Budidaya Durian Musang King

Cara Budidaya Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Peluang budidaya durian musang king di Indonesia makin terlihat. Meski varietas durian ini berasal dari Malaysia, tapi di Indonesia durian ini juga bisa tumbuh dengan baik. Suasana iklim Malaysia dan Indonesia memang sama. Hal ini dikarenakan kedua negara ini berada di kawasan Asia Tenggara dengan curah hujan tinggi.

Selain itu, penduduknya berasal dari satu rumpun yang sama. Tak heran jika sama-sama suka durian. Nah, jika kamu ingin belajar budidaya durian musang king, simak artikel ini sampai akhir ya! Temukan cara menanam durian musang king yang bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun.

Mengenal Buah Durian Musang King

Kita mengenal banyak jenis durian. Negeri Malaysia berhasil menciptakan varietas durian baru dengan nama musang king. Durian ini buahnya besar-besar dengan daging tebal dan biji kecil. Daging durian berwarna kuning dan rasanya manis kombinasi manis. Tekstur daging buah juga lembut dan lunak dengan aroma yang tajam. Oleh karena itu, buah ini banyak disukai, baik oleh masyarakat daerah asalnya maupun di Indonesia.

Durian musang king berasal dan tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia dan Malaysia. Idealnya pohon durian jenis ini akan tumbuh dengan baik dengan suhu rata-rata 23 derajat Celsius. Memang, pohon ini bisa tumbuh di daerah dengan suhu 10 derajat Celsius, tapi perkembangannya tidak akan sebaik saat berada di lingkungan tropis.

Buah dengan nama ilmiah Durio Zibenthinus L ini memiliki banyak penggemar hingga ke luar negeri. Budidaya durian musang king peluangnya masih tinggi. Selain bisa dimakan langsung, buah ini biasa diolah menjadi makanan lain seperti dodol, kue, pancake, bahkan es krim.

Kandungan Gizi

Durian musang king memiliki kandungan gizi berupa karbohidrat, lemak, dan protein. Buah ini juga memiliki zat-zat lain seperti vitamin C, vitamin B, zat besi, seng, thiamin, magnesium, kalium, riblofavin, serta omega 3 dan 6. Durian musang king juga mengandung antioksidan, polyphenol, phytonutrient, dan phytosterol. Semuanya baik bagi kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi durian musang king dapat menghangatkan tubuh saat musim hujan. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bisa mencegah kanker. Selain itu, vitamin C yang terkandung pada buah ini membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Phytosterol dikenal sebagai zat yang bisa mengurangi reaksi tumor. Serta masih banyak lagi manfaat mengonsumsi durian lainnya.

Meski banyak manfaat yang dimiliki oleh durian, mengonsumsinya terlalu banyak bisa mengakibatkan sakit perut. Beberapa orang bahkan alergi terhadap buah ini. Beberapa lainnya kurang menyukai aroma durian. Namun, durian musang king tetap menjadi favorit banyak orang yang memang menyukai buah dengan daging lembut ini. Jadi, peluang untuk membudidayakannya tepat besar.

Cara Budidaya Durian Musang King

Pada dasarnya, menanam durian musang king tak jauh berbeda dengan menanam pohon durian lainnya. Budidaya durian musang king dimulai dari mempelajari lingkungan tumbuh, menyiapkan lahan, melakukan pembibitan, merawat, sampai tiba saatnya memanen. Semua ini perlu proses dan waktu yang tidak sebentar.

Lingkungan Tempat Budidaya

Beberapa orang telah membudidayakan durian musang king dan mendapati bahwa pohon jenis ini bisa tumbuh di daerah Jawa yang lokasinya 400-600 meter di atas permukaan laut. Curah hujan rata-rata 2000 mm per tahun. Namun, durian ini juga bisa tumbuh di daerah yang ketinggiannya mencapai 1000 meter di atas permukaan laut.

Artinya kita bisa menanam durian di mana saja, asal bisa merawatnya dengan baik seperti halnya budidaya jeruk santang madu. Tentu ada perbedaan antara durian yang ditanam di daerah dataran tinggi dan rendah. Durian yang tumbuh di daerah rendah memiliki warna yang lebih pekat, sedang di daerah yang lebih tinggi warna daging cenderung pucat. Selain itu, masa pertumbuhan durian di daerah yang menyentuh hampir 1000 meter di atas permukaan laut dagingnya lengket, hangat, dan rasanya lebih enak. Biji di dalamnya cenderung kempes sehingga, dagingnya lebih banyak.

Memilih Bibit Durian Musang King

Kita bisa membeli bibit durian musang king kepada penjual bibit di pasar. Pilih bibit yang sehat, masih segar, dan sudah tua. Baiknya pilih bibit yang tidak kisut. Juga pilih yang tidak diserang hama dan penyakit lainnya. Pilih yang batangnya cukup besar dengan diameter kira-kira 15 cm.

Perkembangbiakan durian musang king bisa dilakukan melalui biji atau batangnya. Namun kini dunia pertanian durian lebih memilih bibit dengan cara cangkok, okulasi, atau penyusuan. Hal ini dikarenakan bibit durian akan mengikuti kualitas yang sama dengan induknya. Selain itu, cara ini juga memungkinkan panen durian lebih cepat daripada dengan biji.

Setelah mendapatkan bibit yang sesuai kita melakukan penyemaian. Gunakan polybag untuk melakukan penyemaian bibit. Tunggu kurang lebih 2 sampai 3 minggu. Kemudian, kita akan melihat akar yang muncul sebagai hasil dari proses penyemaian ini. Jika sudah ada akar, inilah waktunya untuk memindahkan bibit ke lahan pertanian.

Menyiapkan Lahan

Sebelum menanam, lahan harus dibersihkan dari gulma, hama, atau rumput liar yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Mereka dapat menyerap unsur hara yang penting bagi pohon durian jika tidak dibersihkan dengan segera. Tak hanya itu, kita juga perlu membersihkan tanaman lain yang menghalangi sinar matahari sampai pada bibit pohon durian ini.

Pohon durian perlu nutrisi dari air, tanah, dan cahaya matahari. Jika tidak terpenuhi, maka pertumbuhan pohon akan terganggu dan makin lama berbuah. Selain itu, kita dapat menambahkan pupuk organik atau pupuk kendang jika dibutuhkan.

Proses Menanam Bibit

Bibir durian sudah siap, lahan pun sudah dibersihkan. Maka, saatnya kita menanam bibit pohon durian. Pertama-tama, kita perlu menyiapkan lubang tanam. Ukurannya sekitar 50 X 50 X 50 cm untuk bibit yang tingginya 100 cm. biarkan lubang terkena cahaya matahari selama 2 sampai 3 hari untuk membunuh bakteri dan virus dari tanah.

Berikan pupuk pada lubang tanam secukupnya. Pupuk yang digunakan sebaiknya tidak terbuat dari zat kimia, gunakan saja pupuk kandang yang sudah kering. Biarkan 1-2 hari sebelum memulai penanaman agar lubang tanah menyerap pupuk.

Berikan jarak tanam antar pohon durian. Kelak pohon ini akan besar dan memberikan buah. Kalau kita menanamnya terlalu rapat, pohon tidak bisa tumbuh optimal. Setidaknya berikan jarak 8 x 8 meter sampai 10 x 10 meter untuk ruang gerak pohon durian. Dengan begitu, tidak ada persaingan dalam menyerap unsur hara oleh tanaman-tanaman yang ada. Mereka juga akan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Karena tidak ada yang saling menghalangi.

Masukkan bibit, lalu buka polybag dengan hati-hati. Jangan sampai merusak akar yang ada pada batang bibit ya! Kubur dengan tanah, lalu padatkan. Tambahkan gundukan tanah di pangkal bibit yang terlihat di permukaan untuk menyerap air.

Selain itu sirami tanah dengan Jerami untuk menghambat proses penguapan. Tanah sekitar bibit pohon durian harus dalam kondisi lembap, tapi tidak boleh terlalu basah. Bibit juga harus tetap segar sampai dapat beradaptasi dengan lingkungan lahan. Siram dengan air secukupnya.

Perawatan Pohon Durian

Budidaya durian musang king akan mendapat hasil optimal jika kita juga merawat tanaman dengan baik. Salah satunya dengan melakukan penyiangan. Cabut gulma atau tanaman parasit lain yang tumbuh di sekitar pohon. Jangan gunakan pestisida karena zat kimia bisa mengganggu tumbuh kembang pohon durian ini.

Kita juga perlu memupuk pohon durian setiap bulan menggunakan pupuk organik. Pemupukan akan membatu tanaman mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Setelah pohon durian mencapai usia 3 bulan setelah pertama kali ditanam, berikan pupuk kandang. Pada usia ini tinggi tanaman sudah mencapai 1 sampai 2 meter. Berikan pupuk kandang lagi setelah pohon durian musang king berusia 1 dan 2 tahun.

Selain penyiangan dan pemupukan, kita perlu melakukan penjarangan. Pohon durian yang sudah berbunga akan mengeluarkan banyak energi dan nutrisi. Oleh karena itu, kita perlu memetiki bunga agar tidak berkembang menjadi biji. Kenapa hal ini dilakukan? Biji yang terlalu banyak membutuhkan nutrisi lebih, pada akhirnya mereka tidak bisa mencapai ukuran optimalnya. Ketika biji buah yang ada secukupnya, maka ukuran buah akan menjadi besar. Karena nutrisi yang masuk cukup banyak. Penjarangan ini mempengaruhi keberlangsungan hidup pohon, rasa buah, bahkan ukuran buah juga.

Selanjutnya, kita juga perlu melakukan penyulaman bibit. Ada beberapa bibit yang terkadang tidak bisa tumbuh optimal atau justru mati. Bagian yang ini kita cabut, lalu tanami dengan bibit yang baru. Harapannya, ketika musim berbuah tiba, pohon baru ini juga akan segera menyamai masa berbuah dengan yang lainnya. Penyulaman hanya bisa dilakukan selama 2 minggu setelah masa tanam. Oleh karena itu, perhatikan satu per satu bibit yang sudah kita tanam, apakah tumbuh dengan baik. Jika tanaman ada yang mati, segera lakukan penyulaman dengan mengantikan bibit dengan yang sehat.

Masa Panen Durian

Kapan panen durian musang king? Tentu saja, buah-buahan lezat ini tidak bisa segera dipanen dalam waktu 1 sampai 2 tahun. Menunggu pohon musang king berbuah seperti menunggu masa kuliah berakhir. Yakni 4 hingga 5 tahun lamanya. Jika menanam dengan menggunakan biji, kita malah harus menunggu hingga 10 tahun lamanya.

Buah yang sudah matang akan jatuh dengan sendirinya. Jangan berdiri di bawah pohon durian yang sudah siap panen ya! Kejatuhan durian itu sakit. Meski pepatah “seperti kejatuhan durian runtuh” maknanya baik, tapi yang sebenarnya durian berduri tajam. Supaya durian tidak jatuh dan pecah, kita bisa mengikat buahnya sebelum matang. Ketika musim panen, talinya kita potong. Sehingga durian akan turun dalam keadaan utuh. Meski hanya bisa dinikmati satu tahun sekali saat musim panen, rasa durian musang king bertahan di ingatan kita hingga panen berikutnya.

Nah, tidak sulit melakukan budidaya durian musang king, bukan? Memang, durian ini tidak bisa ditanam di pot. Kita membutuhkan lahan yang luas untuk bisa menanam pohon durian dalam jumlah besar. Jika hanya ingin satu pohon saja, mungkin kamu bisa menggunakan lahan belakang rumah. Namun, budidaya durian musang king memang butuh tanah yang lebar untuk mendapatkan hasil yang optimal.