Pecinta Kucing Wajib Tahu Cara Ngilangin Kutu Kucing Paling Efektif

Pecinta Kucing Wajib Tahu Cara Ngilangin Kutu Kucing Ini

Kucing dapat dijangkiti kutu dan kemudian menyebabkan badan mereka dan Anda gatal-gatal. Anda pasti perlu menangani hama yang menjengkelkan ini sesegera mungkin dan pastikan untuk menghilangkan kutu yang mungkin berinang pada hewan peliharaan lain yang ada di rumah Anda. Lantas bagaimana cara ngilangin kutu kucing ini?

Penting untuk memahami cara membasmi kutu kucing agar rumah Anda tetap bersih. Setelah serangga parasit kecil ini menginfeksi folikel rambut kucing, goresan selanjutnya dapat menyebabkan kutu hewan melompat dari kucing ke manusia. Mereka juga bisa tinggal di furnitur rumah, lukisan dinding, keset dan banyak lagi.

Memelihara kucing dalam rumah memang menyenangkan, apalagi jika menyandingkannya dengan kelinci piaraan, tentu mereka akan sangat lucu.

Bagaimana Cara Ngilangin Kutu Kucing

Ketika kutu kucing sudah menempel dan tinggal di badan kucing, kucing akan mengalami gatal dan akan terus berkembang sehingga diperlukan pengobatan segera. Gejala mereka dapat Anda kenali dengan penglihatan langsung maupun dengan mengamati tingkah laku anabul Anda ini.

Kutu kucing biasanya memiliki panjang sekitar 2,5 milimeter. Ini membuat mereka terlihat dengan mata telanjang. Selain itu, kutu kucing dapat melompat setinggi 13 inci karena otot kakinya yang kuat.

Untuk bertahan hidup dari siklus hidup kutu kucing, Kutu tumbuh subur di iklim hangat. Kutu mampu mempertahankan rentang hidup 18-21 hari dalam kelembaban ideal dan kisaran suhu 26 hingga 32 derajat Celcius. Kisaran ini memberikan kisaran kelembaban 70% yang merupakan kondisi paling bagus untuk kutu berkembang biak.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Tubuh Kucing

Ada banyak cara berbeda untuk menghilangkan kutu kucing di rumah. Ini termasuk menggunakan obat oral atau topikal. Ada juga obat tetes dan bubuk yang bisa Anda gunakan untuk membunuh kutu tersebut.

Baca Juga  Tempat Peternakan Kucing Persia Terbaik

Sebelum menerapkan obat kutu kucing, Sebaiknya Anda membaca aturan pakai untuk memahami berapa banyak obat kutu kucing yang harus diminum yang disesuaikan pada berat badannya.

1. Tetes Kutu

Ada beberapa pengobatan rumahan untuk menghilangkan gigitan kutu pada kucing, termasuk menggunakan obat tetes kutu kucing. Metode ini mudah digunakan dan tidak memerlukan janji dengan dokter. Cara ini juga cukup efektif mencegah kucing mendapatkan kutu tambahan di lingkungannya.

Anda dapat dengan mudah memasukkan obat ini dengan mengoleskannya di sepanjang kulit leher kucing di dasar tengkorak. Dan munkin ini adalh salah satu cara ngilangin kutu kucing yang paling banyak digunakan oleh pecinta kucing.

Formula ini membunuh kutu saat bersentuhan, sehingga kucing Anda tidak perlu repot menggigit targetnya. Ini melepaskan bahan pelindung ke seluruh tubuh hewan peliharaan lucu ini hingga 28 hari.

Tetes kutu mengurangi kemungkinan kucing menderita gigitan kutu yang teriritasi, serta meringankan kucing dengan dermatitis alergi kutu, atau FAD. Ini adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh air liur kutu yang menggigit kulit tubuh kucing.

Informasi yang disajikan Joglonesia di sini berkaitan dengan cara kerja gigitan kutu, dan bukan untuk menghilangkannya sama sekali. Kucing dapat tertular infeksi kulit bakteri yang serius akibat kutu.

Kesehatan dan bulu kucing Anda perlu diperiksa oleh dokter hewan jika terlihat tidak sehat atau memiliki kulit kasar, karena hal ini dapat mengindikasikan bulu yang tidak rata. Secara teratur memeriksa kesehatan kucing Anda dan menerapkan pencegahan akan memastikan mereka tetap bebas kutu.

Idealnya, Anda harus menggunakan obat kutu setidaknya setiap empat minggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Sangat membantu untuk melacak tanggal, kapan Anda memberikan dosis pertama sehingga Anda tahu kapan harus memberikannya lagi.

Ada beragam obat kutu untuk kucing yang tersedia tanpa resep di sebagian besar toko hewan peliharaan dan online shop. Produk-produk ini memiliki batasan usia dan berat, jadi Anda harus memilih yang tepat untuk kucing Anda.

2. Kalung Anti Kutu (Collar)

Kerah dan kalung kutu baru hadir dengan fitur teknologi tinggi yang membantu membasmi kutu hewan peliharaan dengan cepat dan mudah.

Salah satu merk kalung kutu kucing yang ampuh mengusir kutu hingga 8 bulan dengan sekali pakai. Kalung kutu kucing ini melepaskan bahan aktifnya secara perlahan sehingga kalung ini bisa kucing pakai dalam jangka waktu lama.

Produk ini efektif membasmi kutu melalui kontak dan dapat Anda gunakan pada anabul bersamaan dengan penggunaan produk lain.

3. Tablet Antikutu

Anda dapat dengan mudah menghilangkan infestasi kutu dari kucing dengan memberikan obat anti kutu khusus kucing. Tablet ini mengandung bahan aktif yang memerangi kutu.

Saat hewan peliharaan menggigit kutu yang menusuk kulit inangnya, kutu tersebut mati. Tentu saja, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk setiap pemberian obat yang masuk kedalam perut. Hal ini penting mengingat kondisi fisik setiap hewan peliharaan berbeda.

4. Sisir Kutu

Memeriksa kutu hewan peliharaan Anda dengan sisir kutu adalah cara yang berguna meskipun menggunakan alat ini tidak dapat diandalkan untuk menghilangkan kutu. Namun setidaknya, ini dapat mengurangi kutu yang ada.

Sulit untuk melihat telur kutu dengan mata telanjang karena ukurannya yang kecil. Namun, menggunakan sisir kutu memungkinkan Anda memeriksa bulu hewan peliharaan Anda dengan sangat detail.

Titik hitam yang muncul pada bulu hewan peliharaan Anda bisa jadi merupakan kotoran kutu atau potongan rambutnya yang mengandung telur kutu. Anda dapat menghilangkan bintik hitam menggunakan sisir saat hewan peliharaan berada di permukaan kulit putih bersih.

Perawatan rutin penting untuk membasmi kutu dan meminimalkan ketidaknyamanan kucing Anda. Anda harus menggunakan sisir khusus untuk menghindari rasa sakit tambahan pada kucing Anda..

Baca Juga  Begini Cara Memelihara Kelinci Sebagai Hewan Piaraan dalam Rumah

5. Bedak Antikutu

Menggunakan bedak bubuk kutu sebagai solusi jangka panjang tidak efektif untuk membasmi kutu kucing. Setelah kucing Anda tidak lagi terinfestasi, maka kutu yang ada di tubuh kucing akan muncul lagi.

Meskipun cara ngilangin kutu kucing dengan beda ini kurang efektif, setidaknya ia berguna untuk mengurangi kucing yang tersiksa karena gatal.

6. Ngilangin Kutu Kucing dengan Shampoo Khusus

Shampo kutu kucing khusus bekerja untuk membunuh kutu dan telurnya. Anda dapat menemukan sampo ini di toko perlengkapan hewan peliharaan atau online. Sebelum membelinya, pastikan memilih sampo dengan fungsi tersebut, jika tidak, Anda tidak akan bisa membasmi kutu kucing Anda.

7. Memandikan Kucing dengan Air Garam

Karena kutu kucing dapat bertelur, Anda dapat menghilangkannya menggunakan rendaman larutan garam. Sebelum memulai, gunakan sampo khusus yang dirancang untuk membunuh kutu kucing.

Selanjutnya, memandikan kucing menggunakan bahan alami seperti garam. Pastikan kulit kucing Anda basah saat Anda menambahkan garam ke dalam air, karena ini akan membantu mengeluarkan telur atau larva dari tubuh kucing. Jangan lupa setelah merendam kucing dengan air garam beberapa saat, bilas dengan air bersih.

Cara Ngilangin Kutu Kucing di Lingkungan Rumah

Selain cara ngilangin kutu kucing paling efektif yang telah disebutkan di atas, Anda tentunya juga harus membersihkan lingkungan rumah dimaan kucing Anda juga tinggal di sana.

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa telur kutu dapat bertahan di media lain yang ada didalam rumah. Jadi, jika lingkungan rumah Anda kotor, maka siklus pertumbuhan kutu kucing masih akan berjalan.

Kalung untuk Ngilangin Kutu Kucing Paling Efektif

Membersihkan rumah secara teratur dapat menghilangkan kutu dari hewan peliharaan dan pemiliknya. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kandang kucing dan area lain tempat kucing bermain secara teratur. Melakukan hal ini secara teratur membuat kucing sehat dan bebas kutu.

Menghentikan Siklus Pertumbuhan Kutu

RSPCA mengklaim bahwa hanya 5% kutu dewasa yang hidup tubuh kucing dan sisanya ada di dalam rumah Anda. Mereka berpotensi untuk memenuhi karpet, tempat tidur, furnitur, dan kain lainnya. Telur kutu, larva, dan kepompong kemungkinan besar ada di rumah Anda. Mereka juga dapat ditemukan di bulu hewan peliharaan saat mereka merawat diri.

Sering membersihkan rumah dapat secara signifikan mengurangi jumlah parasit dalam hidup Anda. Reproduksi dan mobilitas yang cepat berkontribusi besar terhadap masalah ini. Saat menghadapi serangan kutu kucing, sangat penting untuk menghilangkan kutu sendiri sebelum Anda berkonsultasi dengan profesional.

Membunuh kutu kucing dari area sekitar rumah Anda dan cara ngilangin kutu kucing yang paling efektif dan diantaranya adalah sebegai berikut.

1. Vacuum Cleaner

Menyedot lantai, sofa, dan kasur membantu menghilangkan kutu dan tempat persembunyian kepompong, larva, dan terulr kutu. Jika memungkinkan, gunakan penyedot debu dengan kantong sekali pakai yang tidak akan menyentuh isi yang Anda keluarkan.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan penyedot debu yang kuat dengan lampiran nosel sempit di atasnya untuk menghilangkan kutu dari celah dan ruang sempit lainnya.

2. Gunakan Pembersih Uap

Pemilik hewan peliharaan dapat menghilangkan kutu kucing dari rumahnya menggunakan pembersih uap. Ini termasuk menghilangkan noda kutu di karpet, gorden, dan tempat tidur hewan peliharaan.

Pembersihan area dengan air panas adalah cara yang efektif untuk membunuh kutu segala usia. Ini sangat efektif pada kutu kucing karena ketergantungannya pada kombinasi antara sabun dengan air panas.

3. Mencuci Tempat Tidur

Menghilangkan kutu kucing dari rumah Anda membutuhkan pencucian semua jenis kasur, termasuk hewan peliharaan Anda dan tempat tidurnya. Pemilik rumah juga bisa menggunakan cara ini untuk mencuci tempat tidur atau tempat duduk kucing.

Anda bisa mencuci kasur lama dengan air panas. Kemudian, keringkan dengan pengaturan panas tertinggi. Jika kasur sudah sangat aus, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti tempat tidur dengan yang baru.

4. Semprotan Bahan Kimia

Menggunakan insektisida seperti permetrin dalam bentuk aerosol dapat membasmi kutu kucing. Alih-alih menyemprot satu area, gunakan kabut untuk menutupi seluruh area yang akan Anda bersihkan.

Regulator pertumbuhan serangga seperti Pyriproxyfen atau Methoprene dapat Anda gunakan untuk menghentikan perkembangan telur, larva dan pupa. Sebelum menangani semprotan ini, pastikan sudah benar-benar kering. Sebagai tindakan pencegahan, hindari kontak dengan hewan peliharaan dan manusia sampai saat itu.

Baca Juga  Ternyata, Begini Cara Pemijahan Cupang Yang Benar

Anda dapat menggunakan semprotan kutu untuk menghilangkan kutu kucing dari tubuh kucing Anda atau lingkungan di sekitar rumah Anda. Anda hanya boleh menggunakan ini saat sarung tangan terpasang pada tangan dan semua orang keluar rumah.

Ini menjengkelkan untuk mendeteksi infestasi kutu kucing di rumah Anda. Anda dapat dengan cepat menghilangkan gangguan ini dengan menyedot debu dan memantau rutinitas perawatan kucing Anda di rumah.

Menghilangkan kutu dalam satu kali pencucian adalah dengan mencuci semua sprei, baju dan kain lainnya secara rutin dengan air panas. Pastikan juga untuk memandikan hewan peliharaan Anda secara teratur. Ini adalah cara terbaik untuk membasmi kutu kucing.

Kesimpulan

Penggunaan obat pencegahan kucing yang efektif secara teratur tidak akan menimbulkan masalah. Dan ini adalah cara ngilangin kutu kucing paling efektif yang bisa Anda lakukan sendiri.

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan luar biasa, tetapi jika anabul Anda memiliki kutu, itu bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan serius pada orang.

Metode pembasmian kutu kucing tidak mengharuskan hewan peliharaan Anda mengunjungi dokter hewan. Sebagai gantinya, pemilik rumah dapat menggunakan pengobatan rumahan untuk membasmi kutu agar kucing mereka mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Anda bisa menemukan informasi Jogja Solo Indonesia Lainnya dari joglonesia.com di Google Berita