Bahaya Kutu Kucing Bagi Manusia dan Penyakit Yang Ditimbulkan
ilustrasi gambar gigitan kutu kucing pada manusia

Bahaya Kutu Kucing Bagi Manusia dan Penyakit Yang Ditimbulkan

Gigitan kutu kucing pada manusia akan terasa sangat gatal dan bisa berbahaya. Selain itu, bahaya kutu kucing bagi manusia bisa menimbulkan beberapa penyakit lain yang cukup serius. Untuk itulah, penanganan kutu kucing ini harus hati hati dan sampai bersih.

Menjaga kondisi lingkungan sangat diperlukan, terutama bagi mereka pecinta binatang seperti kucing. Selain bulu kucing yang bertebaran dimana-mana, tentunya masalah lain juga sering muncul yakni kutu kucing.

Ada banyak ragam cara menghilangkan kutu kucing yang telah Joglonesia hadirkan buat para cat lover pada artikel sebelumnya. Anda bisa membaca danmemahami bagaimana langkah demi langkah membebaskan anabul Anda dari binatang parasit yang cukup berbahaya ini.

Bahaya Kutu Kucing Bagi Manusia

Apakah kutu kucing itu berbahaya bagi manusia?

Kutu kucing dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius bagi manusia jika hinggap di kulit Anda. Hal ini dikarenakan kutu kucing memberikan efek negatif pada kucing bahkan memberikan efek buruk pada manusia terlebih anak-anak.

Apakah kutu kucing bisa menggigit manusia?

Kutu kucing tidak dapat hidup di tubuh manusia, namun mereka masih bisa menggigit dan menimbulkan gejala iritasi. Karena kutu kucing lebih suka hidup pada hewan yang berbulu, mereka dapat bersembunyi di dalam tubuhnya untuk makan, hidup, dan bertelur.

Kedua pertanyaan di atas mungkin sering ditanyakan terutama bagi para pemula yang memelihara kucing kesayangan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kutu kucing bisa juga melakukan hal yang sama terhadap manusia. Meskipun mereka hanya bisa hidup pada inang binatang berbulu, tapi bukan berarti parasit ini tidak menggigit manusia.

Di tubuh kucing, kutu hidup dalam jumlah besar. Parasit ini juga menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan bagi kucing dan hewan lainnya. Orang yang tinggal bersama kucing juga berisiko tertular penyakit yang ditularkan oleh kutu. Manusia bisa terkena gigitan kutu kucing jika kutu berpindah-pindah. Ini karena kutu melompat hingga 30 sentimeter, atau sekitar 1 kaki.

Karena manusia tidak berbulu layaknya kucing, kutu kucing sulit bereproduksi tanpa perlindungannya. Hampir tidak mungkin kutu hidup pada manusia untuk waktu yang lama.

Dibutuhkan setidaknya 12 jam untuk kutu kucing menetas di kulit seseorang, akan tetapi parasit ini tidak biasa hidup aman selama itu pada seseorang. Kecuali, orang ini memang sangat jorok dan itu sangat jarang terjadi.

Dampak Gigitan Kutu Kucing Pada Manusia

Saat kutu menggigit inang, ia menyuntikkan air liur ke dalam aliran darah inang. Air liur ini merupakan alergen bagi inang, menyebabkan tubuh memproduksi histamin untuk mengeluarkannya dari darah. Histamin ini akan menyebabkan area yang digigit terasa gatal dan membengkak.

Untuk hidup dan bereproduksi, kutu membutuhkan inang yang tepat yakni kulit yang hangat dan berbulu. Mereka akan menempel pada tuan rumah mereka yang memberi mereka makan darah agar tetap hidup. Pada saat yang sama, mereka akan mengeluarkan air liur yang menyebabkan iritasi pada inang dan mendorong mereka untuk menggaruk daerah yang terkena gigitan.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), mengklaim bahwa kutu biasanya hidup di tempat yang hangat. Karena itu, kucing dan anjing dapat merupakan inang yangbagus untuk kutu karena bulu mereka cukup hangat. Selain itu, kutu hanya hidup pada hewan, mereka tidak bisa hidup pada manusia. Ini karena manusia tidak memiliki bulu seperti binatang.

Meskipun kutu tidak akan bereproduksi dan berkembang biak pada manusia saat mereka tidak menemukan inang, tetapi kutu dapat menggigit manusia di berbagai tempat seperti kaki dan pergelangan kaki.

Setelah 3 gigitan pertama, kutu biasanya tidak membahayakan orang yang digigitnya. Namun, beberapa hari setelah digigit, Anda mungkin mengalami luka kecil di kulit. Selain itu, mereka yang memiliki kulit lebih sensitif mungkin akan mengalami gigitan tambahan berturut-turut.

Gejala Gigitan Kutu Kucing Pada Manusia

Pada manusia, gigitan kutu kucing dapat muncul sebagai kumpulan dua hingga tiga bintik merah kecil. Kemudian warna kulit di sekitarnya biasanya berubah menjadi rona kemerahan.

Beberapa gejala gigitan kutu kucing antara lain adalah:

  • Titik merah dengan lingkaran di sekitarnya.
  • Gatal
  • Iritasi pada kulit, gatal-gatal, atau keduanya pada kasus yang parah.
  • Ruam ini ditandai dengan kumpulan benjolan.
  • Gigitan kutu kucing menyebabkan pembengkakan.

Kutu ini dapat menyebabkan gigitan yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Selain itu, menggaruk gigitan kutu kucing dapat menyebabkan gejala alergi pada beberapa pasien.

Gejala reaksi alergi pada kucing dapat berupa kesulitan bernapas (mengi atau sesak napas), bibir atau lidah melebar, vertigo, mual, dan nyeri dada. Ini adalah kondisi darurat yang mana perhatian medis segera diperlukan.

Penyakit yang Disebabkan Kutu Kucing

Gigitan kutu kucing juga dapat menularkan penyakit tambahan pada manusia. Adapun beberapa penyakit yang timbul akibat gigitan kucing meliputi:

Murine Tifus

Bahaya kutu kucing pada manusia selanjutnya yakni dapat menyebaban Muriine Tifus. Orang bisa sakit karena kutu kucing yang memiliki parasit di dalamnya. Ini sangat jarang terjadi, tetapi lebih sering terjadi pada anak kecil yang sering bermain tanah.

Gigitan kucing yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit murine typhus, yang ditularkan melalui kotoran kutu yang masuk ke aliran darah korban melalui luka terbuka. Penyakit ini juga bisa menular ke manusia melalui gigitan kutu.

Gejala lain yang ditimbulkan akibat Murine Tifus meliputi:

  • Merasa tidak enak badan dan mengalami demam.
  • Sakit kepala
  • Ketidaknyamanan yang memengaruhi otot atau persendian, juga dikenal sebagai nyeri.
  • Mual
  • Batuk
  • Muntah
  • demam
  • Demam
  • Ruam

Cat Scratch Disease

Kutu kucing yang dapat menularkan bakteri Bartonella henselae ke manusia yang menyebabkan penyakit cakaran kucing, atau CSD. Kutu ini juga membawa bakteri penyebab penyakit pada kucing. Meskipun kucing dengan CSD mungkin tampak baik-baik saja, sebenarnya mereka menularkan penyakitnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menemukan bahwa 33% kucing sehat memiliki bakteri Bartonella dalam darahnya.

Gejala yang biasanya muncul pada pasien dengan infeksi ini meliputi anak-anak di bawah usia 15 tahun. Biasanya, anak yang menunjukkan gejala ini akan menunjukkan tanda tambahan seperti demam dan kelelahan. Gejala lain dari penyakit ini meliputi:

  • Demam;
  • Setelah 1-3 minggu gigitan kutu, penderita mengembangkan kelenjar getah bening yang membesar.
  • Gigitan kutu menyebabkan luka kering.
  • Ada infeksi mata.
  • Perasaan nyeri pada otot.
  • Pertumbuhan pembengkakan otak.

Tularemia

Bakteri Francisella tularensis dapat ditularkan dari kucing ke manusia melalui kutu kucing. Selain itu, bakteri Bartonella dapat dibawa oleh kutu ini.

Penyakit ini sulit menular, dengan gejala yang mirip dengan penyakit lain. Namun, sulit untuk mendiagnosis dan mengobati karena ini. Ini adalah salah satu bahaya kutu kucing pada manusia yang mana saat terinfeksi, korban menampilkan indikasi sebagai berikut:

  • Suhu tubuh yang tinggi.
  • Menggigil dan panas dingin;
  • Diare;
  • Nyeri pada persendian.
  • Oto menjadi lemah.

Cacing Pita

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah dapat terinfeksi cacing pita, yang kemudian dapat menyebabkan gejala seperti penurunan berat badan dan sakit perut. Kutu kucing juga dapat membawa cacing pita ke dalam tubuh, dan beberapa orang bahkan dapat mengembangkan parasit ini tanpa disadari.

Karena itulah, menjaga kebersihan kucing dari kutu sangat diperlukan untuk menghindari bahaya gigitan kutu kucing pada manusia ini.

  • Nafsu makan berkurang karena kurangnya minat atau kepuasan makan.
  • mual;
  • tubuh kurang kekencangan dan berat.
  • Diare;
  • Penurunan berat badan.

Penyakit Pes

Gejala penyakit pes termasuk demam, sakit kepala, dan kelelahan. Hewan pengerat kecil, seperti tikus, adalah sasaran umum penyakit ini. Namun, kutu kucing juga dapat menularkan Penyakit saat menggigit korban.

Menurut laporan, kutu kucing dapat menampung bakteri Yersinia pestis, yang menyebabkan penyakit pes yang mematikan. Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa merenggut nyawa. Ada beberapa jenis penyakit pes, ini termasuk Penyakit pneumonia, septicemic dan pes bubonik.

Pada penyakit pes bubonik, gejala yang timbul seperti sesak napas dan demam. Selain itu, penyakit ini menyebabkan kelelahan dan pegal-pegal pada tubuh.

Sementara, orang yang menderita septikemia mengalami mimisan, diare, muntah, dan ketidaknyamanan usus. Orang lain mungkin mengalami hidung berdarah, mimisan, memar, perut tidak nyaman dan mual.

Orang yang tertular penyakit pneumonia mungkin mengalami nyeri dada dan pernapasan cepat. Gejala kedua penyakit tersebut memerlukan perhatian medis segera, jika tidak, maka perawatan tidak akan berhasil.

Alergi

Pada kasus tertentu, reaksi alergi akibat gigitan kutu kucing dapat diobati. Kunjungi dokter untuk mendapatkan resep dan penanganan yang tepat sebelum semuanya terlambat. Biasanya, dokter akan meresepkan antihistamin sebagai pengobatan awal.

Dermatitis

Bahaya kutu kucing pada manusia selanjutnya yakni terkait dengan dermatitis. Ketika manusia menggaruk gigitan kutu kucing, mereka sering mengalami iritasi dan gatal yang parah. Bahkan goresan yang lembut dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Gejala ini bisa bertahan hingga dua tahun. Beberapa kasus bisa bertahan hingga beberapa hari dengan gejala serupa.

Cara Mengobati Gigitan Kutu Kucing pada Manusia

Kutung kucing memangtidak dapat hidup dan tinggal pada manusia, namun bukan berarti parasit ini tidak dapat menggigit kulit manusia. Beberapa bahaya kuctu kucing pada manusia telah tersebut di atas. Dan kutu ini hanya hidup pada kucing atau anjing jika menemukan lokasi yang terlindung dari sinar matahari dan hangat.

Saat Anda terserang kutu kucing, Anda bisa mengobati rasa gatal yang ditimbulkannya dengan krim atau salep antigatal. Atau, Anda dapat menggunakan antihistamin untuk mengobati rasa gatal yang disebabkan oleh parasit ini. Ada banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi gigitan kutu kucing. Beberapa termasuk obat-obatan dan salep topikal.

Gatal tidak boleh digaruk, karena dengan melakukan hal itu hanya membuat area tersebut semakin gatal. Sangat penting untuk menemui dokter sesegera mungkin jika ada tanda-tanda infeksi, seperti benjolan berisi air.

***

Temukan informasi lainnya di Google News