Aplikasi Untuk Manajemen Peternakan Sesuai Jenis Hewan

Aplikasi Untuk Manajemen Peternakan Sesuai Jenis Hewan

Jopglonesia.com – Ada banyak alasan tentunya kenapa Anda membutuhkan aplikasi untuk manajemen peternakan sesuai dengan jenis hewan.

Ketika Anda mengelola atau bahkan memiliki peternakan yang cukup besar dengan puluhan atau bahkan ribuan hewan ternak, tentu saja itu hal yang berbeda jika dibandingkan dengan peternakan rumahan. Anda tidak hanya membutuhkan lebih banyak karyawan untuk mengelola mereka dan membuat mereka tetap sehat, terawat dan mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan hewan ternak.

Dalam hal ini, tentu saja Anda mebutuhkan sebuah alat yang mampu mengolah data, menyimpan dan memberikan informasi atau peringatan yang jelas dan akurat.

Seperti contohnya pada peternakan sapi, kambing, ayam, bebek atau bahkan ikan. Mereka adalah hewan hewan ternak yang bisa dikembangbiakkan di peternakan dengan jumlah ribuan. Tentu saja, Anda membutuhkan data yang akurat agar mereka tetap terkontrol baik dari kesehatan, kapan berkembangbiak dan juga kondisi kesehatan mereka.

Aplikasi Untuk Manajemen Peternakan

Kebutuhan pendataan pada hewan ternak Anda sangat diperlukan jika Anda tidak ingin mengalami kekacauan dan kerugian dalam proses peternakan modern. Untuk itulah, semua harus dipersiapkan secara rinci, baik plan kedepan dan juga rencana setiap individu hewan ternak Anda.

Ada beberapa aplikasi untuk manajemen peternakan yang bisa Anda temukan di playstore, namun karena banyaknya ini, tentu akanmembuat Anda kebingungan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan mana yang terbaik buat Anda.

Kebutuhan data setiap peternakan memang berbeda, dan tentu saja, data yang disimpan juga berbeda. Jika aplikasi recording data ternak tidak cukup membantu Anda, tentu ada aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Nah, dari sekian banyak ini, kami telah memilih beberapa diantara mereka sesuai dengan rating dan pilihan pengguna dan juga hasil dari survey yang kami lakukan.

My Goat Manager – Aplikasi Peternakan Kambing

Aplikasi My Goat Manager akan bertanggung jawab dalam mengelola peternakan kambing. Ini akan mencatat kegiatan yang berhubungan dengan kambing, kebutuhan rumput mereka, produksi susu, pendapatan, dan pengeluaran. Bahkan, aplikasi ini dapat memberikan laporan secara visual maupun di convert menjadi file pdf.

Selain itu, mempercepat pengelolaan data kambing dan juga pencatatan produksi susu dari setiap kambing untuk peternak. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda melacak dan mengubah perkembangan tahapan pertumbuhan misalnya dari anak-anak hingga dewasa, riwayat hidup setiap kambing dan lain lain.

Aspek penting lainnya dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk melacak peristiwa yang melibatkan kambing secara individu atau kolektif, seperti inseminasi kambing, kehamilan, perawatan, vaksinasi, pengebirian, penimbangan, penyemprotan, kelahiran, dan menghubungkan anak kambing dengan ibu dan ayah mereka. Setelah mengikuti alur kegiatan, aplikasi memberikan informasi mengenai kegiatan kambing ini pada atau sebelum periode waktu yang diinginkan.

Aplikasi ini juga mengumpulkan informasi tentang breed kambing, jumlah mereka, dan susunan genetik mereka, angka-angka ini dapat dilihat kapan saja oleh pemilik peternakan, ia juga dapat dengan bebas menambah atau menghapus breed dari peternakannya.

Fitur Aplikasi

Berikut dibawah ini fitur dari aplikasi menejemen untuk peternakan dari My Goat Manager:

  • Memiliki kemampuanuntuk mencatat silsilah klan kambing, dan dari keturunan keberapa.
  • Memlakukan pengarsipan dan kegiatan kambing harian, mingguan dan bulanan sesuai pengaturan.
  • Memiliki kemampuan untuk memantau dan pencatatan jumlah volume susu yang dihasilkan pada setiap kambing.
  • Pengelolaan cash flow pada peternakan kambing yang Anda miliki.
  • Memberikan susunan pelaporan yang menggambarkan bagaimana produksi susu, arus kas kambing, dan sebagainya
  • Ketersediaan laporan dalam bentuk visual dan file pdf dari setiap kejadian yang dialami kambing selama seharian penuh.
  • Memiliki kemampaun untuk mencetak laporan yang telah selesai.
  • Tersedia notifikasi untuk memastikan bahwa Anda telah melakukan input data dari setiap kegiatan.
  • Tersedia fitur pencadangan dan pemulihan data jika terjadi sesuatu misalkan kehapus.
  • Memiliki kemampuan untuk berbagi informasi di antara beberapa perangkat (sesama pengguna) misalkan kepada karyawan Anda.
  • Ada fitur untuk uploud gambar setiap hewan ternak Anda sebagai thumbnail profil data.
  • Memiliki kemampuan untuk mengekspor laporan atau catatan dalam bentuk file PDF, Excel atau CSV.
  • Tersedia pengaturan untuk mempersonalisasi pengingat atau pemberitahuan dalam bentuk suara notifikasi.
  • Bisa diakses meski tidak ada jaringan internet, karena data akan disimpan dalam file temporary.
  • Tersedia juga untuk versi web base yang bisa digunakan untuk manajemen pusat, peran dan penetapan ijin penggunaan.

Link Aplikasi

Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen peternakan ini untuk meningkatkan produktifitas peternakan Anda, dan membantu pengelolaan bagaimana peternakan yang Anda miliki. Silahkan langsung unduh aplikasinya melalui playstore dengan id apk com.bivatec.goat_manager dan cobalah untuk berselancar mencoba menggunakan aplikasinya.

DairyCattle – Aplikasi Peternakan Sapi

Aplikasi DairyCattle adalah aplikasi manajemen untuk peternakan sapi dan kerbau modern yang hampir sama dengan aplikasi sebelumnya yang telah disebutkan di atas. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang secara unik mengidentifikasi setiap hewan dan melacak semua informasi individu mereka mengenai detail spesifik hewan, seperti status kesehatan dan produktivitas.

Dengan beberapa klik yang cukup mudah, Anda sudah bisa melakukan pengelolaan data yang meliputi merencanakan, mengawasi, dan menganalisis aktivitas peternakan Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka akan ada peningkatan keamanan, produktivitas, dan keberlanjutan peternakan Anda akan secara terukur bisa dilakukan.

Aplikasi DairyCattle mampu membantu petani dalam memaksimalkan kinerja peternakan mereka dan meningkatkan pendapatan dan juga kemampuan dalam produktivitas di peternakan. Aplikasi manajemen peternakan ini dapat memberi petani bantuan dalam mengambil keputusan yang cepat dan mudah untuk memasukkan data dan memiliki banyak pelaporan.

DairyCattle juga mencakup kemampuan untuk tidak hanya menambah karyawan, tetapi juga memberi karyawan Anda berbagai tingkat akses untuk menambah, memperbarui, dan menghapus informasi. Fungsi ini mengarahkan karyawan atau tim kecil Anda untuk menyelesaikan beban kerja Anda.

Fitur Aplikasi

aplikasi untuk manajemen peternakan sapi ini memiliki fitur-fitur sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan pemindaian kode batang atau barcode yang didasarkan pada lokasi peternakan Anda (area atau bagian), atau kode batang kandang hewan yang dipetakan untuk dipindai menggunakan perangkat seluler. Fungsi pemindaian kode batang ini membantu dalam mengambil data hewan dalam waktu singkat. Jadi, Anda tidak perlu lagi mencari secara manual data yang Anda butuhkan.
  • Ini juga memiliki kemampuan untuk mengunggah foto hewan ternak Anda sebagai foto profil.
  • Memiliki fitur ID Tag yang merupakan kunci unik yang digunakan untuk mencatat informasi aktivitas setiap hewan. Bagian identifikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat katalog informasi tentang hewan ternak berdasarkan tempat kelahirannya, metode perolehannya, jenis kelaminnya, warna kulitnya, kelompoknya, dan lokasi atau di kandang mana dia ditempatkan.
  • Tersedia kolom status yang menerangkan kondisi hewan apakah masih hidup, mati atau terjual.
  • Memiliki kemampuan untuk pendataan dan dokumentasi hewan betina dan melaporkan berdasarkan perkembangan hewan baik usia, status reproduksi, jadwal kehamilan dan juga tanggal melahirkan anak anak mereka.
  • Detail informasi tentang perkawinan secara rinci baik perilaku dan info tambahan lain.
  • Pencatatan hasil reproduksi dan pendataan anak anak mereka dari indukan yang mana yang memungkinkan setiap anakkan dapat dilacak dari keturunan siapa.
  • Tersedia data vaksinasi setiap hewan dan kapan waktunya pemberian vaksin lanjutan dan vitamin lain yang dibutuhkan.
  • Tersedia fitur aktivitas secara menyeluruh yang memungkinkan pembaruan tentang vaksinasi, perkawinan, pembiakan dan lokasi dalam jumlah besar.
  • Memiliki fitur akutansi yang berguna untuk mencatat pengeluaran, pendapatan dan gambaran keuangan dari pengelolaan peternakan Anda
  • Tersedia artikel berita yang memberikan informasi terkait jenis kelamin, status, atau kehamilan hewan, serta artikel tentang anaknya dan pelacakannya, tinjauan peternakan dan laporan penjualan.
  • Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk mencetak Tag penjualan dengan atau tanpa harga saat Anda siap menjual dalam jumlah banyak di pasar. Kode ID dapat ditempelkan di leher hewan yang menampilkan informasi tentang hewan termasuk harganya.

Link Aplikasi

Selain beberapa fitur yang telah disebutkan diatas, masih ada pembaruan yang direncanakan untuk update yakni terkait dengan analisis susu dan manajemen pakan ternak. Ini aplikasi untuk manajemen peternkan yang cukup menarik dan Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui playstore dengan ID com.tech.dairycattle.

My Poultry Manager – Aplikasi Manajemen Peternakan Ayam

Salah satu aplikasi menejemen untuk peternakan ayam atau unggas lain yang tidak kalah menarik adalah My Poulty Manager. Buat Anda peternak unggas yang menganut gaya modern, tentu saja akan menyukai alat ini.

Ini adalah aplikasi untuk metode peternakan unggas kontemporer yang memungkinkan peternak melacak ternak, telur, dan persediaan makanan. Aplikasi ini juga menampilkan laporan visual dan dapat dijelajahi seperti laporan produksi dan pengurangan ayam, laporan perolehan dan penggunaan pakan, laporan perolehan dan pengurangan flok.

Selain itu, tersedia fitur yang membantu peternak dalam melacak cash flow peternakan mereka seperti penjualan telur atau penjualan ternak, dll. Aplikasi ini akan secara otomatis memperbarui inventaris peternakan Anda setiap kali kawanan atau telur dijual.

Fitur Aplikasi

Secara singkat, beberapa fitur yang disediakan pada aplikasi manajemen untuk peternakan unggas ini sebagai berikut.

  • Memiliki kemampuan dalam melakukan pencatatan pertumbuhan kawanan ayam di peternakan yang Anda kelola.
  • Mampu mencatat penambahan dan pemindahan telur, serta peternakan dan keberadaannya.
  • Ketersediaan fitur untuk memantau penambahan dan pengurangan pakan untuk unggas dan juga melacak bagaimana hal ini terjadi.
  • Memiliki fitur data untuk memantau pendapatan dari unggas atau produk ayam, seperti penjualan ayam dan telur dan pengeluaran, seperti pembelian pakan untuk peternakan, dan mencatat bagaimana hal ini terjadi.
  • Tersedia fitur untuk memberikan laporan secara visual dan terperinci terkait data seperti jumlah ayam saat ini, laporan transaksi, laporan produksi dan pengurangan telur, laporan penambahan dan penggunaan pakan, dan beberapa laporan lain yang lebih detail.
  • Tersedia fitur untuk back up data ke google drive bagi pengguna aplikasi.
  • Tersedia menu pengaturan ulang kata sandi atau pasword untuk login atau informasi yang lebih pribadi atau dirahasiakan
  • Terdapat fitur dan layanan untuk mencetak hasil laporan kedalam file dengan format PDF, Excel atau CSV.
  • Memiliki kemampuan untuk memberikan notifikasi pengingat dan pemberitahuan secara dipersonalisasi.
  • Aplikasi bisa diakses secara offline tanpa adanya koneksi jaringan internet, karena data akan basuk ke database pengguna.
  • Tersedia layanan untuk berbagi pengguna lain dengan beda device yang mana dapat menambahkan Admin pada aplikasi.
  • Tersedia juga aplikasi dalam bentuk web base yang bisa digunakan untuk pemnyimpanan data di pusat sebagai laporan, penetapan peran tiap karyawan atau pengguna dan fitur lainnya.

Link Aplikasi

Ini adalah aplikasi manajemen yang cukup lengkap untuk menejemen peternakan ayam dan bebek petelur ataupun unggas lain. Anda bisa menggunakan layanan aplikasi ini dan mengunduhnya di playstore dengan ID com.bivatec.poultry_farmers_app. Ssstt.. jangan bilang bilang ya, ini gratis kok..!!

My Fish Manager – Aplikasi Manajemen Untuk Peternakan Ikan

Para peternak ikan kini bisa bernapas lega karena ada kabar gembira buat Anda. Kini pengelolaan peternakan Anda bisa lebih modern dengan hadirnya aplikasi menejemen untuk peternakan ikan yang ada di halaman Anda. Nama aplikasi ini adalah My Fish Manager dan sejauh ini telah digunakan oleh ribuan pengguna.

Aplikasi ini membantu petani ikan dalam memantau kegiatan budidaya ikan, hasil dan kesuksesan finansial mereka. Itu membuat entri data, pencatatan, akuntansi dan pelaporan lebih sederhana bagi petani akuakultur. Yang lebih hebat lagi, aplikaisi ini juga tetap bisa digunakan meski tidak ada jaringan internet. Singkatnya, bisa diakses secara offline karena data yang Anda input akan masuk ke database lokal di smartphone Anda.

Setelah instalasi selesai, Anda kemudian dapat mengawasi inventaris ikan dan pakan Anda. Ini mudah untuk dilakukan. Setelah menyelesaikan instalasi, Anda kemudian dapat menangani persediaan ikan dan makanan Anda dengan mudah.

Kelebihan

Dengan aplikasi My Fish Manager, Anda dapat mengawasi peternakan dan kolam Anda dari lokasi yang berbeda, mencatat aktivitas mereka dan masih banyaklagi fitur yang tersedia.

Anda dapat melihat kumpulan informasi tebar, pemberian makan, pengambilan sampel, kematian, dan data panen yang Anda lakukan. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengaitkan catatan Anda dengan kolam atau kolam tertentu, misalnya, pelacakan cash flow Anda (pendapatan dan pengeluaran), pemberian pakan peternakan ikan Anda, dan ikan tertentu yang terkait dengan tambak atau kolam tertentu

Selain itu, ini juga dapat melakukan pelacakan pada tugas peternakan Anda, catatan peternakan, penjualan/panen ikan, pembelian ikan, dan pembelian pakan dengan aplikasi, di bawah “persediaan”, dan terima pembaruan waktu nyata tentang situasi inventaris Anda saat ini. Dengan menggunakan data pada aplikasi ini, diharapkan ada peningkatan profitabilitas peternakan ikan Anda.

Fitur Aplikasi

Fitur yang disediakan pada aplikasi untuk manajemen peternakan ikan ini meliputi:

  • Pastinya, ini akan memungkinkan Anda untukmengawasi dan mengatus peternakan yang Anda kelola. seperti pada pengelolaan ikan yang Anda pelihara, pakan yang mereka konsumsi, pencatatan pada pendapatan dan pengeluaran Anda
  • Tentunya, fitur pencatatan cash flow tersedia di aplikasi ini baik dari pengeluaran dan pendapatan dari hasil peternakan.
  • Melakukan pemantauan terhadap penggunaan pakan termasuk pembelian dan penggunaan pakan harian.
  • Melakukan pencatatan pada populasi ikan yang di pelihara yang meliputi pembelian dan hasil panen.
  • Pencatatan kondisi dan lokasi tambak atau kolam yang dikelola, mana yang produktif dan mana yang aktif atau digunakan.
  • Sama dengan aplikasi lain sebelumnya, ini juga bisa memberikan laporan dalam bentuk file dengan format PDF ataupun secara visual, dan juga akan menyertakan laporan terpisah untuk setiap jenis laporan.
  • Memberikan laporan dan mencetak dari hasil kinerja selama satu musim pembudidayaan.
  • Memberikan Anda notifikasi pengingat secara rutin dengan input data sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  • Yang tak kalah menarik, ini akan membuat back up data dan secara sinkron dan asinkron ke akun Google Drive Anda.
  • Bisa dipakai untuk multi pengguna dimana Anda dapat menambahkan karyawan Anda untuk menginput data pada aplikasi yang sama dengan beda device.
  • Tersedia juga untuk versi web yang biasanya digunakan untuk pencatatan di pusat yang bisa Anda kendalikan.
  • Anda tidak harus menggunakan internet dalam menggunakan aplikasi ini, karena ini bisa diakses tanpa koneksi internet.

Link Aplikasi

Ini merupakan aplikasi yang cukup lengkap dan canggih untuk peternakan ikan Anda. Untuk dapat menggunakan aplikasi manajemen untuk peternakan ikan ini, Anda bisa mengunduhknya di playstore dengan ID apk com.bivatec.fish_manager.

Kesimpulan

Kita tahu, Ada banyak aplikasi diluar sana yang bertebaran, namun dilihat dari reviewnya, beberapa pengguna mengalami kendala dan kesulitan, bahkan ada aplikasi yang macet. Selain itu, aplikasi yang ada mungkin hanya sekedar tutorial yang sebenarnya bisa Anda baca melalui web tanpa perlu instal. Untuk itulah, kami mencoba mengumpulan berbagai informasi yang tersedia yang membantu Anda dalam pengelolaan peternakan dan pertanian modern.

Silahkan Anda menggunakan aplikasi yang tersedia ini dan semoga saja alat ini dapat membantu Anda mengelola peternakan Anda.