Rekomendasi Wisata Peternakan di Bandung Terbaik

4 Rekomendasi Wisata Peternakan di Bandung Terbaik

Untuk kalian semua yang berada di walayah Bandung dan sekitarnya, kini ada rekomendasi wisata peternakan di Bandung yang paling banyak di kunjungi wisatawan lho. Namun, bukan hanya warga bandung saja, melainkan beberapa turis domestik lain dan juga ada wisatawan dari mancanegara.

Jadi, kalian tidak akan merasa kesepian saat mengisi liburan untuk berkunjung di farm house ini. Bahkan beberapa diantaranya memiliki fasilitas yang cukup lengkap, Nah, dari sekian banyak wisata peternakan di Bandung ini, kami telah memilih yang terbaik dari yang terbaik yang ada di Bandung. Jadi saat anda berencana mengsi liburan, maka Anda bisa berkeliling dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain yang masih satu jenis, yakni edufarm.

Wisata Peternakan di Bandung

Selama ini, Bandung memang salah satu Kota di Jawa Barat yang memilkki iklim udara yang sejuk. Banyak sekali orang yang senang untuk berkunjung ke kota ini untuk sekedar bermain. Baik di Mall maupun menikmati alam yang masih asri. Karena itulah, di tempat ini ada beberapa lokasi wisata peternakan yang tidak kalah dengan Wisata Peternakan Jogja yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Dan berikut ini destinasi wisata peternakan tersebut untuk tidak ada lewatkan ketika liburan di Bandung.

1. Farm House Susu Lembang di Bandung

Anda dapat berinteraksi dengan berbagai macam hewan seperti kelinci, domba, dan sapi di tempat ini. Anda juga bisa berfoto dengan landak, sugar glider, musang dan lainnya. Fitur lainnya adalah Anda dapat memberi makan hewan; ini sangat berguna untuk angsa, yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan mereka. Ada juga tempat dimana Anda dapat berinteraksi dan berfoto bersama. Anda hanya perlu membayar Rp. 10.000 untuk izin berinteraksi dengan spesies hewan ini.

Salah satu alternatif terbaik bagi wisatawan Bandung adalah Rumah Peternakan Susu Lembang. Ini bisa didapatkan di Kabupaten Bandung Barat, dan tiket masuknya hanya seharga 20.000.

Tiket masuk Farmhouse Susu Lembang berlaku untuk wisatawan domestik dan mancanegara dan berlaku untuk semua hari. Tidak usah kawatir karena fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Harga sewa wahana dan biaya fasilitas lain tidak termasuk dari harga tiket masuk. Sebagai gantinya, dengan membayar tiket masuk sebesar 20.000, Anda akan mendapatkan susu dan sosis panggang sebagai camilan sambutan.

Biaya parkir sepeda motor 5.000 rupiah per hari, sedangkan biaya parkir mobil 10.000 rupiah per hari. Jadi Anda juga perlu menyiapkan uang receh untuk membayar tiket parkir.

Lokasi Wisata

Rumah Susu Lembang terletak di Jalan Raya Lembang Nomor 108 yang searah dengan Taman Begonia dan Pasar Terapung. Aksesnya juga mudah dari Pusat Kota Bandung.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, pilih jalur Tol Cipularang untuk mengambil Tol Pasteur. Begitu keluar dari Tol Pasteur, ikuti jalan menuju Jalan Sukajadi-Jalan Setiabudhi. Kemudian ikuti saja jalan utama Bandung-Lembang setelah itu.

Atau, menggunakan transportasi umum juga dapat membawa Anda ke lokasi ini. Anda dapat memilih antara Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum sebagai pilihan terminal Anda. Kedua terminal ini menyediakan transportasi umum yang akan membawa Anda ke Terminal Ledeng-Lembang.

Anda dapat mengakses peta Farmhouse Lembang dengan membukla google map. Setelah dibuka, gunakan sistem transportasi umum yang terdapat di Stasiun Bandung dan Ciroyom-Lembang untuk melanjutkan perjalanan. Atau, Anda bisa naik kereta dan turun di Stasiun Bandung.

Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari penginapan, cafe, weeding spot, area edukasi dan fasilitas standart lainnya seperti toilet, mushola juga lahan parkir yang luas.

2. Pesona Satwa Farm

Rekomendasi wisata peternakan di Bandung selanjutnya ada Pesona Satwa Farm. Objek wisata yang berfokus pada pendidikan ini terletak di Desa Cipatat, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Disebut Pesona Satwa Farm, tempat ini menampilkan interaktivitas dengan domba dan kambing yang dipamerkan di ratusan peternakan.

Dengan mengunjungi tempat wisata edukasi, pengunjung bisa belajar langsung tentang wisata edukasi dan merasakan sensasi menjadi seorang peternak kambing. Kegiatan ini seperti layaknya dalam filem Shaun the Sheep yang tentunya emmbuat anak anak menyukainya. Setelah itu, pengunjung juga bisa belajar memandikan, menggembala, mengolah pakan, mencukur, memeras susu kambing dan domba bahkan belajar cara memberi makan.

Ada sebanyak 230 domba dan kambing yang hidup di peternakan ini; mereka datang dari berbagai negara. Selain itu, beberapa domba dan kambing di peternakan ini asli dari tanah tersebut. Pengunjung bisa leluasa berinteraksi dengan satwa di lahan peternakan seluas kurang lebih 3 hektar ini. Ini termasuk domba dan kambing daging dan perah yang hidup di peternakan. Selain itu, daerah ini menampung hewan lain seperti domba dan kambing import seperti suffolk, dorper, texel, sopas dan merona.

Tiket Masuk

Saat pulang dari peternakan ini, Anda bisa membawa susu kambing sebanyak 1 liter, namun Anda harus membayar dengan uang tunai sebesar 40 ribu rupiah. Ini karena pengelola tidak memungut biaya masuk kepada wisatawan. Sekitar 6 liter susu dihasilkan oleh susu kambing perah setiap hari. Di tempat ini tersedia sekitar 23 kambing perah yang akan menemani Anda untuk belajar peternakan kambing di Bandung.

Pesona Satwa Farm menyambut pengunjung yang tertarik untuk belajar beternak. Selain itu, peternakan ini menerima pesanan untuk quban dan aqiqah. Mereka juga menerima tamu yang hanya akan belajar beternak yang baik melalui pelatihan secara langsung.

Orang-orang yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang ternak bisa datang ke peternakan ini untuk dididik. Mereka dapat belajar bagaimana merawat hewan mereka melalui imunisasi dan pemeriksaan kesehatan. Juga diajarkan cara pengolahan pakan dan perawatan kesehatan ternak. Untuk mencapai Pesona Satwa Farm, Anda bisa melalui navigasi di jalan nasional Bandung-Cianjur. Stasiun Cipatat terletak 50 meter dari peternakan ini. Dari Cipatat, ke utara untuk menuju jalan stasiun, lalu masuk ke sana.

3. Happy Farm Ciwidey Wisata Peternakan di Bandung

Bandung adalah pilihan populer bagi wisatawan domestik dan asing ketika membahas tujuan wisata. Daerah Bandung Selatan adalah tempat liburan yang menyenangkan berkat panorama alamnya yang indah. Udara yang sejuk dengan pegunungan yang mengelilinginya membuat orang betah selama berlibur. Meski masih banyak destinasi liburan lainnya di Bandung, namun banyak wisatawan yang memilih untuk menginap di kawasan Bandung Selatan karena tersedianya tol Soroja. Kawasan Ciwidey akhir-akhir ini semakin populer di kalangan wisatawan berkat beberapa tempat wisata baru.

Bagi Anda dan Keluarga yang ingin menikmati liburan, bisa mengikuti wisata edukasi di kawasan yang bernama Happy Farm Ciwidey. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata peternakan di Bandung yang mungkin pertama kali hadir. Wisata ini merupakan hamparan tanah yang dipenuhi bunga seperti negeri dongeng yang berfungsi seperti wisata pertanian.

Selain berbagai kegiatan ramah anak, seperti bermain dengan domba moreno dan memanah di Happy Farm, anak-anak juga dapat berinteraksi dengan hewan di Rabbit Park atau berfoto dengan burung beo, burung hantu dan landak. Kegiatan lain di peternakan ini termasuk menunggang kuda dan berfoto dengan iguana.

Happy Farm’s Candy House adalah bangunan dua lantai dengan skema warna pink. Itu membuat pengunjung merasa seperti berada di negeri dongeng permen dengan menawarkan wisata selfie.

Wahana

Pengunjung Candyhouse dapat mengikuti tur mandiri yang mencakup membuat aromatik atau permen kapas mereka sendiri. Ada juga delapan tempat untuk membuat potret diri dengan permen bertema. Selain itu, mereka memiliki opsi sewa kostum kelinci dengan biaya tambahan tentunya. Dan harga sewa in antara anak dan dewasa juga berbeda. Untuk anak sebesar Rp. 40.000 sedangkan orang dewasa 50.000 sebagai kompensasi persewaan kostum.

Andre Tjawinoto, pengelola Happy Farm, menilai alam Ciwidey itu sejuk. Oleh karena itu, menurut dia, sangat tepat bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan. Taman ini memiliki taman bunga seluas 1,7 hektar yang dapat dinikmati pengunjung sambil bersantap di restoran mereka. Lebih jauh lagi, lingkungan ini memberikan latar alami bagi anak-anak untuk bermain dan bagi orang tua untuk berfoto bersama anak-anak mereka.

Ada food court dan restoran di Happy Farm. Restorannya menyajikan makanan khas Bandung dan memiliki toko suvenir. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000—bisa ditukar dengan susu atau digunakan sebagai pembayaran untuk membeli makanan atau minuman.

Terdapat beberapa wahana yang ada di tempat wisata peternakan Bandung ini. Namun, Anda dikenakan biaya tambahan untuk menikmati fasilitas wahana yang ada. Diantaranya adalah wahana kelinci yang harus membayar 15 ribu sudah termasuk wortel untuk memberi makan kelinci yang ada. Sedangkan untuk memanah dikenakan biaya Rp 20.000 dan memberi susu pada anak sapi dikenakan biaya Rp 10.000. Ada juga wahana menunggang kuda dan berfoto dengan burung2 yang Ada di sana. Sedangkan untuk tiket masuk ke Candy House biayanya 20.000 rupiah.

Ciwidey, Happy Farm Ciwidey berada Kabupaten Bandung terletak di Jalan Raya Ciwidey km 33. Buka setiap hari antara pukul 08:00 hingga 18:00.

4. Jendela Alam Lembang

Jendela Alam Lembang adalah wisata edukasi peternakan dan perkebunan yang banyak dikunjungi anak dan keluarga. Ini adalah tempat yang bagus bagi mereka yang tinggal di Bandung atau sekitarnya untuk membawa anak-anak mereka liburan. Tur memberikan anak-anak kesempatan untuk belajar tentang pertanian, peternakan dan perkebunan secara langsung melalui bermain. Selama musim liburan sekolah, tempat ini bisa menjadi sangat ramai.

Jendela Alam memiliki banyak aktivitas menarik seperti berkeliling perkebunan tanaman obat, taman hidroponik, rumah kaca tomat cherry dan rumah jamur tiram. Ada juga banyak rumah untuk berbagai hewan—peternakan ayam arab, rumah kelinci, rumah reptil, rumah rusa, dan rumah kuda poni. Ada juga rumah kambing etawa dan anak-anak bisa mengunjungi peternakan ayam arab, rumah kambing etawa dan rumah rusa.

Definisi harfiah dari “tempat wisata” adalah lokasi yang menarik orang untuk berkunjung. Selain itu, tempat-tempat ini menawarkan berbagai kegiatan seperti memancing, mengumpulkan produk dan telur dari peternakan, dan bermain air dengan ikan di kolam. Pada akhirnya, ada banyak kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan wisatawan di sini.

Tiket Masuk

Biaya tiket masuk Jendela Alam Lembang dinilai terjangkau dan murah. Anda bisa menikmati keindahan alam tempat ini dengan berbagai wahana dan fasilitas di satu tempat. Setiap pengunjung membayar Rp25.000 selama akhir pekan atau Sabtu. Untuk pengunjung Senin sampai Jumat, tiket masuk dikenakan biaya Rp 20.000 per pengunjung.

Namun biaya tambahan diperlukan untuk partisipasi dalam setiap aktivitas atau permainan. Biaya tersebut tercantum pada tiket yang disediakan untuk setiap tiket masuk wisata Jendela Alam. Harga yang tercantum adalah satu-satunya biaya yang terkait dengan memasuki lokasi. Sedangkan untuk biaya menikmati wahana sekitar antara Rp 15.000 hingga 35.000.

Jalan Sersan Bajuri KM 4.5 merupakan jalan yang harus ditempuh saat berwisata di Jendela Alam yang merupakan wisata peternakan Bandung Barat. Terletak di Lembang, tepat di luar kawasan Cihideung. Lokasinya mudah dikenali karena dekat dengan Kompleks Graha Puspa. Meski Jalan Sersan Bajuri merupakan jalan roda empat, bus wisata besar juga bisa melewatinya.

Kesimpulan

Bandung memang memiliki udara yang sejuk. Karena itulah tempat ini memiliki banyak sekali tempat untuk liburan tak terkecuali tempat wisata peternakan di Bandung yang cukup terkenal. Meskipun Anda akan menemukan banyak lokasi, namun dari sekian banyak tersebut Anda harus memilih mana saja yang sebaiknya Anda kunjungi.

Hal ini karena waktu yang harus Anda habiskan selama liburan mungkin tidak akancukup untuk mengunjungi semua tempat. Kecuali memang Anda memiliki hari libur yang panjang, mnaka Anda bisa berkunjung ke semua lokasi.