Wisata Romokalisari Surabaya

Wisata Romokalisari Surabaya: Harga Tiket dan Paket Wisata

Bagi warga Surabaya dan sekitarnya yang saat ini sedang mempersiapkan acara liburan akhir tahun, Anda bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata terbaru ini yakni Wisata Romokalisari Surabaya. Wisata ini bernama Romokalisari Adventure Land yang mulai dibuka sejak 25 September 2022 kemarin.

Tempat wisata Romokalisari Adventure Land ini bisa menjadi solusi dan alternatif bagi Anda dan keluarga atau teman untuk berlibur bersama dan menghabiskan liburan akhir tahun. Setiap wahana di tempat ini menawarkan pendekatan unik untuk membantu perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Setidaknya ada 7 wahana yang disediakan oleh pihak pengelola wisata yakni, Kano, Jetski, Lifeboat, Arena Berkuda, ATV dan Playground.

Untuk mengurangi faktor penumpukan bagi wisatawan di satu tempat, tempat liburan seru inipun dilengkapi wahana seperti kandang domba hias dan kandang kelinci yang masih dalam taraf pembangunan perluasan. Dengan luas tanah 76.769 meter persegi tentu saja pengunjung akan merasa nyaman dan betah untuk tinggal lebih lama. Dan Tempat ini juga menawarkan hiburan jangka panjang dengan rute yang panjang.

Mengenal Wisata Romokalisari Surabaya

Sejak dibuka, destinasi wisata ini sudah ramai dan dipadati oleh para pengunjung baik dari sekitar Surabaya dan juga ada wisatawan dari mancanegara. Pemerintah setempat sendiri telah mempersiapkan tempat ini agar menarik dan telah siap menjadi tujuan wisata untuk masyarakat lokal maupun para wisatawan.

Orang-orang dari sekitaran kota Surabaya dan juga luar negeri datang ke tempat wisata ini karena lokasi dan suasananya yang unik dan sejuk. Selain itu, tempat ini cukup luar biasa untuk pariwisata karena keindahan alamnya.

Keluarga dan anak-anak dapat menikmati tujuh wahana berbeda di taman ini. Ini termasuk menunggang kuda, trek ATV, kebun binatang mini, kano keluarga, dan sekoci di hutan bakau. Selain itu, ada wahana jet ski yang tersedia untuk orang dewasa dan anak-anak.

Dengan adanya bagian wisata outdoor, pengunjung bisa merasakan sensasi bermain kano saat berada di tengah hutan mangrove. Ini memberi mereka kesempatan untuk menghargai hutan bakau Surabaya dan keindahan alamnya.

Lokasi

Lokasi wisata Romokalisari Surabaya ini tepatnya berada di Jl. Romokalisari I, Romokalisari, Kec. Benowo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Buat Anda yang ingin menuju ke tempat ini sebaiknya menggunakan mobil pribadi.

Lantas bagaimana dengan transportasi umum? Sejauh ini belum ada informasi terbaru terkait dengan trayek yang melintasi wisata Romokalisari Surabaya ini. Jadi, sebaiknya para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi untuk menghabiskan liburan di salah satu wisata di Surabaya ini.

Jam Buka

Tak berbeda jauh dengan kebanyakan tempat liburan lain yang berada di Indonesia, Romokalisari juga menerapkan jam buka yang hampir sama. Mengingat beberapa wahana yang disediakan, tentu saja tempat ini hanya buka di siang hari. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota, bisa menyewa hotel atau tempat penginapan di sekitar Surabaya.

Tempat wisata Surabaya yang satu ini akan mulai dibuka untuk umum mulai pukul 8 pagi hingga tutup pada pukul 5 sore. Selama rentang waktu itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah terutama saat senja. Ditambah lagi jika Anda mengunjungi Romokalisari bersama keluarga, tentunya akan menambah keseruan liburan akhir tahun ini.

Harga Tiket Wahana Wisata Romokalisari

Pengunjung yang ingin memasuki lokasi wisata populer ini harus membeli tiket wisata Romokalisasri dengan harga antara Rp10.000 hingga Rp50.000. Tiket ini memungkinkan akses ke 10 unit wahana bebek dengan durasi yang ditentukan selama 15 menit. Namun itu adalah tiket untuk menikmati wahana yang telah disediakan. Setiap wahana memiliki harga tiket yang berbeda beda.

Wahana anak di jalur berkuda mulai dari Pp 20.000 untuk dua kali putaran. Wahana yang diperuntukan untuk anak-anak ini setidaknya ada beberapa persyaratan seperti memiliki berat maksimal 50 kilogram.

Selain itu ada juga ATV namun untuk mengendarainya, syarat utama harus berusia minimal 17 tahun. Untuk harga tiket naik ATV ini mulai dari 25 ribu rupiah untuk 2 kali putaran dengan jarak pendek. Sedangkan untuk jarak tempuh yang panjang, wisatawan dikenakan biaya tiket 50 ribu rupiah untuk 2 kali putaran juga.

Selain itu, pengunjung wisata romokalisari Surabaya juga dapat menikmati wahana seluncuran air. Seperto contohnya untuk kano, harga tiketnya hanya 10 ribu rupiah yangbisa dinaikin anak 2 orang anak dan dewasa. Untuk harga tiket perahu dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah dan untuk naik sekoci, pengunjung cukup membayar mulai dari 10 ribu rupiah. Ini tergantung dari sekoci besar atau kecil karena ada 2 tipe sekoci yakni untuk 2 orang dan 4 orang.

Daftar Tiket Wahana Romokalisari

Selain harga tiket wahana yang telag disebutkan di atas, berikut ini harga tiket lain di wahana wisata Romokalisari Land Surabaya:

  • Wahana perahu: Harga tiket Rp 10.000 untuk 1 orang
  • Wahana Sepeda air: Harga tiket Rp 10.000 untuk 1 orang
  • Wahana Kano: Harga tiket Rp 10.000 untuk 1 orang
  • Wahana Sekoci kecil: Harga tiket Rp 10.000 untuk 1 orang
  • Wahana Sekoci besar: Harga tiket Rp 10.000 untuk 1 orang
  • Arena berkuda: Harga tiket Rp 20.000 untuk 1 orang
  • ATV track pendek: Harga tiket Rp 25.000 untuk 1 orang
  • ATV track panjang: Harga tiket Rp 50.000 untuk 1 orang

Paket Wisata Romokalisari Adventure Land

Pemerintah Kota Surabaya berencana untuk mendorong lebih banyak pengunjung ke wisata Romokalisari Land dengan paket wisata khusus. Hal ini bertujuan untuk semakin meramaikan lokasi wisata baru ini.

Antiek Sugiharti selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya mengatakan bahwa wisatawan yang datang secara rombongan akan ada harga khusus berupa paket.

“Karena itu, banyak jasa travel dan karyawan perkantoran yang menanyakan tentang paket wisata dengan harga khusus bagi rombongan wisatawan,” ucap dia.

Antiek mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyusun paket wisata Romokalisari Adventure Land beserta protokol keamanan yang menyertainya untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengunjung. SOP ini dibuat sesegera mungkin karena mengingat tempat semakin ramai.

Sebab, lanjut dia, pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan di Adventure Land Romokalisari.

“Kami harus membuat SOP ketat dan harus menyamakan komitmen dengan para pelaku (petugas), karena menyangkut keamanan dan keselamatan pengunjung. Kami juga akan mengajari membuat paket wisata, misalnya paket makan dengan wahana, kalau rombongan mungkin akan ada harga spesial dan ini sedang kami siapkan,” ujar dia.

Melibatkan Masyarakat Sekitar Lokasi Wisata

Ia meyakini pihak Romokalisari Adventure Land akan terus mengkaji implementasi dan kegiatan yang ada di lokasi wisata baru tersebut.

Usai berbincang dengan DKPP Surabaya, Beliau menyatakan masih berupaya melibatkan MBR (masyarakat Berpenghasilan Rendah) di kawasan Adventure Land Romokalisari. Saat ini, hanya 83 orang yang termasuk dalam kategori ini. Namun, mereka bermaksud untuk meningkatkan jumlah ini menjadi 100 di masa depan sehingga mereka dapat mengelola daerah itu sebagai objek wisata.

“Kami sampaikan kepada Bapak Wali Kota Eri sampai 100 MBR karena kawasan ini berkembang terus,” tutur Antiek kepada wartawan.

Ada banyak wahana di Adventure Land Romokalisari yang meliputi taman bermain, Mini Zoo, Arena Berkuda, ATV Motor dan Cano atau Sekoci di sepanjang hutan bakau. Beberapa wahana juga termasuk kendaraan segala medan bermotor, atau jet ski.