Wisata Peternakan Sapi di Berastagi

Wisata Peternakan Sapi di Berastagi – Gundaling Farm

Nama Kota Berastagi memiliki makna yakni Gudang Beras dimana kota ini telah sekian lama menjadi salah satu Lumbung Sayur dan Buah dan menjadikannya salah satu destinasi wisata terkenal di Sumatera Utara. Lebih tepatnya adalah wisata peternakan sapi di Berastagi.

Kota ini adalah yang terbesar kedua di pulau Sumatera Indonesia dan cukup subur. Karena itulah, maka kota ini diberi nama Berastagi, yang artinya “Taman Beras” atau Gudang Beras.

Ada banyak destinasi wisata di Berastagi yang tidak kalah dengan wisata peternakan di Jakarta. Diantaranya wisata pengasingan Bung Karno, taman hutan alam, Bukit Kubu, pemandian air panas, air terjun Sikulikap, dan Gundaling Farm.

Gundaling farm adalah tempat wisata peternakan sapi di Berastagi yang menjadi salah satu idola dan tempat rekreasi bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan sambil belajar bagaimana proses pembuatan susu dan keju.

Lingkungan menyegarkan yang dipenuhi tanaman dan pemandangan yang cantik menanti pengunjung di Gundaling Farm. Jalan-jalan pertanian tertata rapi dan bebas dari puing-puing, yang menjadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Parkir juga tersedia di sebelah dengan ruang yang memadai. Dua kandang sapi besar berada di sebelah tempat parkir sedikit ke atas. Informasi menunjukkan bahwa semua sapi impor Australia hidup di Peternakan Gundaling dengan kondisi yang sehat dan gemuk.

Pada waktu-waktu tertentu, biasanya setiap sore di kandang sapi terdengar lantunan musik klasik. Ketika sapi ini mendengar musik, mereka berdiri dalam barisan dan bergerak melalui jalur mereka secara teratur. Musik berubah secara berkala dan sapi membentuk format barunya. Setiap musik yang berganti, sapi sapi ini akan bergerak secara bergantian untuk di perah susunya. Sapi menunggu sampai diperah sebelum keluar dari gudang. Karena karyawan sudah terbantu dengan gerakan sapi lewat musik, maka mereka tidak perlu mengarahkannya, dimana mereka dari kejauhan cukup melihat sapi-sapi itu bergerak.

Lokasi Wisata Peternakan Sapi di Berastagi

Lokasi Gundaling Farm terletak di tempat yang ideal – di Jalan Pendidikan, Selrauda, ​​Simpang Pelawi, Berastagi, Kabupaten Karo. Peternakan ini dekat dengan penginapan Bukit Bamboe dan Mikie Funland. Siapa pun dapat dengan mudah menemukan tempat ini dan jika Anda merasa kesulitan, cukup buka google map dan Anda akan diarahkan sesuai dengan jalan yang paling dekat.

Dengan suasana udara yang dingin di sisi utara Danau Toba, Berastagi berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Tempat ini sering dikunjungi warga Medan di akhir pekan untuk mencari inspirasi dan liburan bersama keluarga. Brastagi hanya berjarak sekitar 60 kilometer dari Medan dan diapit oleh dua gunung berapi aktif, yakni gunung Sinabung dan Sibayak.

PT. PIMS adalah pengelola resmi Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi yang terletak di dekat Wisata Peternakan Gundaling. Sejak tahun 2005, perhatian yang tinggi dari wisatawan telah menyebabkan PT. PIMS menjadi lebih baik dan berusaha memanjakan mereka.

Selain wisata peternakan, di tempat ini juga tersedia restoran yang menyajikan menu makanan bervariasi. Gundaling Restaurant Farmstead menyajikan makanan dengan harga terjangkau. Misalnya, harga 1 item pada menu adalah sekitar 30 ribuan.

Sejak Geopark Kawah Toba resmi menjadi salah satu Geopark Global UNESCO, jumlah wisatawan semakin meningkat, dan permintaan akan fasilitas pariwisata seperti hotel dan restoran juga meningkat. Saat ini, pertanian dan peternakan di sekitar lokasi menjadi dukungan industri pariwisata yang sedang berkembang.

Destinasi Wisata Edukasi Peternakan Sapi

Setiap kali masyarakat ingin melihat keseluruhan proses budidaya dan pengolahan susu sapi, mereka dapat meminta pengelola untuk mengaturnya. Hal ini dapat dilakukan untuk kelompok seperti siswa atau karyawan dari tempat kerja yang berbeda yang ingin belajar dari satu sama lain.

Peternakan sapi Sumatera Utara masih memiliki jumlah sapi yang tidak terlalu banyak. Hal ini membuat Pasteurisasi Sumatera Utara menjadi aspek umum dari wisata peternakan. Peserta juga dapat memanfaatkan paket wisata edukasi setelah menyelesaikan pengalaman ini. Ada sebagian lokasi yang mana pengunjung dilarang mendekati peternakan tersebut tanpa izin yang tepat. Beberapa bagian dari properti terlarang untuk umum karena masalah keamanan.

Di Berastagi, Gundaling Farmstead, pengunjung dapat menikmati agrowisata yang terintegrasi dengan restoran farm-to-table. Restorannya menyajikan menu internasional yang terdiri dari bahan baku lokal yang dipadukan dengan daging sapi Freisian Holstein FH. Sambil bersantap, pengunjung bisa melihat sapi FH hitam putih merumput di ladang umbaran dekat peternakan.

Produk turunan susu menjalani proses inovasi di Gundaling Farmstead. Pihak pengelola, menyatakan bahwa visinya adalah menciptakan bisnis zero waste yang mendukung ekonomi perusahaan dan masyarakat. Menurutnya, semua produk pertanian hulu dimaksimalkan menjadi makanan sehat dan segar dengan langsung dari peternakan melalui konsep Farm to Table.

Seiring dengan pakan sapi, bunga, sayuran, buah dan rumput dibudidayakan di tanah sekitarnya. Kompos juga di kelola oleh para petani lokal untuk dijadikan pupuk organik. Restoran mengklaim bahwa bahan baku yang mereka gunakan organik, meskipun mereka tidak memiliki sertifikat organik saat ini. Limbah yang dihasilkan sangat sedikit karena minimnya penggunaan pupuk kimia.

Peluncuran ide bisnis “Go Green and Get Zero Waste” mendorong untuk memanfaatkan setiap bagian dari lahan pertanian mereka. Pembagian ternak meliputi sapi yang menghasilkan susu dan sapi subur untuk dikembangbiakkan. Selain itu, pembibitan dan penggemukan sapi FH jantan menjadi sapi potong juga dikelola di peternakan ini. Bahkan. proses fermentasi kotoran sapi menjadi kompos juga merupakan bagian dari kegiatan di sini.

Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi Restoran

Keju yang terbuat dari susu sapi tersedia di Gundaling Farmstead. Ini juga merupakan menu makanan favorit yang tersedia di restoran. di Restoran ini, mereka membuat keju piza yang bisa Anda coba di tempat wisata peternakan berastagi. Ketika Anda berkeliling kawasan peternakan, cobalah untuk mampir ke restoran dan mencicipi menu yang tersedia.

Ada berbagai macam makanan dan minuman yang tersedia di Gundaling Restaurant. Di antaranya susu sapi yang murni dan siap diminum, serta beragam menu yang bisa menggelitik lidah. Anda bisa mulai mencoba mencicipi makanan Asia, lalu jelajahi masakan Barat dan bahkan makanan khas tanah Karo tersedia di restoran ini.

Berdasarkan cara bersantap di Berastagi yang Instagrammable, Anda bisa membicarakan tentang suasana di luar restoran. Hampir semua eksterior restoran ini terbuat dari kaca, sehingga sangat layak untuk di-Instagram. Bagian dalam restoran tampak seperti ruang makan bergaya Eropa. Dengan gaya yang terinspirasi dari alam.

Jika dilihat dari luar, suasana restoran ini sangat terlihat instagramable. Bagian dalam restoran terlihat seperti ruang makan bergaya Eropa dengan gaya back to nature. Hampir semua desain bangunan terbuat dari kaca dan ini yang membuat semakin menarik.

Anda bisa langsung membeli susu steril di tempat ini, namun mereka juga dapat dipisahkan menjadi opsi murni dan tidak murni. Toko ini juga menawarkan berbagai rasa yang dicampur dengan rasa yang berbeda. Anda bisa membeli minuman ini seharga Rp 14.000 per botol, dengan beberapa varian rasa seperti blueberry, mangga, dan yogurt.

Pengelola percaya bahwa farm to table adalah konsep terintegrasi yang membawa nilai tambah baik dari perspektif bisnis maupun kuliner. Ini melibatkan segala sesuatu mulai dari peternakan sapi perah hingga perawatan sapi potong untuk menghasilkan persiapan makanan. Dengan konsep ini, konsumen dapat memperoleh manfaat tambahan seperti makanan yang lebih sehat dan ekosistem yang lebih stabil.

Hanya peternakan sapi perah di Sumatera Utara bernama Gundaling Farmstead yang menawarkan kunjungan wisata dan edukasi melalui model pengelolaannya. Hal ini disebabkan karena peternakan tersebut dikelola dengan konsep yang disebut Gundaling. Dalam model ini, semua area peternakan di mana produksi turunan susu dan es krim diproses dibuat terlihat melalui penutup kaca. Selain itu, pengunjung dapat melihat area pengolahan keju dan area pengolahan susu.

Sebagai tempat wisata edufarm, wisata peternakan di berastagi ini sering dikunjungi oleh pengunjung dari taman kanak-kanak dan prasekolah. Banyak dari anak-anak ini ingin melihat proses produksi susu secara langsung. Dengan diiringi musik populer yang diputar, karyawan Andreas mengizinkan sapi dan tamu untuk melakukan dekompresi selama proses pemerahan.

Keju Andaliman

Hanya karyawan yang diizinkan masuk ke ruang proses tempat susu dibuat. Dari sini, susu diubah menjadi yogurt, es krim, dan pengganti susu yang rasanya seperti cokelat, stroberi, vanila, dan hambar. Setelah diolah, susu ini dijual kepada wisatawan. Ada berbagai ukuran yang tersedia untuk konsumen, yang membuat lebih mudah untuk memilihnya. Susu biasa dijual dengan ukuran kemasan 185 ml, 500 ml dan juga dalam kemasan ukuran 1 liter. Susu segar memiliki harga yang murah, dan kualitasnya yang bagus menjadikannya pilihan populer untuk produk es krim.

Hidangan andalan Gundaling Farmstead adalah hidangan khas ala Karo yang diolah secara non-tradisional. Makanan khas Karo lainnya yang diolah di Gundaling Farmstead antara lain ikan mas dan ikan nila arsik. Tempat wisata peternakan ini banyak mengeksplorasi masakan khas dengan masakan arsik dengan mengolah banyak masakan khas Karo lainnya.

Keju khas Gundaling Farmstead adalah Tomme Andaliman, atau Lada Batak. Andaliman memiliki cita rasa unik yang bisa diaplikasikan pada produk keju lain buatan daerah tersebut.

Orang Batak menggunakan andaliman sebagai bumbu masakan mereka. Ini juga digunakan dalam masakan Karo berkat efeknya pada basil mesofilik dan termofilik yang digunakan selama proses pembuatan keju. Ini menghasilkan jenis sensasi yang berbeda di lidah. Tomme Andaliman adalah nama lain dari keju yang cukup laris ini.

Jam Operasional

Wisata Peternakan di berastagi ini mulai buka pagi sekitar pukul 10.00 dan tutup pukul 17.00. Kecuali restoran yang tutup sekitar pukul 20:00, hari libur nasional seperti Idul Fitri dan Tahun Baru memungkinkan peternakan beroperasi dengan jam yang sama.

Ada beberapa spot foto menarik yang menjadi fasilitas tempat ini. Selain itu tentu saja tersedia toilet, tempat parkir, dan juga pertanian yang berfungsi penuh di Gundaling. Tidak perlu membeli tiket masuk karena semua pengunjung dapat menikmati keindahan Wisata peternakan Gundaling secara gratis.

Wisata Peternakan Gundaling Farm adalah tempat yang indah untuk dikunjungi ketika Anda menghabiskan waktu di Sumatera Utara. Selain itu, ini berguna untuk mengetahui bahwa susu yang kita minum di Sumatera Utara diproses di sana dengan lokasi yang sangat sejuk. Selain itu, pengunjung dapat merasakan udara segar karena berada di dataran tinggi.