Keunggulan Traktor Sawah QUICK G3000 Zeva

Keunggulan Traktor Sawah QUICK G3000 Zeva

Joglonesia.com – Apa sebenarnya keunggulan traktor sawah QUICK G3000 Zeva ini dan kenapa petani mempercayakannya? Berikut ini ulasan yang membantu Anda menjawab pertanyaan ini.

Pengelolaan lahan yang tepat sangat penting untuk keberhasilan pertanian. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas budidaya adalah dengan menggunakan traktor sawah. Kendaraan ini memang dikenal dengan cepat dan efisien dalam pengelolaan lahan pertanian khususnya persawahan.

Ada berbagai tipe dan merek dari traktor tangan untuk mengelola tanah persawaan yang bisa Anda temukan di pasaran. Mereka masing masing mengklaim memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan tipe lain bahkan dari merek yang sama. Hal inilah yang membuat beberapa petani mengalami kesulitan, mana pilihan yang harus dijatuhkan saat membeli traktor guna menunjang kebutuhan mereka.

Untuk itulah perlu sedikit upaya guna mempelajari setiap keunggulan dan spesifikasi dari masing masing tipe dan disesuaikan juga dengan postur tubuh atau kekuatan dari operator atau sang pengemudi.

Keunggulan Traktor Sawah QUICK G3000 Zeva

Buat Anda para petani yang ingin membeli traktor sawah, berikut ini kami ulas tentang keunggulan traktor sawah QUICK G3000 Zeva yang mana salah satu produk paling baru dari tipe G3000. Apa saja keunggulan dari traktor sawah ini, berapa harga traktor quick g3000 zeva dan juga spesifikasinya secara lengkap.

QUICK G3000 Zeva adalah generasi sebelumnya dari traktor tangan yang masuk dalam jajaran versi G3000. Ini adalah traktor dengan mesin yang setara dengan 8,5 tenaga kuda yang telah membuktikan kekuatannya saat mengolah tanah. Dari tanah tanpa kondisi khusus atau lahan normal hingga tanah yang cukup keras, kering atau lembab, dan bekerja di lahan yang luas dengan produktivitas yang lebih tinggi.

Dengan desain ergonomis dan suku cadang bebas bocor, traktor QUICK G3000 Zeva sangat cocok untuk petani yang ingin memiliki mesin traktor tangan yang menarik dan fungsional. Beberapa fitur yang dihadirnya diantaranya adalah terdapat lubang sebagai kontrol level oli, tambahan penguat Poros Utama, Rumah Tension Handle berbentuk F yang mampu mengurangi penyesuaian dudukan engine yang disebabkan oleh V-belt dan sabuk V yang longgar.

Selain itu setang traktor dapat disetel sesuai dengan ketinggian pengemudi. Yang lebih menarik lagi adalah Zeva mengklaim bahwa ini sangat stabil dan tidak mudah untuk terguling saat sedang proses penggarapan sawah. Traktor ini juga di desain untuk meredam getaram agar tetap rendah sehingga pengemudi bajak mesin ini tidak mudah lelah saat mengoperasikannya.

Traktor Quick G3000 dari Zeva memiliki banyak aspek positif. Diantaranya kemudahan mengganti seal dan oli bearing pada Main Shaft dan Input Shaft. Traktor Quick G3000 Zeva menawarkan keuntungan tambahan, termasuk Penarik berdiri, Penutup Katrol, dan Ekstensi Penutup Katrol untuk mencegah cipratan lumpur. Ini mencegah V-Belt tergelincir dan membuatnya lebih tahan lama. Selain itu, fitur ini membuat pengoperasian peralatan pertanian ini aman dan nyaman bagi bagi pengemudi.

Selain beberapa keunggulan yang disebutkan di atas, masih ada beberapa keunggulan lain diantaranya adalah:

Spare part Lebih Awet

Penggunaan bush yang dibuat dari karet khusus membuat gelebeg menjadi lebih awet. Setidaknya inilah yang diklaim oleh perusahaan. Juga untuk main bearing housing yang dibuat menyatu dengan gear box membuatnya tidak mudah mengalami kebocoran. Begitu juga untuk mencegah kebocoran pada shifting fork yang rentan, maka versi Zeva ini menggunakan seal TC.

Agar v-belt lebih awet dan juga tidak begitu mudah selip, maka traktor ini menggunakan penutup pulley yang mencegah terjadinya lumpur dan air yang menempel pada v-belt. Tidak ketinggalan pula, Anda bisa mengatur penekanan pully baik dari sisi bagian dalam maupun luar.

Lebih Kuat

Traktor Quick g3000 zeva memiliki roda besi yang cukup kuat. Bahkan ada tambahan penguat khusus pada roda ini dan juga dilengkapi dengan penggunaan locator. Dari sisi desain gear bok sendiri terlihat cukup kompak dan lebih tebal sehingga cukup kuat. Tak hanya itu, ini juga memiliki hith pin yang lebih besar dari biasanya. Bahkan, untuk gigi kopling utama memang masih sama dengan sistem dog clutch namun Zeva memiliki 4 cakar yang cukup besar. Hal inilah yang membuatnya tampak lebih kuat dari versi sebelumnya.

Terlihat Mewah

Untuk tampilan sendiri memang tidak bisa diragukan lagi, G3000 zeva di balur dengan cat warna orange metalic pada bagian body sehingga untuk pandangan pertama akan membuat lebih mewah. Tak hanya itu, stiker stripping yang didesain secara grafis semakin membuat traktor ini tampil dinamis dan cantik. Bahkan, ada bagian yang menggunakan lapisan verchroom yakni pada stand dan juga tarikan kopling sehingga tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan.

Lebih Stabil

Penggunaan mesin Kubota yangt disematkan pada traktor yang didesain dengan ranka yang kokoh membuat G3000 zeva memiliki tingkat getaran yang rendah. Hal ini berakibat pada kenyamanan dalam mengemudikan di sawah. Untuk memudahkan dalam pengoperasiannya, traktor ini menggunakan tarikan batang besi pada stan nya. Bahkan, koplingnya cukup ringan dan terlihat ergonomic. Untuk tingkat ketinggian dari Gelebeg dan juga Hitch-I juga dapat diatur secara manual.

Spesifikasi QUICK G3000 Zeva

Dari segi spesifikasi kita akan bagi menjadi dua bagian yakni spek dari teknik traktor dan engin atau mesin sebagai penggerak utama. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam membedakan dengan traktor tangan dengan tipe lain yang masih dalam kelas yang sama.

Spek Teknik Traktor

Zeva memiliki ukuran penuh dengan panjang total 2750mm dan lebar mencapai 1130mm dengan ketinggian menyentuh angka 1370mm. Angka dimensi ini didapat jika traktor dalam keadaan terpasang roda besi. Perusahaan masih mempercayakan penggunaan gear Case dengan casting dual part system dengan pembelok mengadaptasi versi lama yakni Gigi Cakar.

Dari sisi kecepatan, agaknya zeva tetap menggunakan 1 gigi tanpa ada gigi mundur. Jadi traktor hanya bisa jalan maju seperti kebanyakan tipe lain. Untuk kapastis penggunakan oli sebagai pelumas membutuhkan sebanyak 5.5 liter oli dengan tingkat kekentalan SAE 90-140. Sedangkan bagian transmisi tetap menggunakan sistem kombinasi antara gigi dan rantai.

Terdapat 2 buah V-Belt pada kopling utama yakni tipe B-78 untuk pulley dengan diameter 260mm dan tipe B-81 untuk menggerakkan pulley yang berdiameter 300mm dimana untuk diameter roda besi mencapai angka 900 mm. Sedangkan untuk berat total keseluruhan traktor dengan terpasang bajak mencapai 222 kilogram. Berat ini diluar perhitungan mesin utama sebagai penggerak.

Spek Mesin Penggerak

Keunggulan Traktor Sawah QUICK G3000 Seva selanjutnya terletak pada meisn utama sebagai penggerak. Sebagai dapur pacu untuk menggerakkan traktor quick G3000 zeva, Kubota masih menjadi andalan karena memang terbukti cukup handal untuk traktor sawah. Dan untuk model mesinnya sendiri ada 2 varian yakni RD 85 DI-1S dan satunya lagi yakni RD 85 DI-2S. Kedua tipe ini bermesin Diesel dengan 4 langkah dan menggunakan pendingin Air.

Jika traktor sawah ini dijalankan dengan kecepatan perputaran mesin pada angka 2200 rpm, maka quick G3000 zeva mampu menghasilkan 8.5 tenaga kuda. Inilah salah satu keunggulan dari Traktor Quick G3000 zeva yang menjadi pilihan petani karena tenaga yang besar.

Tangki mesin ini mampu menampung bahan bakar jenis Solar dengan kapasitas penyimpanan sebanyak 9.5 liter sedangkan untuk sistem pelumasan membutuhkan setidaknya 2.4 liter oli dengan kekentalan SAE 30. Untuk menyalakan mesin ini sendiri masih membutuhkan engkol manual dan kedus jenis mesin ini memiliki berat sekitar 86 kg dan 89 kg. Memang ada sedikit perbedaan berat pada kedua tipe mesin penggerak tersebut.

Perlengkapan Standard

Saat Anda membeli traktor quick G3000 zeva maka Anda akan dibekali dengan beberapa perlengkapan standar bawaan dari pabrik. Tentu saja, ada juga beberapa perlengkapan lain yang bisa Anda beli secara terpisah, namun ini ttergantung pada tingkat penggunaan.

Adapun perlengkapan bawaan meliputi 2 buah roda besi yang sudah diberi penguat, 2 buah roda karet yang bisa dipasang saat digunakan di jalan untuk transportasi. Selain itu masih ada juga bajank singkal, garu dan juga gelebeg yang dibuat dengan penambahan bush karet khusus.

Harga Traktor Quick G30000 Zeva

Berbicara masalah harga, tentunya sangat penting untuk membandingkan dengan spesifikasi yang ada. Anda dapat membawa pulang traktor tangan ini dan menggantinya dengan biaya sekitar 28.5 jutaan. Ini merupakan harga yang sepadan dengan apa yang Anda dapatkan dari traktor tipe ini.

Namun perlu Anda ketahui, harga ini dapat berubah sewaktu waktu dan tentunya setiap toko memiliki harga yang sedikit berbeda. Untuk itulah, sebaiknya pastikan untuk mebeli di toko langganan Anda agar tidak mudah tertipu.

Sebagai catatan, jika Anda menemukan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran, pastikan untuk melakukan pengecekan lebih teliti lagi. Mulai dari surat surat jual beli dan kondisi barang yang ada. Ini terutama jika Anda beli dalam kondisi bekas.

Nah sahabat JogloNesia, itulah tadi bagaimana keunggulan traktor sawah Quick G3000 Zeva yang bisa menjadi referensi Anda sebelum membelinya. Semoga bisa memberikan pencerahan dan tambahan ilmu bagi Anda para petani Indonesia.