cara membuat makanan kucing kering sendiri yang lebih bergizi

5 Resep Cara Membuat Makanan Kucing Kering Lebih Bergizi

Cara membuat makanan kucing kering sendiri tentunya lebih menyehatkan karena Anda sendiri yang mengatur seberapa banyak kebutuhan gizi yang diperlukan. Selain itu, Anda juga tau kebutuhan gizi yang seperti apa yang dibutuhkan oleh kucing Anda. Tentunya, ini cukup untuk menghemat biaya, terutama bagi mereka yang memeliharta cukup banyak kucing dirumah.

Tidak begitu sulit untuk embuat makanan kucing kering sendiri dirumah yang memenuhi nilai gizi yang seimbang buat kucing. Ada banyak resep yang bisa Anda tambahkan dan mencobanya untuk diberikan pada kucing.

Bagaimana Cara Membuat Makanan Kucing Kering?

Untuk bertahan hidup, kucing membutuhkan makanan. Mereka diklasifikasikan sebagai karnivora berbasis daging. Beberapa orang percaya bahwa kucing dapat dianggap omnivora karena mereka akan memakan apa saja.

Ada 2 jenis makanan kucing yang bisa Anda buat, yakni makanan kering dan makanan basah. Namun, kebanyakan orang lebih suka memberikan makanan kering karena tingkat kepraktisannnya. Makanan kering mudah disimpan dan disiapkan. Namun, kandungan cairannya kurang dari makanan basah.

Orang sering lebih suka memberi hewan peliharaan mereka makanan kering daripada basah. Ini karena lebih mudah untuk membersihkan makanan dengan benar dan memastikan tidak ada potongan yang tercecer di mana-mana. Namun saat memilih makanan kucing atau Persia, disarankan untuk menambahkan sedikit cairan agar terhindar dari masalah pencernaan.

Sangat penting untuk merawat kucing dengan serius saat merawatnya. Ada banyak langkah yang harus kita perhatikan sebelum mengadopsi atau memelihara kucing. Ini termasuk pertimbangan tentang minum dan makan selama rumah tangga.

Orang yang mengadopsi kucing internasional seperti kucing Angora, kucing hidung datar Himalaya dan kucing hidung puncak, kucing munchkin atau kucing pesek Persia harus memberi perhatian ekstra pada kesejahteraan mereka. Karena kucing ini berasal dari iklim yang berbeda dengan Indonesia, mereka memerlukan perawatan ekstra.

Keuntungan

Mahalnya biaya perawatan kucing impor seringkali menghalangi hewan peliharaan baru untuk diadopsi. Pengeluaran makanan khususnya merupakan pengeluaran yang signifikan, karena makanan dalam kemasan 1 kg berharga sekitar Rp 20.000. Meskipun ini adalah opsi termurah, tetap saja tidak murah.

Untuk mengurangi biaya yang terkait dengan memberi makan kucing mereka, banyak orang mencoba membuat makanan kucing tanpa oven. Melakukan hal itu memungkinkan juru masak yang lebih hemat untuk membuat makanan kucing kering tanpa bahan pengawet kimia apa pun. Hal ini terbukti sangat memberatkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Orang perlu mencari cara untuk membuat makanan kucing mereka sendiri ketika mereka tidak punya cukup uang. Itu karena sebagian besar toko hewan peliharaan menjual makanan kering yang diformulasikan dengan kandungan protein dan lemak rendah. Orang juga dapat menyesuaikan kandungan protein dan lemak secara manual.

Resep Menu Makanan Kucing

Bahan apa saja untuk membuat makanan kucing?

Ada banyak menu resep makanan kucing yang bisa Anda buat sendiri mulai dari daging ayam, tuna, daging sapi atau juga dari ikan laut lainnya. Seperti kita ketahui, kucing adalah binatang carnivora, yakni makhluk hidup yang emmakan daging. Jadi untuk bahan dasar sendiri lebih diutamakan dari berasal dari daging.

Adapun sejumlah resep dan bahan yang diperlukan untuk membuat makanan kucing kering. Nah, Anda bisa berkreasi sendiri untuk penambahan lain, namun tentunya harus memenuhi kebutuhan makanan kucing. Diantara resep bahan makanan kucing yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut:

Resep 1 Daging Ayam

Ini adalah resep makanan kucing yang paling simpel dan mudah ditemukan bahanya. Anda bisa membuatnya sendiri dan menemukan bahan tersebut dikulkas Anda. Jika tidak, semua bahan ini tersedia dipasar tradisional.

  1. Tepung terigu 1kg atau bisa digandi dengan nasi.
  2. 1/4 kg daging ayam fillet tanpa tulang
  3. Minyak ikan 2 sendok makan

Resep 2 Dengan Daging Ikan

Tak berbeda jauh dengan resep pertama, bahan pada resep ini juga mudah ditemukan dipasar. Adapun resep kedua sebagai berikut:

  1. 40 gram daging ikan (Ikan tongkol, Ikan tuna atau ikan kembung)
  2. 30 gram tepung oat
  3. 1 buah telur
  4. 1 sendok makan minyak kanola

Resep 3 Daging Kambing

Mungkin ini sedikit berbeda dengan kedua resep makanan kucing kering sebelumnya. Anda bisa menggunakan daging kambing untuk membuat makanan kucing. Adapun bahan bahan yang perlu Anda persiapkan adalah:

  1. 60 gram daging sapi/kambing/domba
  2. 30 gram tepung jagung
  3. 1 sendok makan minyak kelapa
  4. 1 sendok makan wortel potong kecil.
  5. 1 butir telur dan sedikit serpihan cangkang/kulitnya

Resep 4 Ayam dan Labu

  1. 50 gram daging ayam tanpa tulang
  2. 20 gram tepung terigu
  3. 1 sendok makan labu kuning potong kecil
  4. 1 sendok makan minyak ikan
  5. 1 butir telur dan sedikit serpihan cangkang/kulitnya

Resep 5 Ikan Laut

  1. 450 gram ikan laut
  2. 2 cangkir tepung kedelai
  3. 1 cangkir bekatul
  4. 1 cangkir tepung jagung
  5. 1 cangkir susu tanpa lemak
  6. 3 cangkir tepung gandum utuh
  7. 5 sendok makan minyak bunga matahari
  8. 2 cangkir air rebusan ikan/ayam/daging
  9. 1 sendok makan minyak ikan

Proses Membuat Makanan Kering Untuk Kucing

Hampir semua proses untuk setiap resep yang telah disebutkan diatas hampir sama. Poin penting pada pembuatan ini adalah menghaluskan dan mengeringkan.

5 Resep membuat makanan kucing kering sendiri dirumah

Adapun untuk mempermudah proses pencetakan makanan kucing kering ini bisa menggunakan alat penggilingan daging yang biasa Anda jumpai ditempat pengilingan bakso.

Proses pembuatan makanan kering:

Haluskan Bahan Dasar

Langkah pertama pembuatan makanan kering untuk kucing adalah dengan menghaluskan bahan dasar dan bahan lain yang keras. Misalnya adalah cangkang telur atau tulang dan juga daging yang akan digunakan. Anda bisa menggunkaan blender atau alat lain yang pada intinya bahan ini harus lembut agar mudah dicerna dan tidak membahayakan kucing saat menelannya.

Mencampurkan Bahan

Setelah bahan dasar cukup lembut, maka bahan bahan tambahan lain bisa ditambahkan. Pastikan adonan ini merata pada seleuruh bagian. JIka dirasa perlu, lakukan pencampuran bahan ini dengan alat penggilingan daging atau bisa juga dengan blender lagi.

Mendiamkan Beberapa Saat

Setelah adonan merata, diamkan beberapa saat sampai mereka sedikit kering tapi jangan terlalu kering. Ini memudahkan Anda saat pencetakan agar tidak lengket saat digiling dengan penggilingan daging.

Mulai Mencetak Makanan

Ada ragam cara dalam mencetak makanan kering untuk kucing ini. Namun dalam tutorial kali ini, joglonesia akan menggunakan alat penggilingan daging dengan lobang 5mm. Masukkan adonan sedikit demi sedikit dan lakukan penggilingan proses cetak. Ingat ya, sedikit sedikit saja karena ini cukup berat,

Pengeringan

Setelah adoan keluar dari alat cetakan, mereka berbetuk bulat panjang. Pastikan adonan yang keluar tidak lengket antara satu dengan yang lainnya. Setelah ut keringkan dengan menjemur dibawah terik matahari. Anda juga bisa menggunakan mesin oven untuk mempercepat proses ii, namuan jjangan terlalu lama. CUkup 10 menit dengan suhu 300 derajat celcius.

Penyimpanan

Setelah makanan kering siap, pastikan mereka dingin sebelum Anda menyimpannya di toples rapat. HIndarkan dari serangga lain dan juga udara yang lembab. Ini untukmenghindari makanan rusak atau menjamur. Perlu anda ingat bahwa makanan ini bisa bertahan hingga 1 hingga 3 mingguan. Jadi, jangan terlalu banyak menyiapkan bahan yang digunakan untuk membuat makanan kering ini. Ini tidak menggunakan pengawet jadi lebih aman dan sehat buat anabul Anda.

Bahan Untuk Membuat Makanan Kucing

Makanan kucing kering terbuat dari apa?

Pada dasarnya, makanan kucing terbuat dari daging, baik itu daging ayam, daging sapi atau juga dari ikan laut. Hal ini karena kucing adalah binatang carnivora. Dan nda bisa menambahkan bahan lain dengan beberapa pertimbangan dan ketentuan sesuai dengan kandungan gizi dan kebutuhan kucing.


Anda bisa menggunakan bahan apa saja yang ada di dapur untuk membuat makanan kucing kering. Namun, Anda perlu memahami makanan mana yang boleh dimakan kucing dan mana yang tidak. Melakukan hal ini akan mencegah mereka dari sakit atau keracunan. Mencampur makanan tertentu membuat resep makanan kucing khusus juga perlu pertimbangan yang jelas. Dengan melakukannya juga dengan cepat akan menggemukkan kucing Anda dan menambah berat badan.

Adapun bahan dasar yang biasa digunkaan untuk membuat makanan kucing kering terbagi menjadi 4 kelompok yakni sebagai berikut:

Daging

Tidak dapat disangkal bahwa kucing secara alami cenderung ke arah karnivora. Yang penting perhatikan porsi ikan yang sesuai yang disukai kucing. Sementara ikan adalah sumber protein yang bagus, itu bukan satu-satunya sumber protein atau makanan alami yang dimakan kucing di alam liar. Faktanya, kucing tidak selalu memakan ikan. Sebaliknya, mereka makan daging.

Telur

Menambahkan telur ke menu reguler kucing akan memberikan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh kucing. Mereka bisa dipanggang, dimasak atau direbus — tidak masalah. Tambahkan saja ke dalam campuran dan kucing tidak akan memiliki masalah dengan makanannya.

Sayuran dan Biji-bijian

Kucing membutuhkan vitamin A, K, dan D dalam jumlah yang cukup serta sayuran dan biji-bijian yang mengandung vitamin tersebut. Ini harus menjadi sebagian kecil dari diet mereka karena mereka menyediakan serat yang membantu mereka mencerna lebih baik. Beberapa sayuran dan biji-bijian yang bisa dimakan kucing antara lain labu, ubi jalar, oat, gandum, almond, kacang tanah, dan wortel.

Suplemen

Menu suplemen tambahan untuk kucing juga diperlukan dalam cara membuat makanan kucing kering sendiri termasuk rumput laut, minyak ikan, minyak canola, probiotik dari yogurt tawar dan minyak kelapa. Suplemen ini meningkatkan kesehatan dan sistem imun kucing dengan memberikan kandungan nutrisi tambahan.

Kesimpulan

Anda bisa berkreasi sendiri membuat makanan kucing kering dirumah. Namun, ada baiknya ANda berkonsultasi kedokter menu makanan apa yang dibutuhkan untuk kucing Anda. Hal in ikarena setiap kucing berbeda tingkat kebutuhan asupan gizinya.

Terlebih jika kondisi kucing kurang sehat atau pada usia tertentu, maka kebutuhan asupan gizi dan nutrisi juga berbeda. Cara terbaik untuk membuat makanan kering untuk kucing adalah dengan melihat kandungan gizi pada makanan jadi ada label yang tersedia.

Disana, Anda akan menemukan seberapa banyak dan apa saja yang terkandung dalam makanan teresebut, dan Anda bisa menirunya dengan mencari bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tersebut.

Baca informasi menarik lainnya dari joglonesia.com di Google Berita