Tempat Wisata Peternakan Joga yang Sejuk

Tempat Wisata Peternakan Jogja Yang Sejuk

Berkunjung ke tempat wisata adalah kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengisi liburan. Namun, orangtua yang bijak tentu akan memilih tempat wisata untuk anak anaknya yang sekaligus memberikan edukasi yang berguna bagi masa depan mereka. Bukan hanya bersenang senang, melainkan juga memberikan wawasan terhadap anak seputar dunia baru bagi mereka. Seperti contohnya adalah mengunjungi destinasi wisata peternakan Jogja.

Selama ini, Jogja atau Yogyakarta memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai kota pelajar dan tempat yang asik untuk liburan. Ada banyak lokasi wisata di Jogja mulai dari pantai, candi dan peninggalan sejarah, pegunungan, kebun binatang dan juga taman bermain. Selain itu, satu lagi wisata di Jogja sebagai wisata edufarm yang saat ini sedang menjadi perbincangan orang, terutama bagi anak anak sekolah.

Wisata Peternakan Jogja

Jalan Malioboro adalah salah satu Ikon kota Jogja yang hampir semua wisatawan tidak akan pernah melupakannya. Tentu saja, mereka memiliki kenangan tersendiri dengan jalan ini, baik dengan sahabat, pasangan atau keluarga. Jika dahulu banyak ditemukan para pedagang kali lima yang menggelar dagangan disepanjang jalan ini, kini Jalan Malioboro sudah bersih dari PKL dan untuk para pedagang kini dialihkan ke salah satu lokasi yang lebih layak.

Namun, meskipun para pedagang ini sudah tidak menempati jalanan, kawasan ini masih saja tetap ramai dengan para wisatawan yang ingin berkunjung ke kota Jogja. Hal ini memang tak lepas dari keramahan warga Jogja dan juga banyaknya produk kerajinan yang bernuansa etnik.

Hiruk pikuk kota Jogja agaknya semakin bertambah karena kini hadir lagi wisata Peternakan Sato Loka. Ini bisa menjadi tujuan untuk anak anak dan keluarga dalam menghabiskan liburan sambil belajar bagaimana hewan hewan ini berkembang biak dan juga berinteraksi dengan mereka.

Sato Loka adalah adalah mini zoo berkonsep eduwisata yang cukup menarik untuk dikunjungi di Jawa selain Wisata Peternakan Boyolali. Saat liburan sekolah adalah momen yang bagus untuk berkunjung dan biasanya waktu waktu mmebuat taman wisata peternakan yang dibuka sejak tahun 2017 tersebut selalu dipadati wisatawan. Tempat wisata Sato Loka adalah milik perorangan yakni keluarga Setyo Sugianto. Mereka adalah sebuah keluarga yang sangat mencintai hewan yang pada akhirnya memutuskan untuk membuat mini zoo berkonsep eduwisata dengan koleksi hewan yang cukup lengkap.

Sejarah Singkat Sato Loka

Pasangan Setyo dan Suci mulai memelihara hewan, khususnya reptil sebagai hobi. Mereka kemudian memutuskan untuk membuat kebun binatang mini di mana orang dapat berinteraksi dengan hewan yang ada.

Sato Loka merupakan taman edukasi yang mengajak masyarakat untuk berinteraksi dengan alam melalui interaksi hewan dan ternak. Lokasi wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi, lebih tepatnya di Jalan Kaliurang KM 23 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Penggunaan nama tersebut terinspirasi dari lokasi tempat diman mereka tinggal

Penyelenggara Sato Loka memberikan materi pendidikan dan pelajaran individual mengenai peternakan hewan dan reptil. Praktik dan teori mereka secara kolektif bermanfaat bagi masyarakat. Kambing perah Etawa cocok dengan udara pegunungan yang segar dimana mereka menghasilkan susu yang menyehatkan dan kotoran yang dapat digunakan sebagai pupuk organik.

Kawanan kambing ini sendiri ada sejumlah 80 ekor yang mana susu mereka digunakan untuk pembuatan yogurt, sabun, dan es krim. Untuk memulai proses ini, kambing diperah, yang kemudian diolah menjadi susu pasteurisasi murni. Selain itu, beberap aanakan kambing yang sudah mandiri juga dijual di tempat ini. Jadi bagi Anda yang menginginkan untuk beternak sendiri dirumah, Anda bisa membeli bibit kambing Etawa di tempat ini juga.

Selama liburan, taman satwa Sato Loka populer karena ramai. Terutama berguna untuk menambah wawasan dan pendidikan bagi siswa sekolah disekitar lokasi. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa wisatawan yang datang dari luar daerah.

Informasi lengkap tentang Sato Loka akan kita bahas disini di antaranya harga tiket, jam operasional, dan tips cara berkunjung sebagai tempat liburan keluarga.

Lokasi dan Jam buka

Sato Loka adalah rumah bagi hewan peliharaan milik seorang konservasionis yang ingin menggunakan kebun tersebut untuk mengajarkan masyarakat tentang hewan di Indonesia. Pemilik Sato Loka memasukkan kata loka, yang berarti rumah hewan, dalam nama tempat wisata ini.

Bisa dibilang juga tempat ini dinamakan sebagai kebunj binatang kecil yang mana memiliki luas area sekitar 2 hektar dan lingkungan yang adem. Untuk waktu operasional sendiri, wisata peternakan Jogja ini mulai dibuka pada pukul 09.00 pagi hingga 16.00 Sore.

Koleksi Satwa di Wisata Peternakan Sato Loka

Sato Loka adalah taman hewan dan edufarm yang terletak di pinggiran kota Jogja, yang memiliki koleksi hewan yang cukup banyak. Sebagian besar hewan hewan ini masuk kategori hewan reptil yang mana terdiri dari kadal, ular, kura-kura, ular pyton dan marmut juga ada. Selain itu, taman ini juga menampung hewan umum lainnya seperti kambing, ikan, dan sugar glader (Petaurus breviceps). Anda bisa mendekati reptil jinak di tempat ini. namun semua juga harus Anda seorang petugas yang mendampingi di dekatnya untuk berfoto dan berinteraksi.

Kawanan hewan reptil yang ada disini didapat dari komunitas pecinta hewan disekitaran kota Jogja. Beberapa makhluk dalam koleksi ini dibeli dari pasar yakni pasar Ngasem, dan beberapa ditangkap sendiri di alam liar.

Beberapa koleksi hewan pribadi sudah ada, sebagaian ada yang diperbolehkan untuk di-handling. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa pecinta hewan rumahan yang sudah tidak sanggup merawatnya sendiri bisa diambil alih dan ditampung di Sato Loka.

Jika Anda berkeinginan untuk melihat spesies hewan paling lucu dan unik! Anda mungkin akan menemukannya di Sato Loka dimana ada beberapa koleksi yang lebih kecil dari rata-rata dibandingkan dengan kebun binatang lainnya. Ini termasuk landak mini, glider, ikan aligator dan bahkan juga tersedia tarantula. Para pengunjung tidak perlu khawatir ketika mengunjungi Sato Loka karena tidak ada koleksi yang membosankan yang berada ditempat ini!

Aktifitas Liburan di Sato Loka

Dengan tema yang berpusat pada pendidikan, Sato Loka adalah wisata peternakan yang berguna terutama bagi anak anak untuk mengenal spesies hewan dan merawatnya. Dari menyediakan pakan ternak kambing hingga memerah susunya, para peserta belajar tentang topik pendidikan dan pertanian.

Anda tidak perlu mengeluarkan atau membayar biaya tambahan agar pemandu wisata menemani Anda saat menjelajahi lokasi wisata. Pastikan untuk berfoto di photo booth saat berada di Sato Loka karena tersedia spot photo yang bagus untuk di uploud di sosial media.

Bahkan, saat Anda merasa lapar atau haus. Karena ada makanan olahan sehat yang bisa disantap wisatawan seperti yoghurt olahan, es krim, susu pasteurisasi, puding dan yoghurt susu kambing. Makanan olahan lain yang tersedia adalah yogurt buah asli. Setiap pengunjung bisa mencicipi rasa makanan ini yang dijamin enak.

Harga Tiket dan Fasilitas Wisata Peternakan Jogja

Harga tiket untuk biaya masuk lokasi wisata peternakan Jogja ini hanya Rp 15.000 rupiah. Namun ini untuk sekali mengunjungi Kebun Binatang Mini Sato Loka. Bukankah ini adalah biaya yang cukup ramah dikantong? Bahkan, dengan satu tiket masuk ini, Anda mendapatkan satu puding gratis yang membantu menemani Anda selama berkeliling tanpa mnerasa kelaparan.

Tempat wisata yang baru dibuka ini selalu memiliki jumlah pengunjung yang tinggi karena popularitas anak-anak yang ingin melihat kawanan hewan yang tidak biasa. Juga, pengunjung selama sepanjang hari cukup padat karena kegembiraan anak-anak untuk melihat kawanan hewan hewan di sini.

Perasaan ramah yang Anda dapatkan saat mengunjungi tempat wisata ini karenakan fasilitasnya cukup lengkap yang mereka tawarkan. Toko suvenir menyediakan hadiah seperti yogurt buatan sendiri, susu, dan es krim. Mereka juga menyediakan parkir yang aman, kamar mandi bersih dan wifi yang bisa diakses secara gratis.

Jadi, Anda juga tidak perlu kawatir untuk melakukan live streaming di tempat ini karena harus kehabisan kuato internet. Terutama bagi Anda yang senang membuat konten untuk keperluan sosial median youtube maupun hanya sekedar untuk kenangan pribadi.

Sato Loka adalah tempat yang teduh karena suasana dibuat seperti hutan yang terdapat banyak pohon besar dan rindang. Beberapa jalan setapak di taman tertutup lumut, jadi berhati-hatilah agar tidak terpeleset. Dan sama sekali Anda tidak perlu kuatir kulit Anda akan terbakar sinar matahari dan gosong. Hal ini karena Sato Loka adalah tempat yang bagus untuk berlibur.

Tips untuk pengunjung Kebun Binatang Mini Sato Loka lebih mudah jika menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Menggunakan kereta dorong akan memudahkan perjalanan dengan anak-anak. Berolahraga sambil bersenang senang adalah bonus yang Anda dapatkan saat mengunjungi taman wisata peternakan Jogja ini.

Kesimpulan

Nah sahabat semua, itulah tadi rekomendasi tempat wisata peternakan Jogja yang bisa Anda kunjungi selam di kota pelajar ini. Semoga Sato Loka ini bisa menambah koleksi tempat wisata yang akan Anda rencanakan pada liburan yang akan datang.

Sebagai pengingat, Anda juga bisa melakukan reservasi atau pemesanan terlebih dahulu sebelum datang ke sini. Hal ini biasanya dilakukan oleh rombongan wisatawan yang berjumlah cukup besar seperti dari sekolah yang ingin benar benar menikmati edukasi tentang hewan dan tidak ingin terganggu pengunjung lain.