Cara Daftar Whatsapp Business Api Paling Cepat
Credit Image: peppercloud.com

Cara Daftar Whatsapp Business Api Paling Cepat

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang WhatsApp Business API dan cara menggunakannya di artikel ini. Untuk mengakses API, cukup ikuti petunjuk yang diberikan. Lalu, apa yang bisa Anda capai melalui layanan ini dan bagaimana cara daftar whatsapp business api paling cepat?

Sebagai seorang pebisnis, Anda akan berpengalaman dalam WhatsApp Business yakni aplikasi yang digunakan untuk mempromosikan penjualan dan bertukar materi pemasaran dengan lebih banyak pelanggan. Namun, software ini hanya dapat diakses di satu perangkat melalui web Whatsapp Business. Selain itu, perusahaan seringkali membutuhkan banyak dukungan pelanggan ketika berfungsi sebagai penyedia layanan.

Dengan WhatsApp Business API, memungkinkan dua atau lebih aplikasi terhubung ke satu sistem yang lebih besar. Ini adalah solusi bagi mereka untuk mengatasi kendala ini.

Salah satu yang paling umum kenapa ingin memiliki whatsapp busniness API adalah untuk membuat akun whatsapp bisnis terverifikasi. Karena ini adalah syarat utama untuk memiliki akun WA bisnis dengan label centang hijau.

Apa Itu Whatsapp Business API

WhatsApp Business API adalah fitur aplikasi yang didukung secara resmi yang memudahkan untuk terhubung dengan pelanggan dalam bisnis. Ini adalah fitur integrasi aplikasi yang disebut API, atau Antarmuka Pemrograman Aplikasi. Pengembang dapat menggunakan API untuk mengintegrasikan aplikasi lain dengan mudah.

Alat tambahan yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem, seperti chatbots dan fitur omniclient, dapat ditambahkan ke bisnis yang sudah menggunakan API WhatsApp.

Perusahaan atau pelaku binsin lain dapat memiliki satu nomor telepon utama yang terhubung ke API WhatsApp mereka untuk layanan pelanggan dan penjualan yang optimal. Karena menggunakan API hanya membutuhkan satu nomor telepon, bisnis tidak memerlukan lebih dari satu saluran telepon.

Anda dapat menggunakan API WhatsApp Business untuk mengakses fitur-fitur yang membantu Anda dalam pekerjaan bisnis dengan mudah. Ini membuat bekerja dengan API jauh lebih mudah dan nyaman bagi banyak orang.

Whatsapp Business API dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan secara terjadwal. Ini sangat berguna untuk mendapatkan laporan yang membantu strategi pemasaran di masa mendatang. Fitur terintegrasi lainnya dapat ditambahkan melalui API, yang tidak tersedia di Whatsapp Bisnis biasa.

Cara Menggunakan Whatsapp Business API

API Whatsapp memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara lebih efisien dengan konsumen mereka melalui satu sistem yang terintegrasi. Dengan menggunakan API yang merupakan singkatan dari Application Program Interface — bisnis dapat dengan mudah mengintegrasikan akun perusahaan Whatsapp dan aplikasi perusahaan mereka ke dalam satu sistem.

Enkripsi end to end WhatsApp mengamankan data Anda agar tidak bocor ke pihak lain. Sistem ini memastikan bahwa teks, video, foto, audio, dan dokumen yang dikirim antar peserta dalam percakapan tetap bersifat pribadi. Hanya orang-orang yang terlibat yang dapat membaca data satu sama lain. Akibatnya, pengguna tidak perlu khawatir tentang saluran Whatsapp yang terhubung satu sama lain.

Cara Daftar Whatsapp Business API

Untuk cara daftar whatsapp business API ini juga tidak sulit, namun sedikit rumit. Untuk itulah, silahkan baca panduan bagaimana cara daftar whatapp bisnis API ini dengan teliti.

Memverifikasi Facebook Manager

Cara daftar whatsapp business API yang pertama kali adalah dengan melakukan verifikasi Facebook Manager Anda. Ini adalah inisiatif Whatsapp yang dirancang untuk menjaga keamanan dan kenyamanan semua penggunanya dengan menjaga keamanan mereka.

Jadi, pertama-tama Anda harus menambahkan beberapa informasi yang relevan seperti nama bisnis dan nama pemilik ke verifikasi Anda. Pihak Facebook akan mencoba memastikan bahwa bisnis itu sah dengan memeriksa dokumen pemiliknya. Ini juga membantu meningkatkan transparansi antara konsumen dan palaku usaha atau bisnis.

Setelah Anda membuka dasbor FB Manager, silahkan Anda pilih bagian Pusat Keamanan. Kemudian, klik tombol mulai verifikasi yang ditampilkan di bawah kolom Bisnis. Anda harus memasukkan informasi tambahan tentang bisnis Anda seperti industri dan klasifikasinya danjuga beberapa data lain yang dibutuhkan Facebook.

Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Anda akan menerima kode verifikasi melalui email atau SMS yang harus dimasukkan di situs web yang disediakan.

Melakukan Verifikasi Data

Dengan mengonfirmasi data bisnis di Facebook Manager dan membuat akun Whatsapp, langkah selanjutnya adalah menunjukkan kepatuhan bisnis terhadap syarat dan ketentuan melalui proses verifikasi data di Whatsapp. Ini berfungsi sebagai cara untuk membuktikan bahwa perusahaan Anda telah memenuhi persyaratan dan kontrak kerjasama.

Saat konsumen melihat data bisnis Anda, mereka perlu melihat nama perusahaan, situs web, industri, dan wilayah geografis tempat bisnis beroperasi. Mereka juga perlu berkomunikasi dengan manajer bisnis Facebook.

Klik ikon pengaturan di sebelah nama manajer bisnis Anda di Manajer Bisnis Facebook. Dari sana, pilih menu akun untuk WhatsApp di bagian berlabel Akun. Anda dapat memasukkan nomor telepon, zona waktu, dan informasi lain yang diperlukan.

Mendaftarkan Nomor Bisnis

Anda harus memilih nomor telepon selama proses pendaftaran dan mengkonfirmasi keakuratannya melalui Whatsapp. Nomor ini menjadi nomor telepon bisnis Anda. Tidak perlu menggunakan nomor cantik atau yang berurutan, jika tujuan Anda membuat Whatsapp Business API ini untuk meverifikasi WA bisnis Anda. Karena nantinya yang muncul bukan nomer Anda melainkan nama perusahaan Anda.

Namun, jika memang Anda menginginkan nomer cantik juga tidak masalah. Ini juga memiliki nilai tambah sendiri karena mudah untuk diingat.

Pertimbangkan untuk memeriksa tanda centang hijau pada informasi bisnis Anda untuk mengonfirmasi bahwa kontak Anda aktif. Melakukannya akan secara otomatis menyertakan nama bisnis Anda dalam daftar penerima.

Perbaharui Profil Bisnis

Anda perlu memasukkan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda saat membuat Whatsapp Business API yang terlihat profesional dan kredibel. Tujuannya adalah untuk membantu orang-orang yang terhubung dengan Anda menemukan informasi yang mereka butuhkan sebelum mereka mengajukan pertanyaan lebih lanjut.

Saat membuat akun WA bisnis, pertimbangkan untuk menerapkan fitur tertentu yang perlu diperhatikan konsumen. Ini termasuk daftar produk dan lokasi toko, serta jadwal operasi dan informasi lainnya.

Test Kirim Pesan

Sebelum Anda mulai menggunakan Whatsapp Business API, Anda dapat menguji fungsionalitasnya dengan mengirimkan pesan kepada orang-orang terdekat Anda. Dengan cara ini, Anda akan mempelajari bagaimana pengiriman data pesan Whatsapp Business API kepada konsumen Anda berjalan saat mereka menerima pesan dari akun Anda.

Tentu saja, ini membutuhlkan sedikit waktu untuk Anda bersabar sampai pihak facebook benar benar memverifikasi pendaftaran Whatsapp Business API anda. Jadi bersabarlah dan lakukan aktifitas lainnya.

Kesimpulan Cara Daftar Whatsapp business API

Cara daftar whatsapp Business API ini memang sedikit rumit dan juga butuh waktu untuk diaprove oleh Facebook. Namun, Anda tidak perlu kawatir, Ada beberapa layanan pihak ketiga yang menawarkan pembuatan WA binsis API ini. Cara daftar Whatsapp business API paling cepat adalah bekerjasama dengan Business Solution Provider, yang merupakan layanan pihak ketiga resmi.

Beberapa layanan pihak ketiga resmi ini seperti Qontak atau Barantum. Perusahaan-perusahaan ini bermitra dengan WhatsApp untuk memberikan solusi bisnis seperti mengoptimalkan target penjualan, mengurangi pengeluaran, dan menyederhanakan tugas manajemen.

Mekari Qontak menawarkan opsi integrasi yang terjangkau untuk Manajemen Hubungan Pelanggan Multisaluran melalui API WhatsApp mereka.

Nah, tidak sulit bukan bagaimana cara daftar Whatsapp business API dengan cepat ini. Tentu saja, jika tidak ingin berpikir lagi untuk proses pendaftaran, silahkan gunakan layanan tersebut dan tetaplah fokus pada usaha dan bisnis Anda.