Rekomendasi Mesin Semprot Pertanian 4 Tak

Rekomendasi Mesin Semprot Pertanian 4 Tak (Spek dan Harga)

Teknologi pertanian kian maju dengan hadirnya mesin semprot pertanian yang mana semakin memudahkan petani dalam bekerja. Namun sebelum kita lebih jauh mengulas apa saja rekomendasi mesin semprot pertanian 4 tak terbaik pilihan petani, kita ketahui dulu apa fungsi dari mesin ini.

Inovasi pada teknologi pertanian memang sangat luas. tidak hanya pada mesin pemanen padi namun alat penyemprot juga mengalami sentuhan teknologi.

Alat semprot pertanian dikenal dengan 3 jenis penyemprot, yaitu penyemprot knapsack, penyemprot bermotor dan juga penyemprot CDA. Dan satu lagi tekmologi terbaru yang masih jarang digunakan yakni penyemprot menggunakan drone.

Alat semprot knapsack atau biasa dikenal oleh petani mesin semprot gendong merupakan jenis alat semprot yang biasa digunakan oleh petani di hampir semua sawah, tanaman sayur atau perkebunan. Mesin semprot gendong ini memiliki sitem kerja dengan memompa tenaga dari gerakan tangan. Dengan hasil pompa ini, terjadi tekanan udara yang berfunsi untuk mengeluarkan larutan dari tangki.

Mesin semprot manual memompa udara melalui tabung yang menghubungkan reservoirnya ke nozel. Ketika seseorang membuka pegangan pompa, lebih banyak udara masuk ke tabung, mendorong larutan keluar dari tangki dan masuk ke katup. Ini menciptakan tekanan yang lebih tinggi di dalam tabung, yang memaksa larutan keluar melalui nozel dan ke area target.

Daya pemompaan biasanya berkisar antara 0,7 hingga 1,0 kilogram per sentimeter persegi (kPa) atau 10 hingga 15 pon per inci persegi (psi). Ini mengacu pada 8 kali cam pompa bergerak ke atas dan ke bawah. Melakukan hal ini mempertahankan tingkat tekanan yang sama untuk sistem, yang harus tetap stabil.

Penggunaan Mesin Semprot Pertanian

Sebelum menggunakan alat sprayer pertanian ini, ada 3 hal penting yang harus menjadi perhatian Anda sebagai petani modern. Ketiga hal tersebut yakni kalibrasi, Nebullizer dan Nosel.

Sebelum menggunakan sprayer, diperlukan kalibrasi untuk mendapatkan persyaratan teknis pertanian. Hal ini dapat dilakukan baik di laboratorium atau di lapangan. Ini melibatkan penghitungan jumlah bahan kimia yang dibutuhkan per menit, yang dinyatakan dalam satuan Liter per menit.

Nebulizer adalah mesin yang menggunakan larutan atau suspensi pestisida dan fungisida untuk membentuk partikel yang sangat kecil dan melepaskannya ke aliran udara berkecepatan tinggi. Bahan yang digunakan dalam nebulizer biasanya berupa larutan atau suspensi, yang merupakan salah satu peralatan mesin yang paling umum digunakan untuk bahan kimia cair. Mesin ini digunakan untuk penyiangan dan pengendalian serangga. Penyemprot pertanian memiliki berbagai tekanan, penggunaan bahan kimia dan tujuan. Mereka bisa memanfaatkan pupuk cair yang bisa diaplikasikan dengan sprayer.

Nosel kabut / kepala nosel melengkung 4 mata ini dapat menghasilkan embun atau air untuk digunakan sebagai kondisioner atau pelembab ruangan dalam atau luar ruangan. Ini ideal untuk melembabkan sangkar burung, rumah jamur, peternakan ayam dan kolam ikan.

Rekomendasi Mesin Semprot Pertanian 4 tak

Ada banyak tipe mesin semprot yang saat ini ada di pasaran. Mulai dari 2 tak dan 4 tak juga tersedia versi manual. Memilih tipe mesin 4 tak bukan tanpa alasan dan yang paling mendasar karena lebih irit dan tanpa BBM campuran.

Mesin Semprot Pertanian 4 Tak Honda WJR2525T

Mesin ini produksi dari Honda Thailan. Sedangkan Honda sendiri juga mengeluarkan garansi resmi selama satu tahun untuk produk yang diproduksi di Thailand oleh Honda.

Honda Corporation adalah perusahaan yang memproduksi Honda Power Products, sebuah divisi dari bisnisnya. Honda Power Products memproduksi mesin untuk mesin yang bergerak; pompa air, traktor, anakan dan generator; mesin penggerak kapal; dan alat-alat seperti mesin pemotong rumput.

Karena adanya kontrak dengan Honda Power Products Indonesia, perkakasku.com merupakan distributor resmi produk Honda di Indonesia. Selain itu, situs tersebut merupakan pusat layanan penggantian suku cadang dan perawatan produk HPP.

Spesifikasi

Mesin semprot pertanian 4 tak merek keluaran honda ini memiliki voltase sebesar 220V/50Hz yang mana menggunakan silinder sebesar 25cc dan kapasitas mesin mencapai 1 tenaga kuda. Ini memiliki perputaran mesin mencapai 7000 rpm dan murni 4 tak.

Untuk menyalakan mesin ini menggunakan sistem tarik arat recoil starter dengan menggunakan tali. Sedangkan konsumsi bahan bakar menggunakan pertalite atau bensin murni dengan kapasitas tangki BBM 0.63 liter.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan air di tangki mencapai 25 liter dengan volume uotput sebesar 6.9 liter per menit. Produk ini dibuat oleh Honda Thailand yang memiliki dimensi sebesar 390 x 415 x 695 mm. Tekanan yang dihasilkan dengan mesin honda ini mencapai 1.5 – 2.3 mpa.

Sedangkan harga mesin semprot Honda ini dibanderol sekitar 5 jutaan. Dari sekian banyak mesin sprayer pertanian, Honda disini memiliki harga paling tinggi.

Mesin Semprot Hama 4 Tak Honda Excell SF 425 BS

Untuk selanjutnya masih ada Honda namun mesin semprot pertanian yang ini harganya lebih murah dari tipe sebelumnya. Untuk Excell SF 425 BS dijual dengan harga di kisaran 3,5 jutaan. Tentu saja, ada beberapa hal yang sedikit berbeda terutama untuk spesifikasi mesin dan tangki. Untuk poembelian sendiri, Anda bisa mendapatkannya melalui link berikut https://shope.ee/5AHoqGjkby

Spesifikasi

Untuk kapasitas tangki buat menyimpan pupuk cair atau pestisida hanya mampu menampung sebanyak 18 liter. Tentunya ini lebih ramping jika di banding dengan Honda WJR2525T. Sedangkan untuk silinder mesin sebesar 26 CC dan kapasitas kekuatan mesin mencapai 1.8 Tenaga kuda.

Untuk bahan bakar yang digunakan adalah jenis pertalite atau bensin murni karena ini mesin 4 tak. Jadi tanpa campuran oli sebagai BBM nya. Untuk output, mesin semprot Honda ini mampu menghasilkan tekanan sebesar 10 – 30 var dengan volume 8 liter per menit. Mesin in memiliki berat bersih 13 kg dan tetap menggunakan sistem starter tarik atau recoil.

Mesin Sprayer 4tak TF800 TASCO

Selanjutnya untuk mesin semprot pertanian 4 tak yang paling laris ada Tasco TF800. Sejauh ini, merek TASCO memang dikenal dengan mesin semprot 2 tak nya. Namun, untuk menyaingi Honda, TASCO mengeluarkan mesin sprayer hama dengan tipe mesin 4 tak dan harganya jauh lebih murah. Gunakan link ini https://shope.ee/7ez9oXDVxR untuk membeli mesin ini.

Spesifikasi

Untuk spek dari mesin semprot TASCO ini agaknya lebih besar jika dibanding dengan Honda. Dengan diameter silinder mesin sebesar 31 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.8 HP dengan perputaran mesin mencapai 7000 rpm.

Begitu juga dengan kapasitas tangki BBM yang menggunakan jenis pertalite mampu menampung sebanyak 800 ml dan dengan kapasitas 100 ml untuk penggunaan oli mesin. Sistem penyalaan mesin juga tetap menggunakan recoil atau sistem tarik.

Ada sedikit kelemahan jika dibanding Honda yakni pada kapasitas tangki air yang hanya mampu menampung sebanayak 20 liter. Sedangkan untuk tekanan yang dihasilkan tidak berbeda dengan Honda. Yakni sebesar 1.5 – 2.3 mpa dengan volume output sebesar 3.3- 7.0 L/min.

Berbicara mengenai harga, mesin semprot hama pertanian ini dibanderol sebesar 2.3 jutaan. Tentu saja, hal inlah yang membuat TASCO ini laris dan menjadi rekomendasi para petani.

Mesin Semprot Hama 4 Tak Kayami 20l

Agaknya, mesin sprayer dari TASCO pun mendapat perlawanan dari KAYAMI namun harganya lebih murah lagi dengan desain yang menarik. Kayami mengeluarkan mesin semprot pertanian 4 tak yang harganya hanya sekitar 1.8 jutaan. Silahkan Anda membelinya melalui link berikut ini https://shope.ee/q8pfzuNay untuk memperoleh harga diatas.

Spesifikasi

Jenis mesin semprot hama model gendong atau bahasa kerennya Knapsack ini memiliki silinder sebesar 38 cc yang mengeluarkan tenaga sebesar 1.7 Kw. Tentu saja, tipe mesin juga sama yakni 4 tak dengan putaran rasion mencapai 7000 rpm. Untuk tekanan kerja mesin sprayer ini bisa mencapai rata rata sebesar 5 – 30 Kg/cm2. Sedangkan output yang dihasilkan sebesar 7.5 liter per menit yang mana lebih besar dari TASCO TF800.

Untuk besarnya kapasitas tangki penyimpanan pupuk cair tidak berbeda dengan merek diatas, yakni sebesar 20 liter dan tangki bahan bakar sebesar 0.65 liter. Jenis bahan bakar yang digunakan yakni RON 89 atau pertalite.

Sebagaian petani mempercayakan produk mesin semprot pertanian pada Kayami karena memiliki tekanan output yang besar namun harga masih terjangkau.

Mesin Knapsack Penyemprot Hama Yamamoto 898

Mesin semprot pertanian 4 tak Yamamoto merupakan produk dari Jepang yang juga menjadi pesaing berat dari Kayami. Dari sisi harga mesin sprayer ini tidak terpaut jauh bahkan di beberapa toko menjual dengan harga yang sama. Mesin Knapsack Penyemprot Hama Yamamoto type 898 ini di jual dengan harga 1.8 jutaan.

Jika Anda tertarik untuk membelinya, link https://shope.ee/5pXVdCWxCE ini cukup membantu untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Spesifikasi

Yamamoto type 898 menggunakan mesin dengan tipe 4 langkah yang mana tentunya penggunaan bahan bakar murni tanpa campuran oli. Ukuran tangki penyimpanan pupuk cair sendiri mencapai 20 liter. Sedangkan tekanan yang dihasilkan dari mesin ini sekitar 1.5-2.5 Mpa. Untuk kapasitas volume output bisa mencapai kisaran angka 308 liter per menit.

Mesin semprot ini sendiri cukup laris terutama saat terjadi pandemi covid beberapa waktu lalu. Masyarakat menggunakan mesin ini untuk penyemprotan disinfektan. Namun bagi petani, mesin ini tentunya digunakan untuk penyemprotan hama dan pupuk cair lainnya.

Kesimpulan

Ada berbagai macam dan merek mesin semprot pertanian yang mungkian akan Anda temukan lagi di pasaran. Namun, dari sekian banyak yang Ada, keempat merek di atas adalah yang paling sering dan umum digunakan oleh petani Indonesia.

Jika Anda berencana untuk membeli mesin sprayer gendong ini, silahkan gunakan link yang telah kami sediakan. Namun sebagai catatan, harga mesin semprot pertanian 4 tak ini tentunya dapat berubah sewaktu waktu. Jadi, pastikan untuik mengecek dulu harga yang tersedia di sana.