Rekomendasi Traktor Tangan Untuk Petani Indonesia

10 Rekomendasi Traktor Tangan Untuk Petani Indonesia

Joglonesia.com – Rekomendasi traktor tangan yang biasa digunakan oleh para petani di Indonesia untuk membantu pengerjaan dalam menggarap sawah.

Cangkul merupakan alat pertanian yang sudah dikenal oleh petani untuk membajak tanah dan membuatnya menjadi gembur lagi. Selama turun temurun, cangkul diperkenalkan dan tetap digunakan sampai sekarang ini terutama untuk lahan yang sempit.

Dan untuk lahan yang cukup luas, rasanya sudah tidak sangup lagi petani untuk membajaknya menggunakan cangkul. Alhasil, para petani kemudian memanfaatkan tenaka hewan seperti sapi atau kerbau untuk membantu pekerjaan dalam membajak sawah.

Aplikasi dan gadget baru terus dirilis setiap hari, serta perubahan teknologi yang terasa semakin cepat. Banyak orang tidak lagi merasa waktu menjadi sulit; sebaliknya, mereka melihat bahwa tugas menjadi lebih efisien. Orang-orang di bidang pertanian juga memperhatikan bahwa penggunaan cangkul bergeser ke arah penggunaan traktor.

Saat ini, petani mengandalkan traktor untuk membajak sawahnya. Dibandingkan bekerja dengan kerbau atau sapi, petani merasa bekerja dengan traktor jauh lebih mudah. Ini karena traktor membuat pertanian lebih mudah dan lebih cepat daripada bekerja dengan mengandalkan hewan.

Seorang petani perlu memilih traktor dengan hati-hati. Mereka harus mempertimbangkan harga dan juga mesin yang digunakan, karena bisa sangat mahal. Selain itu, beberapa petani lebih memilih menyewa traktor dari perusahaan daripada harus membeli sendiri. Jika Anda memutuskan untuk membeli traktor, Anda harus memperhatikan fitur-fitur tertentu. Fitur-fitur ini akan membantu mereka memaksimalkan fungsionalitas traktor.

Memilih traktor bekas untuk kebutuhan Anda tidak harus merepotkan. Banyak orang memilih opsi ini karena memungkinkan mereka membayar lebih murah untuk kualitas yang sama dengan mesin baru. Traktor baru harganya lebih mahal daripada yang bekas, tetapi Anda memiliki opsi untuk membelinya dengan anggaran yang terbatas.

Traktor Tangan Rekomendasi Petani

Ada beberapa tipe traktor yang digunakan oleh para petani dan kali ini kita akan membahas tentang traktor tangan mulai dari yang paling murah dan banyak digunakan oleh petani di Indonesia terutama untuk lahan persawahan.

Para petani di Indonesia lebih banyak menggunakan traktor tangan karena berbagai alasan selain biayanya yang rendah. Mereka juga merupakan jenis traktor yang paling umum digunakan di negara ini karena ketersediaannya yang luas dan penanganan yang mudah. Salah satu alasan besarnya adalah karena masyarakat Indonesia secara tradisional menggunakan sawah yang kecil, sempit dan bahkan bengkok. Hal ini membuat traktor tangan lebih mudah karena Anda dapat berpindah antar pematang sawah tanpa harus menggunakan kontrol pada traktor biasa.

Di bidang pertanian, traktor tangan adalah jenis traktor untuk bekerja di lahan kering atau basah. Ini memiliki satu gandar atau dua roda, yang menjadikannya sebagai gerobak dorong. Panjangnya dari 1740 hingga 2290 milimeter dan lebar dari 710 hingga 880 milimeter. Kekuatan mereka berkisar dari 6 tenaga kuda hingga 10 tenaga kuda dimana untuk mesin utama biasanya menggunakan motor diesel dengan satu silinder.

Untuk sistemnya sendiri, traktor tangan ini dikendalikan oleh satu orang yang berjalan dibelakang dan memutari selurung area persawahan sambil mengemudikan traktor.

Di pasar Indonesia, dua perusahaan traktor ternama memasang label nama pada produknya. Traktor YM menggunakan mesin yang dipasok oleh perusahaan Jepang Yanmar. Selain itu, merek Quick PT living santosa menggunakan mesin yang dipasok oleh Kubota dan Honda.

Daftar Traktor Tangan Berikut Spek dan Harga

Anda dapat membeli traktor yang memenuhi kebutuhan pertanian Anda serta medan tertentu. Ini akan membantu Anda menentukan traktor mana yang terbaik untuk bertani di lahan kecil, sedang, atau luas. Anda juga dapat memilih traktor yang cocok untuk membajak di lahan bertingkat atau lahan sempit. Pada kesempatan kali ini, Kami akan mencantumkan beberapa merek traktor dan mesinnya untuk membantu Anda saat membeli traktor. Beberapa petani dari Indonesia merekomendasikan traktor bajak pertanian ini.

1. Trakor Quick G 600

Traktor tangan ini memiliki dua roda yang cukup lincah untuk membantu petani dalam membajak sawah petak ataupun lahan sempit sekalipun. G 600 memiliki mesin utama sebagai penggerak yakni Kubota RD 65 DI-1S atau tipe lain dengan seri RD 65 DI-2S yang mana keduanya memiliki tenaga sebesar 6,5 HP. Dengan kapasitas mesin ini, traktor ini dengan mudah dapat mengelola lahan yang basah ataupun kering. Selain itu, juga mendukung untuk bermanuver pada radius putaran yang cukup kecil diman ini banyak diandalkan oleh petani. Trakror seri g 600 cukup mudah dikendalikan karena kopling yang digunakan cukup ringan.

Untuk perkiraan harga, traktor ini dibanderol seharga 24 jutaan. Sedangkan untuk transmisi mnempercayakan penggunaan full gear dengan sistem 1 kesepatan maju. untuk kopling utama menggunakan V-belt sebanyak 2 buah dipadu dengan kopling belok sistem Dog Clutch. Kapasitas pelumas dalam sistem mesin ini membutuhkan sebanyak 3.5 liter dengan menggunakan oli dengan tingkat kekentalan SAE 90-140.

Mesin traktor tipe ini menggunakan mesin diesel 6.5 HP dengan bajak singkal tunggal dimana untuk tingkat kecepatan kerja mampu membajak sawah dengan speed 12.92 jam/Ha untuk lahan sawah basah. Sedangkan untuk sawah kering mampu mengerjakan dengan kecepatan 13.44 jam/Ha.

2. Traktor Quick G 1000

Motor traktor ini memiliki dua roda dan mesin Kubota. Kinerjanya sulit untuk diperdebatkan yang mana itu dapat dengan mudah membajak melalui tanah basah atau kering. Selain itu, rodanya mudah untuk bermanuver dan memberikan gerakan yang stabil. Rentang daya motor adalah antara 8,5 dan 11 tenaga kuda. Tuas mesin traktor terletak pada area yang mudah untuk diakses. Hal ini membuat desain mesin nyaman dan stabil saat dioperasikan.

Sedangkan untuk harga Traktor Quick G 1000 ini lebih mahal dari seri sebelumnya dan diperkirakan dipatok sebesar 27.5 jutaan. Untuk dimensinya memang terlihat lebih besar yakni memiliki panjang 2,730m dengan lebar sekitar 860cm dan tingginya mencapai 1.250 m.

Traktor ini memiliki 2 sistem kecepatan maju dan gabti jalur dimana tranmisi menggunakan kombinasi antar agear dan rantai. Untuk sistem penggerak dan kopling utama tak berbeda jauh dengan G 600 yakni V-belt sebanyak 2 buah. Namun untuk tension pulley sistem menggunakan Dog CLutch sebanyak 4 buah yang cukup besar.

Untuk tingkat kekentalan oli mesin masih sama yakni SAE 90-140 namun untuk kapasitas yang dibutuhkan adalah 5.5 liter. Hal ini karena kapasitas kerja diesel 8.5 HP yang mampu menempuh kecepatan sekitar 10.24 jam/ha disawah basah dan sedikit lebih banyak yakni 10.58 untuk kebun yang kering.

3. Traktor Quick G 1000 Boxer

Saat mengoperasikan traktor ini di musim panas atau musim hujan, Anda bisa mempertimbangkan traktor dengan mesin Kubota 8.5 – 11 HP untuk tenaga dan kekuatan ekstra ini. Mesin ini juga dapat menangani tanah kering dan tanah berair dengan mudah dan mulus melalui kemudi tangan.

Saat bertani, traktor ini sangat ideal untuk membajak sawah karena kemudahan pengoperasiannya dan cocok untuk menangani lahan basah atau lahan kering. Gearbox mesin ini terbuat dari besi cor khusus yang memanfaatkan tenaga dan kekuatan traktor. Traktor Quick G 1000 Boxer Diesel dipercaya oleh para petani karena sangat baik untuk pertanian skala besar.

4. Quick G-3000 ZEVA

Perusahaan traktor merek Quick ini agaknya serius dalam menanganikebutuhan petani dimana mereka juga memiliki versi yang lebih tinggi lagi yakni G-300 Zeva. Tentu saja, untuk harga lebih mahal dibanding versi sebelumnya dimana mesin bajak sawah ini dibanderol sekitar 28.5 jutaan.

Dari sisi dimensi sendiri juga sedikit berbeda yakni panjang mencapai 2.730cm dengan lebar sekitar 860cm dan untuk ketinggian mencapai 1.250cm. Sedangkan untuk tranbmisi masih sama yakni kombinasi gear dan rantai dengan kecepatan maju 1 kali. Dan untuk sistem penggerak dan kopling belok masih sama dengan G-1000 yakni V-belt sebanyak 2 buah dan Dog Cluth yang besar sebanyak 4 buah.

Untuk kapasitas kerja sendiri masih menggunakan diesel dengan 8.5 tenaga kuda dan bajak singkal tunggal dimana memiliki kecepatan kurang lebih 10.24 jam/ha untuk lahan di sawah yang basah. Sedangkan untuk lahan sawah yang kering hanya mampu menyelesaikan dengan kecepatan 9.53 jam/ha. Traktor ini dilengkapi dengan mesin penggerak dari Kubota RD 85 DI-2S.

5. Traktor Quick M 1000 Alfa

Ketika digabungkan dengan traktor multi-roda dua kecepatan, mesin traktor roda dua dan multi-kecepatan terbaik memberi petani kekuatan dan stabilitas untuk menangani lahan kering atau basah. Mesin traktor ini dapat diandalkan untuk digunakan sebagai alat transportasi di medan berat.

Traktor ini dapat digunakan sebagai kendaraan pertanian dan transportasi berkat kepala trailernya. Kopling beloknya yang ringan membuat manuver lebih mudah daripada kemudi tradisional.

6. Traktor Quick Impala

Merupakan kendaraan traktor dengan roda dua yang dapat melakukan perjalanan naik turun perbukitan persawahan. Bodinya yang ringan membuatnya ideal untuk bekerja keras melalui sawah yang tertutup gunung. Badan besi dan roda alat berat memberikan kekuatan dan ketahanan yang luar biasa. Bagi pembudidaya yang tinggal di daerah pegunungan, ini adalah kendaraan ideal sekaligus mesin yang mebantu dalam menggarap sawah dan perkebunan karena traktor ini memiliki kemampuan menanjak dan menurun.

Anda bisa membeli Traktor Quick Impala ini dengan harga sekitar 23 jutaan kurang sedikit. Tentu saja harga ini bisa berubah sewaktu waktu seiring dengan fluktuasi rupiah terhadap dolar.

Mesin bajak sawah ini memiliki dimensi panjang yakni 2.230cm dan lebar 720cm dimana untuk tinggi traktor mencapai 1.125cm. Tipe Impala memiliki kecepatan 1 maju dengan sistem transmisi kombinasi gear dan rantai. Dengan case menggunakan casting dual part system, Impala memiliki sistem penggerak V-belst dan tension pulley dog Clutch.

Mesin yang digunakan adalah diesel dengan kapasitas 6.5 HP dimana dengan bajak singkal tunggal mampu menempuh kecepatan kerja sekitar 13.44 jam/ha untuk lahan sawah yang basah. Sedangkan untuk sawah dengan kondisi kering, traktor ini mampu menempuh kecepatan 13.68 jam/ha. Untuk mesin sendiri masih mempercayakan dengan menggunakan Kubita dengan model RD 65 DI-2S.

7. Traktor Capung

Traktor capung memang cukup murah dibandingkan dengan beberapa tipe yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa memiliki mesin bajak sawah ini hanya dengan merogoh kocek sebesar 13 jutaan.

Disebut traktor capung oleh para petani karena ini merupakan traktor dengan desain mini yang merupakan salah satu produk dari PT hidup santosa selain Quick. Ini juga merupakan traktor dengan harga paling murah yang dikeluarkan oleh perusahaan dan beberapa versinya juga memiliki harga yang sama.

Masih sama dengan beberapa varian sebelumnya dimana Capung memiliki 1 kecepatan maju. Untuk transmisi sendiri mempercayakan sistem kombinasi Gear dan rantai dimana untuk Case menggunakan casting dual part system dengan sistem penggerak utama V-belt 1 buah. Untuk kopling belok masih sama dengan varian lain yakni dog cluth.

Mesin ini mampu menampung kebutuhan oli 3.2 liter pelumas dengan tingkat kekentalan oli SAE 90-140. Untuk kapasitas kerja sendiri, traktor dengan 6 HP dan menggunakan bajak singkal dengan ring roda besi membutuhkan waktu sekitar 11.86 jam/ha untuk lahan sawah basah. Nmaun untul lahan sawah kering justri lebih banyak dimana mampu menempuh kecepatan 12 jam/ha. Traktor capung menggunakan mesih merek Honda dengan tipe GX 200 yang memang cukup mumpuni.

8. Quick Zena

Mungkin in iadalah tipe traktor yang paling tinggi di sini dimana harga yang ditawarkan mencapay 39 jutaan per unitnya. Traktor tangan ini memiliki panjang sekitar 2.220mm dengan tinggi 1.422mm dan lebarnya mencapai 1.270mm.

Dengan harga yang tinggi ini, traktor in memang terlihat lebih cangghih dibanding yang lain yakni memiliki sistem gerak maju, mundur dan memutar. Untuk transmisi masih sama dengan yang lain yakni kombinasi roda gigi dan rantai dengan case casting dual part system.

Kebutuhan pelumas pada varian in terbilang cukup tinggi yakni 8 liter oli dengan tingkat kekentalan SAE 90-140. Untuk sistem penggerak kopling utama menggunakan sedikit berbeda yakni Dry Multiple Disc Clutch dipadukan dengan V-Belt dan Dog Clutch atau gigi cakar. Namun, masih ada tambahan pelumas yakni untuk rotary yang membutuhkan sebanyak 1 liter dengan tingkat kekentalan yang sama.

Traktor versi ini memiliki 10 daya tenaga kuda yang memang cukup besar dan mampu untuk mengerjakan pekerjaan yang cukup berat. Untuk kecepatan kerja sendiri, model ini mampu menghasilkan 7.08 jam/ha untuk lahan sawah yang basah. Sedangkan untuk lahan kering hanya mamou menempuh kecepatan 7.37 jam/ha. Quick Zena mempercayakan penggunaan mesin KUBOTA Tipe : RD 110 DI-2T sebagai penggerak utama.

9. Yanmar YM 80

Buat Anda yang memilih untuk menggunakan merek Yanmar sebagai Andalan untuk mebantu pekerjaan membajak sawah, Anda bisa membeli Tipe YM 80 dimana harga yang ditawarkan adalah 20.5 jutaan. Harga ini terbilang tidak terlalu mahal dan juga tidak murah karena beberapa spesifikasi yang mendukungnya.

Adapaun untuk dimensi sendiri traktor in memiliki panjang sekitar 2.384mm dengan lebar mencapai 704cm. Sedangkan untuk ketinggians endiri, YM 80 mencapai 985cm dari permukaan tanah dengan berat total sekitar 96 hingga 111 kg. Mesin utama pada varian ini menggunakan tipe YANMAR TF 55LYS-di yang cukup tangguh untuk membantu para petani dalam mengolah tanah persawahan.

Untuk spesifikasi dari tipe ini yakni pada sistem penggerak mempercayakan penggunaan roda gigi dan rantai yang hampir sama dengan merek Quick. Sedangkan kopling utama menggunakan puli penegang tali sabuk dan untuk belok masih sama dengan yang lain yakni Dog Clutch atau dikenal dengan Gigi Cakar. Traktor ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman yang cukup handal yakni sistem EBS atau emergency Brake System yang membantu Anda menghentikan laju traktor dengan lebih cepat.

Traktor Yanmar memang dikenal cukup lincah dan nyaman saat digunakan untuk bermanuver di lahan sawah yang berat sekalipun. Hal ini karena desain dari merek ini yang dibuat lebih ringan dan ramping, sehingga hal ini mampu memudahkan saat Anda menggunakan untuk pindah antar pematang sawah.

10. Yanmar YM -SX

Traktor merek Yanmar yang kedua yakni ada YM -SX dimana harga untuk tipe ini lebih mahal dibanding dengan versi sebelumnya. Anda bisa membawa pulang mesin bajak sawah ini dengan menggelontorkan dana sebesar 24.5 jutaan. Tentu saja, tipe yang satu ini memiliki keunggulan dibanding dengan varian YM 80 mengingat harga yang ditawarkan juga sedikit labih tinggi.

Adapun dimensi dari tipe yang satu ini yang sedikit membedakan harganya dimana YM -SX memiliki panjang sekitar 2.220 mm dengan lebar mencapai 6.20 cm. Tidak terlalu tinggi jika dibanding dengan ebberapa traktor lain yakni mencapai 1.080 mm namun untuk berat sendiri mencapai 122 kg. Jadi, traktor ini terlihat gambot dan lebih garang. Namun untuk spesifikasi lain tidak berbeda jauh dengan YM 80.

Kesimpulan

Nah, sahabat JogloNesia, itulah tadi beberapa traktor tangan rekomendasi para petani Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda jika ingin membeli traktor. Jika Anda bertanya, manakah traktor tangan terbaik? tentu saja jawabannya tergantung pada beberapa hal.

Ini mengingat karena tingkat kebutuhan masing masing petani berbeda. Selain itu, letak geografis tanah persawahan, tingkat kekerasan tanah dan juga yang paling penting adalah pengemudi yang mengendalikan mesin ini. Jadi, ketika Anda ingin membeli traktor, pastikan dulu beberapa kondisi yang disebutkan tadi.