Cara Membuat Whatsapp Business Terverifikasi dengan Mudah
Credit Image: Joglonesia.com

Cara Membuat Whatsapp Business Terverifikasi dengan Mudah

Bagaimana cara membuat whatsapp business Anda dapat terverifikasi dengan mudah dan cepat? Dan apa saja keuntungan dan keunggulan whatsapp business jika dibandingkan dengan whatsapp messenger yang kebanyakan digunakan orang? Simak sampai akhir agar Anda semakin paham bagaimana menggunakan WA bisnis ini.

Selama pandemi Covid-19, penggunaan aplikasi WhatsApp Business membantu bisnis terhubung dengan konsumen. Aplikasi ini memungkinkan orang untuk melakukan bisnis melalui layanan pesan, yang nyaman bagi siapa saja yang bekerja dalam menjalankan bisnis. Secara default, aplikasi ini dimaksudkan untuk membantu orang yang menjalankan usaha kecil maupun bisnis besar.

Menggunakan WhatsApp Business, pemilik bisnis dapat dengan mudah mengawasi penawaran mereka. Hal ini karena WhatsApp Business dapat secara otomatis menjawab pertanyaan pelanggan dan memproses transaksi mereka melalui akun pribadi yang terhubung.

WhatsApp Business menyertakan fitur tambahan yang lebih banyak dibandingkan WhatsApp Messenger yang hanya digunakan untuk komunikasi dengan keluarga atau rekan kerja.

Apa itu WhatsApp Business

Ada aplikasi yang tersedia secara gratis bernama WhatsApp Business. Ini dirancang khusus untuk pemilik usaha kecil, termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dengan tambahan fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business, pelaku usaha dapat semakin mudah berkomunikasi dengan pelanggan. Aplikasi ini dapat secara otomatis menanggapi pesan, mengatur pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Ini pertama kali dirilis di Indonesia, kemudian negara-negara lain seperti Italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat mulai mendapatkan bagian untuk menggunakannya secara publik. Dan Anda dapat menemukan aplikasi WA bisnis ini di playstore dan juga apstore untuk pengguna iPhone.

Cara Membuat WhatsApp Business dengan Mudah

Untuk lebih memahami manfaat dan fitur WhatsApp Business, kita harus membuat akun WA Bisnis terlebih dahulu. Silahkan Anda mengikuti panduan cara membuat Whatsapp Business dibawah ini.

  • Aplikasi WhatsApp versi Bisnis dapat diunduh dari Android Play Store atau iOS App Store.
  • Saat mendaftarkan akun bisnis baru melalui aplikasi WhatsApp Business, masukkan nomor bisnis seluler Anda.
  • Temukan menu Business Settings melalui quest ke menu Settings. Selanjutnya, cari submenu Profil dan klik.
  • Profil bisnis yang efektif memerlukan informasi tentang nama bisnis, lokasi, dan metode kontak.
  • Dengan mengklik Pengaturan Bisnis di menu Pengaturan, pengguna dapat mengaktifkan fitur balasan pesan otomatis. Ini dapat dilakukan dengan memilih Pengaturan > Pengaturan Bisnis, lalu Pesan Jauh/Pesan Ucapan dan Balasan Cepat.
  • Tentukan konten pesan balasan otomatis dan waktu pengiriman secara berurutan.

Nah cukup mudah bukan bagaimana cara membuat whatsapp business tersebut. Bahkan tidak sampai 5 menit Anda sudah memiliki akun WA bisnis. Bahkan, whatsapp business yang in juga bisa kloning, baca caranya disini. Namun bagaimana agar Whatsapp business ini terverifikasi? Silahkan lanjutkan membaca sampai akhir ya!

WhatsApp Business verified

Membuat akun WA Bisnis hanya membutuhkan beberapa menit. Membuat bisnis di WhatsApp itu mudah bahkan untuk pengguna baru. Namun untuk menjaga kredibilitas, Akun bisnis Anda perlu melakukan perjuangan yang sedikit menantang.

Verifikasi WhatsApp Business penting dilakukan agar persaingan bisnis tetap kompetitif. Karena akun WhatsApp yang terverifikasi dapat memastikan bahwa bisnis Anda benar-benar milik Anda. Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan WhatsApp Business Verified, karena prosesnya yang rumit.

Beberapa pengajuan Whatsapp Business telah ditolak saat mengajukan verifikasi di Facebook. Biasanya, ini terjadi karena berbagai alasan, meskipun beberapa penolakan disebabkan oleh kurangnya fungsionalitas secara umum. Untuk dapat menggunakan chatbot atau fungsionalitas multi-layar di WhatsApp Business Verified, tentu saja aplikasi Anda harus disetujui.

Setelah mengikuti panduan cara membuat whatsapp business terverifikasi, Anda dapat dengan mudah memiliki akun yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda. Tentu saja, usaha Anda akan terlihat lebih profesional karena setiap kali Anda mengirim pesan, secara otomatis nama tampilan kontak yang muncul di WA pelanggan bukan lagi nomer telepon. Melainkan nama bisnis Anda. Keren kan..!!

Syarat Verifikasi Whatsapp Business

WhatsApp Business sangat diperlukan terutama pelaku usaha karena adanya persaingan bisnis yang semakin ketat. Usaha yang menggunakan WhatsApp Business dapat menunjukkan bahwa ia benar-benar memiliki WA tertentu. Hanya saja, cara membuat WA terverifikasi ini sedikit lebih rumit dan membutuhkan usaha lebih.

Sebelum Anda dapat memverifikasi WhatsApp business, Anda harus memenuhi persyaratan ini.

  • Pengajuan ini untuk tujuan usaha, bukan akun individu atau perorangan.
  • Anda harus memiliki akun WhatsApp Business API yang disetujui terlebih dahulu.
  • Otentikasi dua langkah wajib diaktifkan. Tindakan keamanan ekstra ini memerlukan input tambahan setelah memasukkan kata sandi.
  • Anda juga memiliki akun Facebook Business Manager yang sudah disetujui oleh pihak Metta atau Facebook.
  • Sebaiknya bisnis Anda memiliki akun Tingkat 2 atau lebih tinggi untuk pengiriman pesan.

Melihat beberapa persyaratan ini mungkin Anda akan kebingungan. Untuk itulah, berikut ini penjelasan step by step yang sebaiknya tidak Anda lewatkan untuk memilki Whatsapp Business Verified.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Business Verified?

Mendapatkan akun WhatsApp Business terverifikasi itu sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa mengikuti panduan berikut ini atau jika tidak mau ribet, Anda bisa menggunakan pihak jasa Business Solution Partner (BSP) terbaik di tanah air.

Berikut adalah langkah demai langkah cara membuat WA bisnis verified:

Mendaftar ke Business Solution Partner

API WhatsApp Business harus terhubung dengan akun bisnis agar tetap berfungsi. Ini karena proses verifikasi ditangani oleh karyawan internal aplikasi. Inilah kenapa semua persiapan yang diperlukan harus anda penuhi sebelum memulai.

Melalui Penyedia Solusi Bisnis yang bermitra dengan Facebook, platform media sosial ini memperkenalkan bisnis ke API WhatsApp Business. Ini mengarah pada solusi global untuk bisnis yang membutuhkannya. Salah satu mitra yang bisa Anda andalkan seprti contohnya Mekari Qontak.

Sebagai langkah terakhir, silakan mendaftar melalui tautan ini untuk membuktikan bahwa Anda memiliki akun Bisnis di WhatsApp. https://business.whatsapp.com/learn-more

Sebagian besar aplikasi memerlukan setidaknya satu minggu untuk persetujuan. Ini karena aplikasi yang berbeda membutuhkan jumlah waktu yang berbeda untuk diproses.

Membuat WhatsApp Business memerlukan akses ke API WhatsApp Business resmi terlebih dahulu. Ini hanya dapat dicapai dengan memiliki akun API di platform WhatsApp Business.

Menetukan Nama dan Nomor yang Akan Digunakan

Setelah membuat Profil Bisnis, Anda dapat memilih nama untuk ditampilkan di akun bisnis Anda. Kemudian Anda harus memilih nomor telepon yang akan digunakan untuk akun bisnis Anda. Namun, ingatlah untuk mengikuti kebijakan Perdagangan dan Bisnis WhatsApp saat menamai bisnis Anda.

Sangat penting untuk memilih nama yang permanen dan tidak dapat diubah. Karena itu, Anda harus memastikan namanya sesuai sebelum mengisi formulir apa pun. Pengajuan nama tampilan ini sendiri membutuhkan waktu setidaknya satu hari kerja.

Pengajuan Verifikasi ke Facebook

Untuk diverifikasi oleh Facebook, akun WhatsApp Business Anda harus terhubung dengan platform media sosial. Sebagai pencipta WhatsApp, Facebook memiliki kekuatan untuk menentukan apakah akun Anda sah atau tidak.

Untuk mengirimkan verifikasi ke Facebook, ikuti langkah-langkah ini.

  • Masuk ke Pengelola Bisnis Facebook melalui tautan https://business.facebook.com.
  • Dibagian sudut kanan atas menu Pengaturan Bisnis berisi tombol yang bertuliskan “Pengaturan Bisnis.”
  • Dari bagian bawah layar, klik opsi Akun WhatsApp untuk menambahkannya ke daftar.
  • Pada layar “Buat Akun WhatsApp”, masukkan nama bisnis.
  • Disini ada menu kotak yakni “Messaging For”. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan yang Anda lakukan. Apakah untuk klien atau usaha milik sendiri.
  • Pilih item yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Lihat Pengaturan Pengelola Bisnis menggunakan ID Pengelola Bisnis, yang dapat Anda masukkan dari bidang ID Pengelola Bisnis.
  • Saat memilih zona waktu, pilih kota tempat bisnis Anda berada.
  • Masukkan mata uang lokal bisnis Anda di kolom kedua “Local Currency.
  • Temukan metode pembayaran Anda di kolom bertanda “Metode Pembayaran”.
  • Masukkan nomor purchase order atau surat pesanan pembelian yang tertera di P.O. kolom di baris yang sama dengan faktur.
  • Untuk menambahkan seseorang ke akun WhatsApp Anda, temukan mereka dari daftar atau pilih untuk menambahkannya secara manual.
  • Untuk menetapkan peran dengan benar kepada setiap individu, pertama-tama pilih status apa yang akan dari orang yang Anda tambahkan tadi.

Anda dapat melihat informasi status akun Anda di tab Pengaturan di Akun WhatsApp. Ini termasuk informasi tentang kapan akun Anda dijadwalkan untuk peninjauan kebijakan berikutnya.

Jelas dari informasi yang disajikan bahwa mengirimkan verifikasi ke Facebook adalah proses yang sedikit menantang dan rumit. Melakukan satu hal kecil yang salah dapat menyebabkan WhatsApp menolak akun Anda. Jadi, silahkan isi dengan hati hati dan baca secara cermat setiap form yang diminta Facebook.

WhatsApp Bisnis Verified siap Digunakan

Diperlukan waktu sekitar 3 hari bagi Facebook untuk memverifikasi akun Anda. Selama ini, Anda hanya tinggal menunggu akun whatsapp business Anda terverifikasi.Setelah pengajuan akun bisnis resmi WhatsApp disetujui, pembuatan WA bisnis terverifikasi selesai dan siap digunakan.

Layar obrolan penerima secara otomatis menampilkan nama bisnis setelah ditetapkan. Tidak ada tindakan lain yang diperlukan dalam hal ini.

Keunggulan Whatsapp Business Terverifikasi

Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan whatsapp bisnis terverifikasi yang bisa Anda dapatkan. Dan mungkin ini juga yang menjadi perbedaan whatsapp business jika dibandingkan dengan whatsapp messenger. Diantaranya sebagai berikut:

Mengirim Pesan Secara Masal: Bisnis besar membutuhkan beberapa karyawan untuk menangani pelanggan dalam skala besar. Aplikasi tertentu tidak mengizinkan lebih dari satu ponsel dan satu laptop per pengguna.

Tanda Centang Hijau: Tanda centang hijau dapat diperoleh dengan memverifikasi bisnis Anda melalui WhatsApp. Ini menunjukkan bahwa orang dapat mempercayai bisnis tersebut, yang meningkatkan kredibilitasnya dan membuat orang lebih mungkin untuk membeli darinya.

Multiple Admin: Dalam beberapa kasus, admin perlu menangani terlalu banyak pesan dari pelanggan dengan cepat dan akurat. Ini menjadi lebih mudah berkat rotator WhatsApp, yang membagikan pesan pelanggan kepada admin yang lebih berpengalaman.

Chatbot WhatsApp: Menggunakan bot untuk pesan WhatsApp dapat meningkatkan waktu respons untuk pesan pelanggan. Bot ini secara otomatis merespons pesan baru dengan menyapa pengirim dan memberikan jawaban atas pertanyaan umum.

Manfaat Whatsapp Business Terverifikasi

Nah, dengan memiliki lencana WhatsApp Business Verified memberi banyak manfaat bagi usaha Anda. Itulah kenapa mempelajari cara membuat whatsapp business terverifikasi cukup penting karena berbagai macam alasan dan keuntungan.

Selain keunggulan whatsapp business verified yang telah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan. Pengguna WhatsApp terverifikasi dapat menikmati manfaat seperti berikut:

Meningkatkan tingkat kepercayaan client terhadap bisnis yang Anda jalankan. Banyak orang menghindari belanja online karena maraknya penipuan dalam bisnis mereka. Menambahkan lencana WhatsApp Business ke akun bisnis Anda meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Komunikasi Menjadi Lebih mudah dan cepat. Menyediakan platform terpadu untuk membeli dan menjual kepada klien dan pelanggan, WhatsApp dapat digunakan untuk melayani prospek dan pelanggan. Komunikasi yang lebih cepat dan mudah dengan calon klien atau pelanggan dimungkinkan berkat ini.

Tentu saja, penjualan akan meningkat dengan terverifikasinya whatsapp bisnis. Menggunakan akun WhatsApp bisnis terverifikasi dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan yang mengarah pada layanan yang lebih cepat dan mudah bagi klien. Hal ini juga meningkatkan pendapatan dan penjualan untuk bisnis.

Branding untuk sales marketing akan menjadi lebih murah. Semakin banyak orang yang bergabung dengan platform WhatsApp, semakin mudah untuk menargetkan calon pelanggan dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi chat seperti WhatsApp membuat membuka pesan lebih mudah daripada membuka email. Sebuah proyek penelitian menemukan ini menjadi kasusnya. Dengan menggunakan alat bisnis terverifikasi WhatsApp, Anda dapat fokus pada pemasaran dan penjualan tanpa perlu mengeluarkan uang tambahan untuk media alternatif.

Cara Menggunakan Whatsapp Business di Laptop

Untuk menggunakan whatsapp business di laptop hampir sama dengan whatsapp biasa. ANda tinggal membuka tautan web whatsapp dan scand barcode Whatsapp bisnis dari HP Anda.

Tidak ada perbedaan mendasar untuk login akun WA bisnis. Hanya saja tampilan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan WA messenger. Karena di WA bisnis Anda dapat menambahkan produk dalam daftar katalog yang disediakan.