Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Tradisional

12 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Tradisional

Cara menghilangkan kutu kucing secara tradisional mungkin menjadi pilihan bagi sebagian orang karena berbagai macam alasan. Salah satu alasannya adalah karena bahan bahan yang sudah tersedia di dapur atau rumah kita. Selain itu, pecinta kucing banyak yang meyakini cara ini lebih aman dibanding dengan penggunaan bahan bahan kimia. Benarkah demikian?

Mengetahui cara membasmi kutu kucing penting untuk dilakukan oleh pemilik kucing yang peduli dengan kesehatan dan kebersihan hewan peliharaannya. Kucing membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kebersihan bulunya.

Kutu adalah hewan parasit yang mengganggu kucing. Bulu mereka yang jarang dibersihkan menjadi salah satu penyebab akan hal ini. Kucing sering kali merasakan gatal yang hebat dan menggaruk dirinya sendiri saat terserang kutu. Oleh karena itu, Anda perlu memahami kutu tersebut pada kucing untuk meberikan perawatan dengan benar.

Informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber dapat ditemukan di joglonesia.com. Anda dapat menemukan daftar lengkap cara efektif untuk membasmi kutu kucing dengan cara tradisional. Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Tradisional

Kutu adalah jenis parasit yang tidak menyenangkan yang dapat membahayakan kesehatan kucing. Kucing menjadi inang parasit ini di antara bulu dan kulitnya, itulah sebabnya mereka sangat menjengkelkan dan tidak nyaman. Terlebih lagi, kutu bisa melompat dari satu kucing ke kucing lainnya.

Kutu kucing menyebabkan kucing sering mencakar, menggigit kulit, menjilat dan terlihat gelisah. Kutu kucing biasanya muncul di lingkungan yang kotor atau juga terjadi kontak dengan kucing yang penuh kutu. Jika kucing tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, ia juga bisa terserang kutu kucing

Menemukan solusi untuk masalah ini diperlukan karena hal tersebut cukup mengkhawatirkan. Membasmi kutu secara alami tidak perlu mengunjungi dokter karena cara menghilangkan kutu kucing secara tradisional dijelaskan lebih detail di bawah ini..

Cara Alamai Menghilangkan Kutu Kucing

Kucing yang terinfeksi kutu dapat mengalami gatal-gatal yang parah dan dapat mengalami anemia karena kemampuan penghisap darah parasit tersebut. Selain itu, kucing yang menampung kutu dapat terinfeksi cacing pita. Selain larva atau telur cacing pita, kucing dapat menjadi tuan rumah perkembangan parasit yang lebih serius. Ini termasuk tifus dan PES, yang dapat dibawa oleh kutu.

Singkirkan kutu kucing di rumah dengan bahan-bahan khusus rumah tangga. Menggunakan produk khusus membantu menghilangkan kutu pada kucing yang Anda sayangi. Kutu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi kucing Anda, jadi obati kutu kucing di rumah secara tradisional dan alami berikut.

Oleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat alami bagi manusia dan hewan untuk membasmi kutu kucing. Ia memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk manusia dan bahkan juga kucing, termasuk kemampuan membersihkan telur kutu dari bulu binatang piaraan Anda.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bulu kucing selama kurang lebih 15 menit agar minyak meresap ke dalam kulit kucing. Setelah 15 menit melapisi bulu kucing dengan minyak zaitun, kutu akan rontok. Dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kucing, ia dapat menembus bulu dan kulitnya serta mengeluarkan kutu.

Namun, Anda juga harus memandikan kucing agar lebih bersih. Sampo biasa bisa Anda gunakan untuk memandikan kucing Anda setelah ini. Dengan melakukann hal ini, dapat membantu mengobati luka atau peradangan kucing yang disebabkan oleh gigitan kutu. Selain itu, minyak zaitun dapat membantu merawat kucing dengan luka yang disebabkan oleh cakaran kucing.

Minyak Telon

Ternyata, minyak telon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu kucing secara tradisional. Minyak telon mengandung minyak esensial yang dapat membunuh parasit pada tubuh kucing. Anda bisa menggunakan minyak telon untuk membunuh kutu yang hidup di leher atau perut kucing.

Menggunakan minyak telon di rumah boleh-boleh saja asalkan ditujukan untuk kutu. Oleskan sedikit minyak telon pada leher dan perut untuk membunuh kutu. Namun, tetap hati hati jangan sampai terkena mata kucing.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang dapat digunakan oleh manusia dan hewan. Ini biasa digunakan sebagai pelembab rambut oleh kebanyakan wanita yang menyukai perawatan. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada bulu kucing dan melembabkan bulu kucing.

Anda bisa memberikan gel lidah buaya pada kucing Anda dengan mencampurkannya dengan air dan mengoleskannya ke bulunya. Campuran ini bisa diblender sampai halus dan gunakan botol semprot untuk menerapkannya pada bulu kucing.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya segar yang baru Anda petik dan langsung mengoleskannya pada bulu kucing. Jus atau gel lidah buaya dapat digunakan untuk membantu mengobati peradangan dan luka yang disebabkan oleh kutu. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung ke bulu kucing, atau menggunakan jus lidah buaya untuk membuat semprotan kutu.

Rutin Menyisir Bulu Kucing

Untuk menghilangkan kutu kucing dengan cepat dan mudah, sikat kucing Anda secara teratur. Anda juga bisa merawat kucing Anda dengan cara ini agar kucing semakin sayang dan memahami siapa tuannya. Anda bisa menggunakan sisir serit untuk menghilangkan telur kutu dari bulu kucing Anda.

Untuk menghilangkan kutu dari bulu kucing secara efektif, gunakan sisir khusus dengan gigi kecil dan rapat secara teratur. Membasmi kutu kucing mengharuskan mengeluarkan telur kutu yang menempel di bulu kucing. Menggabungkan cara ini dengan beberapa cara yang tersebut diatas akan semakin efektif dalam membasmi kutu pada kucing.

Cara tradisional meghilangkan kutu kucing

Selain cara alami diatas, masih tersedia cara menghilangkan kutu kucing secara tradisional dengan bahan bahan dapur. Tidak jarang cat lover yang menggunakan cara ini dalam membasmi kutu yang ada pada tubuh anabul mereka. Anda juga bisa mencoba metode ini yang cukup praktis.

Memandikan dengan Air Garam

Untuk menghilangkan kutu secara tradisional dan efektif, silahkan mandikan kucing Anda dengan air garam. Meskipun air garam jarang bermanfaat untuk bulu kucing, namun beberapa laporan mengklaim mampu menghilankan kutu kucing dengan cepat. Ini dapat dilakukan dengan biaya rendah dan dengan mudah menghilangkan kutu pada bulu kucing.

Untuk menghilangkan kutu dari kucing Anda dengan mudah, mandikan dia dengan air hangat. Selanjutnya, campurkan sedikit garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan larutan ini untuk membilas kucing Anda. Ini akan membantu memudahkan Anda menyingkirkan kutu pada bulu kucing Anda.

Penggunaan air garam dapat lebih efektif untuk membunuh kutu dan larva yang bersembunyi pada bulu kucing terutama kucing yang berbulu lebat dan panjang. Nmaun, jika kucing Anda iritasi atau memiliki luka, maka hindari cara tradisional ini. Hal ini karena air garam terasa pedih saat mengenai luka.

Menyemprotkan Cuka Apel

Cuka sari apel merupakan zat yang bermanfaat karena kemampuannya menurunkan kadar kolesterol dan ternyata juga bisa untuk membasmi kutu pada bulu kucing.

Cara tradisional menghilangkan kutu pada kucing dengan cuka apel yakni dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Selanjutnya, masukkan larutan ke dalam botol dan semprotkan ke kucing Anda. Lakukan ini di area di mana kucing Anda sering menggaruk diri seperti ketiak dan perutnya.

Cuka apel bersifat asam sehingga efektif membasmi kutu pada bulu kucing. Cuka sari apel juga bisa menghilangkan kutu dari bulu kucing dengan mencampurkan air dengan takaran yang sama.

Dan sebagai tindakan pencegahan, campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:2 sebelum dioleskan ke kucing Anda. Cuka sari apel dapat dicampur dengan air dan dioleskan ke tubuh kucing menggunakan botol semprot. Untuk melakukan ini, gunakan satu sendok teh cuka yang dicampur dengan dua sendok teh air.

Air lemon

Merawat kulit dan bulu kucing dengan larutan air lemon ternyata dapat menghilangkan kutu. Untuk melakukan ini, rebus air terlebih dahulu dalam panci atau microwave. Kemudian masukkan satu atau dua irisan lemon ke dalam air tersebut dan dinginkan.

Tuang campuran tadi ke dalam botol semprot lalu semprotkan pada bulu dan kulit kucing hingga benar-benar basah. Pastikan untuk tidak menyemprotkan jus lemon ini ke mata kucing.

Ini merupakan cara menghilangkan kutu kucing secara tradisional yang jarang diketahui oleh para pecinta kucing. Namun demikian, tidak sedikit yang telah membuktikan metode ini cukup efektif mengusir kutu pada kucing.

Jeruk Nipis

Jus jeruk nipis adalah obat alami yang efektif untuk membunuh kutu dan telurnya. Anda dapat menggunakan obat tradisional ini untuk membuktikan sendiri keefektifan air jeruk nipis. Selain itu, Anda bisa menggunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan kutu dari kucing Anda.