aplikasi android untuk membuat animasi

13 Aplikasi Android Untuk Membuat Animasi Terbaik

Jika Anda memiliki waktu luang dan hobi dalam menggambar, ada baiknya ide Anda dituangkan dalam bentuk animasi bergerak. Selain menyalurkan hobi, animasi bergerak Anda bisa dirubah menjadi sebuah video animasi yang tentunya akan lebih menarik. Tidak perlu kawatair karena sekarang tersedia aplikasi android untuk membuat animasi Anda semakin lebih hidup.

Bahkan, ketika karya Anda ini banyak yang menyukai, bukan tidak mungkin akan menjadi sumber penghasilan tambahan yang justru akan semakin meningkatkan finansial Anda. Bahkan, bisa jadi justru ini adalah sumber penghasilan yang bisa dijadikan pekerjaan tetap harian Anda.

Seperti disebutkan diatas, kemajuan teknologi sekarang ini semakin memudahkan pekerjaan kita. Tak terkecuali, dalam pembuatan animasi, kini juga tersedia aplikasi android pembuat animasi yang bisa Anda lakukan dimanapun posisi Anda sekarang.

Jika dahulu biasanya untuk pembuatan video animasi biasa dilakukan dengan menggunakan laptop dengan bantuan software khusus, sekarang Anda bisa melakukannya dengan smartphone Anda. Tentu saja, ini membutuhkan bantuan pihak ketiga yakni aplikasi android untuk membuat animasi yang akan membuatnya lebih hidup dan menyenangkan.

13 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Membuat Animasi

Nah, untuk memudahkan Anda dalam embuat video animasi, berikut ini daftar aplikasi android untuk membuat animasi yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kenyamananan Anda.

1. Draw Cartoons 2

Aplikasi Draw Cartoons 2 memungkinkan Anda menggambar karya seni Anda yang sederhana dengan menggunakan alat bawaannya. Anda juga dapat memilih dari berbagai karakter yang Anda sukai saat menggunakan aplikasi ini. Plus, melalui opsi ini, Anda dapat membuat elemen kartun apa pun yang Anda inginkan.

Anda dapat dengan mudah membagikan video pekerjaan Anda yang dibuat dan telah dkonversi dengan aplikasi ini agar bisa dilihat secara offline ataupun bisa Anda uploud ke youtube.

2. FlipaClip

Aplikasi android untuk membuat animasi selanjutnya adalah FlipaClip yang merupakan aplikasi besutan dari Visual Blasters LLC. Melalui aplikasi ini, Anda dapat membuat video kartun frame-by-frame dengan gambar yang lebih halus dan tidak mengecewakan.

FlipaClip adalah aplikasi animasi Android yang populer di kalangan penggunanya. Aplikasi ini memiliki banyak fitur unik yang membuat animasi mereka lebih menarik dan unik. Ini termasuk frame setting, onion layer dan penghitung waktu animasi yang menjadikannya pilihan populer di kalangan animator.

Ini memiliki banyak fitur canggih yang mirip dengan aplikasi android pembuat animasi seperti Flip Book. Aplikasi ini membantu Anda menggunakan stylus pen Samsung pada Samsung Galaxy Note atau perangkat lain yang dilengkapi stylus. Ini memudahkan untuk merekam video animasi di smartphone atau tablet Android Anda.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat animasi berdasarkan karakter yang mereka Buat sendiri. Ini juga kompatibel dengan perangkat seluler, yang membuatnya sangat fleksibel. Anda dapat membuat video animasi menggunakan aplikasi ini di mana saja dan kapan saja menggunakan smartphone.

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang berguna. Ini termasuk kemampuan untuk memilih Frames Per Second, menggambar dan banyak lagi. Ini berguna untuk pemula yang ingin membuat animasi. Plus, ini adalah aplikasi yang mudah digunakan bagi siapa saja yang ingin belajar cara membuat animasi.

3. PicsArt Animator: GIF & Video

PicsArt lebih dikenal sebagai aplikasi edit foto yang populer di kalangan pengguna Android. Tapi tahukah Anda bahwa aplikasi ini juga memiliki versi animator? Anda pasti harus mencoba versi ini.

Pencipta aplikasi pengeditan foto yang populer memutuskan untuk mengembangkan dan membuat aplikasi animasinya sendiri. Namanya PicsArt dan aplikasinya bernama PicsArt Animator. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video animasi dan kartun sederhana dengan mudah.

Program ini memudahkan pemula untuk membuat video animasi dengan menyediakan fitur animasi seperti duplikasi bingkai dan satu set lengkap alat yang mudah digunakan. Pengguna tidak perlu ahli dalam pembuatan video untuk menggunakan fitur-fitur ini karena aplikasi ini intuitif dan mudah digunakan.

Banyak alat tersedia untuk mendukung kreativitas animator pemula dengan PicsArt Animator. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengedit video dan mengubahnya menjadi versi animasi. Mengambil video melalui aplikasi itu mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Sebagai gantinya, orang dapat menggunakan alat untuk membuat animasi mereka lebih menarik dan mudah diakses.

Siapa pun dapat menggunakan PicsArt Animator tanpa pengetahuan artistik yang relevan. Aplikasi ini menampilkan teknik animasi sederhana yang dapat dengan mudah dimasukkan oleh amatir ke dalam pekerjaan mereka. Meskipun sederhana, animasinya terlihat menarik dan menghibur.

4. Animation Desk

Aplikasi Android untuk membuat animasi yang sangat mumpuni adalah Animation Desk. Itu dapat membuat video animasi dari hampir semua materi pelajaran, termasuk manusia, hewan, dan objek lain yang perlu digambar terlebih dahulu.

Siapapun dapat menggunakan Animation Desk, baik pemula hingga mahir karena fungsinya yang menyeluruh. Banyak orang menikmati penggunaan Animation Desk karena memungkinkan mereka membuat animasi pada tingkat keahlian apa pun.

Untuk menganimasikan karakter atau objek, Anda harus membuat sketsa terlebih dahulu atau membuat objek untuk digambar. Setelah itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur posisi frame dari objek yang digambar. Pada tahapan ini pula, Anda dapat memberikan sentuhan dengan mengatur frame rate dan menambah gerakan yang Anda kehendaki.

Selain alat menggambar dan melukis yang disertakan dalam aplikasi ini, pengguna dapat menggunakan pena, pensil, krayon, dan tiga jenis kuas. Mereka juga dapat menggunakan penghapus untuk menghapus kesalahan.

Setelah sketsa kreasi Anda selesai, Anda dapat menempatkan bingkai di lokasi baru dengan menggesernya bingkai demi bingkai. Anda dapat memilih antara 3 gambar per detik hingga 24 gambar per detik untuk kecepatan bingkai Anda.

5. PicPac Stop Motion & TimeLapse

Semua orang akrab dengan ide menciptakan objek bergerak yang realistis melalui penggunaan manipulasi fisik. Ini dikenal sebagai animasi stop-motion dan merupakan teknik yang populer.

Anda dapat membuat video selang waktu dengan menggunakan kamera untuk mengambil gambar, lalu menggunakan PicPac Stop Motion & TimeLapse untuk membuat animasi Stop Motion dari video tersebut. Aplikasi ini juga memiliki galeri foto untuk digunakan.

Menambahkan musik ke video Stop Motion Anda membuatnya lebih keren dan meningkatkan kualitas film animasi yang sudah jadi. Setelah itu, Anda dapat menyimpan film Anda dalam resolusi 360p.

Pilihan kualitas video yang lebih baik untuk 720p, 1080p atau lebih tinggi tersedia melalui pembelian aplikasi versi Pro. Lapisan tambahan ini memungkinkan pengguna untuk menghapus tanda air dan memilih kualitas video yang mereka sukai.

6. Pixel Studio

Applikasi PixelStudio adalah nama yang menjelaskan aplikasi yang memungkinkan Anda membuat video animasi atau GIF. Membuat konsep di balik aplikasi ini sangat sederhana, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan Pixel Art. Selain itu, membuat aplikasi ini sangat menarik.

Fitur perangkat lunak ini mudah dipahami dan dioperasikan. Beberapa dari mereka bahkan bekerja dengan baik dengan jumlah RAM yang lebih tinggi, meskipun aplikasi ini dapat digunakan meski hanya dengan RAM minimal 2GB.

Aplikasi Android Pembuat Animasi 3 Dimensi

Tentu saja, video animasi dengan model 3 dimensi memiliki penggemar tersendiri. Selain tampak lebih hidup dan realistis, tentu saja hasil dari video animasi ini terlihat lebih bagus. Namun, Anda tidak perlu kawatir karena tersedia aplikasi yang membantu Anda mewujudkannya.

7. Animate it!

Sebuah aplikasi bernama Anime it! dapat digunakan untuk membuat video animasi 3D atau 3 Dimensi. Berbeda dengan pembuat video animasi yang hanya menggunakan gambar 2D seperti yang telah disebutkan diatas.

Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana Anda membuat objek 3D terlihat karena sudah ada banyak baris karakter 3D yang dapat Anda pilih. Setelah memilih karakter, Anda dapat menambahkan objek yang berbeda ke pekerjaan Anda sebelum mengubahnya menjadi video animasi dengan gambar yang lebih menarik.

Setelah memilih karakter, gabungkan dengan objek lain seperti topi, boneka, dan lainnya untuk membuat karakter baru. Selain itu, aplikasi android untuk membuat animasi ini menyertakan beberapa tipe karakter yang dapat dipilih nanti.

Setelah proyek Anda selesai, Anda dapat membuat video animasi hingga 32 frame dengannya. Anda bahkan dapat segera mengedit dan mengubah pekerjaan Anda jika Anda tidak menyukainya. Ini karena proyek Anda mudah dipratinjau dan diedit segera setelah pekerjaan Anda selesai.

8. BuddyPoke 3D Avatar Creator

Bagi siapa saja yang ingin membuat karakter animasi 3D berdasarkan diri mereka sendiri atau seseorang yang mereka kenal, mereka dapat menggunakan aplikasi BuddyPoke 3D Avatar Creator. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengubah foto menjadi karakter yang tampak realistis dengan wajah yang luar biasa. Menakjubkan, bukan?

Dengan aplikasi BuddyPoke 3D Avatar Creator, Anda hanya perlu mengambil foto selfie dan mengunggahnya ke aplikasi. Gambar yang dihasilkan kemudian akan diubah menjadi avatar 3D yang dapat dipindah-pindahkan.

9. Veemee Avatar Creator

Veemee Avatar Creator adalah aplikasi animasi 3D Android terbaik berikutnya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat avatar dan menambahkan lebih banyak aspek dengan tema berbeda dengan memilih pakaian, aksesori, dan latar belakang avatar.

Setelah membuat akun melalui aplikasi Veemee Avatar Creator, Anda dapat menggunakan Permata yang Anda beli untuk membeli aksesori avatar Anda. Anda juga dapat memindahkan, mengubah ukuran, dan bahkan menghapus avatar Anda di aplikasi.

Aplikasi android untuk membuat animasi yang ini juga dapat digunakan oleh para profesional untuk membuat video animasi, model 2D, pelacakan gerak, permainan, dan lainnya. Perangkat lunak ini sangat bagus untuk pemula dan pro!

Aplikasi Android Untuk Membuat Animasi Manusia Tongkat

Beberapa orang menyukai film animasi sederhana namun terkesan lucu. Salah satunya adalah manusia tongkat atai lebih dikenal dengan StickMan. Dan tentunya, ada ebberapa aplikasi yang mendukung untuk pembuatan film animasi yang satu ini. Berikut dibawah ini adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan.

10. Stick Fighter

Dengan animasi frame-by-frame seperti Flip Book, desain Stick Fighter memungkinkannya membuat video lucu yang menggunakan antarmuka sederhana.

Dengan menyebut karakter Anda sebagai β€œStickman”, Anda nantinya dapat menganimasikannya ke dalam bentuk yang Anda inginkan. Ini merupakan salah satu aplikasi android untuk membuat animasi yang sederhana, namun memiliki hasil yang sangat bagus dan disukai para penonton film animasi.

Membuat video animasi yang berpusat di sekitar pertempuran yang menampilkan karakter yang Anda buat menggunakan pedang, pistol, dan senjata lainnya adalah ide bagus. Aplikasi khusus yang dibuat oleh tweber ini mudah dimengerti dan digunakan.

11. StickDraw

StickDraw adalah aplikasi yang mudah digunakan yang memungkinkan pengguna membuat video GIF animasi dengan stickman atau angka. Dimungkinkan untuk membuat video GIF bergerak dengan 1 hingga 10 angka atau figur manusia tongkat, dan seterusnya. Aplikasi ini hampir sama dengan Stick Fighter, hanya saja ada beberapa fitur yang berbeda, terutama tampilan.

Anda dapat menambahkan berbagai bentuk ke Frames. Ini termasuk Segitiga, Persegi Panjang, Persegi Panjang Bentuk Bebas dan Garis. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak bingkai untuk membuat nomor tertentu yang Anda inginkan.

Setelah Anda selesai menganimasikan kreasi Anda, Anda dapat mengubahnya menjadi file GIF atau MP4 dan menyimpannya di galeri ponsel Anda atau Anda bagikan melalui sosial media untuk mempromosikan karya Anda.

12. Stickman Animator

Membuat video animasi dengan aplikasi sebelumnya mungkin terlalu sulit. Alternatif yang lebih sederhana untuk dipertimbangkan adalah Stickman Animator. Aplikasi android pembuat video animasi ini mudah digunakan dan dianggap cocok untuk pemula. Antarmukanya yang sederhana membuatnya ideal untuk pengguna baru.

Anda dapat membuat objek animasi bergerak seperti anjing berjalan atau pistol menembak dengan merekam stickman. Anda juga dapat membuat video animasi potongan karton yang menembakkan peluru.

13. Stick Nodes: Stickman Animator

Membuat figur animasi manusia tongkat adalah salah satu fitur terbaik dari Stickman Animator, aplikasi Android untuk membuat animasi dari pertarungan figur manusia tongkat terlihat keren.

Dengan menambahkan efek suara ke video yang Anda animasikan dapat secara drastis meningkatkan kesan keseluruhan dari video animasi yang Anda buat. Misalnya, Anda dapat menambahkan suara pukulan atau seseorang yang jatuh ke dalam video perkelahian. Dan fitur menambahkan audio in juga tersedia pada aplikasi yang satu ini.

Software ini dibuat oleh ForTheLoss Games. Ini menyediakan fitur pratinjau, sehingga Anda tidak perlu khawatir melakukan kesalahan saat mengerjakan proyek Anda. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur redo dan undo.

Ketika proyek pembuatan animasi Anda telah selesai, Anda dapat menyimpan video yang sudah jadi sebagai GIF atau MP4. Lebih dari 5 juta pengguna android tertarik dengan aplikasi ini, yang dapat Anda coba jika Anda tertarik dengan aplikasi ini.

Kesimpulan

Nah, sobat JogloNesia, jika Anda tertarik untuk mengembangkan bakat dalam dunia seni gambar, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuat video animasi yang sederhana namun hasilnya cukup memuaskan.

Semua aplikasi android pembuat animasi diatas bisa Anda unduh melalui playstore secara gratis. Namun sebagian dari mereka menyajikan fitur berbayar yang tentunya ada layanan yang lebih baik.

Dengan bantuan aplikasi android pembuat animasi diatas, tentunya pekerjaan Anda akan semakn mudah dan lebih cepat dalam proses penggarapan. Sibukkan hari-hari luang Anda dengan tetap berkreasi dan menciptakan sesuatu yang menarik.