Penyebab Kucing Susah Hamil, Gagal Kawin dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kucing Susah Hamil, Gagal Kawin dan Cara Mengatasi

Kucing sudah dikawinkan berulangkali namun tidak juga hamil. Lantas apa yang menjadi penyebab kucing susah hamil, gagal Kawin dan bagaimana cara mengatasi hal ini? Anda bisa menemukan jawabannya disini. Jadi baca terus artikel ini sampai selesai.

Tidak sedikit orang menganggap kucing sebagai hewan peliharaan yang menawan lucu dan menggemaskan. Bahkan sejumlah orang memilih lebih suka merawat anak kucing sejak mereka masih kecil dibandingkan memelihara ketika mereka telah dewasa.

Kucing tumbuh dewasa, termasuk sistem reproduksinya. Hal ini menyebabkan mereka mengalami birahi dan ingin kawin, dan hal ini pulalah yang dapat membingungkan pemiliknya.

Namun. sekarang ini banyak tersedia jasa pacak yang memberikan jaminan sampai hamil. Tapi, bagaimana jadinya setelah dikawinkan namun kucing susah hamil juga. Apa yang menjadi penyebab akan hal ini.

Kucing Susah Hamil

Karena penampilannya yang lucu ini, kucing yang semula masih kecil dan imut dapat dengan mudah bertransisi menjadi kucing dewasa dan siap untuk bereproduksi. Dan kemampuan reproduksinya terbukti cukup untuk menjadi ibu atau ayah. Namun, ini tidak selalu terjadi dengan hidupnya. Beberapa kucing berjuang untuk kawin meskipun ada pasangan. Apa yang membuat beberapa kucing gagal kawin, dan apa ciri khusus dari individu tersebut?

Meskipun mengawinkan kucing dengan pasangan yang Anda inginkan dapat membantu mengelola emosinya yang intens, usaha ini sering terbukti tidak berhasil.

Pertimbangkan data berikut yang berkaitan dengan kucing tertentu yang tidak mampu kawin atau susah hamil. Selanjutnya, temukan kekurangan kucing-kucing ini yang menyebabkan mereka tidak menemukan pasangan.

Beberapa orang memilih mengawinkan kucingnya dengan hewan peliharaan lain dengan harapan bisa mengatasi nafsu birahi mereka. Inilah yang membuat banyak orang menyewakan kucing jantan mereka sebagai jasa pacak kucing.

Namun tentunya ini butuh waktu lama untuk mencapai hasil yang diinginkan, jadi Anda harus bersabar saat melakukan prosesnya. Bahkan, proses ini membutuhkan pengulangan yang kadang tidak bisa hanya sekali atau dua kali pacak.

Mengenal Ciri Ciri Kucing Gagal Kawin

Kucing dapat memiliki sifat negatif yang tercantum dalam sifat dan kehidupannya. Misalnya, mereka bisa sakit atau mungkin hamil. Mereka juga dapat menolak pasangannya jika sedang tidak berahi, stres, atau tidak mampu merawatnya.

Kucing tidak bisa kawin, jika itu masalahnya. Ada beberapa kendala yang menyebabkan kucing tidak bisa atau gagal kawin. Nah sejumlah ciri ciri ini mungkin akan membantu Anda lebih mamahami permasalahan ini.

Kucing yang sudah siap kawin atau reproduksi menunjukkan siklus birahi yang berhenti dan kembali ke keadaan tenang seperti biasanya. Siklus ini merupakan salah satu indikator kucing yang berhasil dalam perkawinannya.

Agar Anda semakin memahami, sebaiknya Anda mengenali sejumlah cici ciri kucing yang gagal kawin berikut. Biasanya, mereka menunjukkan beberapa indikator yang terlihat namun Anda tidak menyadarinya.

1. Saling Bertingkah Agresif

Dua kucing yang akan Anda kawinkan mungkin tidak saling kenal, mereka cenderung menyerang satu sama lain secara agresif saat pertama kali bertemu.

Pasangan kucing jantan dan kucing betina dapat berhasil bereproduksi berkat kebiasaan mereka saling ketemu dalam waktu yang cukup lama. Jadi, Ini bukan alasan untuk Anda khawatir jika kucing gagal kawin.

Seekor kucing yang terus mengejar pasangannya secara agresif tidak akan bereproduksi karena alasan mulai dari penolakan pasangannya untuk kawin atau kemandulan.

Ada sejumlah alasan mengapa kucing tidak bisa kawin. Mereka mungkin tidak sehat, mereka mungkin belum birahi atau mereka mungkin tidak siap.

Jika kucing mengalami peningkatan agresi akhir-akhir ini, Hal ini mungkin karena siklus birahi kucing berada pada puncaknya tetapi tidak mampu melepaskan dorongan seksualnya. Kucing dapat menunjukkan perilaku agresif karena tidak menemukan pasangan atau karena tidak berhasil kawin.

Saat kawin dengan kucing jantan dari garis keturunan yang berbeda, sifat agresif kucing sering kali menghilang. Ini karena perilaku agresif kucing merupakan bagian dari proses adaptasi alaminya. Ini terjadi karena proses perkawinan itu sendiri menyebabkan agresi pada beberapa kucing. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir jika kucing Anda pernah bertengkar dengan salah satu calon pasangannya sebelum kawin.

Kucing yang mengalami kegagalan kawin dapat terus mencakar padahal biasanya tidak. Mereka mungkin juga mencakar lebih dari biasanya karena gagal kawin. Atau, ini bisa jadi karena kesehatan kucing sedang menurun atau mereka mengalami masalah lain.

2. Siklus Birahi Terus Terjadi

Siklus kawin kucing rata-rata berlangsung 4 hingga 5 hari sebelum dimulai lagi 1 bulan kemudian. Jika salah satu dari dua kucing gagal kawin, siklus birahi mereka akan terus berlanjut.

Kucing jantan tanpa pasangan terus mencari pasangan betina. Mereka mungkin mencoba membuka pintu dan jendela meskipun tidak menemukannya. Tidak berbeda jauh dengan kucing betina yang akan terus bersuara dan mencari pintu keluar untuk mencari pasangan.

Ada banyak cara untuk meredakan dorongan seksual kucing di rumah. Beberapa metode termasuk memberikan pengobatan rumahan seperti afrodisiak atau aromaterapi. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kalung dengan bel yang menarik perhatiannya dari tetangga.

Kucing memiliki siklus birahi yang berlangsung selama satu bulan yang biasanya berlangsung empat sampai lima hari. Jika kucing gagal kawin, puncak nafsunya terus berlanjut. Jadi, satu satunya jalan adalah mencarikan mereka pasangan untuk meredakan nafsu birahi kucing.

Kucing bisa mendengkur, yang bisa didengar oleh individu jantan dan betina dan ini dapat membantu mereka menarik lawan jenis. Selain itu, kucing sering memiliki hubungan dekat dengan pintu dan jendela yang membuat banyak orang percaya bahwa mereka berharap untuk keluar.

3. Kucing Stres

Karena kucing tidak bisa kawin karena tidak juga menemukan pasangan, mereka sering stres karena nafsu yang tidak terpenuhi.

Ketika kucing berada luar rumah umtuk menemukan jodoh, mereka mungkin stres ketika mendengar pasangan kucingnya berhasil kawin sementara dia sendiri sedang mencari pasangan.

Kucing di luar ruangan secara alami dapat mengatur tingkat stresnya dengan bergerak dan mencari perhatian dari pengasuhnya. Namun, tidak demikian halnya dengan kucing yang tinggal di tempat tertutup baik dikandang maupun di dalam rumah.

Dengan item ini, kucing masa depan bisa bersembunyi dari rumah bukannya bahagia.

Stres dapat menyebabkan kucing gagal kawin atau menyebabkan mereka tidak dapat menyalurkan hormonnya. Jika stres menyebabkan kesulitan makan, menunjukkan agresi atau tidak ingin bermain, maka kesulitan kawin mudah terlihat pada kucing.

Cara terbaik untuk mengurangi stres kucing Anda adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Jangan Memaksa Kucing Untuk Bermain

Kucing membutuhkan waktu untuk istirahat saat mereka lelah karena stres yang hebat. Mereka juga mudah lelah dan kehilangan energi saat tidak cukup makan.

Bangkitkan Hasrat Kucing Dengan Membantunya Mencarikan Pasangan

Untuk kawin, cari pasangan untuk kucing Anda. Atau biarkan dia keluar dan mencari pasangan. Ini agar kucing dapat memuaskan keinginannya. Namun, Tidak bisa dipungkiri memang bawha ini terlalu beresiko melepaskan kucing yang biasanya tinggal di dalam rumah. Mengapa demikian? Kucing di luar bisa berkelahi dengan kucing lain atau bisa juga mereka yidak bisa menemukan jalan .

Tambahkan Aroma Kucing Ke Rejimen Terapeutik

Kucing bisa mendapatkan keuntungan dari efek aromaterapi. Dengan menyemprot mereka dengan minyak ini, Anda dapat mengurangi tingkat stres mereka dan membantu mereka menjadi tenang. Anda juga bisa memberikan aromaterapi pada kucing dan membantunya meredakan libidonya.

Ketahuilah bahwa tidak ada gunanya mencoba mencari jodoh jika kucing Anda adalah kucing rumahan yang belum keluar rumah. Sebaliknya, carilah pasangan untuk kucing Anda jika ia tinggal di luar rumah. Dengan cara ini Anda dapat memelihara kucing di dalam rumah sambil membantunya melepaskan dorongannya.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Kucing dapat menunjukkan banyak tanda suasana hati yang buruk saat mereka sakit atau menghadapi situasi yang sulit. Misalnya, mereka mungkin menolak untuk makan.

Kucing mungkin tidak kawin, yang berarti mereka tidak menyalurkan libidonya ke hasrat tertentu. Akibatnya, mereka biasanya menolak makanan apapun yang kita berikan.

Memprioritaskan hal-hal yang berkaitan dengan gairah seks mereka di atas hal-hal yang berkaitan dengan perut.

5. Gelisah Dan Sulit Tidur

Perubahan perilaku kucing menunjukkan bahwa dia tidak berhasil mencari calon pasangan. Misalnya, dia mungkin berharap melihat kucing betina atau jantan pada waktu tidur, meskipun biasanya dia tidur di siang hari.

Anak kucing yang lahir dengan kebiasaan ini akan menjadi malas, banyak menuntut, dan terlalu terikat dengan pemiliknya saat berhasil kawin. Mereka juga akan menjadi lebih manja.

Kucing perlu kawin untuk meningkatkan nafsu makannya. Ini karena mereka perlu kawin agar berhasil bereproduksi. Jika kucing Anda tidak kawin, Anda mungkin memperhatikan kebiasaan yang tidak biasa.

Agar berhasil kawin, kucing harus dalam keadaan sehat. Masalah dengan kesehatan kucing dapat mencegahnya untuk kawin. Ini karena masalah dengan sistem tubuh mereka, serta masalah seksual.

Penyebab Kucing Gagal Kawin

Mengetahui alasan mengapa kucing susah hamil membantu Anda memahami sifat dan kegagalan mereka untuk kawin. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk mengenal mereka.

Saat kucing betina terus kehilangan kesempatan untuk kawin, dia mungkin menjadi agresif terhadap kucing jantan mana pun yang mencoba bersosialisasi dengannya. Selain itu, dia bahkan mungkin secara agresif mendorong laki-laki untuk berkelahi.

Kucing jantan sering berhenti kawin saat menemukan masalah ini. Anda perlu mengawasi mereka.

1. Pertama Kali Kawin

Kucing betina yang berumur 6-10 bulan kemungkinan besar sedang berahi dan siap kawin. Namun, kucing mungkin merasa cemas dan stres jika baru pertama kali kawin. Meskipun organ reproduksinya sudah siap, banyak kucing betina yang tidak kawin sebelum mencapai usia dewasa. Ini bis amenjadi salah satu alasan kucing susah hamil mengingat usia yang belum cukup.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencari tempat yang disukai kucing betina untuk kawin. Pilih kucing jantan yang terbiasa satu sama lain melalui paparan.

2. Masalah Kesehatan

Ada kemungkinan kucing betina belum siap untuk kawin bahkan saat berahi, menurut Sara Ochoa – seorang dokter – yang mengklaim bahwa betina cenderung lebih selektif dalam hal calon pasangan.

Kucing betina mungkin tidak dapat kawin karena masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk mengunjungi dokter hewan jika mereka menunjukkan gejala penyakit apa pun.

3. Tidak Birahi

Kucing dapat menunjukkan tanda-tanda suhu tubuhnya meskipun tidak merasakannya. Ini termasuk menunjukkan perilaku manja seperti mengeong tanpa henti atau menampilkan provokasi anus.

Saat kucing betina tidak birahi, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahlinya tentang karakteristik masing-masing sebelum mencoba mengawinkannya. Melakukan hal ini akan membantu menghindari potensi situasi kawin yang canggung.

4. Kucing hamil

Sulit untuk menentukan kehamilan kucing terutama ketika itu adalah kehamilan pertama. Yang pasti, kucing tetap akan menolak untuk kawin saat dia sedanmg hamil.

Persiapkan semua yang dibutuhkan kucing hamil segera setelah Anda menemukannya. Umumnya, kucing akan melahirkan saat usia kehamilan 58 hingga 67 hari.

Beberapa kucing jantan berjuang untuk melakukan perkawinan normal atau tidak tertarik melakukannya. Ini sering terjadi karena masalah kesehatan pada kucing.

Untuk mengetahui kesehatan kucing anda, bawalah ia ke dokter hewan jika ia menunjukkan tanda-tanda kesulitan untuk dikawinkan atau gagal kawin seperti yang dijelaskan di atas.

5. Kurang Berpengalaman

Kucing jantan yang tidak berpengalaman mungkin tidak ingin kawin dengan betina yang birahi. Ini karena mereka mungkin merasa terintimidasi dengan kehadiran wanita di dekatnya.

Menemukan pasangan kucing yang lebih berpengalaman akan meningkatkan keberhasilan upaya kawin. Ini karena jantan tertarik pada betina, yang membuat pencarian pasangan menjadi lebih mudah.

6. Belum cukup dewasa

Kucing jantan menua lebih lambat daripada kucing betina dalam hal kemampuan reproduksi. Mereka biasanya mengembangkan organ antara usia 7 dan 12 bulan.

Beberapa ras kucing memiliki fase kematangan yang lebih lama dari yang lain. Ini termasuk ras kucing Ragdoll, American Shorthair, Persia, dan Manx. Ras kucing ini biasanya memiliki stadium yang lebih panjang dari kucing peliharaan lainnya.

7. Pasangan kurang menarik

Beberapa kucing jantan atau betina mungkin memiliki pengalaman buruk dengan kucing betina tertentu yang menyebabkan mereka pilih-pilih.

Ketika seekor kucing jantan dan pasangan wanitanya tinggal di rumah yang sama, mereka sering kali rentan terhadap perselisihan kekerasan. Ini membuatnya sulit untuk dikawinkan.

8. Kucing Menderita Masalah Kesehatan.

Perubahan kadar testosteron dalam tubuh dapat memengaruhi keinginan kucing jantan untuk kawin. Kucing jantan dapat kesulitan bereproduksi karena masalah kesehatan seperti penyakit mulut atau gigi, komplikasi terkait obesitas, dan cedera.

Kucing jantan dengan salah satu penyakit ini membutuhkan perawatan dokter hewan segera. Saat mencoba mengawinkan kucing Anda, terjadi kelainan kecil. Ini karena kucing dengan sifat tersebut gagal menghasilkan keturunan.

Kucing Kesulitan Hamil

Ada sejumlah kasus dimana kucing susah hamil. Meskipun sudah berulang kali dikawinkan, namun tetap saja tidak hamil. Jika Anda salah satu hal yanmg mengalamikejadian ini, tentunya langkah terbaika dalah membawanya kedokter hewan terdekat.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan USG pada perlut betina. Ini dilakukan untuk mengecek kesehatan kucing. Karena, bisa saja hal tersebut terjadi karena ada penyakit dalam tubuh kucing. Bisa jadi karena kista atau penyakit lainnya.

Dokter sendiri yang akan meutuskan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan. Bisa saja harus mengperasinya atau cukup dengan pengobatan.

Selain itu, kucing susah hamil meski sudah kawin berkali kali, Ini bukan masalah kucing betina, bisa juga karena kucing jantan yang sudah terlalu sering kawin. Atau bisa juga karena pernah terjadi cidera yang dialami oleh kucing betina.

Temukan Informasi lainnya dari joglonesia.com di GoogleNews