Gempa Sukabumi Berkekuatan 4,7 M Terasa Sampai Bandung
Credit image: pikiran-rakyat.com

Gempa Sukabumi Berkekuatan 4,7 M Terasa Sampai Bandung

Gempa Sukabumi berkekuatan 4,7 Magnitudo terasa sampai Bandung. Ini merupakan gempa tektonik yang mengguncang daerah Sukabumi yang terjadi pada hari senin tanggal 31 Oktober 2022 pada pukul 10.05 WIB.

Bahkan karena kekuatannya yang besar ini, getaran juga dirasakan oleh warga pangandaran dan juga Bandung. Namun, kabar baiknya, gempa tersebut tidak berpontensi menimbulkan Tsunami. Setidaknya seperti itulah pernyataan dario BMKG ( Badan Meteerologi Klimatologi dan Gofisika)

BMKG juga melaporkan info terbaru bahwa titik koordinat terjadinya gempa sukabumi ini berada pada 7.70 LS – 106.88 BT atau sekitar 87 KM arah barat daya Sukabumi Jawabarat.

Sedangkan pusat gempa sendiri berada di tengah laut dengan kedalaman 20 KM sekitar laut selatan Jawa Barat. Meski demikian, gempa ini sendiri dinyatakan sebagai gempa yang cukup dangkal.

Getaran Gempa Sukabumi Sampai Bandung

Getaran gempa ini sendiri tidak hanya dirasakan oleh warga sekitar Sukabumi, melainkan juga beberapa kawasan lain. Namun, getaran paling kuat dirasakan warga sekitar Gunung Kencana dan juga Bayah.

Beberapa benda yang mengantung ikut bergoyang akibat dari kekuatan gempa di Sukabumi ini karena intensitas gempa II-III MMI. Bahkan, warga sekitar bandung dan juga warga Majalengka ikut merasakan getaran dari gempa yang terjadi pada hari ini.

Hartanto selaku kepala BMKLG wilayah II Tangerang Selatan juga menjelaskan penyebab dari Gempa Sukabumi ini yakni karena aktivitas subduksi lempeng.

“Gempa akibat aktivitas subduksi lempeng,” Ungkap Hartanto lewat keterangan yang tertulis, Senin, 31 Oktober 2022.

Selain itu, warga di kawasan Priangan Timur juga merasakan perluasan guncangan yang memiliki skala intensitas III MMI. Sedangkan untuk wilayah Garus Selatan, pandandaran dan juga Tasikmalaya juga ikut merasakan adanya getaran. Namun, getaran yang dirasakan oleh warga Bandung juga tengerang memang cukup lemah karena hanya memiliki skala II MMI.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada laporan kerusahan dan juga korban jiwa akibat gampa Sukabumi ini. Namun, dikabarkan tidak akan terjadi gempa susulan. Jadi, pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh akan isu yang beredar dimasyarakat.

Meskipun demikian, masyarakat juga tetap diminta untuk tetap waspada akan adanya gempa lagi. Hal ini karena Indonesia memang terkenal dengan sering terjadinya gempa tektonik.