Aplikasi Recording Data Ternak

Aplikasi Recording Data Ternak Sapi dan Kambing

Pemanfaatan teknologi dalam dunia peternakan dan peternakan semakin banyak ditemukan saat ini. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan dan juga meningkatkan hasil produksi di kedua bidang tersebut. Sama halnya dengan hadirnya aplikasi recording data ternak yang dibuat untuk para peternak dalam mengidentifikasi hewan ternak mereka.

Aplikasi ini juga tidak kalah pentingnya dengan aplikasi jual beli hewan ternak yang mana sangat berguna bagi para peternak sapi dan kambing.

Ketika terjadi peningkatan pembelian daging dan susu, para peternak perlu mengimbanginya dengan meningkatkan jumlah hewan ternak. Ini memastikan tidak ada kekurangan yang mengharuskan impor daging dan susu. peningkatan ternak dapat dicapai dengan meningkatkan kesuburan mereka. Selain meningkatkan kualitas pakan, menyediakan kandang dengan kualitas yang lebih tinggi dapat menguntungkan usaha ternak. Beberapa metode lain dengan memanfaatkan teknologi modern diperlukan untuk mendukung peningkatan populasi hewan ternak.

Tujuan Recording Data Ternak

Bagi peternak tradisional, pencatatan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan reproduksi ternak. Hal ini juga dapat diterapkan untuk peternakan umum. Karena metode pemeliharaan ternak tradisional Indonesia, pencatatan secara tradisional ditulis di dinding kandang, ditempatkan di kertas atau dibiarkan sebagai pengingat. Hanya sedikit orang yang memperhatikan perekaman data atau catatan recording dan sebagian lain membiarkannya hilang tanpa data sama sekali.

Setiap pembaruan reproduksi hewan memerlukan catatan perekam. Dokumen ini mencakup data tentang hewan seperti jenisnya, nomor telinga dan nomor identitas hewan; serta data pemilik seperti nama dan alamat. Selain itu, informasi hewan yang direkam dapat mencakup tanggal lahir, dan usia setiap hewan.

Informasi serupa tentang setiap aspek kehidupan hewan ternak, dari reproduksi hingga kematian, harus dicatat.. Ini termasuk informasi seperti tanggal siklus birahi terakhir hewan ternak, tanggal inseminasi, jenis kelamin hewan ternak, dan kondisi birahi. Rincian tambahan termasuk tanggal inseminasi buatan, kondisi saat lahir, dan berat saat lahir.

Yang menarik bagi para peternak adalah ukuran kesuburan hewan ternak. Data yang dikumpulkan dari kartu pencatatan dapat digunakan untuk menentukan status kesuburan ternak, serta jumlah anakan yang dihasilkan per Siklus, Tingkat Persalinan, Hari Kelahiran, Tingkat Konsepsi, Tingkat Kesuburan, dan Tingkat Kematian. Data yang dikumpulkan pada kartu ini juga dapat digunakan untuk menguji keberhasilan perawatan inseminasi buatan.

Sulit untuk menentukan kesuburan hewan ternak tanpa mencatat informasi. Dijelaskan melalui evaluasi segera, perbaikan harus dilakukan jika hewan ternak ingin memiliki kualitas reproduksi yang baik.

Pengelolaan usaha peternakan yang baik memerlukan pencatatan tertulis yang akurat. Tanpa catatan tertulis, peternak mungkin harus memercayai ingatan mereka ketika membuat keputusan penting terkait praktik peternakan mereka. Beberapa peternak tradisional mulai mencatat dengan form dan papan untuk mengetahui semua data hewan, namun untuk peternak modern, mereka kini beralih dengan menggunakan aplikasi recording data ternak yang bisa berupa software atau aplikasi android.

Definisi Recording Ternak

Karena catatan semua kejadian ternak memberikan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang objektif berdasarkan fakta yang ada. Selanjutnya, semua keputusan yang diambil adalah yang benar.

Aplikasi recording data ternak ini tepatnya yang digunakan peternak untuk merekam ternak dengan cara yang lebih mudah dan efektif. Dengan mempelajari catatan ternak, mereka dapat menilai keberhasilan pengelolaan peternakan mereka dibandingkan dengan peternak lain. Selain itu, metode ini membantu peternak mengidentifikasi kekurangan dalam pendekatan mereka.

Semakin banyak informasi yang dikumpulkan dalam pencatatan ternak, semakin baik pengelolaan usaha. Ini termasuk informasi tentang produksi harian, tenaga kerja, kematian, catatan medis, obat-obatan yang diperlukan dan jadwal vaksinasi. Plus, banyak aspek lain dari menjalankan bisnis peternakan dicatat disini.

Manfaat Recording Ternak

Membiarkan informasi untuk direkam pada akhirnya mendapat manfaat dari proses karena fakta bahwa catatan harus diatur dan rapi agar efektif. Memahami informasi yang tercatat pada aplikasi recording data ternak mudah dipahami. Aplikasi ini juga harus dilengkapi dengan manfaat yang harus Anda ketahui. Beberapa manfat dan kebutuhan tersebut di antaranya diuraikan di bawah ini.

  • Periode pemeliharaan ternak membutuhkan catatan populasi akhir yang akurat. Hal ini diperlukan agar peterna dapat menghitung untung dan rugi secara akurat. Populasi akhir dapat ditentukan dengan menggunakan pengukuran populasi. Sebagai alternatif, peternak dapat menggunakan pengukuran populasi untuk menentukan kematian ternak, kelahiran atau kehilangan ternak selama periode pemeliharaan.
  • Pengelolaan peternakan bergantung terutama pada pertimbangan keuangan dan bahan masukan yang berkelanjutan. Contoh bahan yang dipertimbangkan dalam penilaian meliputi tingkat pertambahan bobot hewan PBB, FCR Rasio Konversi Pakan, produksi, dan kesehatan ternak.
  • Bagi pemerintah, pemahaman tentang peternakan sangat penting untuk menerapkan kebijakan baru.
  • Data yang ada menjadi pertimbangan yang mengarah pada keputusan akhir yang akan diambil dalam pengelolaan sesuai dengan catatan.
  • Universitas dan perguruan tinggi yang bergerak dalam dunia peternakan dapat menggunakan bahan ini untuk penelitian yang nantinya akan memberikan efek positif untuk pengembangan peternakan.
  • Rencana jangka panjang dapat dikembangkan dengan menggunakan metode langkah pertama ini.
  • Memberikan kemudahkan bagi para peternak untuk mengukur keberhasilan bisnis mereka, data prediktif dapat dikumpulkan dan dibagikan.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, tentunya masih ada hal lain yang tak kalah penting dengan memanfaatkan recording data ternak. Untuk itulah, pentingnya manajemen peternakan dalam pengelolaannya dan ini semakin dipermudah dengan aplikasi recording data ternak.

Aplikasi Recording Data Ternak

Para peternak modern kini telah memanfaatkan smartphonenya untuk mengelola kandang peternakan mereka dengan melakukan pencatatan hewan dan kebutuhan kandang lainnya. Hal ini menjadi lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan kertas dan mencatat manual pada papan.

Dengan demikian, semua data bisa tersinkronisasi dan bisa diakses dari manapun dan kapanpun para peternak menginginkan. Adapun aplikasi recording data ternak yang direkomedasikan diantaranya seperti yang ada di bawah ini.

1. IDentik PHK Kementan

Setelah divaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku, peternak perlu melakukan pendataan ternak melalui aplikasi IDENTIK PKH yang disediakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Hal ini untuk mendukung pendataan vaksinasi PMK.

Aplikasi ini memberikan informasi tentang ternak, pemilik, unit usaha dan kandang. Fitur aplikasi Identik PKH terlihat saat Anda membukanya. Mereka termasuk:

Aplikasi ini menyediakan data ternak seperti profil, pertumbuhan, rekam medis, inseminasi, produksi susu dan kepemilikan. Ini juga memiliki data tentang unggas yang dibagikan di tempat lain di aplikasi ini.

Informasi unit usaha memberikan informasi tentang ternak yang dimiliki oleh unit usaha tertentu, seperti alamat pendirian, email, nomor telepon, nama, dan jenis kelamin. Setiap unit bisnis juga memiliki identitas PIC yang sesuai, yaitu nama pemilik bisnis.

Data Info Kandang mencakup nama kandang, kapasitasnya saat ini, statusnya, alamat pemiliknya, dan informasi apa pun yang mungkin diperlukan untuk menghubungi pemiliknya. Selain itu, data ini dapat menunjukkan Nama Kandang, Status Kandang, Alamat Kandang, Nama Pemilik Kandang dan Nomor Telepon Kandang.

Nama, jenis kelamin, umur, nomor telepon dan alamat setiap pemilik ternak terdapat dalam database ini.

Ini adalah aplikasi recording data ternak resmi pemerintah Indonesia yang bisa di unduh melalui playstore tanpa ada biaya. Silahkan Anda menuju ke link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.solusibejo.hiternak

2. VacApp – Livestock management

Ini adalah aplikasi recording data ternak yang tidak gratis alias berbayar secara bulanan atau subscribe. Biaya yang harus Anda keluarkan sekitar 70 ribuan setiap bulan dan dengan fitur yang disediakan tentunya ini bukan harga yang mahal.

Saat mengelola hewan mereka, semua peternak yang signifikan menghadapi masalah sulit yang sama. Dari kejauhan, mereka tidak bisa melacak kelahiran hewan; mereka juga tidak bisa beternak tanpa data penting; dan mereka kehilangan banyak kertas saat mendokumentasikan.

Fitur Aplikasi

VacApp dapat membantu Anda dengan beberapa fitur yang telah mereka sediakan yang diantaranya sebagai berikut.

  • Perlu mengetahui status ternak Anda? Cari tanpa bantuan internet.
  • Mencatat kelahiran, pembiakan dan kematian hewan, serta penjualan keturunannya. Perawatan hewan juga dicatat.
  • Catat kebiasaan hewan menggunakan hierarki yang terus berubah.
  • Data dari peternakan yang sama dapat dibagikan dengan peternak lain yang bekerja di peternakan.
  • Data disimpan di cloud untuk keamanan.
  • Anda dapat merawat kuda, sapi, domba, kambing, dan ternak yang menghantui di peternakan.

Karena sistem dan metode kerja peternak yang bervariasi di seluruh dunia, aplikasi VacApp telah membuat alat adaptif yang membantu mereka setiap hari. Aplikasi ini sendiri sudah dimulai pada tahun 2015, dan telah melibatkan modifikasi program yang ada untuk melayani peternak dengan lebih baik.

Tersedia juga mode demo yang memungkinkan Anda bermain dengan ternak palsu untuk melihat apa yang ditawarkan VacApp. Setelah mendaftar, Anda memiliki waktu tiga bulan gratis untuk mencoba VacApp dan melihat apakah itu berhasil untuk Anda. Jika Anda menyukainya, Anda dapat menginput data ternak Anda yang asli dan menjaganya tetap aman.

Tidak ada biaya memang diawal proses pengunduhan, namun beberapa fitur terbatas dan untuk menggunakan semua fitur maka Anda harus berlangganan seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda tertarik, silahkan langsung menuju ke link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mateuyabar.vacapp

3. My Cattle Manager – Farm app

Aplikasi ini membantu peternak sapi potong dan sapi perah melacak dan merekam aktifitas dan kejadian ternak, seperti kelahiran dan kematian. Ini juga mengumpulkan data tentang pendapatan dan pengeluaran, serta produksi susu. Aplikasi ini menghasilkan laporan visual dan PDF dengan cepat, membantu mengelola peternakan.

Aplikasi ini sangat cocok untuk siapa saja yang mempraktikkan peternakan atau peternakan sapi perah. Ini mencatat sapi, susu dan transaksi untuk semua produk yang dihasilkan peternak.

Fungsi aplikasi mencakup kemampuan untuk melacak peristiwa individu dan kawanan massal seperti inseminasi sapi, kehamilan, aborsi, perawatan, vaksinasi, pengebirian, penimbangan, penyemprotan, kelahiran dan menghubungkan anak sapi ke bendungan dan sapi jantan. Setelah melacak peristiwa ternak ini, aplikasi memberi pengguna laporan untuk peristiwa mereka dalam jangka waktu yang diinginkan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melacak breed ternak di peternakan Anda. Ini memungkinkan Anda menyimpan catatan nomor setiap kawanan tanpa perlu entri manual. Selain itu, Anda dapat melacak breed baru untuk ditambahkan ke kawanan Anda atau menghapus yang sudah ada.

Fitur Aplikasi

Aplikasi My Cattle Manager menyediakan kemampuan untuk manajemen ternak seperti berikut.

  • Catat silsilah keluarga sapi menggunakan registry.
  • Kontrol arus kas peternakan sapi perah.
  • Catat berapa banyak susu yang dihasilkan sapi.
  • Laporan susu seperti laporan produksi susu, laporan arus kas susu, laporan insiden dan laporan ternak tersedia dalam format pdf dan visual.
  • Program ini mampu mencetak laporan selesai.
  • Fitur berbagi data memungkinkan banyak pengguna untuk berinteraksi dengan satu perangkat.
  • Notifikasi data susu secara berkala melalui peringatan.
  • Fitur penting seperti pencadangan dan pemulihan data.
  • Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar ternak.
  • Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengekspor catatan dan laporan sebagai file csv, excel, dan png.
  • Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pengingat atau pemberitahuan dengan nama tertentu.
  • Akses offline diperlukan agar aplikasi ini berfungsi. Itu tidak memerlukan koneksi internet.
  • Hub pusat untuk manipulasi data adalah versi web dari proyek tersebut. Bersamaan dengan ini, ia menawarkan laporan, menetapkan peran dan izin.

Melalui aplikasi recording data ternak ini, Anda akan diberi kemudahan dalam pengelolaan peternakan sapi perah Anda. Dan untuk menggunakannya, silahkan ke playstore di link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bivatec.cattle_manager

4. Sheep App – Aplikasi recording Data Ternak Kambing

Aplikasi Recording Data Ternak yang selanjutnya bernama Sheep App. Ini memungkinkan peternak domba untuk melacak semua informasi tentang hewan ternak mereka, serta membuat laporan. Bahkan aplikasi ini berguna bagi peternak domba yang ingin melacak dan mengelola datanya. Aplikasi Sheeep App memungkinkan Anda memasukkan informasi tentang perkawinan dan pembiakan. Aplikasi ini dimaksudkan untuk membantu membuat peternakan Anda lebih aman, lebih produktif, dan berkelanjutan.

Anda dapat menggunakan Apliaksi ini secara multiple, atau menambahkan karyawan Anda untuk ikut menmbantu mengontrol dan memberikan akses untuk membuat catatan

Aplikasi recording ternak ini memberi para peternak domba sebuah alat untuk pengambilan keputusan yang berguna yang membutuhkan entri informasi minimal. Ini memberi Anda beberapa opsi pelaporan dengan cara yang cepat dan mudah. Ini dirancang untuk membuat peternakan lebih aman, lebih produktif, dan lebih berkelanjutan.

Fitur Aplikasi

Aplikasi Domba memiliki banyak fitur berguna dioantaranya adalah.

Model aplikasi ini menggunakan barcode, juga dikenal sebagai ID Tag, yang dapat dibaca menggunakan perangkat seluler. Ini melacak di mana hewan Anda diletakkan di kandang peternakan, serta kompartemen mana yang ditugaskan untuk hewan tertentu. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi hewan mereka dalam hitungan detik.

ID Tag adalah kunci unik yang mencatat informasi tentang setiap hewan. Ini mengumpulkan informasi tentang setiap hewan seperti jenis kelamin, data lahir atau dari pembelian, warna kulit, batch dan lokasi atau kompartemen rumah hewan. Mengubah entri data stok hewan apakah dijual atau karena mati, mengunggah foto hewan ternak.

Saat merawat hewan betina, Anda bisa melacak kemajuan mereka dengan pengumpulan informasi tentang usia, kesuburan, status kawin, tanggal lahir anak-anaknya, dan proposal untuk jadwal kehamilan berikutnya.

Aplikasi in juga memberi tahu Anda ketika vaksin berikutnya diperlukan untuk hewan dengan memberikan riwayat semua vaksinasi yang diberikan. Juga dimungkinkan untuk melacak informasi perkembangbiakan setiap anak dengan menautkan tanda pengenal ibu mereka ke sistem.

Laporan data catatan pemerahan yang digunakan untuk menunjukkan jumlah hari susu dalam setiap kambing atau sapi. Catatan ini digunakan untuk semua kelompok dan waktu dalam sehari.

Selain beberapa fitur yang disebutkan di atas, tentu masih ada banyak lagi layanan lain yang ditawarkan aplikasi recording data ternak dari Sheep App ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencoba mengunduhka melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tech.sheepapp

5. MyFarm

Mungkin bagi Anda yang ingin lebih simple dalam pegelolaan data ternak di kandang, bisa mencoba aplikasi recording data ternak dari MyFarm. MyFarm adalah aplikasi yang membantu peternak mengelola peternakan mereka dengan lebih efektif. Ini adalah alat pelaporan yang fleksibel namun kuat yang dikombinasikan dengan sistem entri data yang cepat dan mudah.

Aplikasi ini memberi para peternak data dan pelacakan kinerja yang mudah digunakan. Ini juga membantu mereka meningkatkan keuntungan dan produktivitas mereka.

Aplikasi MyFarm memungkinkan Anda untuk mencatat semua informasi peternakan inti: hewan, porsi, kelahiran, kematian, komentar, obat-obatan, pendapatan, pengeluaran, dan bobot. Ini juga melacak segala sesuatu tentang peternakan, termasuk lokasi, ukuran, dan produktivitasnya.

Aplikasi ini membantu peternak menghitung status keuangan mereka dengan melacak keuntungan. Ini juga memberikan pemberitahuan tentang berbagai kegiatan peternakan seperti penyapihan anak sapi, kelinci, domba dan hewan lainnya. Selain itu, ia melacak peristiwa yang berhubungan dengan obat-obatan, seperti ketika anak domba memerlulkan obat.

Peternak dapat mencetak catatan peternakan seperti pembiakan dan perkawinan. Mereka juga dapat mencetak catatan peternakan khusus untuk setiap hewan, seperti kartu medis. Ini berguna untuk melacak catatan hewan secara individu. Dan untuk bisa menggunakan aplikasi ini, cukup unduh dan instal di smartphone Anda melalui link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cabral.mt.myfarm

Nah, sahabat tani JogloNesia, itulah tadi ragam aplikasi yang diperlukan dalam pencatatan data ternak yang kami kumpulkan dari berbagi sumber informasi. Anda bisa mencoba satu persatu aplikasi recording data ternak ini untuk menemukan mana yang paling sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kenyamanan Anda.