cara membuat em4 peternakan sendiri

Cara Membuat EM4 Peternakan Sendiri

Jika kita tahu cara membuat EM4 peternakan sendiri, maka kita tak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Iya, kan? Kita bisa membeli EM4 di toko pertanian.

Namun, membuat sendiri akan menghemat biaya serta penggunaannya tepat guna. Bukankah kita yang tahu apa yang dibutuhkan oleh hewan-hewan ternak? Hewan ternak membutuhkan EM4 untuk bisa tumbuh dengan baik.

Apa Itu EM4

Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, tahukah kamu EM4? EM4 merupakan singkatan dari Effective Mikroorganism 4. Bentuknya berupa larutan berwarna cokelat kekuningan yang mengandung bakteri. Sebenarnya, fungsi bakterinya sama dengan MOL. Namun, EM4 mengalami 4 kali tahap proses perkembangan mikroorganisme. Kalau MOL hanya 1 tahap saja. Itulah kenapa para peternak lebih banyak menggunakan EM4 untuk usaha peternakan mereka.

Larutan EM4 pertama kali ditemukan oleh Prof. Dr. Teruo Higa daur Jepang. Ada sekitar 80 genus mikroorganisme dalam EM4. Mereka bermanfaat untuk memfermentasikan bahan organik. Penggunaan larutan ini juga bermanfaat dalam pembuatan pupuk kompos. Jadi, EM4 ini bukan pupuk ya. Hanya berupa cairan yang membantu mempercepat proses pembuatan pupuk organik dan meningkatkan kualitas pupuk.

Manfaat EM4 Bagi Peternakan

Peternakan memiliki limbah yang cukup besar. Jika kita tidak bisa memanfaatkannya, justru hanya akan menjadi sarang lalat yang mengganggu. Mengapa kita tidak memanfaatkan limbah tersebut? Kotoran sapi, ayam, kerbau, atau babi dapat menjadi bahan bermanfaat lainnya loh. Yup betul!. Kotoran-kotoran itu merupakan bahan utama untuk membuat pupuk kandang. Lalu, apa keuntungannya bagi usaha peternakan?

Tak hanya daging, telur, atau susu. Peternakan ternyata dapat menghasilkan pupuk berkualitas dengan menggunakan EM4. Pupuk ini bisa dijual kepada petani yang membutuhkan. Sehingga, pemasukan para peternak pun bertambah. Bukankah ini menarik?

Kotoran yang dibersihkan dari kandang ternyata bisa dimanfaatkan lagi untuk dijadikan pupuk. Kita tak hanya menjadi kandang agar tetap sehat, tapi juga membuat sehat tanaman dengan pupuk kandang yang kita buat. Sekali tepuk, kena dua lalat. Begitu istimewanya kotoran hewan ternak, hingga kita pun bisa mendapatkan keuntungan darinya.

EM4 ternyata juga memiliki manfaat lain bagi peternakan. Penambahan EM4 dapat menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan bagi perut ternak. EM4 juga berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan ternak. Hewan ternak yang mengonsumsi pakan dengan campuran EM4 akan memiliki gading yang lebih bermutu.

Selain itu, hewan-hewan ternak yang mengonsumsi cukup EM4 juga lebih sehat dan tahan terhadap penyakit. Sehingga, mereka bertahan hidup lebih lama. Mereka juga tumbuh subur dan dapat berkembang biak dengan baik. EM4 yang disemprotkan di sekitar kandang membantu mengusir bau tidak sedap.

Manfaat lainnya adalah hewan-hewan ini dapat merasa lebih santai tanpa stres berat. Aroma EM4 membuat lingkungan menjadi lebih baik karena berfungsi sebagai aromatherapy. Lingkungan yang tidak bau juga menguntungkan para pekerja. Mereka tidak perlu mencium kotoran hewan ternak yang busuk.

Cara Membuat Em4 Peternakan

Bagaimana cara membuat EM4 untuk peternakan? Ternyata kita bisa membuat sendiri EM4 loh. Caranya juga mudah. Bahkan seseorang bisa membuatnya dengan baik meski baru pertama kali. Ada beberapa cara membuat EM4 sendiri yaitu dengan menggunakan bahan buah-buahan, dengan susu, atau dengan sampah sayuran.

EM4 Dengan Buah-Buahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat EM4 yakni:

  • 0,5 kg pisang matang atau kulit pisang juga bisa
  • 0,5 kg pepaya matang atau kulit pepaya
  • 0,25 kg kacang panjang yang masih segar
  • 0,5 kg nanas matang atau kulit nanas
  • 0,25 kg kangkung yang masih segar
  • 1 kg gula pasir
  • O,5 liter air kelapa atau kita bisa gunakan air tuak dari nira.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Campurkan semua bahan menjadi satu sampai halus. Kita bisa menumbuknya terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan ke dalam ember. Lalu, tambahkan gula pasir dan air kelapa. Aduk sampai merata. Tutup ember dan diamkan selama 7 hari. Hal ini dilakukan agar fermentasi berjalan baik. Setelah itu, buka tutupnya. Kita akan melihat cairan yang mengapung di atas sedangkan ampas berada di bawah. Ambil cairan dengan cara menyaringnya. Cairan inilah yang kita kenal dengan EM4. Nah, ampasnya menjadi pupuk kompos.

EM4 Dengan Bahan Susu

Tak hanya dikonsumsi manusia, susu juga bermanfaat bagi makhluk lainnya. Kita bisa membuat EM4 degan menggunakan susu. perhatikan baik-baik!

Bahan yang kita butuhkan seperti; susu kambing atau susu sapi tanpa campuran apa pun, atau bisa disebut dengan susu murni. Isi usus ayam atau kambing, yang mana kita akan membutuhkan bakterinya. Terasi dengan ukuran seperempat kilogram. Bekatul 1 kilogram dan ditambah dengan 1 buah nanas ukuran sedang dan juga 10 liter air bersih.

Membuat EM4 dengan bahan susu segar juga tidak sulit. Kita memerlukan peralatan tambahan seperti panci, kompor, dan blender. Pertama, haluskan semua bahan kasar dengan menggunakan blender yakni nanas, gula pasir, bekatul, dan terasi. Setelah itu masak dengan menggunakan panci pada kompor sampai mendidih. Tujuannya agar bakteri yang tidak dibutuhkan mati. Angkat, lalu dinginkan adonan. Tambahkan susu, isi usus ayam. Tutup rapat dan biarkan selama kurang lebih 12 jam. Kemudian, buka adonan. Kita akan melihat gelembung-gelembung. Inilah EM4 yang terbuat dari susu. Mudah bukan?

EM4 Dengan Bahan Sayur-Sayuran

Selain dengan buah-buahan atau susu, kita juga bisa membuat EM4 dengan menggunakan sayur-sayuran. Tidak harus sayuran segar, pakai saja sampah sayur sisa masak di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan yakni sampah sayur, akan lebih baik jika menggunakan kacang-kacangan seperti buncis atau kacang panjang, larutan gula merah sebanyak 500 ml, air beras, dan kulit buah-buahan.

Proses membuat EM4 dengan sampah sayur juga mudah. Campurkan sampah sayur, kulit buah, dan bekatul. Tutup bahan, buka sesekali untuk mengaduknya. Biarkan dalam wadah selama seminggu. Setelah itu cairan akan menjadi Effective Microorganism tingkat 1.

Kemudian, baru tambahkan kulit buah-buahan dan diamkan lagi selama satu minggu. Kita akan mendapati cairan yang disebut dengan EM2. Tahap selanjutnya tambahkan bekatul, gula merah, dan air beras dengan cairan EM2. Diamkan lagi selama satu minggu supaya menjadi larutan EM3. Diamkan lagi selama satu minggu agar menjadi EM4. Cara ini memang memerlukan beberapa langkah, tapi memberikan hasil EM4 yang sesuai untuk peternakan.

Itulah tadi sebagian cara bikin EM4 peternakan. Bahan-bahannya mudah dan langkah-langkahnya juga tidak sulit. Sebenarnya bahan yang ada bisa didapat dari limbah rumah tangga seperti sisa sayuran dan buah-buahan.

Cara penggunaan EM4

EM4 tidak hanya bisa digunakan pada peternakan. Kita juga bisa mengaplikasikannya pada pertanian. Terbayangkan seberapa besar manfaat EM4? Apalagi, jika kita membuatnya dengan bahan-bahan yang bahkan bisa kita dapat dengan mudah dan murah.

Cara Pakai EM4 Pertanian

Sebelum mengetahu cara pakai EM4 pada pertanian, apa kamu tidak penasaran dengan manfaatnya? EM4 tak hanya memberikan efek positif bagi hewan ternak, tapi juga bagi tumbuh-tumbuhan yang kita tanam.

EM4 bermanfaat untuk memperbaiki biologi, kimia, dan sifat fiksi tanah tempat menanam. Penggunaan EM4 juga dapat meningkatkan produksi tanaman dan menjaga produktivitas tanaman tetap stabil. Kita dapat mempercepat proses fermentasi dan dekomposisi bahan organik tanah dengan menggunakan EM4. Unsur hara yang dibutuhkan tanaman juga meningkat.

Selain itu, tanah juga akan menghasilkan keanekaragaman mikroorganisme. Nah, dengan segudang manfaat dari penggunaan EM4, akan sangat disayangkan jika kita tidak menggunakannya dalam dunia pertanian, kan?

Membuat Bokashi

EM4 dalam dunia pertanian dipakai untuk membuat bokashi. Pertama, larutkan EM4 dan Molase ke dalam air dengan kadar 1 liter EM4, 1 liter Molase atau kita juga bisa menggunakan seperempat kilogram gula, dan air secukupnya.

Kemudian, campurkan bokashi yaitu berupa jerami, pupuk kandang, pupuk kompos, serbuk gergaji, atau lainya. Campurkan semuanya secara merata, lalu siramkan EM4 sampai kandungan air mencapai 30%, atau ketika bokashi bisa dikepalkan. Letakkan bulatan-bulatan bokashi di atas ubin, lalu tutup. Biarkan selama 4 hari.

Periksa suhu secara rutin. Baiknya suhu berada dalam rentang 40 sampai 50 derajat Celsius. Jaga agar suhu bertahan kisaran tersebut. Kalau terlalu panas, buka tutupnya lalu bolak-balik bokashi agar suhunya tetap. Suhu yang terlalu panas akan membuat bokashi rusak. Setelah 7 hari kemudian, bokashi siap dipakai sebagai pupuk.

Selain untuk bokashi EM4 juga dapat digunakan untuk persiapan benih. Rendam benih pada larutan EM4 sebanyak 5-10 cc selama kurang lebih 30 menit. Angkat benih agar kering, tapi jangan jemur dengan matahari secara langsung karena benih bisa rusak. Saat penanaman, tambahkan EM4 dengan menyiramkannya pada lubang tanam. Semprotkan EM4 secara berkala dengan dosis 1 sampai 2 liter setiap 2 minggu.

Namun, jangan campurkan EM4 dengan pupuk dari bahan kimia. Berikan selang waktu penyemprotan selama satu minggu apabila kita telah menggunakan pupuk kimia. Alat semprot yang digunakan juga harus sudah bersih dari sisa bahan kimia. Larutkan EM4 dengan air tanah atau air cucian beras.

Cara Pakai EM4 Peternakan

Sebelum menggunakannya, EM4 juga bermanfaat bagi peternakan unggas, sapi, kambing, atau lainnya. Penggunaannya dapat meningkatkan hasil peternakan.

Campurkan larutan EM4 sebanyak 1 sampai 2 cc ke dalam 1 liter air. Kemudian, berikan pada hewan untuk minum. Untuk pakan, larutkan EM4 sebanyak 1 cc dalam 1 liter air. Kemudian, semprotkan pada makanan ternak. Biarkan hewan ternak mengonsumsi makanan dan air minum dengan yang telah dicampur dengan EM4.

Lalu, bagaimana dengan tentu cara membuat EM4 peternakan unggas? Buat larutan dengan ukuran 1:1:100 dari EMK, gula, dan air. Semprotkan larutan itu pada limbah atau kotoran hewan ternak. Biarkan sampai menjadi pupuk organik. Nah, pupuk ini kelak akan bermanfaat untuk dunia pertanian juga.

EM4 juga dapat digunakan untuk menjaga kebersihan kandang. Larutkan EM4 degan gula dan air. lalu, gunakan campuran tersebut untuk menyemprot kandang. Cara ini digunakan untuk menjaga kebersihan kandang dari bakteri atau virus berbahaya.

Gunakan EM4 untuk menekan bau pada kandang juga. Tebarkan saja bokashi pada kandang secukupnya sampai rata menutupi tanah. Kita membutuhkan kira-kira 50 sampai 100 gram bokashi per meter.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Cara membuat EM4 peternakan sendiri tidak sesulit bayangan. Asalkan kita punya semua bahan dan memahami langkah-langkahnya, maka kita akan membuat EM4 tanpa kesulitan. Bahkan, kita tidak perlu membeli EM4 di toko pertanian lagi.