Budidaya Entok di Rumah

Bagaimana Cara Budidaya Entok Untuk Pemula?

Tahukah kamu kalau beternak entok bisa memberikan hasil yang menggiurkan? Bahkan tidak kalah dengan usaha budidaya gurame. Harga entok di pasaran cukup tinggi. Hewan yang masuk dalam kategori unggas ini memiliki tubuh yang gemuk dengan daging melimpah. Dan berikut ini cara budidaya entuk untuk pemula yang bisa Anda pelajari.

Daging entok dikenal gurih. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari masakan berbahan dasar entok. Telur entok juga tak kalah enaknya dengan telur unggas lainnya loh. Usaha budidaya entok kini banyak dilirik karena menjanjikan hasil yang memuaskan dengan sedikit modal dan keahlian. Jika kamu ingin beternak entok, kamu harus mempelajari bagaimana caranya terlebih dahulu. Yuk simak artikel ini sampai akhir!

Mengenal Entok

Entok bernama latin Cairina Moschata. Hewan ini diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Mereka hidup di sekitar wilayah sungai pada musim panas. Entok jantang dewsa bisa memiliki ukuran 86 cm dengan berat 3 kilogram. Sedangkan entok betina ukuran tubuhnya sektar 64 cm dengan berat 1,3 kilogram. Entok berukuran jumbo bahkan memiliki berat hingga 4,5 kilogram.

Entok digemari karena dagingnya yang banyak. Orang-orang dapat memasak daging entok dengan bumbu pedas, gurih, dan manis. Daging entok memiliki kandungan protein tinggi. Buat mereka yang sedang diet, daging entok bisa menjadi salah satu menu pilihan.

Kalori yang tinggi memberikan banyak tenaga meski kita tidak makan banyak. Selan itu, ada zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Namun, entok juga memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sebelum makan makanan yang berasal dari daging entok, perhatikan dulu kondisi kesehatanmu ya?

Budidaya Entok Untuk Pemula di Rumah

Selain manfaat yang disebutkan di atas, telur entok juga menjadi incaran karena besar. Membuat kue dengan bahan telur entok menghasilkan tekstur yang mengembang. Telur entok memiliki rasa yang gurih dan pekat. Makan satu butir telur entok juga sudah cukup membuat perut kenyang. Karena itulah, budidaya entuk untuk pemula menjadi alternatif usaha sampingan di rumah.

Namun, tahukah kamu kalau entok juga dipelihara sebagai hewan hias? Harga entok hias juga tak kalah tinggi dengan burung hias loh. Beberapa entok hias yang banyak dicari seperti entok Dragon dengan bulu yang biru pekat nyaris hitam. Bulunya yang berkilau saat terkena matahari ternyata menarik perhatian para pecinta hewan piaraan.

Kemudian, ada entok Rambo dengan bulu berwarna-warni yang cantik. Harga jugal entok ini bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya. Entok Rambo memiliki kemampuan terbang lebih baik dari jenis entok lain. Bahkan, ada perlombaan untuk entok Rambo. Makanya entok ini memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada jenis entok lain.

Selain dragon, ada entok Jali dengan bulu-bulu blaster berwarna abu-abu dan coklat. Entok ini masih langka. Oleh karena itu banyak orang yang mencari entok jenis ini. Ada lagi entok Mocca Mata Merah. Entok dengan bulu warna cokelat moka dan mata merah ini tampak cantik. Sehingga, banyak pecinta entok yang suka memelihara unggas ini.

Menyiapkan Kandang Budidaya

Apakah pekarangan di belakang rumahmu cukup luas? Jika ya, maka kamu harus memanfaatkannya untuk mendapat penghasilan tambahan. Yup, tentu saja dari budidaya entok. Hewan unggas ini menghabiskan Sebagian besar hidupnya di kendang. Tidak seperti ayam yang gemar berjalan-jalan mencari makan hingga jauh, entok cenderung pasif.

Hewan ini lebih suka diberi makan oleh peternak. Mungkin juga karena tubuhnya yang besar dan berat, entok tidak suka berjalan-jalan jauh apalagi berlari. Ia lebih suka berkeliaran di sekitar kendang untuk mencari makan. Oleh karena itu, kita perlu membuatkan kandang untuk entok.

Pilih Lokasi Kandang Beternak Entok

Lokasi kandang entok tidak harus di pekarangan yang amat luas. Cukup arena di belakang rumah. Sebaiknya posisi kandang dibuat agak jauh dari rumah. Hal itu dikarenakan bau kotoran entok bisa menyebar ke dalam rumah. Kita tentu tidak ingin mencium bau kotoran entok saat sedang makan bukan? Setidaknya, buatlah kandang yang jaraknya sekitar 10 sampai 20 meter dari bangunan rumah.

Kandang Budidaya Entok Untuk Pemula

Untuk budidaya entuk untuk pemula, kandang entok bisa dibuat dari kayu atau bambu. Sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah entok yang ada. Semakin banyak entok, maka kandang semakin besar. Buat dinding yang tinggi agar entok tidak bisa kabur dari kandang dengan mudah.

Buatlah sebagian arena untuk makan, sebagian untuk berteduh, dan sebagian lainnya untuk tempat mengeram. Sedangkan sisa arena dibiarkan terbuka tanpa atap. Hal ini dilakukan agar entok tetap terhubung dengan cahaya matahari dan udara alam terbuka. Kandang dengan model ini meminimalisir bau.

Buatkan juga arena kubangan untuk bermain para entok. Entok suka bermain di lumpur. Kakinya yang berselaput seperti bebek memang tercipta agar hewan ini tidak hanya berlarian di darat seperti ayam. Mereka berhak untuk bermain di arena yang becek dengan campuran air, tanah, dan lumpur.

Jangan lupa untuk membuat sistem pengairan. Kandang entok tidak harus jorok. Kita bisa membuat kandang entok yang rapi. Sistem drainase ini memungkinkan air mengalir lancar tanpa menggenang. Sehingga, kandang juga tidak terlalu becek. Entok tidak harus berendam di lumpur seharian. Mereka perlu tidur dan makan di tempat lain juga.

Menyiapkan Bibit Entok

Setelah menyiapkan kandang untuk entok, kita perlu memilih bibit entok. Pilih anak entok dan besarkan agar kelak ia menjadi induk entok selanjutnya. Memelihara entok sejak anakan akan membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini berbeda dengan membeli entok dewasa.

Ketika menggunakan entok dewasa sebagai bibit, maka kita tidak akan tahu apakah entok tersebut akan bertelur besar atau tidak. Sebab kita juga tidak memiliki rekaman bagaimana ia hidup selama ini. Sedangkan membeli entok anakan artinya kita tahu betul entok tersebut hingga mereka tumbuh dewasa.

Pilih anakan entok yang sehat dan lincah. Artinya, mereka dalam keadaan aktif. Biasanya dalam rentang usia 6 hingga 7 bulan. Berat rata-rata anak entok dengan umur ini yaitu 200 gram. Belilah entok anakan dari orang yang memang sudah ahli budidaya entok. Petani yang sebelumnya berhasil dengan usaha ternak entok tentu lebih bisa dipercaya, kan? Namun, mendapatkan anakan entok usia 6-7 bulan tidak mudah. Kebanyakan petani menjual anak entok yang baru beberapa menetas.

Bawa anak entok dengan hati-hati. Entok anakan yang stres bisa saja mati. Karena itu, perlakukan mereka dengan baik agar tumbuh dengan optimal. Anakan entok biasanya berwarna kuning bercampur hitam.

Pemberian Makan Entok

Budidaya entuk untuk pemula wajib memperhatikan nutrisi yang diberikan kepada entok. Pemberian makan pada anakan entok berbeda-beda tergantung umurnya. Hal ini dilakukan agar entok bisa tumbuh dengan baik. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli anakan entok, baiknya kamu tanya dulu pada penjualnya berapa usia entok tersebut. Karena rentang usia yang berbeda akan mendapatkan pakan yang berbeda pula.

Anak Entok Usia 1-14 Hari

Untuk memaksimalkan pertumbuhan anak-anak entok usia ini, kita perlu memberikan makanan yang bernutrisi. Pakan harus mengandung protein, kalsium, karbohidrat, dan vitamin. Nah, berikan pelet untuk mereka. Pelet tidak terlalu kasar, sehingga mudah bagi anak entok ini untuk menelannya.

Anak Entok Usia 15-35 Hari

Wah selamat ya! Anak-anak entok milikmu sudah tumbuh semakin besar. Mereka bergerak makin lincah. Pada usia ini mereka membutuhkan pakan untuk meningkatkan berat tubuhnya. Berikan pakan yang mengandung karbohidrat dan lemak lebih banyak dari pakan sebelumnya. Campur pelet dengan dedak halus, ampas tahu, biji jagung, dan umbi-umbian untuk memaksimalkan pertumbuhan mereka.

Anak Entok Usia 36-60 Hari

Anak entok peliharaanmu sudah makin besar dan berat. Mereka butuh pakan yang lebih banyak dan beragam. Namun, mereka ternyata lebih butuh pakan dengan kandungan vitamin dan mineral. Setelah berusaha menaikkan berat tubuh pada rentang usia sebelumnya, kini mereka berusaha untuk tepat sehat hingga dewasa. Pakan yang diberikan baiknya berupa ampas tahun, ikan, keong, atau bekicot yang dicampur dengan pelet atau dedak.

Pemberian Vitamin dan Vaksinasi Bagi Entok

Tak hanya manusia, unggas juga perlu vitamin dan vaksin. Unggas rentan terserang flu burung atau penyakit menular unggas lainnya. Oleh karena itu, vaksin diperlukan agar dampak serangan virus atau bakteri tidak sampai parah. Kalau diperlukan, ada juga vitamin yang bisa membuat entok lebih cepat bertelur loh. Telur entok juga banyak dikonsumsi atau dijadikan bahan untuk membuat kue.

Kebersihan Lingkungan Budidaya Entok

Lingkungan yang bersih akan membuat entok lebih sehat. Penyakit menular bisa saja datang dari kandang yang kotor. Bersihkan kandang entok setiap hari. Agar kotoran entok tidak menyebarkan bakteri dan virus. Selain itu, bersihkan kandang dari zat-zat berbahaya seperti cat, racun tikus, dan lainnya. Jangan meletakkan peralatan berbahaya di kandang entok. Bisa jadi peralatan tersebut berkarat dan meracuni entok.

Masa Panen Entok

Kapan masa panen entok? Entok sudah bisa bertelur pada usia 5 sampai 6 bulan. Jika nutrisi entok terpenuhi, maka mereka akan bertelur dengan kualitas baik. Selain itu, entok juga tidak boleh stres. Jika itu terjadi, entok akan sulit bertelur.

Entok yang dipelihara untuk bibit akan siap pada usia 6 hingga 7 bulan. Berikan makanan bergizi yang mengandung protein tinggi pada entok agar memiliki kualitas telur yang baik. Contohnya bekicot, keong, dan ikan. Setelah terjadi perkawinan antara entok jantan dan betina, maka kita perlu menunggu hingga 2 minggu.

Kemudian, induk betina akan bertelur dengan jumlah 8 sampai 16 butir dalam satu periode. Jika dalam satu tahun satu ekor entok betina bisa bertelur 90 sampai 120 butir. Cukup banyak kan? Entok juga bisa bertelur meski tanpa jantan atau tanpa proses perkawinan. Namun, telur jenis ini tidak akan bisa menetas.

Kita tak hanya menjual telur entok. Setelah entok siap untuk bertelur kita bisa menjualnya sebagai bibit. Pilih entok yang berusia 6 sampai 7 bulan dengan berat badan 100 sampai 200 gram. Jaga agar entok tidak stres sampai ia mendapatkan pemiliknya yang barus ya?

Setelah membaca uraian di atas, kamu tentu sudah paham bagaimana budidaya entuk untuk pemula kan? Kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Namun, kamu akan mendapatkan hasil yang menggiurkan. Dari satu ekor entok, kamu bisa mendapatkan 120 butir telur. Nah, kalau semuanya menetas artinya kamu akan punya 120 ekor entok. Menarik bukan? Ayo mulai budidaya entok sekarang dan dapatkan hasil sebanyak-banyaknya.