Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kucing, Bulu Lebih Halus dan Bebas Kutu

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kucing dan Efek Sampingnya

Minyak kelapa memang sudah dikenal masyarakat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan, tidak sedikit perusahaan kecantikan yang menggunakan bahan dasar dari minyak kelapa ini. Namun, tanpa kita sadari ada manfaat minyak kelapa untuk kucing juga ditemukan baru baru ini.

Minyak kelapa memiliki manfaat untukt mengobati kulit kering hewan peliharaan, mengobati manusia dengan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan mereka. Selain itu, dapat digunakan untuk memasak dan bahkan memperbaiki penampilan bulu kucing. Banyak pemilik hewan peliharaan telah menikmati manfaat dari penggunaan minyak kelapa ini.

Minyak kelapa murni bermanfaat dan tidak diragukan lagi merupakan penyelamat hidup. Itu dibuat dari daging kelapa yang telah sepenuhnya berkembang menjadi buah yang matang. Minyak kelapa murni atau biasa di sebut dengan VCO (Virgin Coconuty Oil) umumnya direkomendasikan untuk penggunaan manusia. Itu dihasilkan dari ekstraksi dari kelapa dan kemudian diproses dengan berbagai cara.

Minyak kelapa yang belum diproses secara kimiawi atau dihidrogenasi adalah bentuk paling murni yang tersedia. Inilah mengapa VCO sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena tidak memerlukan pemrosesan kimia tambahan.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kucing

Kucing mungkin tidak memiliki masalah dalam mencerna minyak kelapa, tetapi beberapa orang telah melaporkan masalah perut karena mengonsumsi minyak tersebut. Ada bukti yang menunjukkan bahwa minyak kelapa bermanfaat bagi kucing sebagai pengobatan holistik untuk penyakit umum. Ini termasuk meningkatkan kesehatan kulit dan bulu mereka secara keseluruhan, mengobati alergi kulit atopik dan bahkan meningkatkan kesehatan mereka secara umum.

Beberapa ahli percaya minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati kucing yang mengalami masalah radang usus. Itu juga dapat diterapkan secara topikal atau oral untuk menyembuhkan daerah yang terkena penyakit atau infeksi.

Efek Samping Minyak Kelapa Pada Kucing

Kucing berisiko terkena pankreatitis saat menggunakan minyak kelapa. Ini karena kandungan lemak jenuh yang tinggi pada minyak kelapa berbahaya bagi kesehatan mereka. Menggunakan minyak ini dapat meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan, tetapi ada risikonya.

Beberapa luka mungkin lebih cepat sembuh jika minyak kelapa dioleskan ke kulit hewan peliharaan. Cara in cukup efektif membuat luka dan penyakit kulit lainnya sepat sembuh. Namun menambahkan minyak kelapa secara konsisten ke dalam makanan mereka dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Selain tidak sehat untuk dikonsumsi manusia, minyak kelapa juga harus dihindari oleh hewan peliharaan, termasuk kucing. Hal ini karena daging dan minyak kelapa segar menyebabkan mereka muntah, diare atau bahkan keduanya.

Hewan peliharaan dapat secara tidak sengaja menelan minyak kelapa dengan menjilat minyak saat dioleskan ke bulunya. Ini dapat menyebabkan peradangan dan reaksi alergi pada hewan peliharaan.

Dibalik Manfaat Minyak Kelapa VCO Ada Efek Samping

Untuk kucing, minyak kelapa menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Ini karena minyaknya sangat padat kalori dan bisa menyebabkan masalah berat badan bagi kucing. Selain itu, kucing tidak boleh mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah besar secara teratur. Siapa pun yang mempertimbangkan minyak ini juga harus mempertimbangkan faktor lain yang harus diperhatikan.

Penggunaan Minyak Kelapa untuk Kucing

Membuat perubahan signifikan pada pola makan atau rutinitas kucing dapat berdampak besar pada kesehatan mereka secara keseluruhan. Inilah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum menambahkan minyak kelapa ke rutinitas kucing Anda di rumah. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, dan beberapa lebih aman daripada yang lain.

Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk kucing dengan cara yang benar?

Sebagai Pelembab

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk kucing adalah sebagai pelembab bagi kulit kering pada kucing. Ini dapat membantu meredakan kulit yang gatal dan kering serta membuat bulu lebih lembut dan berkilau.

Untuk penerapannya pada kucing, silahkan sosokkan sesendok minyak kelapa ke kulit kucing Anda lalu pijatkan ke kulit sampai merata. Cara ini cukup efektif dan terbukti membuat bulu ebih lembut, kulit kucing lebih halus dan bebas jamur.

Mencegah Terbentuknya Bola Bulu

Selain bisa melembabkan kulit, minyak kelapa juga memiliki manfaat lain untuk kucing. VCO ini bisa menjadi obat alami yang bagus untuk kucing dengan bulu menggumpal. Minyak kelapa dapat dioleskan langsung ke tubuh kucing dan berfungsi sebagai pengganti pelembab berbahan dasar minyak.

Obat Radang Gusi

Menyembuhkan radang gusi ringan dengan minyak kelapa adalah cara yang efektif untuk kucing yang menderita radang gusi. Gingivitis adalah radang gusi yang sangat umum terjadi pada hewan peliharaan.

Menerapkan minyak kelapa ke area yang terinfeksi dapat mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan kesehatan gusi yang lebih baik. Perawatan kuno dari para ahli ini telah membantu banyak pemilik hewan peliharaan memulihkan kesehatan gigi kucing mereka.

Membantu Menyembuhkan Luka

Manfaat minyak kelapa untuk kucing selanjutnya adalah untuk menyembuhkan luka. Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk mencegah infeksi pada luka atau goresan yang terbuka. Hal ini sangat membantu karena banyak kucing yang mendapatkan goresan dan luka yang tidak dapat diobati dengan obat konvensional.

Minyak kelapa sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan kucing Anda, namun sebaiknya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter hewan sebelum menggunakannya.

Menghilangkan Kutu Kucing Dengan VCO

Selain memiliki segudang manfaat yang telah tersebut diatas, VCO atau minyak kelapa ini juga bisa Anda gunakan sebegai pengusir kutu.

Sejauh ini, Dokter hewan tidak menganjurkan penggunaan minyak kelapa murni sebagai obat alami kutu kucing.

Namun, beberapa orang menggunakan VCO untuk mengobati infestasi sedang hingga ringan ketika tidak ada pilihan lain yang tersedia. Mereka juga menggunakan VCO sebagai pengobatan pendukung untuk mengobati infestasi.

Salah satu cara tradisional menghilangkan kutu adalah dengan menggunakan VCO atau minyak kelapa. Seperti yang pernah disinggung dalam artikel sembelumnya di Cara Menghilangkan Kutu Secara Tradisional, VCO ini mampu membasmi kutu pada kucing.

Memiliki kutu di tubuh kucing adalah hal yang paling menyiksa yang bisa dialami hewan berbulu nan lucu ini. Gigitan parasit kutu menyebabkan iritasi parah dan bahkan kerontokan rambut. Kutu kucing dapat menyebabkan penyakit seperti dermatitis alergi kutu, penyakit cakaran kucing dan anemia.

Selain itu, mereka dapat menyebabkan masalah ini dengan mengotori lingkungan dengan kutu kucing. Oleh karena itu, perlu untuk menghilangkan kutu kucing secepat mungkin. Bahkan tidak sedikit yang kurang percaya akan hal ini, namun faktanya minyak kelapa murni dapat membantu mengobati kutu kucing.

Pada infestasi kutu ringan, menggunakan VCO sebagai obat kutu mungkin bisa efektif. Namun, menggunakan metode ini untuk menghilangkan kutu yang parah memerlukan konsultasi dengan dokter hewan Anda tentang pengobatan kutu yang tepat.

Dokter hewan biasanya tidak merekomendasikan penggunaan VCO untuk mengobati kutu kucing. Sampai saat ini, bahan alami ini belum dianggap sebagai bentuk pengobatan kutu yang dapat diterima atau obat yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

Faktanya, banyak dokter hewan bahkan tidak merekomendasikan pengobatan kutu kucing dengan menggunakan minyak kelapa ini. Namun, sebagai dari mereka mentakakan bahwa boleh menggunakan VCO hanya sebatas sebagai pendukung namun tetap harus hati hati.

Namun, jika kenyataanya bahwa Anda meyakini metode pengobatan kutu dnegan menggunakan minyak kelapa, maka alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan doketr hewan Anda.

Cara Penggunaan VCO sebagai Obat Kutu

VCO atau minyak kelapa dapat digunakan dalam tiga cara untuk mengobati serangan kutu pada kucing. Adapaun ketiga cara tersebut dapat Anda ikuti panduannya sebagai berikut.

1. Buat Semprotan Minyak Kelapa

Anda juga bisa membuat semprotan minyak kelapa agar lebih mudah mengoleskan minyak pada kutu kucing.

  • Campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dan 30 mililiter air hangat dalam botol semprot. Kemudian, kocok sampai benar benar kedua campuran ini larut atau tercampur merata.
  • Semprotkan campuran air minyak kelapa ke area kucing yang terindikasi memiliki kutu. Setelah itu, pijat dan remas remas bulunya dengan lembut untuk membantu mendistribusikan minyak kelapa dan meningkatkan keefektifannya.
  • Selain cara di atas, sebagai alternatif, minyak kelapa bisa juga dicampur dengan air dan dilelehkan dalam panci dengan api kecil atau dapat juga dipanaskan dengan menggunakan microwave.
  • Menambahkan beberapa tetes minyak lavender akan mempermudah pengolesan pada kucing peliharaan Anda. Ini mencegah minyak mengeras dan mengiritasi matanya.

2. Oleskan pada Kulit Kucing

Anda dapat dengan mudah menghilangkan kutu kucing dengan mengoleskan minyak kelapa ke bulu atau kulit hewan peliharaan Anda dengan tangan.

  • Oleskan sedikit minyak kelapa ke tangan Anda dan gosokkaan telapak tangan Anda. Selanjutnya, oleskan minyak tersebut ke kucing kesayangan Anda selagi minyak terasa hangat saat Anda gosokkan.
  • Oleskan minyak di mana pun kutu mungkin ditemukan, seperti di antara jari kaki, di bawah ekor, di sekitar leher dan ketiak, atau di belakang kulit.
  • Setelah 8 hingga 15 jam minyak menempel di bulu kucing, silahkan sisir kucing dengan sisir anti kutu.
  • Lanjutkan dengan memandikan kucing dan bilas hingga bersih.

Cara ini cukup efektif dalam menghilangkan kutu dengan memanfaatkan minyak kelapa murni.

3. Mengoleskan Pada Sisir Kucing

Manfaat minyak kelapa untuk kucing sebagai pengusir kutu yang terakhir adalah dengan mengoleskan pada sisir kutu. Cara ini cukup efektif dan bisa lebih merata pada bulu kucing.

Selain itu, area yang sulit dijangkau dapat diatasi dengan sisir yang telah diolesi dengan minyak kelapa murni. Denagn metode ini, kutu akan lebih mudah lepas dari cengkeramannya pada bulu kucing.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri, manfaat minyak kelapa untuk kucing memang cukup beragam. Dan tentunya ini semua demi kesehatan kucing kesanyangan Anda.

Selain menghindari penggunaan bahan bahan kimia yang berbahaya, cara ini lebih disukai oleh para pecinta kucing. Lantas bagai mana dengan Anda joglonesian? Metode mana yang Anda pilih, tentunya akan lebih baik dengan berbicara dengan dokter hewan terdekat.

Baca Informasi Jogja Solo Indonesia Lainnya dari Joglonesia.com di Google Berita