Rekomendasi Tempat Wisata Peternakan di Jakarta

5 Rekomendasi Tempat Wisata Peternakan di Jakarta

Meskipun Jakarta adalah ibu kota Indonesia, banyak orang tidak yakin tempat ini memiliki tempat wisata peternakan di Jakarta. Sebenarnya ada puluhan lokasi yang jarang dikunjungi wisatawan dimana lokasi ini dapat ditemukan di zona luas ibu kota Indonesia.

Beberapa dari lokasi ini dianggap penting secara budaya atau sejarah, tetapi sebagian besar hanya dianggap menarik perhatian. Karena, kebanyakan wisatawan pergi ke mall atau wisata sejarah yang Instagrammable di Jakarta.

Orang sering berpendapat bahwa ibu kota Indonesia, Jakarta, tidak memiliki tempat wisata karena banyaknya bangunan di daerah tersebut. Namun, argumen ini salah karena Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang tersembunyi. Dan ternyata tidak kalah dengan wisata peternakan di Jateng. Lebih jauh lagi, orang-orang yang tinggal di Jakarta percaya bahwa kota mereka tidak memiliki daya tarik, padahal kenyataannya tidak demikian.

Tempat Wisata Peternakan di Jakarta

Mengajarkan dan mendidik anak tidak selamanya harus berada di bangku sekolah. Ada saatnya mereka harus melihat langsung atau bahkan praktek bagaimana pendidikan dan pelajaran yang sudah didapat di bangku sekolah. Untuk itulah, mengunjungi tempat wisata peternakan dan perkebunan adalah salah satu pendidikan langsung yang mana ini akan selalu diingat anak anak.

Bagi Anda yang berdomisili di sekitar ibu kota, tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata modern, namun penting juga untuk berkunjung sambil belajar di tempat wisata peternakan di Jakarta.

Wisata Peternakan di Jakarta merupakan salah satu potensi kota Jakarta sebagai lokasi wisata. Karena itulah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tempat yang bisa menjadi rekomendasi liburan seru untuk keluarga. Meski demikian, bukan berarti Jakarta tidak memiliki wisata ala pedesaan. Kota ini masih memiliki tradisi budaya yang kuat yang dapat dipelajari oleh wisatawan. Ada beberapa tempat wisata menarik di Jakarta yang melibatkan hewan ternak.

1. Tempat Wisata Peternakan Cibugary Jakarta Timur

Ada sebuah kandang sapi dan ternak di Jakarta Timur bernama Istana Susu Cibugary. Itu salah satu lokasi edu farm lokal bagi wisatawan. Istana Susu Cibugary juga dikenal sebagai Cibubur Garden Dairy yang merupakan nama panjangnya. Ini adalah kawasan wisata peternakan di Jakarta berupa sapi perah yang bisa disingkat menjadi Cibugary.

Tempat ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi bersama anak-anak. Banyak keluarga telah membawa anak-anak mereka ke sini untuk bermain. Selain itu, beberapa sekolah dasar telah melakukan studi wisata atau perjalanan ke lokasi ini. Ada banyak sapi di daerah ini yang mana anak-anak dapat mencoba untuk memerah susu.

Anak-anak yang berkunjung ke tempat ini tidak akan merasa kepanasan di siang hari. Karena cuaca yang sejuk, anak-anak ini akan merasa lebih betah seperti layaknya di rumah. Beberapa titik lokasi di tempat ini sangat bagus untuk berfoto dan sering digunakan oleh wisatawan. Orang sering menyebut lokasi tersebut sebagai Instagrammable. Lokasi dapat ditemukan di Blok C, Suite 12 Jalan Peternakan Raya di Cipayung, Jakarta Timur. Jika Anda ingin mengunjungi lokasi ini, sebaiknya cek terlebih dahulu untuk membuat janji kunjungan.

2. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfiled Jakarta adalah tempat wisata peternakan di Jakarta selanjutnya yang akan kita bahas. Lokasinya hanya berjarak 20 menit dari pintu keluar tol Jagorawi yang mana ini adalah tempat di mana keluarga dapat menghabiskan liburan mereka. Tempat ini adalah perkebunan dan pertanian, yang merupakan pilihan yang baik untuk keluarga yang mencari liburan selama akhir tahun.

Anak-anak secara teratur dapat menikmati suasana dan bermain di kolam, yang berada di dekatnya. Kolam ini memiliki air yang dangkal yang berisi sekitar 20 hingga 50 ikan. Ikan dapat ditangkap dan dikemas ulang untuk dibawa pulang dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat melihat perkebunan sayuran yang digunakan untuk pengobatan.

Konsep pertanian tertanam dalam vegetasi yang lebat di kawasan ini. Pengunjung yang ingin melihat hewan hewan lucu dan menarik perhatian harus datang ke tempat ini. Ada beberapa hewan dan burung seperti kelinci dan sapi bercampur di kawasan hutan ini. Anak anak tidak akan merasa jijik dengan hewan-hewan di pusat alam. Mereka tunduk dan nurut juga dapat berinteraksi dengan manusia, yang menjadikan kesenangan tersendiri bagi semua orang yang terlibat.

Selain Healing Hut, tempat ini sangat bagus untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin belajar pembuatan jamu. Siapa pun yang tertarik dengan tempat yang keren dan menarik ini harus segera memeriksanya.

Lokasi tempat wisata peternakan ini berada di Jl Teras Hijau No. 291 Bogor, Jakarta. Bagi Anda yang ingin belajar membuat jamu dan melihat hewan hewan jinak yang dikembang biakkan di tempat ini, Anda bisa langsung menuju ke lokasi yang tersedia.

3. Taman Wisata Lebah Jakarta Timur

Tempat wisata peternakan di Jakarta selanjutnya adalah Taman wisata lebah yang berada di Jakarta Timur. Ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terutama anak anak. Jika Anda ingin menjadikan tempat ini sebagai bagian dari perjalanan keluarga, Anda bisa pertimbangkan karena lokasinya berada di Jakarta Timur.

Ketika Anda tiba di peternakan, Anda mungkin akan berpikir itu mengerikan dan kedengarannya seperti sesuatu yang terjadi pada film horor. Karena, ada begitu banyak lebah di daerah tersebut yang bisa membuat Anda tersengat. Namun, ini adalah salah satu pengalaman paling keren yang akan Anda miliki dan bagaimana bersahabat dengan mereka tanpa terkena sengatan lebah.

Anda dapat mengikuti kelas tentang cara memelihara lebah di rumah. Pilihan lain adalah berpartisipasi dalam kegiatan peternakan lebah. Untuk peternakan lebah yang lebih khas, wilayah ini menggunakan metode industri. Sebagai gantinya, beberapa spesies lebah diternakkan yang dapat menghasilkan madu. Pengunjung bisa berinteraksi dengan lebah, dan juga bisa mencoba madu yang mereka hasilkan. Selain itu, lebah ini digunakan untuk tujuan terapi dimana orang orang justru tergoda untuk menyengat diri sendiri dengan menggunakan sengatan lebah madu.

Kompleks Wiladatika Cibubur ini adalah destinasi yang sebaiknya Anda kunjungi bersama keluarga. Anda dapat mengunjunginya pada hari Senin hingga Jumat antara pukul 08:00 hingga 16:00. Selain itu, kompleks ini juga buka pada hari Sabtu pukul 8 hingga 1 siang! Jika ingin ke tempat ini, ingat saja untuk langsung menuju Kompleks Cibubur Wiladatika. Anda dapat pergi ke Taman Wisata Lebah pada hari Minggu antara pukul 8 pagi hingga 4 sore. Ini adalah waktu yang tepat untuk bertamasya bersama orang tercinta, yang unik di antara semua tempat di dunia.

4. D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang berarti “peternakan dan kebun binatang” dalam bahasa Korea. Sebuah tempat rekreasi keluarga yang terletak di tengah lahan seluas 8 hektar. Selain wisata hewan dan pertanian, D’Kandang menawarkan area hijau untuk bermain anak-anak di taman yang asri, serta akses fasilitas outbond. Anda dapat belajar bertani atau dengan memberi makan hewan, memerah susu sapi, dan mengakses fasilitas outbond.

D’Kandang Amazing Farm berada di Jl. Penarikan, Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Banyak orang yang tidak mengira akan keindahan tempat ini dan Anda bisa mengunjunginya setiap hari mulai dari 8.00 hingga 16.00. Namun jangan berkunjung pada hari Jumat, karena mereka tutup.

Untuk dapat menikmati tempat wisata peternakan ini, Anda harus merogoh kocek untuk membayartiket masuk sebesar Rp 20.000 untuk hari Senin hingga Kamis dan Rp25.000 untuk Sabtu hingga Minggu. Biaya tersebut dikenakan untuk semua orang yang masuk ke lokasi dengan usia diatas 2 tahun.

5. Wisata Peternakan Sapi di Cipayung

Cipayung, Jakarta Timur, kini telah memiliki kawasan ekowisata peternakan sapi. Kawasan ini menyediakan wisata edukasi tentang produksi hewan dan produk peternakan. Lebih tepatnya berada di Pondok Ranggon, yang juga masih berada di lokasi Jakarta Timur, dimana ini adalah tempat dengan daya tarik lain bagi wisatawan.

Beberapa wisatawan mengunjungi lokasi ini untuk belajar tentang produksi ternak dan penduduk menggunakannya sebagai peluang untuk memberdayakan diri secara ekonomi dan sosial. Mereka juga memanfaatkan lokasi tersebut untuk beternak.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan ekowisata peternakan sapi di tiga lokasi. Dua lokasi pertama berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Peternakan sapi Cipayung ini merupakan salah satu dari tiga lokasi tersebut.

Peternak susu sapi berpartisipasi dalam semua kegiatan ekowisata. Kegiatan ini melibatkan partisipasi gratis bagi wisatawan yang tertarik untuk mempelajari semua aspek peternakan sapi. Kegiatan tersebut antara lain membuat susu sapi dan belajar cara memerah susu sapi.

Wisatawan datang ke peternakan ini untuk melihat bagaimana cara merawat bayi sapi untuk membantu mereka tumbuh dan menghasilkan susu yang berkualitas. Ketika pengunjung sedang melakukan touring, mereka dapat memerah susu sapi dari kandang terdekat untuk belajar bagaimana memproduksi dan menjual susu secara langsung.

Pengunjung tempat wisata peternakan di Jakarta ini dapat menjelajahi wisata sapi perah melalui pengalaman edukasi atau mencicipi susu langsung di lokasi. Ekowisata sapi juga bisa menjadi alternatif tempat wisata biasa karena keberadaan Unit Pengolahan Produk Susu Swadaya yang juga berada di lokasi.

Fasilitas ini menyediakan ruang penyimpanan untuk kemasan susu dan lokasi untuk sterilisasi. Hal ini juga mendukung usaha pemerahan sapi dari peternak. Saat ini, ada sekitar 133 peternak asal Jakarta Timur memelihara sapi perah dengan populasi minimal 905 ekor. Dibandingkan dengan jumlah penduduk di wilayah DKI Jakarta per November 2019 sebanyak 2.024 jiwa, jumlah populasi sapi perah Jakarta Timur tergolong tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang tercatat 4.004 pada Januari 2020.

Kesimpulan

Sahabat JogloNesia, beternak dan berkebun adalah salah satu kegiatan positif yang bisa diajarkan kepada anak anak sejak dini. Hal ini bagus untuk mereka guna mempelajari alam sekitar atau juga bisa menumbuhkan ide bisnis dari peternakan atau pertanian. Dengan mengajak mereka berlibur ke tempat wisata peternakan ini, tentu akan menambah daya pikir anak anak dan ini adalah wisata edukasi yang bagus untuk perkembangan otak mereka.

Dilain sisi, dengan ramainya tempat wisata bernuansa edukasi peternakan ini, akan semakin meningkatkan produktivitas hasil peternakan dan pertanian. Secara tidak langsung, Anda telah berpartisipasi dalam mendukung mereka untuk terus mengembangkan peternakan yang lebih besar lagi.