Keunggulan Mesin Panen Padi Yanmar YH 850 berikut Spesifikasi dan Harga

Keunggulan Mesin Panen Padi Yanmar YH850 (Spek dan Harga)

Joglonesia.com – Apa saja keunggulan mesin panen padi Yanmar YH850 dan bagaimana dengan spek dan harganya? Berikut ulasan singkat untuk membantu Anda sebelum membelinya.

Dunia pertanian modern agaknya terus mengalami kemajuan yang cukup pesat. Beberapa alat dengan teknologi terkini semakin banyak ditemukan di kebun maupun sawah. Hal ini mengingat penggunaan mesin dan alat canggih lain lebih efisien dibandingkan dengan tenaga manusia maupun hewan ternak. Seperti halnya dengan mesin panen padi yang kini juga mengalami kemajuan dengan hadirnya mesin harvester combine atau biasa para petani menyebutnya “mesin combi”.

Ini merupakan salah satu jenis mesin yang paling baru untuk dunia pertanian padi terutama di Indonesia jika dibandingkan dnegan mesin mesin lain. Sejauh ini, mungkin kita sudah banyak menemukan mesin lain seperti traktor sawah, selep padi dan juga giling beras. Ragam mesin dengan teknologi moderen ini memang faktanya telah membantu banyak petani untuk menggarap sawahnya.

Sistem Kerja Mesin Panen Padi (Mesin Combi)

Sebelum membahas bagaimana keunggulan mesin combi Yanmar YH 850, sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana sistem kerja dan komponen apa saja yang ada pada mesin panen padi modern ini.

Mesin Combi atau mesin panen padi adalah salah satu tipe mesin panen yang bertugas untuk memotong, memegang, merontok dan membersihkan yang dilakukan dalam satu kali proses secara bersamaan. Tidak butuh tenaga manusia yang banyak untuk mengoperasikan mesin ini. Anda hanya butuh 2 orang dalam mengoperasikannya yang aman salah satu bertugas sebagai kemudi mesin dan satu lagi bertugas memasukkan padi kedalam kantong pengemasan gabah.

Namun untuk operator yang berjumlah 2 orang ini tergantung dari tipe mesin itu sendiri, jika Anda menggunakan mesin versi lama, mungkin butuh 3 orang sebagai operator dimana 2 orang bertugas memasukkan gabah karena versi lama tidak memiliki tangki penyimpanan padi. Dan inilah salah satu keunggulan lain dari versi terbaru yang lebih maju seperti contohnya Mesin Panen Padi Yanmar YH 850.

Terdapat 2 tipe mesin panen padi ini jika berdasarkan pada bagaimana cara perontokkan gabah. Yang pertama yakni tipe whole feeding yang mana semua tanaman padi baik itu jemari dan biji padi akan di olah didalam ruangan prontokkan atau thresher. Sebenarnya, tipe atau jenis ini pada mulanya dipakai untuk proses pemanenan gandung. Llau para ahli teknologi pertanian mengembangkannya untuk proses pemanenan padi.

Lalu tipe yang kedua ada Hrad Feed Type Combine Harvester yang aman tidak semua tanaman akan dimasukkan ke mesin perontok, melainkan hanya cukup dibagian malay dan untuk jerami akan tertahan karena dijepit oleh salah satu bagian bernama conveying.

Bagaimana cara kerja mesin panen padi?

Bagi yang masih baru mengenal mesin panen combi ini, tentu akan merasa sedikit bingung bagaimana cara kerjanya. Nah berikut ini gambaran dasar bagaimana mesin ini bekerja membantu para petani memanen hasil pertanian padi mereka.

  1. Mesin akan mengait tanaman padi dan mengarahkannya menuju ke bagian cuting dibagian depan.
  2. Tanaman selanjutnya dipotong dibagian pemotongan dengan pisau mesin.
  3. Selanjutnya, padi hasil potongan ini akan dikumpulkan dan memasukkannya ke bagian perontok.
  4. Padi akan dirontookan dari tangkainya atau biasa di sebut dengan threshing.
  5. Selanjutnya padi akan di ayak dan dipisahkan dari tangkai atau jerami dan limbah lain.
  6. Kemudian padi yang sudah bersih akan masuk ke penampungan dan jerami akan dihancurkan dan dibuang keluar.

Semua proses dari memotong, merontokkan, membersihkan, sortasi dan pengumpulan biji padi ini semuanya terkontrol secara teratur yang merupakan salah satu keunggulan mesin. Ini merupakan fungsi utama yang komplek dari mesin panen padi sehingga saat panen tiba, petani tidak perlu lagi membutuhkan tenaga kerja manusia yang cukup banyak.

Komponen Mesin Combi dan Fungsinya

Unit header berisi bilah pemotong dan pemandu gulungan. Panduan gulungan membantu menjaga batang padi dalam posisi tegak saat diumpankan melalui sistem pemotongan. Ini juga berfungsi untuk mengarahkan batang padi ke sistem pemotongan. Dengan menggunakan unit tajuk, petani dapat mencapai hasil yang lebih tinggi dari proses pemotongan batang padi mereka. Memotong batang padi membutuhkan pisau khusus karena ujung tombaknya mampu menahan tekanan pantul dari jerami. Conveyor Unit, merupakan komponen yang bertugas untuk memindahkan hasil pemotongan batang padi yang berupa jerami utuh ke bagian perontok atau thresher.

Unit perontok memisahkan gabah dari malai melalui gesekan yang dihasilkan oleh gigi perontok yang bertabrakan dengan malai padi. Dalam pengaturan, perontok berputar dengan kecepatan antara 600 dan 800 putaran per menit.

Perontok drum harus beroperasi pada kecepatan lambat untuk meminimalkan kerusakan dan kehilangan butir selama perontokan. Jika kecepatan putaran drum thresher terlalu tinggi, gabah terbuang karena butiran pecah yang berlebihan atau perontokan yang terlewat. Namun, jika kecepatan putaran terlalu rendah, kualitas butir dapat mengalami kerusakan yang berlebihan.

Setelah dipanen, gabah dipisahkan menjadi dua kategori: yang lebih matang dan yang belum matang. Cleaner and Separator (pembersih dan pemisah) memisahkan biji-bijian ke dalam kategori ini dengan membuang sekam, jerami, dan memisahkan biji-bijian matang dari yang belum matang.

Kecepatan putaran kipas pada blower harus 70 hingga 300 putaran per menit untuk mencapai tingkat kebersihan yang tinggi. Direkomendasikan kecepatan angin keluar antara 4 dan 8 mil per jam.

Keunggulan Mesin Panen Padi Yanmar YH850

Ada beberapa tipe dan juga merek yang mungkin bisa Anda temukan di pasaran, namun kali ini Joglonesia akan mencoba memberikan gambaran bagaimana keunggulan mesin panen padi Yanmar YH 850 berikut spesifikasi dan harga yang mereka tawarkan.

Pabrikan peralatan industri Jepang Yanmar memproduksi Mesin Panen Padi Yanmar YH850. Selama musim panen padi, petani dapat mendengar suara mesin ini karena dengan cepat membersihkan sawah yang menguning dan melakukan pemanenan lebih efisien. Hal ini dikarenakan mesin tersebut merupakan model grain tank atau memiliki tangki yang digunakan untuk menyimpan biji padi atau gabah.

Yanmar Diesel Indonesia meluncurkan mesin panen gabungan dengan tangki biji padi pada Oktober 2019. Ini adalah pertama kalinya perusahaan menggabungkan kedua mesin menjadi satu. Dengan menggunakan tangki untuk menampung gabah pada mesin versi terbaru dari Yanmar ini, mereka berharap dapat membuat pekerjaan petani lebih efisien dan menguntungkan.

Pabrikan peralatan industri Jepang Yanmar Co., Ltd., meluncurkan Model Tangki Biji Padi YH 850 terbaru pada Agustus 2017. Mesin ini menawarkan fitur yang cukup bagus untuk pemanen, seperti alat panen dan tangki minyak. Setelah dirilis, banyak pengguna mesin ini yang memuji kualitasnya di pasar Indonesia. Ini juga merupakan pertama kalinya perusahaan alat pertanian Yanmar di Indonesia mengeluarkan mesin panen yang menggunakan tangki.

Terdapat alarm sebagai pemberitahuan otomatis ketika tangki penuh yang dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berpindah karung. Artinya, petani tidak perlu berhenti bekerja untuk mengganti karung. Sebaliknya, mereka dapat fokus memanen padi mereka tanpa gangguan terus-menerus. Tangki pada mesin combi terbaru ini memiliki kapatisa untuk menampung sebanyak 1.670 liter padi. Model ini lebih hemat waktu dibandingkan model standar yang membutuhkan perpindahan karung secara manual.

Beberapa fitur tambahan yang menjadi keunggulan mesin panen padi Yanmar YH850 meliputi:

SmartAssist-Remote

Unit SmartAssist-Remote dilengkapi dengan aplikasi smartphone dan fungsionalitas GPS. Aplikasi ini memberi pengguna akses ke banyak informasi penting tentang unit mereka, seperti lokasi dan kinerjanya saat ini. Ini juga memungkinkan untuk menggunakan aplikasi dari luar unit terdekat. Jadi buat Anda pemilik mesin combi tidak perlu kawatir jika mesin di jalankan oleh operator lain.

Peralatan yang menggunakan teknologi ini dapat memberikan sebuah peringatan kepada pemilik ketika mesin beroperasi dan menyimpang dari jalur atau melebihi parameter yang telah Anda tentukan sebelumnya. Hal ini membuat Anda dapat mencapai ketenangan pikiran, meningkatkan pendapatan dan mengurangi waktu kerja dengan menggunakan YH 850. Perangkat pintar ini merupakan bagian dari standart yang ditetapkan oleh Yanmar sebagai bawaan pabrik.

Mesin yang Kuat dan Hemat BBM

Mesin panen padi Yanmar YH850 atau mesin combi ini dilengkapi mesin diesel TNV yang bertenaga dan hemat bahan bakar yang memberikan daya tahan luar biasa dengan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan lebih sedikit. Dengan demikian, tentunya biaya operasional juga bisa dipangkas pada kebutuhan BBM. Seperti kita ketahui bahwa harga BBM juga semakin naik. Dan hal ini setidaknya memberikan salah satu keunggulan mesin combi Yanmar YH 850.

Yanmar YH850 dilengkapi mesin 4TNV98(T) dan teknologi mutakhir. Mampu menghasilkan tenaga yang besar berkat mesin dan teknologi baru, yang membuat mesin pemanen padi ini mampu bekerja sepanjang hari.

Sistem Rotor Ganda

Mesin panen padi Yanmar YH850 menggunakan rotor perontok depan dan belakang untuk memisahkan biji-bijian dari bijinya secara akurat. Perontok berdiameter 2 milimeter ini berputar dengan kecepatan 850 milimeter per jam untuk memisahkan biji-bijian yang diirik dari yang lain. Perontok depan memiliki rotor 1.850 milimeter yang dapat memisahkan biji biji-bijian yang lebih panjang.

Yanmar YH850 menggabungkan teknologi sistem rotor ganda yang mana memiliki pangayun dengan ukuran 1.410 x 850 mm yang mampu memisahkan gabah dengan jerami lebih efisien dan cepat bahkan dalam jumlah yang besar sekalipun.

Keunggulan Mesin Combi Yanmar YH850 yang selanjutnya adalam mampu dukungan teknologi sistem rotor yang ganda membantu meningkatkan kepercayaan antara petani dan pemiliknya. Hal ini dikarenakan hasil gabah yang jauh lebih bersih jika dibandingkan dengan mesin panen padi biasa berkat dukungan teknologi ini.

Handal di Segala Medan

Mesin panen padi Yanmar YH850 sangat bagus untuk bekerja di semua kondisi medan. Mesin ini dapat bekerja di segala jenis tanah, termasuk medan berlumpur, tanpa terhalang apapun. Itu juga dapat bekerja di ladang dan area pertanian, menjadikannya mesin yang berguna bagi petani.

Operasional yang jauh lebih praktis

Kemajuan teknologi telah menyebabkan terciptanya Sistem Leveling Hidraulik, atau HLS. Metode kontrol ini membuat unit secara otomatis menyesuaikan ketinggian header agar sesuai dengan medan di bawahnya. Ini memberikan permukaan pemotongan yang rata secara konsisten dan menjaga tingkat header.

Mesin dapat mengumpulkan padi meskipun dalam kondisi tertanam miring atau panjang dengan mengatur ketinggian dari 330 milimeter menjadi 460 milimeter dan memiliki ground clearance yang baik. Kunci untuk memulai dalam kondisi berlumpur adalah memiliki ground clearance yang baik, yang dapat dicapai dengan ground clearance 460 milimeter. Selain itu, pengumpan dapat mengumpulkan tanaman meskipun mereka roboh. Namun, ketinggian tambahan diperlukan untuk mengakomodasi kondisi ini.

Mesin pemanen padi ini mudah dioperasikan, karena operator dapat menyesuaikan pengaturannya untuk memenuhi tingkat kebutuhannya yang disesuaikan. Itu juga dapat di atur oleh pemilik, memungkinkan dia untuk memanen padi sebanyak yang dia inginkan.

Pengoperasian Mesin Combi

Untuk mengoperasikan mesin panen gabungan atau mesin combi, ada beberapa hal yang sebaiknya perlu menjadi perhatian sebelum mulai menjalankan mesin, terutama untuk operator yang masih baru.

Memastikan penggunaan alat pabrikan dengan benar dengan mengikuti praktik standar yang ditetapkan oleh pembuat alat. Ini termasuk memeriksa air radiator, oli mesin, oli hidrolik, dan kekencangan sabuk di dalam mobil. Selain itu, memeriksa posisi roller drive utama diperlukan.

Sebelum panen dimulai, pahami secara lengkap kondisi geografis sawah yang akan dipanen. Seorang asisten operator dapat memasuki Area Sawah untuk menilai kondisi tanah mereka. Data dikumpulkan di bagian mana dari ladang yang sangat berlumpur atau sulit dilalui oleh mesin. Bintik-bintik yang ditandai digunakan oleh surveyor sehingga mereka dapat dengan mudah mengidentifikasinya.

Dianjurkan untuk duduk di Ruang Operator Combine dalam posisi yang aman dan nyaman. Melakukannya meminimalkan kemungkinan cedera saat mengoperasikan kombinasi. Operator juga harus menggunakan sabuk pengaman saat mengoperasikan mesin combi untuk mengurangi risiko kecelakaan. Mengoperasikan meisn panen padi dapat menyebabkan seorang petani mati karena kecerobohan. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan terlempar ke dalam mesin pemotong padi atau jatuh ke dalamnya. Beberapa kasus di Indonesia telah membuktikan hal tersebut.

Harga Mesin Combi Yanmar YH 850

Berbicara soal berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membawa pulang mesin panen padi Yanmar YH 850 adalah sesuatu yang biasanya ditunggu tunggu. Tentu saja, Anda dapat membawa pulang mesin combi ini setelah mengganti dengan biaya sebesar Rp. 581 jutaan.

Untuk setiap daerah tentunya memiliki harga detail yang berbeda beda karena mengingat biaya pengiriman dan beberapa hal lain. Jadi, untuk memastikan harga yang akurat, silahkan nda mengunjungi toko perlengkapan alat pertanian terdekat di kota Anda.

Bagi Anda yang ingin membeli mesin ini, pastikan juga Anda telah memiliki truk untuk pengangkut mesin panen Combi karena tidak mungkin Anda akan menjalankannya di jalan raya. Selain itu, truk pengangkut juga harus di desain seperti truk Towing dengan bak terbuka tanpa dinding samping.