Destinasi Wisata Peternakan Sapi di Boyolali

Wisata Peternakan Sapi di Boyolali (Cepogo Chees Park)

Mungkin belum banyak yang mendengar tentang wisata peternakan sapi di Boyolali. Ini karena Identitas Kabupaten Boyolali berpusat pada keberadaan susu. Hal ini tercermin dalam patung susu tumpah yang terletak di pusat kota.

Selain itu, patung sapi “Lembu Sora” ini merupakan bagian integral dari Pemerintah Kabupaten Boyolali. Ini menandai tempat di mana sebagian besar susu sapi yang ada di pasaran diproses. Ketika orang mendengar Kata Boyolali, mereka akan berpikir secara cepat tentang Produsen Susu atau Kota Susu.

Di Boyolali, perbedaan ketinggian geografi dapat ditemukan di bagian barat dan timur. Wilayah ini juga menawarkan banyak pesona bagi pengunjung, termasuk mata air umbul, pegunungan, waduk, dan agrowisata. Agrowisata Sapi Perah Cepogo merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang populer di Jawa Tengah.

Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Cepogo terletak di lereng Merapi yang merupakan gunung berapi yang paling aktif. Berjarak 13 km dari pusat kota Boyolali. Karena Cepogo terletak di dataran tinggi, kota ini memiliki iklim dingin yang ideal untuk peternakan sapi perah. Cepogo menyediakan wisata edukasi yang didedikasikan untuk berbagi pengetahuan tentang pentingnya susu dalam pendidikan masyarakat. Selain itu, wisata peternakan ini membahas semua proses terkait susu sapi seperti beternak dan mengolahnya menjadi barang konsumsi.

Warga Boyolali yang juga memiliki sapi perah dikenal cukup ramah. Bahkan saat Anda mengunjungi mereka untuk melihat bagaimana proses memerah susu, mereka sangat antusias dan gembira dalam memberikan sambutan kepada setiap tamunya. Hal ini yang membuat wisatawan yang datang menjadi nyaman dan betah. Banyak juga tamu tamu yang tidak cangggung untuk bertanya apapun yang ingin mereka ketahui tentang sapi perah. Mereka dapat mengajukan pertanyaan dan berinteraksi dengan sapi di peternakan. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi produk susu dari hasil pemerahan sapi di rumahnya.

Selain sebagai komoditas utama industri susu sapi daerah, susu sapi Boyolali juga sering digunakan sebagai bahan baku industri susu yang berada di luar daerah. Seperti contohnya pabrik susu SGM yang berada di Jogja, bahan baku susu juga diambil dari peternak yang berada di Boyolali.

Sungguh, ini adalah tempat wisata peternakan yang menarik dengan jalan yang menanjak dan berkelok! Tentu saja, perjalanan menanjak membutuhkan kendaraan dalam kondisi baik. Di sini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam pegunungan yang khas yang merupakan pengalaman yang cukup berharga.

Cepogo Chees Park

Kabar baik lainnya, keindahan alam Boyolali ini semakin bertambah dengan hadirnya wisata peternakan di Boyolali yang bernama Cepogo Chees Park. Dimana Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang luas dengan kawanan sapi perah dan Anda bisa memerahnya sendiri. Ya mungkin hampir sama dengan wisata peternakan di Berastagi.

Ada kemungkinan peluang pariwisata di Boyolali ke depan terkait dengan wisata Soloraya semakin berkembang. Hal ini karena potensi wisata sapi perah di wilayah tersebut. Meskipun saat ini belum menjadi objek wisata populer, masih ada kemungkinan di masa depan akan cukup dikenal masyarakat luas. Terlebih dengan hadirnya Cepogo Chees Park ini.

Desa Samiran, Selo, Boyolali saat ini menjadi tuan rumah wisata peternakan sapi perah. Wisata ini terus menumbuhkan potensi destinasi wisata sapi perah dimana para pengunjung dapat menambah pengetahuan bagaimana cara memerah susu sapi dan mengolah susu sapi segar.

KUPT Sido Maju merupakan klaster peternakan sapi yang juga terlibat dalam perancangan kandang sapi untuk kunjungan wisatawan. Mereka juga berupaya untuk memajukan peternakan sapi ini dengan membuat tempat wisata edukasi dan bekerja sama dengan perusahaan besar dalam pengolahan susu segar.

Wisata Peternakan Sapi di Boyolali

Cepogo Cheese Park dibuka sebagai objek wisata baru di Kabupaten Boyolali tahun ini. Pemerintah setempat memutuskan untuk bekerja sama dengan PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory) untuk membangun taman di Desa Genting yang terletak di Kecamatan Cepogo.

Nama objek wisata ini secara harfiah menunjukkan bahwa ia akan menampilkan pabrik pengolahan keju bersama dengan peternakan sapi. Fasilitas pendukung lainnya termasuk restoran dan tempat parkir untuk pariwisata juga disediakan.

Cimory Indonesia awalnya memulai pembangunan Cepogo Cheese Park pada Februari tahun lalu. Dari informasi yang didapat, proyek tahap pertama ini membutuhkan lahan sekitar 1,6 hektare dengan anggaran kurang lebih sekitar 7 miliar. Setelah pembersihan jalur selesai, proyek konstruksi taman akan dilanjutkan.

Selain lahan parkir seluas 9.000 meter persegi, tahap pertama pembangunan proyek ini mencakup area yang mampu menampung 200 mobil dan 15 bus besar. Area ini dapat diakses melalui jalan masuk yang panjang. Cimory tetap menggunakan ikon Boyolali yakni sapi perah untuk menu makanan yang ditawarkan. Pilihan makanan termasuk daging, telur, dan susu. Tempat ini nantinya juga tersedia loby, tiket box dan restoran yang dibangun diatas lahan seluas 600 meter persegi. Ini membawa suasana yang terasa seperti restoran sehat di mana pengunjung dapat menikmati hidangan khusus berbasis protein.

Cepogo Chees Park terlihat menonjol dan berbeda dari peternakan sapi lainnya dengan memiliki ruangan khusus untuk pengolahan keju. Ruangan tersebut seperti dapur yang memang dikhususkan untuk mengolah keju dan bisa dilihat langsung oleh pengunjung. Selain itu juga terdapat area untuk penggembalaan ternak, area untuk selfie, restoran dan fasilitas penunjang wisata peternakan lainnya. Bahkan, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya jembatan gantung yang berjajar di Ngarai Boyolali. Hadirnya wisata peternakan Cepogo Chees Park ini diharapkan bisa membantu lokasi tersebut menjadi terkenal di seluruh Indonesia.

Sekilas Tentang Cepogo Cheese Park

Penciptaan bisnis pariwisata Boyolali berlanjut dalam konteks proses pengembangan pariwisata yang lebih besar. Tempat wisata peternakan di Boyolali ini baru bisa beroperasi pada akhir tahun 2022. Selain menciptakan bisnis pariwisata, juga dilakukan usaha-usaha lain untuk membantu mendorong pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Hal ini pada akhirnya memberikan dukungan bagi pembangunan daerah. Selain itu, sapi perah dapat dipelihara di wilayah Cepogo karena ketersediaan pakan yang cukup.

Cepogo Chees Park memberikan kesempatan belajar langsung dan pendidikan bertema hewan. Mereka juga menawarkan wisata edukasi yang menggabungkan unsur pembelajaran dari hewan ke manusia. Anak-anak dapat belajar tentang hewan ternak melalui interaksi dengan mereka dalam berbagai cara. Mereka juga dapat belajar tentang efek merawat sapi dengan mengunjungi peternakan sapi perah. Setelah berkeliling peternakan, anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan langsung yang melibatkan pengolahan susu untuk keju dan yogurt.

Wisatawan yang nantinya berkunjung ke lokasi ini, tidak hanya akan menikmati pemandangan alam pegunungan merapi, tetapi juga interaksi dengan sejumlah hewan ternak mulai dari belajar memerah susu, memberi makan kawanan sapi dan belajar bagaimana mengolah susu menjadi keju.

Wisata Edukasi

Ini adalah wisata edukasi yang cocok untuk anak anak terutama di kawasan Boyolali dan sekitar karesidenan Surakarta. Bahkan, menurut rencana, akan ada juga proses pengolahan limbah peternakan menjadi pupuk organik yang semuanya di proses di tempat yang terpisah, namun masih dalam lokasi yang sama. Hal ini karena proses pengolahan limbah tersebut menjadi bagian dari wisata edukasi yang ada di Cepogo Boyolali ini.

Untuk jenis sapi yang ada di kawasan wisata ini nantinya adalah sapi lokal dan juga beberapa sapi didatangkan dari Australia. Selain itu jenis-jenis hewan yang dapat dilihat nantinya tidak hanya sapi perah saja, tetapi ada juga domba dan kambing yang bisa diajak interaksi secara langsung oleh pengunjung wisata peternakan Boyolali ini.

Dengan menyediakan wisata alternatif yang sehat untuk keluarga, diharapkan 1 juta pengunjung per tahun akan datang dari hiburan luar ruang yang disediakan di dalam taman.

Tersedia juga restoran yang menyajikan makanan khas daerah dan juga menu favorit dari peternakan ini sendiri yakni Susu segar. Untuk masalah harga, tentunya disesuaikan dengan kemasan susu itu sendiri. Sedangkan untuk harga menu makanan di restoran yang tersedia, juga disesuaikan agar tetap ramah di kantong pengunjung.

Hal ini tentunya memberikan kesan yang menarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara. Karena, selain bisa menikmati segelas susu segar, wisatawan yang datang juga bisa melihat proses pembuatan keju di tempat yang sejuk dan asri ini.

Fasilitas Wisata Peternakan sapi di Boyolali

Selain tempat parkir yang luas yang bisa menampung sekitar 200 mobil, ada beberapa fasilitas lain untuk mendukung tempat ini. Beberapa diantaranya adalah spot foto bagi yang suka bikin konten di Instagram, Taman bermain anak, masjid/mushola dan juga tidak ketinggalan toilet yang di atur sedemikian rupa dan bersih.

Meski sapi sapi ini nantinya akan dibiarkan hidup liar di area wisata, tentu saja kandang juga telah disiapkan terutama ruangan untuk pemerahan susu. Untuk kandang atau ruangan ini nantinya akan didesain agar pengunjung juga nyaman ketika belajar memerah susu. Kebersihan area ini benar benar dijaga ketat agar susu tetap steril dan sehat untuk di konsumsi.

Lantas berapa harga tiket masuk Cepogo Chees Park? Sampai sejauh ini memang belum ada informasi mengenai harga tiket masuk, namun yang pasti, untuk masuk ke wisata pertenakan di Boyolali ini tidaklah gratis. Hal ini mengingat ketersediaan bangunan tiketing yang juga mulai dibuat. Ada kemungkinan, harga tiket di kisaran Rp30 ribuan per orang. Sedangkan untuk tarif parkir mobil dipatok dengan harga Rp.5000 rupiah dan motor Rp.2000 rupiah untuk sekali parkit tentunya.

Untuk sekelas wisata peternakan, biaya masuk tersebut masih tergolong murah mengingat lokasi yang cukup nyaman, sejuk dan ditambah dengan pengalaman dalam belajar memerah sapi dan melihat proses pembuatan keju dan yogurt.

Peningkatan Industri Peternakan

Dengan hadirnya wisata peternakan di Boyolali ini, diharapkan ada peningkatan dalam sektor industri peternakan dan perkebunan di sekitar area. Selama ini, Cepogo memang dikenal dengan lahannya yang subur. Hal ini terbukti dengan ramainya pasar sayur yang ada di Cepogo. Beberapa tengkulak setiap pagi berdatangan untuk mengambil sayur dari pasar ini. Penduduk setempat banyak yang mengandalkan pekerjaan dari bertani sayur.

Geliat pertumbuhan ekonomi di Boyolali akan meningkat dengan dibukanya Cepogo Chees Park. Kedatangan para wisatawan yang berkunjung akan meningkatkan transaksi jual beli di pasar Cepogo. Selain itu, beberapa harga tanah juga mengalami kenaikan. Bahkan, beberapa tempat penginapan juga mulai berbenah untuk menyambut wisatawan yang datang dari luar kota.

Nah sahabat JogloNesia, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, silahkan Anda tunggu ya tempat wisata peternakan sapi di Boyolali ini dibuka untuk umum. Dan segera datangi wisata peternakan di boyolali ini.