Tanpa Aplikasi Tambahan, Begini Cara Menghilangkan Watermark Tiktok
credit image: cbs media

Tanpa Aplikasi, Begini Cara Menghilangkan Watermark Tiktok

Ada banyak orang yang ingin membagikan video Tiktok melalui jejaring sosial mereka sendiri, atau juga untuk story whatsapp. Namun, tidak sedikit yang terganggu karena adanya watermark yang berasal dari Tiktok tersebut. Lantas, bagaimana cara menghilangkan watermark Tiktok tanpa aplikasi tambahan atau software yang harus diinstal.

Seperti kita ketahui, Tiktok selama ini dikenal masyarakat sebagai platform sosial media yang digunakan untuk berbagi video pendek. Bahkan, kini juga mulai merambah ke platform marketplace yang mana pengguna bisa berjualan produk di tempat tersebut dengan menguploud video produknya.

Menghilangkan Watermak Video Tiktok

Sejauh ini, video yang sudah terdownload atau video yang sudah jadi dan tersimpan di device Anda tidak akan bisa dihilangkan watermrknya. Bahkan, dengan menggunakan aplikasi atau software pun, tanda air tersebut masih terlihat meski samar dan agak kabur. Namun, Anda tidak perlu kawatir, karena ada Tips dan Trik yang bisa Anda lakukan bagaimana cara menghilangkan watermark tiktok ini dengan langkah mudah.

Cara ini bisa Anda lakukan saat proses pengunduhan video tiktok yang Anda download dari tiktok langsung. Bahkan, Anda tidak perlu menginstal aplikasi atau software untuk melakukannya. Karena, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan layanan online yang tersedia atau memanfaatkan chace di HP Anda. Tenang ya, karena layanan atau platform ini juga gratis, jadi Anda bisa gunakan sepuasnya.

Menghilangkan Watermark Tiktok Untuk Pengguna Android

Bagi Anda pengguna smartphone Android, Anda bisa memanfaatkan file chace yang tersedia dalam smartophone Anda. Cara ini cukup mudah dan bahkan tidak banyak yang mengetahuinya.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti langkahnya dengan membaca tutorialnya dibawah ini:

  1. Silahkan Anda buka aplikasi Tiktok melalui HP Android Anda.
  2. Buka video yang akan Anda download dan tonton sampai selesai.
  3. Selanjutnya, Silahkan buka ruang penyimpanan di HP tersebut yakni berada di Internal > Android > Data > com.ss.android.ugc.trill.go
  4. Jika sudah ketemu, buka file tersebut dan masuk ke Chace > Video > Chace > cari file video yang barusan Anda liat.
  5. File tersebut tidak akan bisa dilihat sebelum Anda menambahkan atau mengganti nama file dengan extentionnya .mp4
  6. Pindahkan file ke folder lain dimana Anda dapat dengan mudah menemukannya.
  7. File sudah bisa Anda gunakan tanpa adanya watermark dari Tiktok.

Cukup mudah bukan bagaimana cara menghilangkan watermark video tiktok pada metode pertama ini. Bahkan, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan chace yang tersedia di HP tersebut. Namun, jika Anda merasa cara ini kurang efektif dan mebuat Anda bingung, silahkan lanjut dengan cara yang lain dibawah ini.

Cara Menghilangkan Watermark Tiktok Untuk Pengguna iOS

Bagi pengguna smartphone iOS, tentunya cara yang bisa Anda lakukan berbeda dengan penggunka Android. Anda tetap bisa mendapatkan video tiktok tanpa watermak in dengan langkah mudah. Namun, dalam hal ini ada 2 cara yang berbeda, terutama untuk pengguna iOS 13 dan selain iOS 13. Adapun caranya bisa Anda baca dibawah ini.

Pengguna iOS 13

  1. Silahkan buka aplikasi Tiktok dan cari video yang akan Anda hilangkan watermarknya.
  2. Tekan menu yakni tiga titik dibagian pojok kanan bawah video tersebut lanjut klik share/bagikan dan pilih opsi live photo.
  3. Silahkan tunggu proses loading video selesai.
  4. Selanjutnya silahkan Anda buka galeri lalu cari live photo yang barusan disimpan dan klik video tersebut dan pilih ops “save as video”.

Pengguna iphone selain iOS 13

Ada sedikit perbedaan untuk pengguna iPhone selain iOS 13 yang mana Anda harus mematikan dulu fitur “assistive touch”. Untuk itu, silahkan ikuti panduan cara menghilangkan watermark Tiktok ini dengan hati hati dan baca dengan teliti.

  1. Buka setting > General > Accessibility > Assitive Touc > Pilih OFF
  2. Buka aplikasi tiktok Anda dan pilih video yang ingin Anda hilangkan watermaknya.
  3. Lanjut dengan menggunakan aplikasi screen recording pada iPhone Anda. Disini, video akan di rekam tanpa watermark tiktok.

Nah, cukup mudah atau rumit cara cara diatas? Jika cara diatas justru membuat Anda bingung, berikut ini langkah yang sangat mudah bagaimana cara menghilangkan watermark Tiktok secara online.

Cara Menghilangkan Watermark Tiktok Secara Online

Ada sejumlah layanan online yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh video Tiktok tanpa watermark. Bahkan, kualitas video yang dihasilkan juga cukup jernih dan hampir menyerupai video aslinya.

Tidak sedikit netizen yang telah terbantu karena layanan online yang tersedia saat ini. Dan buat Anda yang baru mengenalnya, ini adalah cara cerdik bagaimana bisa mendapatkan video Tiktok tanpa adanya watermark atau tanda air.

Sebagai catatan, tanda air atau watermark ini memang digunakan untuk menunjukkan dari mana video itu berasal dan siapa pemilik dari video tersebut. Jadi, meskipun Anda bisa menghilangkan watermark tersebut, bukan berarti Anda bisa menguploud ulang untuk tujuan komersil. Sebaiknya, sertakan selalu sumber dari mana Anda mendapatkan video tersebut untuk mengharghai pembuat atau video creator.

Namun, jika tujuan Anda menghilangkan watermark video Tiktok hanya untuk tujuan bersenang-senang atau untuk keperluan pribadi, berikut ini bagaimana cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Menghilangkan Watermark Tiktok dengan Snaptik

Sejauh ini, snaptik menjadi pilihan banyak pengguna sosial media untuk mengunduh video Tiktok tanpa watermark. Mereka menyediakan layanan ini secara gratis tanpa harus melakukan register atau mendaftar terlebih dahulu.

Jadi, siapapun bisa langsung mengunduhnya dengan mudah. Namun Anda harus hati hati karena ada ebebrapa iklan yang tersedia disana yang cukup menganggu. Jadi, perhatikan dan baca setiap tombol yang harus Anda tekan agar tidak salah dalam mendownload file.

Untuk cara penggunaannya, silahkan ikuti panduannya diabwah ini:

  1. Buka aplikasi Tikto Anda dan cari video target yang akan Anda unduh.
  2. Jika video sudah ketemu, cari tombol share/berbagi pada layar video. Biasanya paling bawah pojok kanan bergambar anak panah.
  3. Pada menu popup, silahkan Anda pilih Copy URL atau Salin Tautan.
  4. Buka halaman ini https://snaptik.app/ dan paste url yang barusan Anda salin pada kolom yang tersedia di snaptik.
  5. Tekan Tombol Download berwarna Hijau terang dan tunggu proses pengunduhan berlangsung.
  6. Setelah proses render selesai, silahkan tekan tombol download yang tersedia.
  7. Video sudah siap untuk anda gunakan.

Dimana file hasil unduhan dari layanan ini? Untuk menemukan file hasil download, biasanya tersimpan di folder download pada smartphone Anda. Atau Anda bisa buka galery di HP Anda.

Itulah bagaimana cara menghilangkan watermak tiktok tanpa aplikasi tambahan yang harus di instal. Gunakan cara ini untuk tujuan yang baik dan tidak menyalahi aturan. Mintalah ijin terlebih dahulu kepada pemilik video Asli jika tujuan Anda adalah untuk komersial. Ketika Anda menghargai para conten creator, Anda pun juga akan dihargai oleh penggemar Anda.