Cara Menggunakan Mesin Semprot Pertanian Yang Benar

Begini Cara Menggunakan Mesin Semprot Pertanian Yang Benar

Bagi sebagian orang, penggunaan mesin semprot pertanian mugkin hanya asal pakai. Ternyata begini cara menggunakan mesin semprot yang benar dan perawatan yang tepat agar alat ini awet dan menghasilkan kabut yang terbaik.

Untuk menyemprotkan cairan membutuhkan mesin khusus yang disebut mesin semprot untuk memecah isinya menjadi butiran yang lebih kecil. Beberapa orang melakukan hal ini untuk mencegah polusi udara dan kerusakan tanaman dengan menggunakan pupuk, pestisida, dan cairan lainnya. Menggunakan mesin semprot yang salah dapat meningkatkan risiko cedera terkait pekerjaan.

Ada banyak aneka macam mesin semprot pertanian, untuk itu Anda perlu tahu cara memasang mesin semprot dengan benar saat menggunakan mesin. Ini karena Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti pemasangan yang benar dengan mesin semprot. Di bawah ini, kami memberikan informasi tentang cara menggunakan mesin semprot yang baik dan akurat.

Cara Menggunakan Mesin Semprot

Periksa sambungan mesin semprot untuk memastikan tersambung dengan benar. Ini termasuk memeriksa pompa, tangki, selang, gulungan selang, braket putar (braket putar balik), cock nozzle dan pegangan keran. Periksa juga indikator pembersihan dan peredam— fitting logam yang menghubungkan fitting logam dengan ukuran berbeda. Anda perlu memasang nosel pistol berkerudung, nosel geser atau penyemprot tongkat ke peredam. Atau, Anda dapat menggunakan nosel panjang atau bulat dengan banyak lubang di ujungnya. Setelah ini, Anda perlu memasangnya di nozzle pistol berkerudung

Pastikan untuk memeriksa kerusakan saat menghubungkan bagian dengan benar. Pastikan sekrup terpasang dengan benar. Jika ada kerusakan, ganti bagian sebelum digunakan.

Anda dapat menggunakan bahan bakar campuran untuk mesin dengan dua atau empat langkah. Anda juga dapat menggunakan bahan bakar campuran 2-tak dengan mesin semprot mesin, atau bahan bakar campuran 4-tak dengan mesin yang menggunakan motor yang dirancang untuk semprotan. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk tentang cara menggunakan mesin Anda dengan benar saat menggunakan bahan bakar campuran.

Masukkan pestisida cair atau pupuk ke dalam tangki sebelum menggunakan penyemprot. Jika penyemprot memiliki self-starter, Anda dapat menarik pelatuk dan menghidupkan mesin setelah membawanya di punggung Anda. Namun jika tidak, Anda harus menarik pelatuknya terlebih dahulu.

Jangan Penuhi Tangki

Tangki Mesin Semprot memiliki berat 30 kg atau lebih saat penuh. Artinya akan sulit untuk membawa tangki dengan posisinya di bawah karena beratnya. Dengan menambahkan cairan ke tangki lebih tinggi dari punggung Anda, Anda memastikan bahwa tangki Anda tidak membebani punggung Anda secara negatif saat Anda mengangkutnya. Demikian juga, menambahkan cairan lebih tinggi dari kepala Anda memastikan bahwa Anda tidak akan menumpahkan apapun saat mengocok tangki.

Pabrikan mengukur kecepatan dalam dua arah—kecepatan tinggi dan rendah. Peralatan ini harus digunakan untuk tujuan penggunaannya, karena pengoperasian yang lama dengan tangki yang terkuras dapat merusak pompa. Setelah selesai mengeluarkan cairan, mesin harus segera dimatikan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada mekanisme.

Beberapa jenis mesin semprot memberi Anda pengukur untuk melihat berapa banyak cairan yang tersisa. Anda juga harus memeriksa level cairan secara berkala.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Mesin Semprot

Mesin semprot menggunakan cairan kimia seperti pupuk atau pestisida—karena itu mengapa mereka harus digunakan dengan benar. Saat menggunakan mesin semprot, ikuti petunjuk dan aturan penggunaan mesin dan dosis yang sesuai. Selain itu, perawatan yang tepat harus dilakukan saat menggunakan cairan yang tidak kompatibel— termasuk kerusakan yang disebabkan oleh reaksi kimia seperti oksidasi atau perubahan pH.

Sangat penting bahwa pekerja memakai pelindung kepala, sarung tangan, kacamata, masker dan pakaian saat menggunakan mesin semprot. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memakai sepatu yang memberikan dukungan saat bekerja dengan mesin.

Masker pelindung ini tidak seperti masker wajah biasa; itu hanya sedikit ketat, tetapi mencegah bahan berbahaya masuk melalui mulut. Selain itu, karena pestisida berpotensi masuk ke mata, disarankan untuk memakai kacamata pelindung dengan masker ini.

Hindari menyemprotkan cairan berlawanan arah dengan arah angin karena dapat merusak bahan kimia. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari, saat suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Setelah menyelesaikan hari kerja Anda, cuci pakaian Anda. Selanjutnya, bersihkan seluruh tubuh Anda, termasuk rambut. Pastikan juga untuk berkumur dan membersihkan tanaman yang ada di dekat Anda saat bekerja dengan bahan kimia. Melakukan hal ini akan memastikan bahwa bahan kimia Anda tidak membahayakan lingkungan atau membahayakan kesehatan manusia.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Saat menggunakan mesin semprot, pastikan untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Pastikan tidak ada hewan atau manusia di sekitar saat penyemprotan. Pastikan juga tangki air terdekat ditutup rapat sehingga tidak ada cairan kimia yang masuk ke tempat kerja.

Saat menggunakan bahan kimia di dalam ruangan, matikan ventilasi udara dan sistem pemanas untuk mencegah tumpahan bahan kimia bergerak. Hapus semua bahan yang tidak tertarik dari paparan bahan kimia, cuci bersih semua makanan dalam bahan kimia ini sebelum memasaknya.

Karena cukup berat dan dapat menimbulkan bahaya keamanan, mesin semprot ini membutuhkan upaya yang signifikan bahkan untuk pemula pria untuk menyeimbangkan. Wanita sering mengalami kesulitan membawanya di punggung mereka, bahkan mereka mungkin jatuh juga. Saat bekerja di ladang, Anda perlu berhati-hati saat berjalan. Anda dapat mencegah jatuh dengan mengurangi cairan ke tangki Anda jika Anda memiliki masalah mobilitas atau masalah punggung. Atau, Anda dapat menghindari masalah ini dengan bekerja di tempat-tempat di mana orang tidak mudah jatuh.

Mesin semprot ini tidak selalu digunakan setiap hari, sebaliknya, kebanyakan orang hanya menggunakannya selama musim tertentu. Setelah setiap penggunaan, Anda perlu memelihara atau mempersiapkan musim berikutnya dengan hati-hati dan menyimpannya si tempat aman. Pastikan untuk secara teratur membersihkan mesin dan bagian sekitar mesin semprot. Juga, kosongkan bahan bakar dari mesin dan cuci bahan kimia yang terkandung dalam tangki, selang dan pompa.