Cara Cek Saldo e-Money Dengan dan Tanpa NFC
credit image: idntimes.com

Cara Cek Saldo e-Money Dengan dan Tanpa NFC

Ada sejumlah warga Solo yang kebingungan bagaimana cara cek saldo e-monay tanpa NFC. Hal ini bukan tanpa sebab, karena kebanyakan dari mereka membeli e-Money ini melalui gerai minimarket seperti Alfamart. Warga Solo sendiri mengunakan e-money ini karena sebagai syarat untuk bisa naik BST tanpa harus membayarnya.

Namun sejak 1 September 2022, Batik Solo Trans (BST) secara resmi mulai mengenakan tarif untuk para pemakai jasa angkutan umum yang ada di Solo ini. Setelah selama hampir 2 tahun masyarakat diberi kebebasan untuk menggunakannya secara gratis tanpa ada biaya pungutan sedikitpun.

Seperti kita ketahui, E-Money adalah salah satu kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran digital di beberapa tempat yang sudah ada logo e-money. Sejumlah kota besar sudah menerapkan dan menggunakan pembayaran dengan e-money diantaranya seperti Jabodetabek, Medan, Semarang, Bali, Bandung, Solo, Surabaya dan ebberapa kota lainnya.

Perlu Anda ketahui, e-Money mandiri ini juga bisa berlaku sebagai e-Toll yang mana bisa digunakan untuk pembayaran Toll, parkir, belanja dan masih banyak lagi kegunaan e-money mandiri ini.

Untuk cara cek saldo e-Money sendiri dalam hal ini dibagi menjadi 2 kelompok, yakni dengan menggunakan NFC dan tanpa NFC. NFC merupakan singkatan dari Near Filed Commucication yang mana beberapa smartphone telah menggunakan teknologi ini sebagai salah satu keunggulan mereka. Namun, dalam hal ini JogloNesia tidak akan membahas lebih jauh tentang NFC, melainkan tutorial penggunaannya untuk cek saldo E-money.

Cara Cek Saldo E-Money Mandiri Tanpa NFC

Sejumlah smartphone telah menerapkan fitur NFC untuk melakukan transfering data, namun bagi Anda pemilik HP yang belum ada fitur NFCnya, Anda tetap bisa melakukan cek saldo e-Money tanpa NFC.

Ada banyak cara cek Saldo e-Money tanpa NFC yang bisa Anda lakukan. Untuk itulah, Anda bisa memilih salah satu cara ini mana yang sesuai dengan kondisi saat ini. Dan berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Melalui Internet Banking

Jika Anda memiliki koneksi jaringan internet, Anda bisa cek saldo e-money mandiri dengan menggunakan internet banking dari mandiri. Cara ini tentunya hanya bisa dilakukan pagi pemilki akun rekening Mandiri. Untuk cere cek saldo tersebut, silahkan ikuti panduan berikut ini.

  • Pertama, silahkan Anda buka halaman ib.mandiri.co.id menggunakan broser di laptop maupun smartphone Anda.
  • Lanjut login dengan akun Anda muali dari memasukkan login dan pasword.
  • Setelah login berhasil, silahkan pilih menu “Uang Elektronik”.
  • Lanjut dengan memilih menu “Mandiri e-Money” dan pilih Informasi Saldo.
  • Masukkan 16 digit nomor e-money yang tertera pada kartu yang Anda miliki.
  • Klik tombol kirim dan tunggu beberapa saat dan Anda akan menemukan informasi saldo yang Anda miliki pada kartu E-money atau e-tool tersebut.

2. Cek Saldo E-Money Lewat ATM

Cara cek saldo e-money tanpa NFC selanjutnya bisa melalui ATM yang berlogo e-money. Cara ini bisa dilakukan meski Anda tidak memiliki akun rekening bank yang bersangkutan. Perlu diingat, ATM harus memiliki logo e-money ya. Untuk panduannya, silahkan ikuti langkah demi langkahnya dibawah ini:

Pertama, silahkan tekan tombol “ACCEPT” pada mesin ATM tersebut
Selanjutnya, pilih menu “Mandiri e-Money” pada tampilan layar monitor ATM tersebut.
Lanjut dengan menempelkan kartu e-Money yang Anda miliki pada tempat yang telah disediakan.
Kemudian tekan menu “Informasi Saldo” pada layar monitor ATM.
Jika semuanya sudah benar, maka mesin ATM akan menampilkan jumlah saldo yang Anda miliki pada kartu E-Money atau E-Toll Anda.

Jika kedua cara diatas tidak memungkinkan untuk Anda lakukan saat ini, silahkan lanjut dengan cara dibawah ini.

3. Cek Saldo E-Money di Minimarket

Beberapa tempat seperti minimarket atau gerai menyediakan mesin EDC. Mesin ini disediakan pemilik toko untuk memudahkan pembayaran secara digital dengan kartu dedit ataupun kartu lainnya.

Bahkan dengan e-Money Anda juga bisa melakukan pemayaran di toko tersebut. Dan bagusnya, Anda juga bisa melakukan cek saldo e-Money Anda disini. Beberapa toko tersebut meliputi Alfamart, Indomart, Spermarket dan juga beberapa toko lain yang memiliki mesin EDC.

Untuk cara cek saldo e-Money di Alfamart, Indomart atau toko dengan mesin EDC adalah dengan meninta pihak kasir atau pelayan toko untuk melakukan pengecekan saldo kartu Anda.

Selain pengecekan saldo, Anda juga bisa mlakukan Top Up pada kartu e-Money Anda ditempat tersebut. Namun, biasanya pihak gerai atau minimarket akan mengenakan biaya tambahan sebesar seribu hingga 2 ribu perak setiap kali pengisian saldo.

4. Cek Saldo E-Money di Tool dan Tempat Umum

Selain cara diatas, cara cek saldo e-Money tanpa NFC juga bisa dilakuakn di tempat tempat umum seperti pintu masuk Toll. Pelu Anda keahui, e-Money in bisa digunakan untuk pembayaran Toll. Jadi saat masuk jalan Toll, saldo e-money Anda akan tertera pada monitor yang disediakan. Namun, cara ini sedikit rawan karena jika saldo Anda tidak cukup untuk melewati jalan Toll, maka Anda tidak akan bisa lewat dan harus melakukan top-up terlebih dahulu.

Selain gerbang Toll, di tempat parkir yang menerapkan pembayaran e-Money juga bisa digunakan untuk pengecekan saldo kartu Anda. Silahkan menanyakan pada petugas parkir yang ada berapa jumlah saldo e-money yang Anda miliki.

Dan cara cek saldo e-money tanpa NFC yang terkahir adalah ditempat Anda akan menggunakan kartu E-Money tersebut. Seperti contohnya saat menggunakan transportasi umum seperti BST atau transjakarta. Dengan menempelkan kartu e-money tersebut, Anda akan melihat jumlah saldo yang Anda miliki.

Cara Cek Saldo e-Money dengan NFC

Selain cara cara diatas, masih ada cara lain yang lebih praktis hanya denganmenempelkan kartu e-Money Anda pada bagian belakang smartphone Anda. Tentu saja, HP anda harus mendukung layanan NFC ini. Biasanya, untuk smartphone keluaran terbaru sudah ada dukungan layanan NFC.

Syarat utama dalam pengecekan saldo ini adalah Anda harus mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu. Namun, jika belum aktif, biasanya saat menempelkan kartu, akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan NFC. Untuk mengaktifkan NFC, silahkan masuk ke setting > Connection & Sharing > NFC > ON.

Adapaun cara cek saldo dengan NFC ini bisa melalui beberapa platform, misalnya tokopedia, shopee, livin mandiri, buka lapak, link aja dan platform marketplace lain yang menyediakan pembayaran dengan e-money.

Berikut ini panduan dari setiap platform yang bisa Anda ikuti:

1. Cek saldo e-money lewat Livin by Mandiri

Biasanya, nasabah Bank Mandiri sudah menggunakan aplikasi living Mandiri, hanya saja aplikasi ini memang hanya suport untuk android minimal 6. Jika Anda telah memiliki aplikasi livin by mandiri, silahkan cek saldo e-money dengan panduan sebagai berikut.

  • Silahkan Buka Apliaksi living mandiri Anda
  • Login dengan ID dan pasword yang Anda miliki
  • Tempelkan kartu e-Money Anda dibelakang HP
  • Tunggu ebebrapa saat dan saldo e-Money Anda akan muncul di layar smartphone Anda

Cara ini memang yang paling praktid dan mudah karena e-Money memang dikeluarkan oleh bank Mandiri. Namun, jika Anda tidak memiliki aplikasi livin by Mandiri karena berbagai alasan, Anda tetap bisa mengecek saldo e-money dengan menggunakan l;ayanan pihak ketiga dibawah ini.

2. Cek saldo e-Money Mandiri lewat Tokopedia

Tokopedia merupakan paltform marketplace yang cukup terkenal di Indonesia. Tidak sedikit orang menggunakn layanan ini untuk beberlanja oline. Bahkan, Anda juga bisa melakukan cek salso e-Money lewat Tokopedia ini. Dan berikut caranya:

  • Pastikan fitur NFC anda sudah Aktif. Caranya bisa dibaca diatas ya.
  • Lanjut denganmembuka Aplikasi Tokopedia dan login dengan akun yang Anda miliki.
  • Pilih menu tagihan pada tampilan layar tersebut
  • Lanjut dengan menekan tombol “e-Money”
  • Silahkan pilih “Cek Saldo”
  • Kemudian tempelkan kartu e-Money Anda dibalakang smartphone Anda
  • Tunggu beberapa saat dan saldo E-Money Anda akan muncul

3. Cek saldo e-money Mandiri melalui Shopee

Jika Anda lebih menyukai shopee dibandingkan dengan Tokopedia, Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo e-Money Mandiri melalui Shopee. Tentu saja, syarat utama anda memiliki akun shopee terlebih dahulu. Untuk cara cek saldo e-Money lewat Shopee bisa mengikuti panduan dibawah ini.

  • Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu.
  • Lanjut buka aplikasi shopee dan login dengan akun yang Anda miliki.
  • Selanjutnya pilih menu “Pulsa, Tagihan, & Hiburan”.
  • Kemudian pilih menu “Uang Elektronik” dan Klik Update Saldo
  • Lanjut dengan memilih “e-Money Mandiri” dan tempelkan kartu e-money dibelakang HP Anda.
  • Tunggu beberapa saat sampai saldo Anda muncul.

4. Melalui Bukalapak

Selain kedua platform marketplace diatas, Anda juga bisa melakukan cek saldo e-Money Mandiri melalui Bukalapak. Hal ini karena bukalapak juga menyediakan pembayaran dengan menggunakan e-money mandiri. Untuk mengecek saldo e-Money dengan NFC di Bukalapak, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  • Pertama, aktifkan Fitur NFC pada handphone Anda.
  • Buka APlikasi Bukalapak dan login dengan akun yang Anda miliki
  • Silahkan pilih menu “e-Money”
  • Lanjut dengan menempelkan kartu e-Money yang Anda miliki
  • Tunggu bebrapa saat dan saldo akan muncul di layar handphone Anda.

5. Cek saldo Melalui LinkAja

Cara cek saldo e-money dengan NFC yang terakhir yakni melalui aplikasi Link Aja. Tak berbeda jaih dengan cara yang telah disebutkan diatas, ANda juga bisa mengetahui saldo e-money anda dengan memanfaatkan layanan dari aplikasi link Aja. Caranya cukup mudah, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  • Seperti biasa, silahkan aktifkan dahulu fitur NFC di HP Anda.
  • Lanjut denganmembuka aplikasi Link Aja dan login dengan akun Anda
  • Kemudian pilih menu “Kartu Uang Elektronik”.
  • Lanjut dengan memilih menu “Cek Saldo”.
  • Selanjutnya, silahkan pilih kartu yang akan di cek yakni “e-Money”.
  • Silahkan tempelkan kartu e-Money dibelakang smartphone Anda dan tunggu beberapa saat.
  • Informasi saldo akan muncul dilayar HP Anda.

Nah sahabat JogloNesia, itulah 9 cara cek saldo e-Momey Mandiri yang bisa Anda lakukan baik menggunakan NFC maupun tanpa NFC. Semoga bisa membantu Anda.