cara agar kucing mau makan dry food dan doyan makan

Cara Agar Kucing Mau Makan Dry Food Dan Doyan Makan

Ada saat dimana kucing kesayangan tidak menukai makanan kering, bisa jadi karena belum terbiasa. Atau bahkan secara tiba tiba kucing lebih menyukai wet food atau makanan basah dan menolak makanana kering. Sebagai pecinta kucing, tentunya ini harus diwaspadai dan Anda harus mencari solusi bagaimana cara agar kucing mau makan dry food.

Ada banyak alasan kita melakukan ini dan salah satunya adalah dry food lebih awet dalam hal penyimpanan dibanding wet food. Karena itulah tentunya dry food menjadi makanan favorite bagi pecinta anabul yang lucu ini.

Kucing yang tidak ingin makan sering kali memiliki alasan khusus atas penolakannya ini. Alasan ini mungkin termasuk menurunnya minat hewan peliharaan pada makanan kering atau merasa tidak enak badan. Saat menentukan penyebab ini, penting untuk mempertimbangkan berapa lama kucing tidak makan makanan kering.

Makanan Dry Food Kucing

Makanan kering atau makanan kucing yang kadar airnya rendah tersedia dalam kemasan dan banyak dijual di pet shoop maupun supermasrket. Ini memiliki sejumlah keunggulan dalam hal pemenuhan gizi dan nutrisi yang juga dikenal sebagai dry food.

Dengan terus memberikan makanan kering pada kucing secara konsisten, maka ada kemungkinan nafsu makan kucing dan keinginannya untuk makan bisa berkurang. Bahkan, mereka terkadang menolak untuk makan sama sekali dan memilih berpuasa.

Ada saat dimana memberi makan kucing makanan lain menjadi sangat penting untuk menjaga stamina dan menjaga sistem kekebalan tubuh anabul tetap sehat. Ada banyak makanan kering kucing terbaik yang telah dipasarkan melalui petshop seperti Royal Canin, Wellness, dan Orijen. Perusahaan makanan hewan ini memberikan jaminan menu diet sehat untuk kucing.

Baca Juga: 5 Terbaik Merk Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok

Cara Agar Kucing Mau Makan Dry Food

Kita harus mengatasi penyebab mengapa kucing langsung berhenti makan. Termasuk mencari tahu alasan kucing tidak mau makan dry food atau makanan kering. Alasan-alasan ini mungkin terkait dengan asal-usul atau penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini, ada sejumlah cara agar kucing mau makan dry food lagi yang diantaranya sebagai berikut:

Variasi Makanan Kucing

Kucing sering kali menolak makan makanan dry food jika sudah terbiasa menerima hanya jenis makanan tersebut. Hal ini akan membuat kucing menjadi bosan dengan pola makannya yang selalu sama. Untuk mengatasi hal ini, sangat penting untuk memberi makan kucing berbagai macam makanan agar mereka dapat dengan lancar beralih di antara masing-masing makanan.

Menambahkan potongan daging mentah ke dalam makanan kucing membantu menjaga kesehatan dan menambahkan protein ekstra ke dalam makanan. Ini akan membuat menu makanan mereka lebih menarik juga mengurangi kemungkinan mereka bosan terhadap makanan. Sebagian besar toko hewan peliharaan menjual makanan lezat yang dibuat khusus untuk kucing.

Mencampur makanan dry food dan wet food dapat membantu transisi kucing ke pola makan baru. Sebagai alternatif, Anda bisa memberi mereka makanan lain yang mereka sukai yang khusus ditujukan untuk kucing.

Mengganti Makanan Secara Bertahap

Untuk merubah pola makan mereka, ada beberapa tahapan penting yang perlu Anda lakukan secara rutin dan berkala. Setidaknya, perhitungan dibawah in cukup efektif dalam membantu kucing merubah pola manan mereka.

  • Pada hari pertama, 80% makanan basah dan 80% kering.
  • Pada hari kedua, 60% makanan kering memasok 40% makanan basah.
  • Pada hari ketiga, 70% pakan kering dan 30% pakan basah.
  • Pada hari keempat, beri makan hewan 80% makanan kering dan 20% makanan basah.
  • Pada hari kelima, beri makanan hanya dry food saja.

Metode ini membutuhkan penyesuaian berdasarkan preferensi kucing dan kebutuhannya saat ini. Jadi tidak semua kucing sama namun Anda bisa mencobanya. Poin pentingnya adalah memperkenalkan kucing dengan makanan baru dengan mencampurkannya secara perlahan.

Mengatur Ukuran Makanan

Mengubah varian makanan kucing adalah cara terbaik untuk mengurangi penolakan kucing pada makanan tertentu. Selain itu, ukuran pemberian makanan juga mempengaruhi bagaimana kucing makan.

Kucing hanya membutuhkan satu mangkuk dengan nilai gizi yang sama. Karena mereka juga akan makan makanan lain, Anda dapat mengubah ukuran mangkuk mereka menjadi lebih kecil. Ini memungkinkan mereka untuk memasukkan makanan lain kedalam perut, seperti camilan harian atau makanan penambah berat badan.

Makanan Kucing Resep Dokter

Memberikan resep makanan kucing dari dokter hewan membantu menyembuhkan kucing yang sakit. Kucing dengan masalah kesehatan yang serius seringkali tidak mau makan makanan dry food, sehingga sulit untuk membuatnya makan dengan lahap. Karena itulah penting untuk mengikuti saran dokter, yang mana mereka pada akhirnya akan kembali ke kebiasaan makan yang normal.

Pastikan Mangkuk Makan Bersih

Ketika kucing meninggalkan bakteri pada makanannya, itu bisa membuat mereka sakit. Selain itu, tempat makan yang buruk dan kotor biasanya juga berbau tidak sedap.

Cuci mangkuk makanan kucing secara teratur dengan sabun dan bilas sampai bersih untuk menghilangkan bau sabun yang tertinggal. Pastikan untuk tidak meninggalkan aroma sabun di tempat makanan kucing. Area makan yang bersih dan kering mencegah makanan kucing tercemar bakteri.

Biasanya, kucing tidak mau makan makanan pada mangkuk yang terlalu dalam atau terlalu menonjol. Mereka membutuhkan kedalaman mangkuk makanan yang tepat. Jika tidak, mereka hanya akan berbaring dan menolak untuk makan. Ini karena betapa sulitnya mereka menjangkau makanan jika mangkuknya terlalu dalam.

Multivitamin Penambah Nafsu Makan Kucing

Cara agar kucing mau makan dry food selanjutnya dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk kucing. Beri kucing Anda vitamin tambahan atau makanan sehat untuk meningkatkan nafsu makannya. Menambahkan vitamin ekstra ke makanan kucing dapat membantunya menambah berat badan sekaligus memperkuat sistem kekebalannya dan menyeimbangkan tubuhnya.

Kucing Mogok Makan

Kenapa kitten tidak mau makan dry food?

Kucing lebih suka makanan basah daripada kering. Rasio protein dan karbohidrat dalam makanan kucing basah lebih tinggi daripada dry food. Selain itu, kucing merupakan binatang karnivora yang mana mereka lebih suka makan daging segar.

Saat dihadapkan pada situasi seperti ini, pemilik hewan peliharaan menjadi panik dan cemas karena mereka meyakini bahwa kucingnya akan mengalami masalah kesehatan. Bahkan tidak jarang cat lover berpikiran bahwa makanan yang mereka berikan adalah salah tanpa mencari tahu alasan kenapa bisa demikian.

Namun tentu saja langkah terbaik adalah mencari cara agar kucing mau makan dry food dan juga mencari penyebab dibalik penolakan kucing terhjadap makanan tersebut.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Makanan Kering

Mencari tahu alasan mengapa kucing menolak makan makanan dry food bisa menjadi hal yang sulit. Masalah-masalah ini termasuk ketidakmampuan untuk makan makanan kering dan kesulitan mencernanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Flu Dan Mata Berair Dengan Obat Alami

Gangguan Sistem Pencernaan

Ada kemungkinan kucing menolak makan makanan kering saat mengalami gangguan pencernaan. Stres dari penyebab lain dapat menyebabkan masalah ini, yang dapat menyebabkan sistem pencernaan yang tidak menentu. Ada kalanya kucing tidak mau makan makanan dry food karena lapisan usus besarnya teriritasi karenanya.

Kucing Mengalami Sakit

Saat kucing menolak makan makanan kering, seringkali karena anabul sedang sakit parah. Perasaan mudah tersinggung dan penglihatan kabur di kepala juga merupakan gejala umum demam saat kucing mencicipi makanannya.

Ketika kucing menderita sakit gigi yang parah, sulit bagi mereka untuk mengunyah apapun dan mereka akan menghindari makan.

Memberi Makanan Satu Macam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, banyak kucing tidak suka makanan kering yang ditinggalkan di malam hari karena Anda hanya memberi mereka satu jenis makanan. Inilah sebabnya mengapa banyak hewan peliharaan menghindari makan makanan ini. Kucing Anda mengalami kebosanan dengan pola makan yang sama terus menerus.

Untuk mendorong kucing Anda makan makanan dry food atau semi-kering, berikan mereka banyak pilihan makanan. Dengan cara ini mereka tidak akan mudah bosan dan selalu ingin makan. Anda bisa membuat makanan kucing sendiri di rumah jika mau.

Baca Juga: Cara Membuat Makanan Kucing Sendiri

Dry Food Yang Paling Disukai Kucing

Makanan kering merupakan makanan kucing yang memiliki banyak keunggulan. Ini termasuk kandungan air yang rendah dan potensi penyimpanan jangka panjang. Ada sejumlah makanan kucing siap pakai yang dijual di pasaran. Beberapa merek terkenal seperti makanan kucing kering merek Purina, Royal Canin dan juga Whiskas.

Pemilik kucing harus memastikan kucingnya mendapatkan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan hidup lebih lama. Namun, beberapa pemilik kucing tidak mampu memberi makan kucing mereka dengan makanan mahal atau berkualitas tinggi.

Banyak merek menawarkan harga murah atau bahkan terjangkau. Anda dapat memilih makanan kucing mana saja yang disukai hewan peliharaan Anda saat memilih merek makanan kucing. Namun, ini berpotensi menghabiskan banyak uang. Makanan kucing berkualitas baik tetap penting untuk dipertimbangkan saat memilih merek untuk kucing Anda.

Memilih Makanan yang Bagus

Untuk membantu memilih makanan kering terbaik untuk kucing, pertimbangkan tips ini.

Memiliki Kandungan Protein dan Lemak Hewani

Salah satu cara agar kucing mau makan dry food adalah memilih kandungan makanan pada merek makanan kucing. Makanan kucing seperti unggas, ikan, atau daging sapi berada di urutan teratas karena kandungan airnya yang tinggi. Ini karena bahan-bahan ini memiliki banyak air di dalamnya.

Protein sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kucing. Karena itu, mereka biasanya muncul di bagian bawah daftar pemnyajian pada kemasan. Sedangkan untuk protein dan makanan kering lainnya biasanya memiliki kandungan air yang rendah.

Tanpa Pengawet

Hindari makanan yang mengandung aditif makanan seperti Butylated Hydroxyanisole, Butylated Hydroxytoluene dan propylene glycol. Hindari juga propyl gallate, ethoxyquin dan butylated hydrotoluen karena sifat toksiknya.

Bahan bahan tersebut dipercaya dapat menyebabkan kanker pada kucing, jadi sebaiknya pilihlah makanan kucing yang terbaik dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut. Menambahkan vitamin E dan C ke makanan kucing sangat dianjurkan oleh dokter hewan.

Alergi Makanan Tertentu

Kucing dapat menderita alergi seperti halnya manusia. Jadi, penting untuk berhati-hati terhadap indikator alergi yang mungkin ada pada hewan peliharaan. Meski kucing jarang mengalami gejala alergi makanan, pemilik kucing tetap harus mewaspadainya. Ini karena kucing mereka pernah menunjukkan tanda-tanda alergi makanan di masa lalu.

***

Baca berita lainnya di Google Berita