cara mengatasi kucing flu dan mata berair dengan obat alami

Cara Mengatasi Kucing Flu Dan Mata Berair Dengan Obat Alami

Bagaimana cara mengatasi kucing flu dan mata berair dengan obat alami? pertanyaan in sering muncul bagi pecinta anabul yang lucu dan menggemaskan ini. Hal ini biasa terjadi terutama untuk kucing yang tidak pernah divaksin. Flu tiodak saja menyerang manusia, namun binatang seperti kucing juga mengalami flu yang disertai dengan mata berair.

Banyak kucing terjangkit flu, ini merupakan penyakit yang paling sering menyerang kucing. Flu dapat tertular melalui partikel di udara atau dari kontak dengan kucing lain. Karena itulah, penting bagi Anda memberikan vaksin secara rutin kepada kucing Anda untuk mencegah hal ini terjadi.

Hal terburuk penyakit ini bisa mematikan bagi kucing jika membiarkan mereka diabaikan selama flu. Langkah yang terbaik cara mengatasi kucing flu adalah mengandalkan pengobatan alami untuk membantu meringankan gejala pada kucing.

Saat kucing terkena flu, biasanya ini akan hilang secara alami dalam 7 hingga 10 hari. Namun, bagi para pecinta kucing tyentunya tidak ingin membiarkan begitu saja. Merke peduli dengan kesehatan kucing dan ingin kucing kesayangannya pulih secepat mungkin.

Cara Mengatasi Kucing Flu Tidak Sembuh Sembuh

Tidak berbeda jauh dnegan manusia, kucing juga bisa mengalami flu. Namun, flu pada kucing biasanya disebabkan terutama oleh infeksi Feline calicivirus virus (FCV) dan virus Feline herpes virus 1 (FHV-1). Ini mirip dengan bagaimana manusia terkena influenza yang disebabkan oleh virus influenza.

Kucing juga bisa terserang flu karena akibat dari reaksi alergi atau bahkan infeksi bakteri. Virus H1N1 yang merupakan variasi dari virus influenza yang ternyata juga dapat menyebabkan flu pada kucing dan manusia.

Akbita terburuk dari Flu pada kucing ii adalah radang paru parum kerusakan pada mata dan juga kematian. Karena itulahm tindakan cepat diperlukan untuk membuat kucing segera pulih dan sehat lembali.

Sangat penting untuk memahami cara mengatasi kucing flu dan mata berair dengan obat alami sehingga Anda dapat membantu kucing yang memiliki sistem kekebalan lemah tersebut. Ini termasuk kucing dewasa dan anak kucing dengan gangguan kekebalan dan imun pada anabul tersebut.

Cara Alami Mengatasi Kucing Flu

Kucing Anda membutuhkan pemulihan cepat dari penyakit dengan melihat pengobatan flu pada kucing secara alami di bawah ini.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kucing dan Efek Sampingnya

Hindari Memandikan Kucing

Saat kucing mengalami sakit atau masuk angin, sebaiknya hindari memandikan kucing Anda. Memandikan kucing saat terserang flu dapat membuatnya basah dan kedinginan. Dan ii justru membuat kucing kewalahan dalam yang melawan efek infeksi. Cara terbaik untuk mebrsihkannya adalah dengan menggunakan handuk lembap untuk membersihkan bulu kucing dengan lembut.

Jemur Kucing di Bawah Sinar Matahari Pagi

Cara alami mengatasi kucing flu dengan memaparkan kucing dibawah sinar matahari pagi. Agar tidak terjadi dehidrasi pada kucing, sebaiknya jemur kucing di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit. Langkah ini juga berguna untuk membunuh bakteri penyebab flu pada kucing.

Untuk meringankan gangguan pernapasan pada kucing yang mengalami flu, gunakan nebulizer dan air panas untuk melakukan teknik nebu atau penguapan. Seperti halnya manusia, kucing yang menderita flu mengalami komplikasi pernapasan. Karena itu Anda harus memberi mereka bantuan pernapasan selama mereka istirahat dengan menggabungkan uap dengan alat penguapan.

Bersihkan Ingus Kucing

Penting untuk membersihkan hidung kucing saat sedang flu karena banyak kuman dan bakteri di dalam ingusnya. Untuk membersihkan hidung dengan lebih mudah, gunakan cotton bud atau kapas yang telah dibasahi dengan air hangat.

Setiap kali mata atau hidung kucing Anda kotor, gunakan kapas tersebut untuk membersihkannya. Anda juga bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan air garam untuk membersihkan hidung dan mata kucing Anda. Ini akan membantu kucing Anda mencium aroma makanan dengan lebih baik. Selain itu, langkah ini dapat membantu mereka bernafas lebih mudah.

Anda harus benar-benar mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan hidung dan mata kucing. Hal ini karena virus influenza dapat menular melalui tangan manusia yang terkontaminasi.

Kucing dengan gangguan flu dan mata berair mungkin sedang berjuang dengan segala penyakitnya. Karena itulah dengan membersihkan lendir dan ingus ini akan membantu kucing merasa lebih baik. Pembersihan ingus dan mata kucing ini dapat meredakan ketidaknyamanan mereka, serta membuat mereka lebih mudah bernapas dan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mencium bau makanan.

Karantina Kucing di ruangan khusus

Seekor kucing harus dipisahkan dari anggota rumah tangga lainnya di ruangan khusus. Saat kucing terserang flu atau sakit, mengisolasinya dari kucing lain di rumah sangat penting guna menjaga kesehatannya. Dengan mencegah bakteri apa pun lewat di antara kucing, ini akan sangat membantu mencegah komplikasi lebih lanjut dan bahkan kematian.

Kucing bisa menjadi stres saat terserang flu, dan ini dapat memperburuk gejala mereka. Karenanya, penting untuk memberi mereka lingkungan yang lebih ramah saat mereka sakit. Pisahkan kucing yang terkana flu dari hewan lain sampai sembuh dari penyakitnya.

Baca Juga: Bahaya Kutu Kucing Bagi Manusia dan Penyakit Yang Ditimbulkan

Durasi proses pemulihan ini bervariasi dan tentu juga tergantung pada penyebabnya. Kondisi ini bisa berlangsung dari dua minggu atau bahkan lebih lama. Karena itu, untuk meminimalisir resiko penyebaran flu pada kucing lain, kucing yang sakit harus memiliki ruangan tersendiri. Setiap kucing memiliki air liur, air mata, dan sekresi hidung yang berbeda yang dapat ditransfer melalui kontak fisik dengan kucing lain.

Mengoptimalkan pemulihan kucing dari flu membantu mereka menghindari potensi infeksi virus dari kucing lain. Karenanya, disarankan untuk mencuci semua wadah kotoran kucing, mangkuk makanan, tempat tidur kucing, dan tempat minum secara terpisah.

Bersihkan Kandang Kucing

Membersihkan kandang kucing secara teratur membantunya bebas dari bakteri dan kuman penyebab flu. Gunakan cairan disinfektan dengan kain bersih untuk membersihkan kotoran di kandang kucing atau tempat tidurnya. Segera bersihkan dan buang kotoran kucing setiap kali kucing BAB.

Biarkan Kucing Istirahat

Cara mengatasi kucing flu dan mata berair dengan obat alami selanjutnya adalah dengan memberikan waktu istirahat yang lebih lama dibanding biasanya.

Mengistirahatkan kucing saat sakit sama pentingnya dengan memberinya tidur yang cukup saat sehat. Kucing perlu istirahat agar bisa sembuh lebih cepat dari penyakit atau saat sedang tidak sehat. Pastikan tempat istirahat kucing Anda kering dan nyaman agar ia bisa merasa lega dan beristirahat.

Obat Flu Untuk Kucing Yang Ampuh

obat alami kucing flu dan mata berair

Selain metode yang tercantum di atas untuk mengatasi dan mengobati masalah flu pada kucing Anda, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan pengobatan alami dan pemberian vitamin tambahan dalam menu makan kucing Anda.

Berkurangnya indra perasa dan penciuman kucing saat mengalami radang tenggorokan dan hidung menyebabkan mereka makan dan minum lebih sedikit. Dehidrasi dan malnutrisi dapat terjadi akibat penyakit serius pada kucing Anda. Ini berbahaya bagi mereka, dan harus segera ada tindakan pengobatan.

Ketika mereka terserang flu, biasanya kucing akan menolak makanan. Karena itulah, Anda dapat mengganti atau memberikan nutrisi tambahan jika mereka membutuhkannya.

Beri Makanan yang Bernutrisi

Kucing yang sakit harus makan makanan yang sesuai untuk menjaga kesehatannya dan mempercepat proses penyembuhannya. Para ahli sering merekomendasikan untuk memberi mereka makanan basah, karena lebih mudah bagi mereka untuk makan dan lebih mudah dicerna dalam usus. Ini karena banyak kucing yang sakit kehilangan nafsu makan akibat flu atau penyakit lain yang dideritanya.

Baca Juga: 5 Terbaik Merk Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok

Memberi kucing makanan dan minuman yang tepat untuk menggantikan nutrisi yang hilang dapat menyembuhkan gejala flu secara alami. Makanan yang direkomendasikan antara lain ikan sarden, tuna, atau ayam bakar. Cairan harus dicampur dengan makanan kucing untuk memenuhi kebutuhan kucing akan kelembapan.

Karena kucing rentan terhadap rasa sakit di tenggorokannya saat makan, mereka mungkin kesulitan makan beberapa makanan. Selain itu, flu dapat mempersulit kucing untuk mencium bau makanan sehingga mereka mengabaikan makanan yang Anda berikan. Oleh karena itu, penting untuk memberi mereka makanan yang mudah ditelan dan memiliki aroma yang kuat sehingga mereka akan lebih sering makan.

Dengan sering makan, maka kebutuhan gizi mereka akanmeningkat dan kekebalan tubuh semakin kuat untuk melawan penyakit flu tersebut.

Beri Vitamin dan Suplemen

Selain makanan yang bergizi tinggi, memberikan suplemen atau vitamin pada kucing Anda dapat membantu tubuhnya menghasilkan nutrisi yang cukup saat sakit. Salah satu vitamin yang baik untuk diberikan pada kucing yang sakit adalah lisin yang merupakan asam amino.

Pemberian lysine 1000 mg per hari dapat membantu penyembuhan flu pada kucing. Saat kesehatan mereka membaik, Anda dapat mengurangi dosisnya sampai tidak diperlukan suplemen ini lagi.

Memberikan Madu

Memberi kucing madu merupakan salah satu cara mengatasi kucing flu dan mata berair. Dengan pemberian madu pada kucing yang sedang flu membantu meringankan gejalanya.

Untuk meringankan penderitaan kucing, campurkan madu ke dalam air minum atau gunakan penetes untuk menuangkannya ke dalam mulutnya. Dalam jumlah kecil, madu dapat diberikan setiap 4 jam sekali sampai kondisi anabul ini membaik.

Memberikan Cuka Apel

Selain pemberian madu, cara mengibati kucing secara alami adalah dengan menggunakan cuka apel. Jika biasanya ini dipakai untuk menghilangkan kutu pada anak kucing, cuka sari apel dapat berguna untuk mengobati flu pada kucing.

Hal ni karena cuka sari apel terkenal dapat menjaga keseimbangan pH tubuh. Ini juga dapat meredakan flu pada kucing, bahkan ini cukup fektif jika ke dalam makanan basah atau minumnya.

Penyebab Kucing Sakit

Sebagai pecinta kucing, tentunya Anda perlu memahami alasan mengapa hewan kesayangan Anda ini mengalami flu dan mata berair. Dengan memahami metode pengobatan alami untuk flu pada kucing, dapat memastikan pola pengasuhan dan perawatan kucing di masa depan akan lebih berhati-hati.

Virus adalah salah satu organisme yang paling sering ditemui yang menyebabkan makhluk hidup menjadi sakit. Kucing juga bisa sakit dengan fenomena yang sama ini.

Kucing dapat menderita bersin yang disebabkan oleh dua virus berbeda;, yakni virus herpes kucing dan FCV seperti yang telah disebutkan di atas.

Virus ini sangat menakutkan bagi hewan peliharaan dengan tingkat antibodi alami yang rendah. Karena bisa membuat anabul sakit yang mana hal ini dianggap sebagai momok bagi cat lover.

Selain itu, bakteri bernama Chlamydophola Felis dan Bordetella Bronchiseptica juga menjadi biang keladi yang dapat menyebabkan flu pada hewan peliharaan Anda ini.

Kedua spesies bakteri ini dapat menyerang banyak hewan, termasuk anjing dan kucing. Mereka bahkan dapat melukai makhluk berkaki empat lainnya seperti kuda.

Dalam kasus sistem kekebalan yang lemah, organisme ini dengan mudah mengalahkan kesehatan hewan dengan menyerang sistem sarafnya. Karena itulah, penting bagi Anda dan kucing untuk melakukan vaksin secara rutin sesuai dengan petunjug dokter hewan Anda.

***

Baca artikel lainnya di Google News