Cara Memainkan Game Android di PC Tanpa Emulator

Cara Memainkan Game Android di PC Tanpa Emulator

Kini para gamers bisa bernafas lebih lega, karena sebuah berita viral yang mengatakan bahwa game android bisa dimainkan di PC atau laptop. Bahkan Anda tidak perlu lagi menginstal emulator untuk memainkan sederet game terkenal ini. Lantas, bagaimana cara memainkan game android di PC tanpa emulator? Simak penjelasannya berikut ini.

Setelah beberapa waktu yang lalu memberikan bocoran, akhirnya kini Google resmi memperluas keberadaan jaringan platform game Golge Play yang bisa dimainkan di PC Windows dengan versi beta. Bahkan, untuk memainkan game ini tidak lagi dibutuhkan emulator seperti yang biasa dilakukan para gamers sebelumnya.

Secara terbatas, game Google Play yang biasanya hanya untuk Android kini bisa dimainkan di PC Windows sebagai uji coba dan masih dalam taraf beta.

Namun, tidak semua negara bisa memainkan Game Android in di PC. Hal ini karena uji coba ini terbatas untuk beberapa negara termasuk Indonesia salah satunya.

Cara Memainkan Game Android di PC Tanpa Emulator

Mulai hari ini, Kamis 3 November 2022 mereka yang tinggal di Indonesia, Singapura, Kanada, Filipina, Amerika Serikat dan juga Brasil bisa mendownload game ini.

Pada bulan sebelumnya, Game untuk PC dari Google Play ini menjalani uji coba versi beta di 3 negara, yakni Korea Selatan, Hongkong dan juga Taiwan. Setelah pengujian ini sukses, maka Google resmi memperluas jaringan ini di 8 negara dan Indonesia adalah salah satunya.

Google juga memberikan penjelasan bahwa game ini menjamin sinkronisasi. Maksudnya disini adalah, Anda bisa melanjutkan permainan di laptop atau PC dengan OS Windows jika sebelumnya Anda memainkannya melalui ponsel atau tablet.

Jika selama ini gamers yang ingin memainkan game android di PC atau layar besar harus menggunakan emulator, kini tidak perlu lagi menggunakannya. Ini adalah kabar yang menggembirakan untuk para gamers di 8 negara tersebut. Karena bisa langsung memainkannya dan sudah tersinkronisasi dengan cukup baik.

Dari hasil penelusuran tim JogloNesia, para gamers yang ingin mencoba memainkan Game Android di PC tanpa emulator bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini play.google.com/googleplaygames

Dari hasil keterangan resmi yang didapatkan, Ada sekitar 25 jenis game Android yang cukup populer yang bisa dimainkan di Laptop atau PC. Game tersebut antara lain adalah: Summoners War, State of Survival: The Joker Collaboration, Mobile Legends: Bang Bang, 1945 Air Force, Blade Idle, Three Kingdoms Tactic, Cookie Run: Kingdom dan Evony: The Kingโ€™s Return.

Persyaratan Memainkan Game Google Play di PC

Sebelum Anda mengunduh Google Games Android di PC ini, ada beberapa persyaratan yang harus persiapkan terlebih dahulu. Terutama untuk spek laptop atau PC yang akan Anda gunakan. Beberapa persyaratan minimum ini diantaranya adalah:

  • OS: Windows 10 (v2004)
  • Penyimpanan: SSD (Solid State Drive) dengan ruang kosong 10 GB
  • Grafis: GPU Intel UHD Graphics 630 atau yang sebanding
  • Prosesor: CPU dengan 4 core
  • Memori: RAM 8 GB
  • Akun admin Windows
  • Virtualisasi hardware harus diaktifkan

Persyaratan diatas adalah syarat minimal spek yang dibutuhkan pada laptop atau PC sebelum mencoba memainkan dan mengunduh Game Google Play untuk PC ini. Jadi, jika spek PC atau Laptop Anda lebih besar, tentu akan lebih bagus kinerja device Anda.

Melalui terobosan baru dari Google ini, kini para pecinta game terutama Game Google Play di Android bisa mengunduh dan memainkannya di PC dengan layar yang lebih besar tanpa perlu bantuan emulator lagi.

Anda juga dapat melakukan sinkronisasi dengan mudah terkait dengan akun Google Play Games yang ada di perangkat smartphone, chromebook, laptop, WC WIndows dan juga tablet. Artinya, permainan yang sebelumnya dimainkan melalui HP atau Tablet bisa dilanjutkan kembali sesampai dirumah dengan menggunakan PC atau Laptop dengan akun yang sama.

Ada ebberapa keuntungan yang akan dirasakan oleh para gamers dengan hadirnya Google Play Game for PC ini. Keuntungan tersebut diantaranya meliputi penggunaan layar yang lebih besar, kemudahan kontrol dengan menggunakan keyboard dan juga mouse dan juga fleksibilitas dalam akses.

Tak berbeda jauh dengan Google Play yang dimainkan di Android, gamers juga tetap bisa mengoleksi reward yang berbentuk Google Play Point saat memainkan game yang Anda sukai.

Untuk layanan Google Play Game di PC ini sedikit berbeda dari cloud gaming yang mana, gamers harus mengunduh jenis game yang ingin dimainkan di PC atau perangkat lainnya. Ini cukup adil karena Anda tidak perlu mendownload semua game, cukup permainan yang Anda butuhkan saja.

Kendati demikian, kabar baik ini belum sampai diterima untuk pengguna OS MacOS, karena ini baru sebatas untuk OS WIndows. Jadi pengguna device berlogo apple harus bersabar.