pembatalan tabungan rencana mandiri
Photo Ilustrasi Pembatalan Tabungan Berjangka Mandiri

Pembatalan Tabungan Rencana Mandiri, Begini Cara Paling Mudah

Pembatalan tabungan rencana mandiri bisa Anda lakukan sendiri melalui aplikasi Livin by Mandiri atau juga langsung ke Kantor cabang Mandiri terdekat. Namun tentu saja ada biaya yang harus Anda tanggung karena sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam perjanjian saat pembuatan atau pembukaan tabungan rencana mandiri.

Untuk lebih detail tentang cara pembuatan akun, cek saldo dan syarat bisa Anda baca di berita sebelumnya dengan judul Cara Cek Saldo Tabungan Rencana Mandiri.

Alasan Pembatalan Tabungan Rencana Mandiri

Tentu saja, ada berbagai macam alasan kenapa Anda memilih untuk malakukan pembatalan mandiri tabungan rencana ini. Bisa jadi karena memang adakebutuhan mendesak atau juga karena sudah tidak bisa legi melakukan setoran rutin tiap bulan.

Bank Mandiri menawarkan produk tabungan yang diberi nama Tabungan Rencana Mandiri (TRM). Ini dimaksudkan agar klien menyisihkan dana untuk setoran otomatis selama kesepatakan yang bisa dimulai dari 1 hingga 20 tahun.

Namun tabungan rencana mandiri ini dibuat setelah Anda memiliki akun rekening mandiri biasa. Jadi dalam artian Anda memiliki 2 rekening yang berbeda di Mandiri. Hanya saja, rekening kedua ini memiliki aturan wajib setor tiap bulan minimal 100 ribu rupiah.

Setelah jangka waktu yang Anda ambil berakhir, peserta dapat memilih untuk melanjutkan program mereka di akun terpisah atau mentransfernya ke akun induk mereka. Tidak ada biaya tambahan untuk menghemat uang melalui metode ini, namun peserta awalnya setuju bahwa tanggal debet bulanan mereka juga akan ditetapkan.

Biasanya bagi karyawan maupun pegawai yang menerima gaji bulanan akan cocok dengan metode ini. Hal in karena mereka setiap bulan akan menerima hasil dari jerih upayanya dan ada kepastian untuk berapa tahun dalam mengambil rencana tabungan Mandiri.

Biaya Pinalti Autodebit Yang Gagal

Bank menggunakan auto-debit yang diambil dari rekening induk sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Jika tanggal pengaturan setoran tidak ditetapkan, dana akan secara otomatis dipotong dari rekening induk. Hal ini dapat menyebabkan orang secara tidak sengaja mengabaikan fitur tersebut, menyebabkan mereka terkejut ketika itu terjadi

Bank mengenakan biaya Rp. 5000 sebagai biaya untuk setiap debit yang gagal. Maksudnya, jika selama 2 bulan tidak ada setoran, atau rekening induk kosong, maka bulan selanjutnya akan di debit 2 kali plus tambahan biaya pinalti sebesar 5 ribu rupiah.

Namun, jika selama 3 kali atau 3 bulan secara berturut-turus Bank gagal melakukan autodebit, maka tabungan rencana mandiri tersebut dinyatakan berakhir. Lantas, bagaimana dengan saldo yang sudah ada di rekening tersebut? Tidak perlu kawatir, saldo Anda aman dan akan di transfer pihak Bank ke rekening Induk tanpa ada biaya pinali tambahan. Karena itulah, syarat utama memiliki rekening Induk menjadi prioritas disini.

Biaya Pinalti Pembatalan Tabungan Berjangka Mandiri

Diatas dijelaskan bahka tidak ada biaya tambahan sebagai biaya pinalti karena pembatalan tabugan rencana mandiri yang disebabkan karena gagal setor atau ggal autodebit selama 3 bulan berturut turut.

Namun, berbeda cerita jika Anda secara sengaja membatalkan tabungan rencana mandiri dan segera menarik dana yang ada untuk dipindah ke akun rekening Induk sebelum batas jangka waktu berakhir.

Biaya pinalti dalam kasus ini dikenakan sebesar 150 ribu rupiah plus tambahan biaya bungan sebesar 5 ribu rupiah. Selain itu masih ada beberapa biaya lagi seperti pajak, namun jumlahnya tidak besar.

Cara Pembatalan Tabungan Rencana Mandiri

Untuk cara membatalkan Tabungan rencana Mandiri dalam hal ini ada 3 cara, yakni melalui mandiri online, lewat aplikasi livin dan juga datang lansgung ke kantor cabang mandiri terdekat.

Pembatalan Melalui Kantor Cabang

Untu cara pertama pembatalan tabungan rencana mandiri bisa melalui kantor cabang terdekat. Hal yang perlu Anda persiapkan adalah buku rekekning mandiri dan juga identitas diri bisa berupa KTP atau SIM.

Cara ini lebih mudah karena Anda cukup datang ke kantor Mandiri dan menyampaikan kepada pihak Bank tentang maksud dan tujuan Anda. Hanya saja, Anda harus siap untuk mengantri dan keluar rumah dengan lalu lintas yang padat.

Namun, Anda akan mendapatkan pejelasan yang lebih detail dari pihak Customer Service Bank Mandiri. Ini biasa dilakukan bagi mereka yangtidak memiliki akun mandiri online atau juga tidak ada jaringan Internet.

Pembatalan TRM Melalui Aplikasi dan Mandiri Online

Cara pembatalan tabungan rencana Mandiri selanjutnya bisa dilakukan melalui mandiri online atau internet bankink dan juga melalui aplikasi livin by mandiri.

Caranya hampir sama, hanya terdapat perbedaan pada akses saja. Untuk melakukan pembatalan ini, silahkan kunjungi https://ibank.bankmandiri.co.id/ melalui browser HP maupun laptop Anda. Pastikan koneksi internet tersedia dan tidak ada gangguan.

Sebelum melakukan pembatalan ini, Anda harus mempersiapkan data sertifikat TRM (Tabungan Rencana Mandiri) yang dulu diberikan oleh Bank Mandiri. Biasaya sertifikat ini mirip dengan nomor rekening dengan tambahan huruf sebelum rekening yang disebut sebagai perfik sertifikat. Contohnya AP 174xxxxx, nah AP ini adalah perfik sertifikat dan angka dibelakngan disebut sertifikat.

Panduan pembatalan tabungan rencana mandiri sebagai berikut.

  • Login dengan menggunakan akun dan password Internet Bangkin Mandiri Anda.
  • Lanjut menekan titik 3 dibagian kanana atas yang mana in merupakan menu dasar.
  • Kemudian silahkan pilih opsi pembatalan tabungan rencana mandiri
  • Pilih rekening TRM Anda.
  • Layar akanmenampilkan sejumlah perincian mulai dari Saldo, Biaya Pinalti, Biaya administrasi dan juga pajak.
  • Lanjut dengan mengisi Perfik Sertifikat. (2 huruf abjad paling depan)
  • Selanjutnya isi nomor sertifikat pada kolom yang disediakan
  • Lanjut dengan menekan menu transfer ke rekening tujuan (rekening Induk)
  • Tekan tombol Lanjut dan isi dengan PIN Mandiri Online Anda.
  • Selesai dan silahkan cek saldo yang ada di rekening induk Mandiri Anda.

Cukup mudah bukan bagaimana cara pembatalan tabungan rencana Mandiri melalui aplikasi atau secara online. Jadi, tidak perlu lagi datang ke kantor cabang mandiri karena bisa dilakukan sendiri.