cara melacak keberadaan seseorang lewat whatsapp

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Lewat Whatsapp

Ada saatnya kita ingin tahu keberadaan seseorang karena berbagai macam alasan. Misalnya karena kekawatiran atau juga alasan lain. Lantas bagaimana cara melacak keberadaan seseorang tersebut lewat whatsapp tanpa diketahui?

Sejauh ini, aplikasi whatsapp dikenal untuk berbagi informasi atau juga untuk chating dan berkirim pesan. Namun, ada juga Whatsapp Business yang dipakai untuk pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Aplikasi ini seperti sebuah aplikasi wajib bagi pemilik smartphone karena hampir semua pengguna phonsel pintar ini menggunakan Whatsapp untuk saling berkirim pesan.

Ada banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi besutan Metta atau Facebook ini. Selian bisa berkirim gambar, pesan suara, video call, file juga bisa untuk mengetahui lokasi seseorang secara realtime.

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Lewat Whatsapp

Ada 2 macam cara melacak keberadaan seseorang lewat whatsapp yang selama ini sering digunakan. Yang pertama meminta seseorang tersebut untuk membagikan keberadaan dan lokasinya, dan yang kedua melacak lokasi whatsapp secara diam diam tanpa sepengetahuan pengirim pesan.

Untuk berbagi lokasi sendiri whatsapp memiliki 2 cara yakni secara realtime atau live location dan yang kedua non live. Untukl live location in sendiri biasanya digunakan untuk membagikan lokasi saat perjalanan dimana pemilik whatsapp yang membagikan lokasinya akan secara realtime dapat dilacak meski berpindah tempat.

Sedangkan untuk yang non live, hanya akan terlihat lokasi saat membagikan keberadaan seseorang tersebut saat itu. Namun untuk yang live location memiliki batasan durasi yang bisa dipilih. Yakni mulai dari 15 menit dan maksimal selama 8 jam. Jika durasi yang dibagikan sudah habis, maka penerima lokasi sudah tidak bisa lagi mengetahui dimana keberadaan sang pengguna yang membagikan lokasi tersebut.

Sementara untuk fitur non-live, biasanya ini digunakan untuk mengirimkan lokasi alamat rumah atau tujuan tertentu yang akan dituju seseorang untuk saling bertemu. Sehinga, sang penerima lokasi lebih mudah menemukan alamat tujuan secara akurat.

Melacak Keberadaan Seseorang Lewat Whatsapp Live Location

Sebelum membicarakan bagaimana cara melacak keberadaan seseorang lewat whjatsapp tanpa sepengetehuan pemilik, sebaiknya kita memahami dulu cara yang pertama yakni melalui live location. Hal ini karena ada sebagian orang yang belum memahami bagaimana menggunakan fitur ini dan bagaimana mempergunakannya.

Kelebihan dari layanan ini sudah disinggung sebelumnya yakni Anda bisa secara real time mengetahui keberadaan seseorang tersebut dengan akurasi yang sangat bagus. Silahkan Anda ikuti panduan cara melacak seseorang lewat whatsapp live location ini:

  1. Pertama silahkan Anda buka apliaksi WA dan mulai obrolan dengan teman. Dibagian bawah ada simbol paperclip, dan minta teman Anda untuk menekan tombol tersebut. Selanjutnya silahkan pilih menu lokasi dan pilih opsi live location.
  2. Saat memilih live locatin, teman Anda akan memiliki pilihan berapa lama durasi yang akan digunakan. Ada 3 pilihan yakni 15 menit, 1 jam dan 8 jam. 3. Setelah menentukan pilihan durasi, teman Anda selanjutnya bisa klik kirim. Dan Anda sudah bisa melacak keberadaan seseorang lewat whatsapp secara realtime dengan menekan lokasi yang dikirim teman Anda tersebut.

Nah, cukup mudah bukan bagaimana cara mengetahui lokasi seseorang melalui fitur whatsapp live location. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana mentehaui lokasi seseorang lewat whatsapp tanpa sebegetahuan mereka?

Untuk mengetahui cara ini, silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir. Karena ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui lokasi mereka ini.

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Lewat Whatsapp dan Google Maps

Hampir semua HP pintar tersedia aplikasi google map. Jika HP anda tidak tersedia aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya melalui playstore. Dan hampir semua layanan pencarian lokasi menggunakan peta google. Jadi, bagaimanapun cara melacak keberadaan seseorang, kebanyakan akan membutuhkan google maps meski ada layanan sejenis seperti bing map.

Setelah smartphone Anda tersedia google map, ANda bisa mengikuti langkah demi langkah cara mengetahui lokasi seseorang tersebut.

  1. Pertama silahkan Anda buka aplikasi Google maps di ponsel kalian.
  2. Jika sudah terbuka dengan benar, ANda bisa memilih menu Option di aplikassi tersebut.
  3. Pad amenu Option tersebut terdapat pilihan dan salah satunya adalah Daftar Teman, lanjut dengan Tambahkan Teman dan pilih Teman yang Akan Anda lacak keberadaaanya.
  4. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kontak. Misalnya keluarga, teman, pasangan atau siapapun yang Anda ingin tahu lokasi mereka.
  5. Setelah itu, akan ada kode yang diberikan google dan silahkan memastikan bahwa orang yang Anda invite telah menerima kode tersebut.
  6. Ketika mereka sudah menerima kode tersebut, maka dengan cepat google akan menemukan keberadaan orang tersebut.

Cara ini juga membutuhkan interaksi keduabelah pihak, baik Anda sendiri dan juga teman yang akan Anda cari tahu lokasinya. Tingkat akurasinya sendiri juga lumayan bagus, dan ini juga tergantung dari seberapa kuat sinyal yang mereka dapatkan.

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Lewat Whatsapp Tanpa Diketahui

Mungkin ini adalah salah satu cara yang ingin Anda gunakan, yakni tanpa sepengetahuan orang yang menjadi target Anda. Biasanya, ini dilakukan karena beberapa alasan, misalnya minimnya kepercayaan atau karena ingin memata matai.

Dalam hal ini, tentu saja ada banyak cara, namun ada 3 cara yang mudah dan tanpa keahlian khusus. Namun, tentu saja Anda memmbutuhkan laptop atau PC yang terhubung dengan jaringan internet.

Cara Melacak Lokasi Menggunakan Whatsapp Web

Whatsapp web merupakan platform resmi milik Whatsapp yang memang diperuntukkan untuk pengguna yang ingin mengakses whatsapp menggunakan PC atau laptop dengan menggunakan browser.

Untuk mengetahui keberadaan seseorang lewat whatsapp web, caranya bisa Anda ikuti lewat panduan di bawah ini:

  1. Silahkan Anda buka alamat url web.whatsapp.com dan login menggunakan akun WA anda dengan scan barcode.
  2. Pilih obrolan dan cari obrolan dengan target yang ingin Anda cari tahu keberadaanya.
  3. Selanjutnya, pilih atau klik obrolan terakhir Anda dengan target tersebut.
  4. Lanjutnya ndegan menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan.
  5. Langkah selanjutnya adalah buka CMD (Command Prompt) yakni dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan pula dan ketik CMD pada kolom yang ada.
  6. Setelah CMD terbuka,silahkan ketik โ€œnetstatโ€ (tanpa tanda petik) dan klik enter.
  7. Selanjutnya akan muncul IP adress atau alamat IP dan ini bisa Anda copy atau dicatat secara manual.
  8. Langkah selanjutnya silahkan buka alamat ini https://www.ip-adress.com/ip-address/lookup dan masukkan IP yang barusan dicatat tadi pada kolom yang tersedia dan tekan enter.

Setelah Anda masukkan IP pada alamat diatas, maka Anda akan menemukan lokasi orang yang Anda cari tersebut. Biasanya, data yang ditampilkan berupa kota dan negara asal atau pemilik IP address tersebut.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat HLR Lookup

Selain dengan Whatsapp atau google map, cara mengetahui keberadaaan seseorang tanpa diketahui bisa dengan bantuan aplikasi HLR Lookup. Aplikasi HLR (Home Location Register) ini gratis dan bisa Anda dapatkan di playtore maupun AppStore.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, silahkan nda ikuti petunjuk panduan dibawah ini:

  1. Silahkan unduh dan instal aplikasi HLR Lookup.
  2. Setelah terinstal dengan benar, Anda bisa memasukkan nomer Whatsapp target yang ingin Anda cari tahu keberadaaanya pada kolom yang disediakan palikasi ini.
  3. Selanjutnya Anda tinggal menunggu dan aplikasi akan bekerja untuk menunjukkan keberadaan orang yang Anda cari.

Setelah beberapa detik, Aplikasi HLR Lookup akan menginformasikan dan memberikan data yang Anda cari. Biasanya ini juga berupa wilayah dari layanan provider dan juga kota dari pemilik nomor dan juga area.

Kedua cara terakhir diatas memang bisa Anda laklukan tanpa sepengetahuan teman Anda, namun tingkat aklurasinya kurang bagus. Biasanya ini hanya dilakukan untuk mengetahui darimana asal pengirim WA yang tidak dikenal nomernya.

Melacak Keberadaan Seseorang Lewat Find My Device

Melacak keberadaan seseorang tanpa diketaui yang terakhir yakni menggunakan layanan google. Layanan tersebut bernama find my device yang bisa diakses langsung melalui browser dan juga tersedia aplikasi di Playstore.

Biasanya cara ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan HP yang hilang. Namun, ini juga bisa digunakan untuk melacak keberadaaan seseorang pemilik HP tersebut.

Tentu saja, cara ini membutuhkan syarat yakni akun google HP target dan juga paswordnya. Jika Anda sudah memiliki kedua persyaratan ini, Anda bvisa langsung mengakses layanan temukan HP saya tersebut lewat aplikasi atau browser.

Cara terakhir ini cukup akurat jika dibandingkan dengan kedua cara terakhir diatas. Bahkan, Anda tetap bisa melacak keberadaan seseorang tersebut meski dda berpindah tempat.

Nah, itulah 5 cara mengetahui keberadaan seseorang lewat whatsapp dan bantuan pihak ketiga lain yangbisa Anda coba. Semoga orang yang Anda cari bisa segera ketemu.