Aplikasi Jual Beli Hewan Ternak Seluruh Indonesia

Aplikasi Jual Beli Hewan Ternak Seluruh Indonesia

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, pekerjaan para peternak juga semakin dimanjakan dengan hadirnya aplikasi yang membantu dalam pengelolaan hewan ternak mereka. Tidak hanya dalam hal pemeliharaan, konsultasi, tanya jawab dan tips tentang perawatan yang baik pada hewan ternak, Namun juga dalam hal menjual hasil peternakan. Seperti halnya dengan aplikasi jual beli hewan ternak yang hadir membantu para peternak menjual hewan mereka.

Jika biasanya pasar hewan tradisioanl harus membawa dagangan mereka, yakni hewan ternak untuk dijual di pasar, kini para petani bisa menjualnya melalui aplikasi jual beli hewan ternak.

Tentu saja, aplikasi ini sangat membantu para peternak untuk memasarkan hewan ternak mereka. Terutama seperti beberapa waktu yang lalu dimana terjadi wabah covid-19 dan juga PMK pada Sapi yang mengharuskan kita semua untuk bekerja dari rumah dan menghindari kerumunan.

Aplikasi Jual Beli Hewan Ternak

Hadirnya aplikasi jual beli hewan ternak tak berbeda jauh dengan aplikasi jual beli hasil pertanian dan seolah menjadi angin segar bagi pelaku bisnis peternakan. Bagaimana tidak, dengan mengakses aplikasi ini, kita bisa terhubung dengan pembeli atau konsumen yang menginginkan hewan ternak langsung dari peternakan.

Sebagai solusi atas penutupan pasar hewan akibat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi dan kambing (domba), aplikasi ini dapat memfasilitasi warga yang akan membeli sapi, kambing atau hewan peternakan lain.

Menyikapi kebijakan lockdown pasar hewan guna memutus rantai penyebaran PMK, maka para peternak dapat memanfaatkan terobosan baru aplikasi untuk menjual hewan ternak sehingga para pedagang hewan ternak tetap bisa berjualan meski pasar hewan ditutup sementara.

Adapun beberapa aplikasi jual beli ternak yang kami rekomendasikan untuk Anda bisa Anda baca lebih lanjut dibawah ini. Tentu saja, semua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Silahkan Anda sesuaikan dengan tingkat kenyamanan yang Anda suka.

Beberapa apliksi tersedia dalam bentuk apk yang bisa di unduh di playstore, namun sebagian berupa aplikasi web base yang hanya bisa di akses melalui url atau laman yang tersedia. Dan berikut ini adalah aplikasi jual beli hewan ternak yang kami rekomendasikan sesuai dengan hasil ulasan para peternak dan konsumen.

Aplikasi Tumbas

Aplikasi jual beli hewan ternak yang pertama bernama Tumbas. Platform jual beli online besutan pemerintah Mojokerto ini memungkinkan para petani untuk berdagang jual beli ternak. Hal ini merupakan lompatan yang signifikan dalam memudahkan petani dalam melakukan transaksi bisnis.

Karena pandemi dan juga merebaknya PMK, pemerintah perlu menutup semua pasar hewan. Untuk mengatasi masalah ini, Aplikasi Tumbas dibuat oleh pemerintah agar transaksi jual beli hewan tetap berlanjut dan berfungsi secara normal sementara semua pasar hewan tradisional ditutup.

Kolaborasi Dinas Pertanian dan Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan berujung pada terciptanya inovasi baru ini. Dengan ini, masyarakat tidak perlu lagi mengunjungi peternak secara individu. Mereka sekarang dapat mencari hewan ternak melalui aplikasi yang dibagikan oleh kedua departemen. Hal ini memudahkan umat Islam untuk mencari hewan ternak yang siap untuk kurban Idul Adha.

Selain menjual hewan hasil peternakan secara langsung, peternak juga bisa berdiskusi dengan calon pembeli melalui WhatsApp. Setiap ternak yang dijual memiliki nama, nomor telepon, dan alamat penjual yang tersimpan di aplikasi, terutama untuk kambing dan sapi sebagai hewan kurban. Aplikasi jual beli hewan ternak ini memungkinkan kedua belah pihak untuk menawar harga. Jadi, kedua belah pihak sama sama untng tanpa ada yang dirugikan dan suasana pasar tradisional mesih bisa dirasakan. Dan yang tidak kalah penting adalah hewan yang dijual di aplikasi ini dijamin sehat.

Layanan Transportasi

Untuk memvalidasi transaksi, Sertifikat Kesehatan Hewan, atau SKKH, selalu tersedia pada setiap hewan yang mana surat ini diberikan oleh dokter hewan dari dinas pertanian kabupaten. Surat ini menegaskan bahwa ternak yang dijual tidak terkena virus PMK atau penyakit lain yang membahayakan bagi kesehatan. Yang lebih menarik, Aplikasi ini juga menyediakan layanan transportasi ternak lengkap menjelang Idul Adha yang merupakan fitur yang sangat bermanfaat.

Setiap pedagang yang tertarik untuk mendaftar di aplikasi ‘Tumbas’ harus memberikan data alurat yang ditentukan oleh aplikasi. Syarat-syarat ini mudah dipenuhi, termasuk menyediakan kartu ID atau KTP untuk verifikasi. Anda perlu menggunakan email aktif dan nomor telepon yang terhubung ke WhatsApp WA untuk standarisai pendaftaran.

Setiap transaksi yang dilakukan akan ada notifikasi yang dikirimkan melalui pesan WA sedangkan email nantinya dapat digunakan untuk login kedalam aplikasi Tumbas.

Verifikasi dengan KTP

Untuk memverifikasi bahwa mereka berasal dari pedagang pasar, pelamar harus menunjukkan kartu identitas mereka kepada petugas pasar. Dengan aplikasi baru ini, pembaruan di masa mendatang akan dilakukan berdasarkan masukan dari lapangan. Ini akan mencakup bagaimana melindungi terhadap penipuan antara pembeli dan penjual.

Pedagang dapat membuat profil dengan cara yang sama seperti pada situs web e-niaga standar. Mereka juga dapat mengunggah ikon untuk toko mereka dan masuk untuk menambahkan informasi tambahan. Selain itu, Aplikasi ini menggunakan layanan yang sama seperti situs web e-commerce lainnya.

Calon pembeli dapat berselancar dan melakukan pencarian hewan ternak melalui laman tumbas.mojokertokab.go.id. Ini termasuk domba, kerbau, kambing dan sapi. Informasi lengkap tentang jenis-jenis ternak yang ada di Aplikasi Tumbas adalah real dan dilengkapi foto. Selain itu, harga setiap hewan juga tersedia dan ini bukan harga pas, melainkan bisa ditawar. Informasinya juga akurat dan mencakup usia dan berat hewan.

Selain hewan ternak, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada beberapa produk UMKM lain yang bisa dijual belikan melalui aplikasi Tumbas. Sayangnya, sampai sejauh ini belum ditemukan aplikasi Tumbas berbasis Android maupun iOS, dan sementara hanya bisa diakses melalui laman web.

Aneka Satwa – Jual Beli Hewan

Aplikasi jual beli hewan ternak selanjutnya ada Aneka Satwa yang merupakan hasil besutan dari seorang pemuda sragen. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai produk seperti hewan ternak, vitamin hewan, aksesoris, pakan dan produk lain yang berhubungan dengan hewan peliharaan dan ternak.

Tak berbeda jauh dengan aplikasi Tumbas, Aneka Satwa hadir karena melihat kondisi pasar hewan tradisional Depok, Solo yang sepi akibat lockdown dan pembatasan kerumunan masa. Akibatnya, banyak peternak yang kesulitan dalam melakukan kegiatan jual beli hewan dan hal ini membuat ekonomi semakin sulit.

Aplikasi Aneka Satwa mengklaim akan terus tumbuh dan berkembang berdasarkan tuntutan para pecinta hewan, peternak dan pelanggan. Mereka bermaksud menyediakan wadah atau rumah terbesar dan terpercaya di Indonesia untuk para pecinta hewan dan peternak dalam bertransaksi.

Tujuan utama situs ini adalah untuk menciptakan persahabatan, kemudahan dan kenyamanan selama bertransaksi. Mereka melakukannya dengan menyediakan beberapa fitur kategori yang mudah dan sederhana untuk digunakan. Pihak pengembang berharap dapat mengembangkan bisnis peternakan di masa depan melalui kerjasama, persahabatan dan jual beli hewan yang dapat diandalkan. Aplikasi Aneka Satwa mengklain akan memberikan jaminan penjualan hewan yang aman, cepat, ramah dan inovatif.

Tanpa Perantara

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk langsung membeli dan menjual hewan peliharaan tanpa perantara. Ini juga memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual hewan lain di luar hewan peliharaan. Selanjutnya, transaksi antara penjual dan pembeli dapat diselesaikan tanpa orang lain. Jadi dari segi harga tentunya lebih murah karena hewan didapat langsung dari peternak.

Aplikasi Aneka Satwa ini memungkinkan petani untuk menetapkan harga ternak yang mereka jual. Ini juga memungkinkan petani untuk membeli ternak, yang bukan merupakan hewan terlarang dan hewan dilindungi.

Banyak peternak hewan telah menggunakan aplikasi ini untuk membeli dan menjual binatang ternak. Ini termasuk peternak yang menjual kambing, burung dan sapi. Selain untuk jual beli hewan ternak, Anda juga dapat berinteraksi dengan berbagai pengetahuan melalui aplikasi ini, termasuk tips merawat hewan, melakukan transaksi dan penjualan ternak oleh non-penjual. Melalui penggunaan aplikasi ini, petani dapat dengan mudah menjual ternaknya kepada orang lain dan mendapat tambahan ilmu.

Ternaknesia – Aplikasi Jual Beli Hewan Ternak

Ternaknesia adalah platform digital yang berfokus pada solusi peternakan. Sejak menjadi layanan investasi ternak, platform tersebut berkembang menjadi platform pemasaran produk ternak. Tahun ini, perusahaan mulai menyusun beberapa rencana, salah satunya meningkatkan upaya pemasaran. Ternaknesia juga berencana mendapatkan izin dari OJK.

Pada awal mulanya Platform ini bertujuan mempromosikan dan membiayai perusahaan peternakan melalui pendanaan P2P. Dan pada tahun lalu, aplikasi Ternaknesia mulai tertarik untuk mengembangkan ide bisnisnya dengan menelurkan aplikasi jual beli hewan ternbak. Bahwan, mereka kini telah memiliki ribuan partner peternak di berbagai kota di Indonesia.

Karena Ternaknesia mengharuskan bisnis peternakan untuk menyediakan modal, risiko ditanggung bersama di antara investor jika satu atau beberapa hewan mati. Ternaknesia juga membutuhkan standar untuk usaha peternakan, seperti sudah berjalan minimal tiga tahun, kepastian pasar yang jelas dan beberapa standar lainnya.

Ternaknesia secara teratur muncul di peternakan untuk memantau perkembangan ternak dan mendistribusikan dana. Mereka mengklaim mengembangkan rencana pendanaan baru setelah secara teratur mengunjungi peternakan.

Program Qurban

Melalui aplikasi jual beli ternak bernama Ternaknesia, mereka mulai memperkenalkan program Qurban lewat aplikasi dan lelang hewan qurban. Program tersebut mendorong pemanfaatan e-commerce untuk menghubungkan lebih dari 1200 mitra peternak yang tersebar di negeri ini. Ini membantu menurunkan tingkat penularan PMK hewan sambil memastikan hewan kurban dengan aman.

Aplikasi ini digunakan untuk membeli dan menjual ternak melalui forum. Ini membantu mengurangi kemungkinan ternak yang terinfeksi PMK dijual melalui aplikasi. Juga dapat menghubungkan pembeli dan petani tanpa harus bertemu langsung. Dengan kata lain, peternak dapat mengirimkan kurban langsung dari kandangnya kepada pembeli.

Untuk dapat menggunakan Aplikasi Ternaknesia, Anda harus mengunduhkan melalui Play Store di link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ternaknesia.app.

Setelah mengunduh dan menginstal pada smartphone, Anda harus membukanya dan masuk ke fitur qurban. Selanjutnya, mereka bisa melakukan pencarian hewan kurban sesuai dengan yang Anda data yang tersedia. Kemudian mereka dapat membeli hewan-hewan ini melalui aplikasi.

Setelah pembeli memilih hewan yang akan dikorbankan, mereka dapat segera menyelesaikan transaksi dan memberikan data hewan yang akan diproses. Fitur tambahan yang tak kalah menarik adalah pilihan apakah hewan kurban akan dikirim ke alamat yang ditentukan oleh pembeli, atau didistribusikan ke penerima daging kurban langsung.

Lelang Online

Selain membeli ternak melalui aplikasi, pengguna dapat berpartisipasi dalam lelang online hewan qurban selama PMK. Ini dilakukan sebagai cara untuk melanjutkan perdagangan hewan selama penutupan banyak pasar.

Dengan melakukan lelang secara online dan live streaming, pembeli tidak perlu lagi mengunjungi pasar hewan tradisional. Hal ini memudahkan para peternak hewan peliharaan untuk terhindar dari virus PMK dengan cara mencegah hewan dan manusia keluar rumah dan kandang. Selain itu, keterbatasan mobilitas hewan membantu menekan virus dengan mengurangi jumlah hewan yang bergerak di alam liar.

Untuk mengikuti program Lelang, Anda harus mendaftar di website Ternaknesia. Selanjutnya anggota lelang harus memilih hewan kurban dengan menawar atau melakukan bit dengan kelipatan 100.000 untuk sapi dan domba dan 50.000 untuk kambing dan domba. Setelah ini, Anda bisa melanjutkan proses pendaftaran mereka.

Dengan berpartisipasi dalam perang penawaran tertinggi, peserta memenangkan hak untuk membeli hewan kurban yang diinginkan. Dengan menggunakan aplikasi jual beli ternak ini, kini pedagang hewan tidak perlu menggelarlapak di pinggir jalan. Selain itu, belanja produk ternak dan kebutuhan sehari-hari yang berkualitas dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan ini.

BIK Qurban – Pusat Jual Hewan

Pondok Pesantren Bina Insan Kamil menggunakan BIK Qurban sebagai usaha penunjang sejak tahun 2005. BIK merupakan pondok pesantren gratis yang menghasilkan kader dai mandiri. Selain itu, sebagai usaha penunjang, BIK Qurban menyediakan layanan seperti penyediaan makanan dan penitipan anak. Ketua Dewan Dakwah Islam Jakarta Lc Ansari Taslim, Ust. Zainal Muttaqin. Fairuz Ahmad, Jr., Lt. Mustaqim dan Lc Ust.

Aplikasi BIK Qurban mengubah jual beli tradisional hewan kurban menjadi format digital. Hal ini memungkinkan umat Islam yang ingin menunaikan ibadah Qurban dapat dengan mudah mendirikan usaha. Selain itu, aplikasi ini menambahkan produk tambahan yang dijual oleh BIK yang bukan merupakan bagian dari proses transformasi bisnisnya.

Aplikasi ini dioperasikan oleh BIK Qurban yang merupakan divisi dari Tim Marketing. Ini memungkinkan Anda untuk membeli produk hewani seperti hewan kurban, serta produk lain seperti file digital, e-book, dan lokakarya. Pengembangan ke depan akan mencakup produk tambahan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ini adalah cara terbaik bagi pengecer untuk menjadi bagian dari Tim Pemasaran. Dalam artian, mereka membuka peluang bagi siapapun untuk menjadi reseller.

Beberapa fitur dan layanan tambahan kemungkinan besar akan terus dikembangkan. Dan untuk menggunakan aplikasi BIK Qurban, Anda bisa mengunjungi laman berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.co.neosantara.bikqurban

Aplikasi Pasar Qurban

Pasar Qurban adalah tempat untuk melakukan transaksi yang melibatkan hewan Qurban secara online. Selain itu, ini adalah pasar di mana hewan dari Qurban dapat dijual kepada pembeli.

Aplikasi ini mungkin tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya, hanya saja ada beberapa fitur yang sedikit berbeda dan mereka lebih menekannya pada kenyamanan pengguna aplikasi.

Pasar Qurban menjual berbagai jenis hewan kurban secara langsung antara pembeli dan penjual. Aplikasi ini membantu pembeli menemukan harga yang terjangkau tanpa harus melalui banyak perantara.

Diharapkan, aplikasi ini akan membantu petani meningkatkan produktivitas peternakan mereka. Anda bisa menggunakan aplikasi Pasar Qurban denganmengakses laman playstore ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pasarqurban.indomuslim

Nah, sahabat semua… dengan penggunakan aplikasi jual beli hewan ternak, tentu semua pihak akan merasa diuntungkan terutama masalah waktu. Namun tentunya Anda harus berhati-hati dalam memilih hewan yang akan Anda beli agar tidak tertipu. Semoga bisa membantu Anda ya…