Aneka Macam Mesin Semprot Pertanian Modern

Aneka Macam Mesin Semprot Pertanian Modern

Industri pertanian kian mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan penggunakan berbagai macam alat pertanian yang semakin canggih. Petani semakin dimudahkan dalam pengelolaan lahan sawah dan perkebunan mereka dengan hadirnya teknologi pertanian. Salah satu yang mendapat sentuhan teknologi ini adalah alat semprot hama. Aneka macam mesin semprot pertanian modern hadir dengan berbagai keunggulan masing masing.

Alat semprot pertanian modern yang ada di pasaran tentunya memiliki harga yang berbeda beda. Hal ini tergantung dari spesifikasi, fitur yang disediakan dan juga kualitas bahan yang mereka gunakan. Lantas, bagaimana dengan fungsi mesin semprot itu sendiri dan bagaimana kualitas hasil penglabutan cairan yang disemprotkan?

Aneka Macam Mesin Semprot Pertanian Modern Berdasar Penggunaan

Seberapa efisienkah penggunaan mesin semprot pertanian modern ini jika dibandingkan dengan alat semprot manual? Tentu saja, jawaban dari setiap petani ebrbeda. Namun secara global, petani sekarang lebih memilih menggunakan yang versi terbaru karena lebih hemat tenaga. Namun tentu saja, berat yang harus diangkat oleh petani saat melakukan proses penyemprotan tentunya berbeda.

Meski demikian, kinerja dan waktu yang dibutuhkan lebih efisien karena lebih cepat dan lebih merata untuk tingkat penyemprotan. Hal ini penting karena jika tujuan untuk membasmi hama, maka jangkauan area bisa lebih luas dan merata. Tentu saja, hasil dari budidaya dan pertanian iniakan meningkat.

Untuk menumbuhkan tanaman yang sehat dan subur, pertanian mengandalkan tepung dan pestisida cair. Gulma dan penyakit ini perlu dikendalikan oleh orang dengan menggunakan duster atau penyemprot. Untuk mengaplikasikan pestisida tersebut, masyarakat menggunakan alat yang disebut dengan sprayer atau bisa disebut dengan alat semprot. Sebagai alternatif, masyarakat juga dapat menerapkan pestisida ini dengan mencampurnya menggunakan tepung. Namun, ini sudah jarang dilakukan karena kurang efektif.

Apa itu Alat Semprot Pertanian?

Alat pertanian menggunakan kemajuan teknologi untuk mengolah hasil pertanian. Kemajuan ini membantu petani membuat alat semprot modern untuk menghasilkan kabut air atau semprotan cair dari larutan atau suspensi.

Alat ini termasuk alat yang dipakai untuk menghilangkan penyakit tanaman dan hama. Ini termasuk aplikasi bahan aktif dan pestisida anti-tanaman pada daun, batang, buah, dan cabang. Orang biasanya menerapkan alat ini ke bagian luar tanaman.

Pestisida yang berbeda memerlukan komposisi yang berbeda, yang mempengaruhi efisiensi dan efektivitas penyemprot. Spesifikasi peralatan yang digunakan menentukan seberapa efektif dan efisien penyemprot tersebut. Siapapun dapat menggunakan alat penyemprot pestisida untuk mencegah hama dan penyakit tanaman agar tercipta tanaman yang sehat dan subur.

Fungsi Mesin Semprot Pertanian

Penggunaan alat semprot ini dengan memecah cairan kimia aktif dan didistribusikan secara merata pada tanaman atau objek yang akan dilindungi. Ini adalah salah satu fungsi utama dari alat ini.

Namun, selain fungsi utama yang disebutkan di atas, ada beberapa fungsi lain pada penggunaan alat semprot pertanian modern kali ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan insektisida cair untuk mencegah dan menghilangkan hama dari tanaman.
Cairan herbisida digunakan untuk menyemprot tanaman untuk mencegah gulma dan menghilangkannya.
Menggunakan fungisida cair untuk mencegah dan melawan penyakit.
Entah untuk tujuan tertentu atau tidak, alat ini dapat mengoleskan cairan hormon ke tanaman.
Pemupukan tanaman dengan menyemprotnya dengan pupuk juga dapat dilakukan alat ini.

Selain itu, tujuan utama dari penggunaan alat semprot atau sprayer ini adalah melakukan kalibrasi dan juga menentukan berapa jumlah pelarut yang dibutuhkan pada tanaman atau opbjek tersebut.

Aneka Macam Mesin Semprot Pertanian Modern dan Spesifikasinya

Sesuai dengan jenis penggunaannya sendiri, ada aneka macam mesin semprot pertanian modern yang digunakan untuk penyemprotan tanaman. Untuk itulah, sebagai petani modern Anda juga harus mengenali peralatan canggih ini dan alat apa saja yang paling sering digunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti dijelaskan di bawah ini.

Alat Semprot Gendong (Knapsack Sprayer)

Ahli agronomi sering menggunakan penyemprot belakang yang ditenagai oleh pompa tangan. Penyemprot ini melekat pada punggung atau juga disebut dengan alat semprot gendong yang mana berguna untuk melepaskan bahan kimia melalui tekanan udara yang dipompakan.

Pegas yang terpasang pada lengan katup menggerakkan pompa yang mendorong bahan kimia bertekanan melalui selang udara ke dalam tabung udara. Ini meningkatkan tekanan udara dan menyebabkan larutan menyembur melalui katup.

Kisaran harga dari ratusan ribu hingga jutaan dapat ditemukan untuk pompa yang dilengkapi dengan knapsack sprayer. Pompa ini menciptakan tekanan udara antara 0,7 dan 1,0 kilogram per sentimeter kuadrat melalui pemompaan 8 kali. Knapsack sprayer yang umum digunakan antara lain Solo, Hero, CP 5, Matatabi, Berthoud, dll.

Motor Sprayer

Motor penyemprot berfungsi mirip dengan penyemprot pompa genggam atau alat semprot knapsack manual. Sistem kerja mesin semprot ini menggunakan pompa bermotor untuk mengeluarkan larutan kimia dari tangki. Ada aneka macam mesin semprot pertanian yang memiliki kinerja berbeda untuk merek yang berbeda. Tentu saja beberapa dari mereka bahkan mungkin tidak kompatibel dengan merek lain.

Sprayer bermotor ini memiliki banyak keunggulan. Yang paling menonjol adalah kapasitasnya yang besar dengan waktu yang singkat untuk mengisinya. Selain itu, efektif untuk menyemprot gulma dan menggunakan tenaga kerja minimal. Namun sprayer ini sebaiknya tidak digunakan pada tanaman yang masih muda karena dikhawatirkan tanaman tersebut akan rusak oleh motor.

Harga motor bervariasi berdasarkan merek dan model. Untuk lebih detail mengetahui mesin sparyer ini, silahkan Anda baca di Rekomendasi mesin semprot pertanian 4 tak. Anda bisa membandingka spesifikasi dan harga di artikel tersebut.

CDA Sprayer Elektrik

Dibandingkan dengan penyemprot listrik pertanian lainnya, penyemprot CDA (Controlled Droplet Application) menggunakan sistem tekanan udara terpisah untuk mengeluarkan larutan kimia di dalam tangkinya.

Penyemprot CDA menggunakan keseragaman butiran kimianya untuk membuat semprotan berukuran 250 mikron yang optimal. Tepi penyemprot berputar dan bergerak menuju pusat melalui gravitasi. Ukuran butiran yang dikeluarkan dari penyemprot ini disebut CDA, atau Aplikasi Tetesan Terkendali.

Mesin Semprot Pertanian Drone

Drone digunakan dalam pertanian modern untuk mencegah penyakit tanaman dan hama. Mereka juga dapat digunakan untuk memetakan dunia dari udara dan menyediakan fotografi dan pembuatan film berkualitas tinggi. Saat ini, petani Indonesia menggunakan drone untuk meningkatkan produktivitasnya. Teknologi ini dapat diatur dengan mudah oleh siapa saja.

Teknologi drone adalah sistem penyemprotan otomatis yang digunakan di bidang pertanian. Ini meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyemprotan pertanian dengan memudahkan petani menyemprotkan area yang sulit dijangkau. Namun, biaya sebagian besar unit drone tinggi, dan ukurannya membuatnya sangat tidak nyaman untuk digunakan. Beberapa fungsi drone pertanian bervariasi dari mendeteksi kerusakan hama hingga menerapkan pestisida secara otomatis.

Cara Merawat Mesin Semprot Pertanian Agar Awet

Perawatan diperlukan untuk memastikan penyemprot tetap awet. Mengganti bagian yang rusak adalah kunci untuk menjaga agar penyemprot tetap berfungsi. Penting juga untuk diperhatikan saat merawat sprayer adalah apa yang perlu dirawat:

  • Pastikan untuk secara teratur memeriksa nosel penyemprot untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Jika penyemprot mengalami kerusakan kecil, perbaiki atau ganti bagian yang rusak sesegera mungkin agar penyemprot dapat terus bekerja.
  • Hindari menggunakan penyemprot untuk tujuan yang tidak diinginkan. Misalnya, mengocok kuat tangki penyemprot mencampur larutan di dalamnya, atau tongkat penyemprot dapat digunakan untuk mengaduk larutan.
  • Disarankan untuk menggunakan filter halus saat mengisi tangki penyemprot agar isi ulang tidak menyimpan bahan di nosel.
  • Campurkan larutan bersih pestisida atau bahan kimia aktif lainnya tanpa mengaduk campuran di dalam tangki.
  • Sebelum menggunakan pompa dan penyemprot, olesi mekanisme secara menyeluruh dan pastikan tidak macet.
  • Sebelum menggunakan, beri oli pompa dan katup penyemprot dengan hati-hati, dan ujilah untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa aneka macam mesin semprot pertanian modern yang ada di pasaran berikut fungsi dan cara perawatannya.