Penyebab Instagram Down dan Akun Suspend Tak Bisa Login
credit image: okezone.com

Penyebab Instagram Down dan Akun Suspend Tak Bisa Login

Sejak senin malam tanggal 31 Oktober 2022, pengguna Instagram mengeluh karena tidak bisa login dan akun suspend. Kendala ini dialami hampir semua pengguna sosial media besutan Metta tersebut. Lantas apa penyebab Instagram down dan akun suspend tak bisa jogin ini?

Dari hasil pantauan JogloNesia, terdapat beberapa pengguna yang menerima notifikasi bahwa akun mereka di suspend pada tanggal 31 Oktober 2022. Beberapa alasan notifikasi beraneka ragam yang pada poinnya lebih banyak karena pengangguhan. Bahkan untuk melakukan konfirmasi akun juga tidak bisa dilakukan lantaran terkena suspend dengan alasan melanggar pedoman komunitas.

Selain itu, beberapa pengguna memiliki waktu maksimal 30 hari untuk memberikan persetujuan akan keputusan tersebut. Masalah ini terjadi di beberapa negara termasuk di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit yang mengalami penurunan jumlah follower mereka.

Para pengguna meluapkan kekesalan dan juga mencari informasi melalui Twitter dan akhirnya menjadi trending Hastag #instagramdown. Dilain tempat, the verge juga memberikan laporan yang menyatakan bahwa kejadian ini terkonsentrasi pada pengguna iPhone. Mereka melaporkan bahwa aplikasi instagram sulit untuk diakses dan justru mendapat pemberitahuan akun ditangguhkan.

Penyebab Instagram Down dan Akun Suspend

Mendengar cuitan dan laporan yang menjadi trending di Twitter, pihak Instagram bergerak cepat dan mencoba melakukan pengecekan terkait laporan masla tersebut. Mereka juga meminta maaf atas kejadian yang sedang terjadi melalui akun Twitter @InstagramComms.

“Kami menyadari beberapa dari Anda mengalami masalah saat mengakses akun Instagram. Kami sedang menyelidikinya dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis akun tersebut.

Namun, sejak pagi tadi, pengguna Instagram sudah bisa bernapas lega. Pasalnya, akun mereka sudah kembali lagi dan Instagram sudah bisa diakses. Meski demikian, masih ada beberapa yang kesulitan untuk login ke akun mereka. Pihak instagram menyatakan telah mengatasi masalah tersebut.

“Kami telah mengatasi bug ini sekarang, ini menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan sementara pada beberapa jumlah pengikut. Maaf!” tulis akun @InstagramComms.

Beberapa permasalahan yang sama-sama dihadapi pengguna kekaring sosial Instagram hampir sama, yakni tidakbisa mengakses akun mereka. Bahkan, sebagian dari akun tersebut telah ditangguhkan dengan alasan pelanggaran pedoman komunitas.

Dari data laporan yang berhasil dihimpun, setidaknya ada sekitar 6.000 laporan karena error yang terjadi pada akun isntagram mereka. Sekitar 34% diantaranya menyatakan bahwa mereka tidak bisa leogin meskipun mencoba menekan lupa pasword. Sedangkan 5% dari laporan yang ada menyatakan tidak bisa mengakses Instagram web.

Seperti dijelaskan diatas, berita viral atas kejadian ini tidak hanya dialami oleh pengguna instagram di Amerika, namun juga sebgaian pengguna di Indonesia juhga mengalami dampak yang sama. Bahkan, keluhan juga dilaporkan yang menerangkan bawha akun mereka mendadak raib.

Bahkan, beberapa akun yang masih bisa login melaporkan jumlah follower merika munurun drastis. Karena itulah Instagram bergerak cepat dan mengatasi penyebab Instagram Down dan akun suspend.