Cara Mencari Hp Hilang Dengan Email Gmail
Credit Image: qoala.com

Cara Mencari HP Hilang Dengan Email Gmail

Kebanyakan orang akan merasa panik saat kehilangan HP nya. Ini memang wajar karena HP jaman sekarang merupakan sesuatu yang privasi dan juga terdapat beberapa akun uang elektronik. Lalu, bagaimana cara mencari HP hilang dengan email saja?

Jika anda merasa HP anda hilang entah dicuri seseorang atau terjatuh, langkah yang tepat adalah segera melakukan pelacakan. Ada beberapa cara mencari HP hilang yang bisa anda lakukan saat ini. Entah handphone Oppo, Samsung, Android dan Iphone, Anda bisa mencarinya dengan mudah. Salah satunya dengan menggunakan akun email atau Gmail Anda. Tentu saja, syaratnya adalah Anda ingat email dan pasword yang digunakan untuk login ke HP anda.

Sejauh ini, penggunaan HP tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi. Kemajuan teknologi yang ada saat in memungkinkan orang prang tidak bisa lepas dari penggunaan HP. Karena, beberapa fitur dan layanan yang tersedia cukup memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi dan aktivitas lainnya.

Yang paling penting memang ketersediaan akun e-wallet atau dompet elektronik dan juga beberapa dokumken penting lainnya. Tak ayal lagi, slogan dunia dalam genggaman yang sering digaungkan beberapa tahun lalu, kini mulai menjadi kenyataan.

Hal inilah yang menjadikan kepanikan seseorang yang kehilangan HP nya. Untuk itu, setiap pemilik HP sebaiknya mempelajari tutorial dan cara mencari HP hilang dengan email atau akun Gmail Anda.

Cara Mencari HP Hilang Dengan Email

Smartphone yang sekarang ini tentu saja wajib menggunakan email untuk bisa menggunakan semua fitur yang disediakan. Karna itulah, sebaiknya Anda mengingat akun email dan password yang Anda gunakan untuk registrasi. Selain itu, Anda juga wajib memiliki catatan email dan password tersebut dalam buku yang tersimpan rahasia di rumah.

Hal ini penting untuk berjaga jaga ketika Anda lupa dan terjadi sesuatu yang mengharuskan Anda untuk login ulang. Meski ada sebagian orang yang mengembalikan HP Anda yang hilang, namun tidak semua orang memiliki sikap yang sama. Karena itulah, penting untuk berjaga-jaga sejak dini.

Untuk mencari HP Anda yang hilang entah dicuri orang atau terjatuh, berikut ini cara cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pelacakan keberadaaan HP tersebut.

1. Melacak HP Hilang dengan Find My Device

Google merupakan mesin pencari yang sangat luar biasa hebat. Selain bisa digunakan untuk melacak keberadaaan HP anda, beberapa produk Android lain juga bisa dilakukan seperti Smart Watch Wear OS.

Bahkan, pengguna Android juga bisa menghapus data data penting dan menguncinya melalui layanan ini. Syarat utama penggunaan layanan goole yang satu ini adalah akun Email Gmail Anda beserta Password dan juga akses jaringan internet tentunya.

Untuk cara mencari HP Hilang dengan Email dan Find My Device, silahkan Anda ikuti panduannya dibawah ini:

  • Pertama, buka browser Anda dan buka laman https://www.google.com/android/find.
  • Selanjutnya silahkan centang setuju yang mana google meminta izin untuk melacak lokasi HP Anda.
  • Lanjut dengan login menggunakan email Gmail Anda beserta password yang Anda buat pada HP yang hilang tersebut.
  • Jika Anda menggunakan akun gmail tersebut lebih dari Satu HP, maka silahkan pilih jenis HP yang ingin Anda cari keberadaanya.
  • Danjika HP Anda memiliki lebih dari 1 email, silahkan login menggunakan akun Utama pada HP tersebut.
  • Setelah itu, Google akan menampilkan notifikasi pada HP yang hilang tersebut dari Google Play Service.
  • Kemudian, Anda akan melihat informasi keberadaan HP Anda pada Google Maps.

Sebagai catatan: Lokasi yang ditampilkan google maps pada layanan find my device tersebut bisa saja kurang akurat. Namun, google berusaha memberikan informasi keberadaaan HP Anda yang pernah berada di likasi tersebut.

Fitur Tambahan

Jika dirasa cara diatas masih belum memuaskan Anda, google juga masih memiliki cara untuk menyelamatkan beberapa data penting yang Anda miliki di HP tersebut. Beberapa fitur lain yang cukup membantu diantaranya adalah:

  • Play Sound: Ini akan membuat panggilan kepada HP Anda selama 5 menit tanpa berhenti.
  • Secure Device: Anda bisa melakukan penguncian HP yang hilang dengan PIN atau pola dan juga mengirimkan pesan yang akan muncul pada layar HP tersebut. Saran terbaik adalah mengirimkan pesan dengan nomor telepon untuk menghubungi Anda.
  • Eraser Device: Anda bisa melakukan penghapusan data di HP secara permanen, hanya saja data yang tersimpan di memori tetap tidak akan terhapus. Penting untuk Anda ketahui, jika Anda menggunakan fitur ini, maka secara otomatis, Anda sudah tidak bisa lagi menggunakan layanan find my device. Jadi, gunakan fitur ini ketika Anda sudah mengikhlaskan HP Anda yang hilang. 🙂

2. Mencari HP Hilang dengan Email Gmail

Ini adalah salah satu cara mencari HP hilang dengan email Gmail yang tidak berbeda jauh dengan cara diatas. Hanya saja, prosesnya melalui email terlebih dahulu, bukan langsung mengakses url yang ada. Untuk caranya, silahkan ikuti tutorial berikut:

  • Silahkan buka Browser di laptop Anda dan buka Gmail.com
  • Lanjut dengan login menggunakan email Gmail Anda beserta pasword yang tertaut pada HP yang hilang tersebut.
  • Tekan ikon titik kotak yang ada dibagian atas kanan dan pilih opsi “Akum”.
  • Selanjutnya silahkan pilih Opsi “Keamanan”.
  • Lanjutkan dengan cek Informasi perihal perangkat yang memiliki akse Gmail Anda.
  • Nah, selanjutnya silahkan Anda pilih HP yang hilang tersebut.
  • Kemudian, lanjutkan dengan menekan tombol “Detail Selengkapnya” dan lanjut dengan memilih “Cari Perangkat”.
  • Nah, disini Anda akan diarahkan untuk menggunakan layanan Find My Device seperti cara sebelumnya. Jadi, langkah selanjutnya bisa Anda baca ulang pada cara pertama diatas.

3. Cara Mencari HP Hilang dalam Keadaan Mati

Kedua cara yang disebutkan diatas, tentunya HP harus dalamkeadaan hidup. Lantas, bagaimana cara mencari HP Hilang dalam keadaan mati? Tidak usah panik, karana selama Anda masih memiliki dan ingat email beserta pasword yang tertaut pada HP tersebut, Anda masih bisa melakukan pelacakan.

Untukmenggunakan cara yang satu ini, silahkan ikuti tutorial dari JogloNesia kali ini:

  • Langkah pertama silahkan buka Google Maps menggunakan PC atau laptop.
  • Lanjut dengan menekan ikon segitiga pada bagian kanan halamam tersebut.
  • Tekan Opsi “Add Account”
  • Lanjut dengan memasukkan alamat email dan password yang tertaut pada HP yang hilang itu.
  • Silahkan centang “saya setuju” pada tampilan layar Anda.
  • Lanjut dengan menekan ikon segitiga pada bagian atas sebelah kiri.
  • Kemudian silahkan Anda memilih menu “Linimasa”.
  • Dan terakhir, silahkan tunggu ebberapa saaat sampai Google Maps akan meberitahukan keberadaan HP Anda.

Nah. Itulah ketiga cara mencari HP Hilang dengan email. Sangat penting untuk mengingat email beserta password yang tertaut pada HP. Karena itulah, jika daya ingat anda cukup rendah, sebaiknya backup akun email Anda secara offline dibuku catatan harian Anda.

Dan jika Anda tidak ingat email ebserta paswordnya, JogloNesia masih memiliki satu cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk melacak keberadaan HP yang hilang.

4. Melacak HP Hilang dengan IMEI

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan ID pengenal pada HP. Setiap HP memiliki IMEI yang berbeda dan ini tidak bisa dihapus maupun di rubah.

Peluang untuk menemukan lokasi HP hilang akan semakin mudah dengan IMEI yang sudah tersambung dengan akun email. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghubungi layanan provider yang digunakan pada HP yang hilang tersebut danmeminta bantuan mereka untuk melacaknya. Biasanya, mereka akan menanyakan nomor IMEI HP yang hilang itu sendiri.

Nomor IME ini sendiri biasanya tertulis dalam kardus saat membeli HP. Namun, jika Anda tidak bisa menemukan nomor IMEI tersebut, setidaknya biasakan untuk mencatat nomor IMEI sebelum terjadi kejadian kehilangan HP.

IMEI bis ditemukan dengan cara ketik “#06#” tanpa tanda petik dan tanpa menekan panggilan. NOmor IMEI akanlangsung muncul di layar HP Anda. Selain cara ini, Anda juga bisa menemukan IMEI dengan membuka Setting > About Phone dannomor IMEI tertera disana. Silahkan dicatat ya nomornya karena pihakkepolisianjuga menggunakan data IMEI untuk melakukan pelacakan HP yang hilang.

Nah, Sobat JogloNesia, itulah cara mencari HP Hilang dengan email Gmail dan juga dneganmenggunakan IMEI yang bisa Anda gunakan. Semoga HP Anda segera ketemu kembali dalam keadaan utuh ya. Jika bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman atau saudara Anda.