Cara Penggunaan Em4 Untuk Peternakan Kambing

Cara Penggunaan Em4 Untuk Peternakan Kambing

Peternak kambing, setidaknya perlu tahu cara penggunaan EM4 Untuk peternakan kambing. Kenapa? Karena penggunaan probiotik pada ternak ternyata dapat mendukung pertumbuhan hewan ternak berkaki empat tersebut.

EM4 tidak hanya digunakan pada pakan ayam saja, tapi bisa dicampurkan pada pakan kambing juga. EM4 diketahui mengandung bakteri baik dan ragi. Bakterinya berupa Lactobasilus casei dan Rhodopseudomonas. Sedangkan raginya berupa Saccharomyces cerevisiae. Komponen tersebut dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan kambing loh. Yuk simak artikel berikut ini!

Mengenal EM4, Probiotik untuk Peternakan

Apa kamu sudah tahu apa itu EM4? EM4 merupakan Effective Microorganism yang berperan penting dalam proses pertumbuhan hewan. Biasanya EM4 bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Bentuknya berupa larutan dengan warna cokelat kekuningan. Kabar baiknya, kita dapat membuat EM4 sendiri loh! Daripada membeli di pasaran, bukankah membuat sendiri akan menekan biaya pengeluaran?

EM4 memiliki kandungan bakteri fermentasi dari genus Lactobasilus. Bakteri fotosintetis, bakteri pelarut. Dan ragi. Semua itu berguna untuk menguraikan bahan-bahan organik di dalam tanah. Oleh karenanya, penggunaan EM4 dapat menyuburkan tanah.

Sedangkan untuk hewan ternak, bakteri baik berperan dalam membantu penyerapan mineral-mineral penting. Jadi, secara tidak langsung probiotik membantu pertumbuhan hewan ternak terutama pada struktur tulang dan kualitas daging. Probiotik EM4 juga berperan dalam menyehatkan sistem pencernaan kambing. Dengan pencernaan yang sehat, kambing tumbuh optimal dengan kualitas yang sesuai.

Kandungan EM4 dapat berupa protein, serat kasar, dan berbagai kandungan lain. Selain itu, EM4 juga membuat pakan menjadi lebih awet. Artinya, EM4 memenuhi kebutuhan kambing dan membantu peternak menekan biaya pemeliharaan. Keuntungan ini bisa diperoleh jika para peternak dapat membuat EM4 sendiri atau memperbanyak EM4 yang sudah dibeli.

Cara Memperbanyak EM4 Peternakan Dengan Molase

Memperbanyak EM4 tidak harus dengan membuatnya dari awal. Sebenarnya, 1 liter EM4 hanya bisa dipakai untuk membuat 1 ton bokashi padat atau setara dengan 50 liter bokhasi cair. Sedangkan, kita butuh banyak EM4 untuk menambahkannya pada pakan, menggunakannya untuk menyemprot kandang, dan berbagai kegiatan peternakan lainnya. Untuk itulah, kita butuh lebih banyak EM4.

Kita bisa menggunakan stok EM4 yang ada. Lalu, gunakan beberapa trik untuk membuatnya jadi lebih banyak. Untuk kita membutuhkan beberapa bahan. Siapkan EM4 1 botol saja cukup. Kita juga butuh Molase sebanyak 250 ml. Selain itu, siapkan 250 gram terasi. Air mineral 5 liter, akan lebih baik hindari menggunakan air PAM atau air sumur. Air mineral lebih bersih dan terjaga dari bakteri berbahaya. Terakhir ambil 3 kilogram bekatul.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk memperbanyak EM4 adalah kompor, panci, pengaduk, ember, penyaring, dan jeriken atau botol untuk wadah. Jika sudah siap semua, saatnya untuk memperbanyak EM4 secara manual. Cara ini akan membuat kita memiliki banyak stok EM4 tanpa harus membelinya lagi.

Didihkan air, lalu masukkan terasi, gula merah, dan bekatul. Aduk semua sampai larut. Kemudian, matikan kompor dan biarkan sampai temperaturnya setara dengan suhu kamar. Setelah itu, masukkan cairan EM4, aduk rata. Setelah itu, tutup rapat dan biarkan sampai 2 hari. Buka pada hari ke 3, lalu aduk sebentar. Kemudian, tutup lagi dan biarkan sampai 10 hari. Di hari ke 10, kita akan melihat cairan EM4 keluar. Pisahkan dari ampas dan pindahkan ke botol atau jeriken. Saring dengan benar agar tidak ada ampas yang ikut masuk.

Nah, mudah kan cara memperbanyak EM4 untuk peternakan? Kita bisa mengulangi langkah-langkah tadi untuk membuat lebih banyak lagi stok EM4. Sisa ampasnya merupakan pupuk organik yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Manfaat EM4 Untuk Peternakan Kambing

Kambing merupakan hewan yang memiliki beragam manfaat. Dagingnya bisa diolah menjadi bahan makanan, kulitnya bisa digunakan untuk membuat pakaian, sedangkan susunya bisa diminum. Semakin berkualitas seekor kambing, harga jualnya juga makin tinggi. Peternak berlomba-lomba menyediakan kambing, apalagi saat Idul Adha. Permintaan kambing melonjak tajam.

Untuk bisa menghasilkan kambing yang berkualitas, kita butuh probiotik yang sesuai seperti EM4. Manfaatnya bagi kambing sudah tidak diragukan lagi. Kambing yang tumbuh dengan cukup probiotik akan memiliki tubuh yang besar dan dagingnya banyak. Hal itu dikarenakan, sistem pencernaan kambing dalam kondisi prima.

Kandungan bakteri EM4 bisa menyeimbangkan mikroorganisme dalam perut ternak. Sehingga, kinerja sistem pencernaan kambing akan terjaga dengan baik. Ketika tubuh menyerap gizi dengan baik, maka kambing akan tumbuh besar dengan banyak daging. Kambing sehat, makan lebih banyak. Kemudian, mereka tumbuh sesuai harapan.

Aroma asam manis EM4 membangkitkan selera makan kambing. Campuran EM4 pada pakan ternyata dapat membantu mengurangi bau kotoran kambing juga loh. Hal ini dikarenakan bakteri jahat yang biasa ikut masuk pada makanan kambing sudah tidak ada, berganti dengan bakteri baik yang dibawa oleh EM4.

Selain bagi kambing, EM4 juga digunakan untuk kandang kambing. Penyemprotan dengan EM4 menjaga kandang kambing dari bakteri jahat. Kotoran kambing tidak lagi mengandung bakteri berbahaya karena telah dibersihkan oleh EM4. Penyemprotan secara rutin menjadikan kandang menjadi tempat yang nyaman bagi kambing.

Cara Penggunaan EM4 Peternakan

Bagaimana cara penggunaan EM4 untuk peternakan kambing, sapi, atau hewan lainnya. Tentu bergantung pada jenis hewan ternak itu sendiri. Takarannya disesuaikan dengan jumlah pakan dan jumlah hewan ternak yang ada.

EM4 untuk Minum Kambing

Untuk minuman kambing, siapkan 1 liter air dan tambahkan 1 cc EM4. Tidak ada teknis khusus dalam hal ini. Berikan air minum setiap hari secara rutin. Jika cuaca panas, pemberian air harus lebih sering agar kambing tidak dehidrasi.

Jika sudah menggunakan EM4, jangan ditambah antibiotik. Hal ini untuk menjaga bakteri pada EM4 tetap hidup Bersama air minum. Bersihkan tempat minum kambing setiap hari agar tidak ada virus atau bakteri jahat yang menempel. Minuman yang sehat akan membuat pencernaan kambing jadi sehat juga.

EM4 untuk Pakan Kambing

Pada campuran pakan, 1 liter air dengan 1 cc EM4. Lalu, semprotkan pada daun-daun atau rumput yang akan dimakan kambing. Dengan begini, kambing akan mengonsumsi makanan yang sudah mengandung bakteri dari genus Lactobasilus, tanpa bakteri berbahaya.

Selain itu, kita bisa membuat bokashi pakan ternak juga loh. Siapkan bahan untuk membuat 1 ton EM bokashi. Kita akan membutuhkan 800 kg pupuk kandang ayam, 150 kg pupuk kandang kambing, 50 kg dedak, 1 liter EM4, 1 liter molase atau cairan gula, dan air 1 liter.

Campurkan semua bahan, aduk rata hingga kadar air berkurang. Masukkan dalam karung dan tutup rapat sampai 1 minggu lamanya. Jaga suhu selama fermentasi agar tidak melebihi 50 derajat Celsius. Kalau cuaca terlalu panas, buka karung lalu aduk-aduk adonan bokashi.

Jika sudah jadi, campurkan EM bokashi dengan dedak, jagung, dan konsentrat perbandingannya 10 bagian dedak, 2 bagian jagung, dan 2 bagian konsentrat.

EM4 untuk Kandang Kambing

Salah satu cara penggunaan em4 untuk peternakan juga bisa untuk pembersihan kandang. Jika ingin membersihkan kandang atau menjaga lingkungan tempat kambing tumbuh, gunakan EM4, molase, dan air. Perbandingannya 1:1:100. Biarkan dahulu sampai dua hari agar terjadi fermentasi. Kemudian, semprotkan pada kandang dengan dosis 1 sampa 2 liter untuk 1 meter persegi luas kandang. Habiskan fermentasi ini untuk menyemprot kandang dalam waktu 3 bulan ya!

Gunakan EM4 dalam bentuk bokashi pada alas tempat tidur kambing. Sehingga, kambing akan tidur dalam keadaan hangat. Tambahkan juga jerami dan serbuk gergaji bila perlu. Penggunaan bokashi akan menjaga tubuh kambing dan menetralkan baunya.

Penggunaan EM4 pada kandang ternyata bisa membantu mengurangi stres kambing. Hal itu dikarenakan penciuman kambing tidak lagi mendapati bau-bau menyengat dari limbahnya sendiri. Kambing jadi lebih rileks dan menikmati masa pertumbuhannya dengan baik.

EM4 untuk Silase Kambing

Apa itu silase? Saat musim kemarau, persediaan pakan biasanya menipis. Hal itu dikarenakan jumlah rumput liar berkurang lantaran banyak yang mati. Air hujan yang kurang membuat tanaman dan rerumputan menjadi kering. Hewan ternak berkaki empat seperti sapi dan kambing diberi larutan silase agar cukup gizi.

Bagaimana cara membuat silase? Peternak perlu mengumpulkan rumput, jerami, pohon jagung atau tumbuhan pakan lain yang sudah kering. Potong kecil-kecil dan letakkan dalam wadah seperti drum atau bak. Taburi dedak halus. Untuk cara penggunaan em4 untuk peternakan ini cukup tambahkan pada menu makan tersebut. Padatkan, lalu tutup, dan biarkan sampai 5 hari agar terjadi proses fermentasi. Inilah yang disebut dengan silase, nilai gizinya lebih tinggi setelah difermentasi. Pakan ini bisa diberikan kepada kambing selama musim kemarau untuk mencukupi kebutuhan gizi kambing.

Biasanya produksi susu kambing akan menurun karena musim panas. Sehingga para peternak kurang dapat memenuhi permintaan susu kambing dari konsumen. Akan lebih baik jika kita mencampur makanan kambing dengan EM4. Selain itu, buat juga silase untuk kambing.

Kambing yang makan silase menghasilkan susu lebih banyak. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada makanan yang dicampur EM4 mencukupi nutrisi kambing. Sehingga, kambing bisa memproduksi susu yang banyak. Meski susu tersebut diberikan kepada anak-anak kambing, jumlahnya tetap besar untuk kemudian dijual.

Nafsu Makan Meningkat

Tubuh kambing juga tidak akan kurus. Mereka makan dengan lahap karena sistem pencernaannya baik, serta cukup nutrisi meski sedang musim kemarau panjang. Alhasil, kambing pun memberikan manfaat bagi para peternak kambing untuk menambah penghasilan. Dalam hal ini peternak kambing diuntungkan dari banyak sisi. Mereka dapat menjual kambing untuk dipelihara, menjual daging kambing, atau menjual susu kambing. Jadi, tak ada yang perlu diragukan lagi dalam penggunaan EM4 pada peternakan kambing, kan?

EM4 bekerja mendukung kambing dari dalam dan luar. Tujuannya agar pertumbuhan kambing optimal dan produksi susu meningkat. Jika pedagang kambing ingin menjual kambing yang gemuk dan sehat, mereka harus merawat kambingnya dengan baik. Caranya adalah memenuhi nutrisi kambing dengan EM4, baik yang dibuat sendiri atau beli di pasaran.

Nah, inilah cara penggunaan EM4 pada peternakan kambing. Tak hanya untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan kambing, EM4 juga bermanfaat bagi kandang kambing. Bahkan, kita juga bisa membuat pupuk kompos atau pupuk kandang menggunakan EM4 juga. Daripada kita membeli banyak EM4 di pasaran yang cenderung berharga lebih, akan baik jika bisa membuatnya sendiri atau memperbanyak stok EM4 yang ada. Selamat mencoba!