kongres ini dihadiri oleh kelompok pemuda dari seluruh Indonesia.

Selama tiga hari pertemuan mereka, para peserta kongres menghasilkan Sumpah Pemuda. Ini termasuk Sekar Rukun, Pemuda Betawi, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Java dan Jong Sumatranen Bond. Masing-masing kelompok ini bertemu di tiga lokasi dan bangunan terpisah.

Rapat Pertama (Sabtu, 27 Oktober 1928)

Soegondo berharap kongres pertama ini dapat menginspirasi para pemuda untuk bersatu padu. Dengan demikian, Katholieke Jongenlingen Bond Building di Lapangan Banteng mengukuhkan niatnya.

Pemuda dan konsep persatuan dibahas lebih lanjut dalam pidato Mohammad Yamin. Menurutnya, lima faktor utama yang meningkatkan persatuan pemuda di Indonesia adalah sejarah negara, bahasanya, hukumnya, sistem pendidikannya, dan budayanya.

Rapat kedua (Minggu, 28 Oktober 1928)

Sarmidi Mangoensarkoro dan Poernomowoelan sama-sama sepakat bahwa setiap anak harus mengenyam pendidikan nasional. Mereka juga percaya bahwa pendidikan di rumah harus diimbangi dengan pendidikan di sekolah. Kedua pembicara kembali bertemu di Gedung Oost-Java Bioscoop untuk melanjutkan pembahasan pendidikan. Diskusi ini mengarah pada penciptaan pedoman pendidikan baru.

Rapat ketiga (Minggu, 28 Oktober 1928)

Soenario memaparkan nilai nasionalisme dan demokrasi serta kepramukaan kepada gerakan pemuda dalam pertemuan ketiga yang digelar di Gedung Indonesian Clubhouse Keramat. Gedung ini sekarang diperingati sebagai Gedung Sumpah Pemuda.

Ramelan menyebutkan bahwa kepramukaan harus dianggap sebagai bagian dari gerakan nasional. Sejak usia sangat muda, kepramukaan mendorong anak-anak untuk disiplin dan mandiri. Ini diperlukan untuk setiap upaya perlawanan. Pada pertemuan ketiga, Sumpah Pemuda diputuskan oleh kongres.

Kongres ditutup dengan penampilan WR Supratman Indonesia Raya yang mendapat standing ovation dari para pemuda yang hadir.

Lagu tersebut ditulis oleh WR Supratman dalam tiga bait terpisah. Namun, kebanyakan orang tidak tahu bahwa lagu ini dinyanyikan hanya satu bait. Baris pertama bait ketiga jauh lebih dikenal dan diingat oleh orang Indonesia daripada dua lainnya. Akibatnya, Indonesia Raya menjadi lagu kebangsaan dan panji di mana bangsa Indonesia terbentuk.

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan bagian penting dari budaya Indonesia; itu berfungsi sebagai peristiwa sejarah dan tujuan keagamaan. Ikrar pengabdian anak-anak muda Indonesia ini merupakan perwujudan dari desakan mereka untuk mempertahankan kemerdekaan mereka dari jajahan asing.

Sifat patriotik Sumpah Pemuda berasal dari ikrarnya untuk membela negara. Sumpah inilah yang menjadi dasar sumpah pemuda:

Menyatukan Perjuangan Rakyat Indonesia

Upaya pemuda untuk mempersatukan bangsa Indonesia dimulai dengan perjuangan mereka untuk Sumpah Pemuda. Mereka menghabiskan waktu, energi, fokus moral dan bahkan uang untuk memperjuangkan tujuan mereka.

Setiap upaya untuk mempromosikan persatuan dan kemajuan harus terus berlanjut melampaui generasi saat ini. Hal ini karena semangat juang dan energi positif yang mereka berikan.

Karena energi positif sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa Indonesia, maka para pejuangnya harus terus menularkan semangat ini.

Penekanan Kebanggaan akan Bahasa Indonesia

UUD 1945 mencantumkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Semua orang Indonesia menggunakan bahasa ibu mereka untuk berkomunikasi, dan itu adalah satu-satunya bahasa yang tercantum dalam pasal 36 UUD.

Bahasa Indonesia perlu menonjolkan kebanggaannya karena perubahan bahasanya menggesernya. Selain itu, ini penting karena tren saat ini. Kecerdasan dan kecintaan seseorang pada negaranya terhambat jika mereka kurang fasih berbahasa. Menciptakan ide-ide baru dan mengekspresikan emosi menggunakan bahasa juga sulit.

Menjaga Keutuhan Bangsa Indonesia

Pengajaran sejarah di sekolah sangat penting untuk menanamkan rasa nasionalisme pada generasi muda. Hal ini karena menjaga keutuhan bangsa merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat.

Generasi muda saat ini memahami teknologi karena pengaruhnya terhadap ide-ide mereka. Mereka harus berhati-hati untuk menggunakan teknologi secara bertanggung jawab sehingga mereka memahami masalah negara mereka saat ini.

Dalam buku Atlas Sejarah Indonesia dan Dunia, Anda dapat menemukan banyak peristiwa besar yang dikenang baik oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Salah satu acara tersebut di bawah ini.

Naskah Asli Sumpah Pemuda

PERTAMA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,
TANAH INDONESIA.

KEDOEA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,
BANGSA INDONESIA.

KETIGA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN,
BAHASA INDONESIA.

Itulah tadi info terbaru rangkaian perayaan hari sumpah pemuda, logo yang harus digunakan dan juga sejarah singkat bagaimana terjadinya peristiwa sumpah pemuda.