Aplikasi Pertanian Untuk Petani Milenial

Aplikasi Pertanian Untuk Petani Milenial

Smartphone berbasis Android lebih murah untuk digunakan daripada yang dimungkinkan oleh teknologi saat ini. Penggunaan teknologi yang menyajikan informasi semakin mendominasi masyarakat. Begitu juga dengan dunia pertanian yang mulai terkena sentuhan para pengembang aplikasi dengan menghadirkan aplikasi pertanian untuk petani milenial.

Fungsionalitas smartphone dapat dikendalikan melalui menu pengaturannya. Menu ini memungkinkan pengguna untuk memilah dan memilih aplikasi dan fitur mana yang akan digunakan. Sangat penting untuk menggunakan ponsel cerdas untuk tujuan positif dan produktif, yang bukan hanya sekedar untuk menelepon dan mengirim SMS.

Aplikasi Pertanian di Indonesia

Dengan kemajuan teknologi yang semakin meningkat, banyak orang mendapatkan manfaat dari era digital. Kaum muda memiliki akses ke berbagai kemudahan berkat kecanggihan teknologi mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyelesaikan banyak tugas lebih cepat dan lebih mudah. Ini juga memungkinkan mereka untuk lebih mudah melakukan hal-hal seperti mengatur kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini, beberapa aplikasi pertanian hadir yang menyajikan berbagai layanan untuk memudahkan petani milenial mengelola lahan perkebunan dan hasil pertanian mereka.

Implementasi teknologi yang pesat di Indonesia menguntungkan semua pihak mulai dari petani hingga pengusaha muda hingga desainer. Bahkan pengusaha bisa mendapatkan keuntungan dari implementasi ini. Seperti halnya para petani yang dimudahkan untuk informasi pengelolaan lahan, mendapatkan pupuk, penyuluhan dan tentunya penjualan hasil pertanian mereka.

Rekomendasi Aplikasi Pertanian

Kemajuan teknologi menguntungkan semua orang yang mana bukan hanya orang yang punya banyak uang atau pebisnis muda. Banyak petani tua memiliki akses ke ponsel dan aplikasi android berkat perkembangan zaman untuk mengelola kesuburan tanah dan tanaman. Mereka bahkan dapat mempelajari cara mengelola harga pasar dengan mengunduh aplikasi lain.

Startup di Indonesia telah menciptakan banyak aplikasi pertanian berkat dunia teknologi yang semakin berkembang. Akibatnya, kini tersedia banyak aplikasi yang diharapkan memudahkan para petani milenial di masa depan. Dengan terpenuhinya semua kebutuhan pertanian mereka secara online, para petani dapat menjual hasil pertanian mereka dengan lebih mudah dari sebelumnya. Hal ini dilakukan dengan mengimplementasikan semua kebutuhan pertanian mereka melalui platform online.

Melalui aplikasi peternakan dan pertanian yang tersedia Google Play ini, petani dapat menghubungi pakar terkait pertanian. Hal ini memungkinkan petani untuk percaya diri dalam sistem pemasaran dan mereka tidak perlu khawatir lagi.

Ada banyak aplikasi android yang mendukung pertanian yang layak tersedia di Play Store. Aplikasi ini dapat diunduh oleh siapapun termasuk para petani dan petugas pertanian pendukung yang dekat dengan bidang pertanian. Dan berikut dibawah ini daftar rekomendasi aplikasi pertanian yang bisa Anda gunakans esuai tingkat kebutuhan Anda sebagai petani milenial.

1. KATAM (Kalender Tanam)

Sebagai pembuka, aplikasi pertanian Kalender Tanam sampai sejauh ini telah diunduh lebih dari 10 ribu kali dan mendapatkan skor yang cukuop bagus yakni 4.2 dari total lebih dari 400 ulasan. Ini adalah salah satu aplikasi dari pemerintah indonesia artau lebih tepatnya dari badan litbang pertanian.

Kalender Tanam Terpadu adalah pedoman atau alat yang mengumpulkan informasi spasial dan tabular tentang prediksi musim, pola tanaman, potensi area tanam, serangan hama, rekomendasi pemupukan dan dosis, serta variasi prediksi perubahan iklim dan variabilitas. Ini juga berisi data tentang sawah, pertanian padi dan alsin.

Untuk mengunduhnya, silahkan kunjungi link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.litbang.katamterpadu

2. Rice Doctor

The Rice Doctor adalah aplikasi interaktif untuk peneliti, mahasiswa, penyuluh dan lain-lain yang ingin mempelajari dan mengobati hama, penyakit, dan masalah lain yang dapat terjadi pada padi. Ini juga memberikan saran tentang cara mengelola masalah ini.

Aplikasi ini dikembangkan dan bekerja sama dengan IRRI yakni sebuah lembaga penelitian padi dunia. Juga gabungan antara lembaga lain dari Australia, Philipina dan juga Indonesia.

Informasi yang berisi gambar dan teks memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi masalah dengan tanaman padi. Ini mencakup lebih dari 90 hama dan penyakit yang berbeda serta gangguan lainnya. Dengan menggunakan data ini, diharpakan dapat membantu pengguna mengidentifikasi masalah dengan tanaman padi mereka. Ini menggabungkan teks dan gambar yang membantu mendiagnosis masalah.

Menu pencarian kata kunci memungkinkan pengguna menemukan lembar fakta spesifik di situs web IRRI Rice Knowledge Bank. Yakni sebuah Bank pengetahuan yang berisi berbagai informasi, termasuk lembar fakta tentang setiap kemungkinan gangguan. Ini dapat diakses melalui lembar fakta berjudul lembar fakta, yang akan memberikan deskripsi singkat tentang gejala dan pilihan pengobatan.

Untuk menggunakan aplikasi pertanian ni, Anda dapat mengunduhnya melalui pl;aystore di link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lucidcentral.mobile.ricedoctor

3. YARA CheckIT

Yara CheckIT adalah aplikasi smartphone pertanian yang menyediakan perpustakaan foto tanaman untuk digunakan petani dalam mengidentifikasi kemungkinan kekurangan nutrisi. Ini merupakan aplikasi gratis yang dapat Anda unduh dari playstore.

Aplikasi ini memberi tahu pengguna tentang defisiensi spesifik, serta bagaimana hal itu memengaruhi tanaman, jenis tanah apa yang rentan terhadap defisiensi ini, dan faktor apa yang memperburuknya.

CheckIT memberikan rekomendasi pemupukan untuk mengatasi kekurangan yang telah teridentifikasi. Sebagai alternatif, ia memberikan rekomendasi untuk mengobati defisiensi secara preventif untuk musim tanam berikutnya.

Aplikasi pertanian ini memungkinkan petani milenial untuk mengakses referensi foto terperinci, menyaring informasi berdasarkan lokasi pertanian dan penyebab gejala. Itu juga dapat menarik data dari layanan pencari lokasi seluler yang menyediakan informasi kontak untuk kantor Yara botanica terdekat dengan lahan pertanian Anda.

Karena negara tempat aplikasi ini diluncurkan menentukan tanaman dan bahasa yang digunakannya, CheckIT mengenali pasar lokal yang beradaptasi dengan setiap negara. Hal ini memungkinkan petani untuk menganalisis ladang mereka kapan pun mereka menginginkannya, bahkan di lokasi pedesaan dengan sinyal rendah sekalipun. Aplikasi pertanian ini juga merekomendasikan solusi untuk meningkatkan kualitas tanaman mereka dan meningkatkan hasil panen mereka.

Untuk dapat mengunduhnya, silahkanmenuju ke link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.yara.checkit

4. Plantix – Dokter tanaman Anda

Plantix adalah aplikasi Android yang mengubah ponsel Anda menjadi “dokter tanaman seluler”. Ini dapat digunakan untuk mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman setelah hanya beberapa detik penggunaan. Plantix memberikan solusi komprehensif untuk produksi dan manajemen tanaman, menjadikannya alat yang berguna bagi para petani milenial dan tukang kebun rumah.

Aplikasi Plantix adalah panduan pertanian yang mencakup lebih dari 30 tanaman utama. Dapat mendeteksi 400+ kasus kerusakan tanaman, seperti hama atau penyakit, hanya dengan mengambil foto tanaman yang rusak. Aplikasi ini tersedia dalam 18 bahasa berbeda, dan lebih dari 10 juta orang telah mengunduhnya.

Aplikasi Pertanian ini menawarkan beberapa fitur dan layanan yang membantu petani mengembangkan usaha pertanian mereka, yang diantaranya adalah:

Dengan menggunakan aplikasi Plantix, Anda dapat mengambil foto dan langsung menerima diagnosis dan perawatan yang direkomendasikan untuk tanaman apa pun yang menderita kekurangan nutrisi, penyakit, atau hama.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pertanian, Anda dapat menanyakannya di Komunitas Plantix! Ini adalah jejaring sosial petani dan beranggotakan juga para pakar pertanian di dunia. Banyak orang menggunakan sumber ini untuk mengajukan pertanyaan tentang teknik pertanian, teknik untuk meningkatkan hasil panen, atau hal lain yang terkait dengan pertanian.

Menggabungkan tindakan pencegahan dan praktik pertanian yang efektif, aplikasi Plantix memberi Anda banyak ide dalam penanganan tanaman Anda. Selama setiap fase siklus panen, aplikasi ini juga dapat memberi Anda tip budidaya untuk membantu Anda mengoptimalkan panen Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi pertanian yang satu ini, Anda dapat mengunduh dan menginstal melalui link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.peat.GartenBank

5. iFarms Pupuk Indonesia V2

Pupuk Indonesia merilis aplikasi agro-solusi iFarms. Ini berisi informasi tentang tanaman apa yang akan ditanam, bagaimana memupuknya dan praktik pertanian lainnya. Aplikasi Pertanian yang satu ini bertujuan untuk memberikan saran kepada petani untuk kegiatan pertanian mereka dan penggunaan agroinen untuk meningkatkan produktivitas hasil kebun mereka.

iFarms saat ini memiliki banyak fitur termasuk satu aspek tertentu diantaranya adalah:

iFarms menyediakan integrasi aplikasi seluler yang memungkinkan ahli agronomi dengan mudah mensurvei calon petani dan lahan. Aplikasi ini juga memudahkan petani yang ingin mengikuti program Makmur untuk lebih mudah mengidentifikasi lokasi dan luasnya. Dengan menghubungkan ke lembaga pendanaan dan asuransi, iFarms meningkatkan produktivitas petani saat melakukan pekerjaan pertanian.

iFarms merekomendasikan tanaman saprotan khusus untuk setiap jenis tanaman. Hal ini didasarkan pada dukungan dari produsen input pertanian terkemuka. Petani dapat menggunakan dukungan ini dengan menerapkan pupuk dan pestisida yang tepat untuk tanaman mereka tergantung pada kebutuhan apa yang dibutuhkan.

Aplikasi Pertanian iFarms dapat membantu petani merencanakan budidaya tanaman mereka dengan menyediakan kalender berkebun. Setelah menganalisis setiap tanaman, iFarms merekomendasikan kegiatan khusus yang harus dilakukan petani. Hal ini memudahkan petani untuk merencanakan jadwal budidayanya.

iFarms dapat digunakan untuk mengamati tanaman di alam fisik: fase pertumbuhan, selama pertumbuhan atau setelah panen. Dapat digunakan untuk memantau kegiatan budidaya, melacak perubahan selama budidaya dan mengamati gangguan selama budidaya.

Dasbor Petani, Lahan, dan Budidaya tersedia di situs web iFarms. Ini menyediakan data tentang petani, tanah, dan budidaya di lokasi yang nyaman yang dapat digunakan para petani milenial untuk mengembangkan usaha pertanian mereka. Hal ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para petani di Indonesia.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pupukindonesia.ifarms

6. Aplikasi Pertanian MyAgri

Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi kepada petani tentang Pengendalian Hama Terpadu atau juga dikenal sebagai PHT. Aplikasi ini memiliki database pestisida yang dibuat berdasarkan manual dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Aplikasi pertanian ini juga berisi informasi tentang berbagai penyakit dan hama yang ditemukan pada tanaman sayuran, serta cara pencegahannya.

Dengan memeriksa harga sayuran mereka di pasar berdasarkan lokasi mereka, petani dapat menemukan tengkulak yang baik dan mempelajari informasi tentang harga pasar yang sebenarnya. Ini dapat membantu para petani milenial menghindari penipuan oleh para tengkulak.

Selain sesi tanya jawab dengan pejabat dari kementerian pertanian, BALITSA — Badan Penelitian Tanaman Sayuran — mengadakan konferensi video dengan petani. Selama konferensi, para petani belajar tentang budidaya sayuran secara mandiri melalui penggunaan video pembelajaran.

Hebatnya lagi, Universitas Wageningen Belanda mensponsori aplikasi pertanian ini. Selain itu, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10.000 petani sayuran dari Indonesia yang mana daerah yang paling banyak menggunakan berasal dari Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan juga Enrekang. Juga orang-orang dari Malaysia dan negara-negara Eropa lainnya yang berbatasan dengan Indonesia telah menggunakan MyAgri untuk tujuan pertanian mereka.

Aplikasi pertanian yang satu ini juga gratis yang bisa ditemukan disini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Erlanggastudio.MyAgri

Nah, sahabat joglonesia, itulah beberapa aplikasi pertanian yang diharapkan dapat membantu Anda sebagai petani dan tukang kebun rumah dalam mengelola tanaman Anda.