aplikasi android untuk membaca file pdf Terbaik, Ringan dan Gratis

12 Aplikasi Android Untuk Membaca File Pdf Terbaik dan Ringan

Ada sejumlah aplikasi android untuk membaca file pdf terbaik, ringan dan gratis yang bisa Anda temukan di luar sana. Hanyasaja, tentunya Anda harus memilahnya satu persatu dan mencobanya. Tentu saja, ini membutuhkan waktu yang cukup panjang dan belum lagi kuota internet Anda akan terkuras untuk mendownload aplikasi dari playstore.

Aplikasi PDF Reader ini biasa digunakan oleh parapelajar baik mulai dari SD, SMP, SMA dan mahasiwas yang duduk di bangku perkuliahan. Tak sedikit juga mereka yang menjalankan bisnis membutuhkan aplikasi ini untuk membaca file pdf. Jadi, hampir semua kalangan yang mulai mengunakan teknologi modern akan membutuhkan aplikasi ini untuk mempermudah dalam pekerjaan mereka,

Sebenarnya, hampir semua browser bisa digunakan untuk membaca file ini. Contohnya broswer Chrome maupun Edge yang merupakan bawaan windows, dan juga HP android sudah tersedia google doc yang bisa digunakan untuk membaca file pdf pada HP anda. Hanya saja, beberapa diantara mereka memiliki keterbatasan dan mungkin userinterface yang sederhanay sehingga kurang diminati.

12 Aplikasi Android Untuk Membaca File Pdf

Dalam menjalankan bisnis, banyak yang menggunakan Ebook atau buku electronik yang mana ini lebih simple dan menekan biaya untuk pembelian kertas. Nah ebook ini sendiri kebanyakan yang digunakan adalah dalam bentuk file PDF, dan tentunya Anda harus menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa membacanya.

Seperti penjelasan di atas, ada banyak tersedia aplikasi android untuk membaca file pdf yang tersedia, namun untukmenemukan mana yang terbaik tentunya akanmembutuhkan tenaga dan juga biaya. Untuk itulah, berikut ini joglonesia.com merekomendasikan PDF reader yang terbaik, ringan dan juga gratis.

1. WPS Office

Aplikasi android untuk membaca file pdf yang pertama ada WPS Office yang mana selain file pdf, aplikasiini juga bisa digunakan untuk membaca dokumen lain seperti exel, word dan juga spreadsheet. Tidak sedikit pengguna aplikasi ini yang menjadikan WPS Office sukup terkenal. Hal ini dibuktikan dengan jumlah untuhan yang cukup banyak ditambah dengan rating yang tinggi.

Aplikasi PDF Reader yang satu ini gratis untuk digunakan, hanya saja ada beberapa iklan yang harus Anda lihat. Namun, jika Anda merasa terganggu dengan iklan tersebut, ada versi premium dengan membayar sejumlah uang yangtentunya tidak ada iklan dan juga fitur lain.

Namun dengan versi gratis saja, Anda sudah bisa melakukan pengeditan, menambahkan tanda tangan dan juga anotasi. Selain itu, WPS Office juga bisa digunakan untuk menkonfersi file PDF ke DOC. Bahkan, selain untuk membaca file PDF, Anda juga bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan menggunakan WPS Office ini.

2. Adobe Reader

Siapa yang tidak kenal dengan Adobe? Tentu saja bagi Anda yang telah berkecimpung dalam dunia teknologi tentu mengenal Adobe yang merupakan developer software yang sudah puluhan tahun.

Jika selama ini Adobe telah memproduksi aplikasi dekstop, kini Anda bisa menemukan aplikasi android besutan Adobe untuk membaca file PDF. Bahkan bukan hanya untuk membaca file pdf, sebelumnya juga Adobe membuat aplikasi edit video yang dipakai youtubers.

Aplikasiini menawarkan beberapa mode untuk melakukan pembacaan file pdf, yakni Continuous scroll, Single Page dan juga Reading mode. Jadi selain untuk membaca file pdf, Anda juga bisa menggunakan Adobe Reader sebagai aplikasi edit file pdf.

Kabar baiknya, Anda juga bisa membuat file pdf dengan aplikasi ini agar tidak bisa di salin. Jadi ini membuat dolimen kalian aman dari para copaser. ini adalah apliaksi yang cukup powerfull namun tentunya membutuhkan memori yang besar.

3. Foxit

Jika Anda membutuhkan aplikasi android untuk memmbaca file pdf yang ringan dan gratis namun memiliki kemampuan yang handal, Foxit bisa diandalakan dalam hal ini. Bahkan,meskipun apikasi ini gratis, namun memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam hal edit file pdf. Selain itu, Foxit juga sangat ringan dan juga memiliki keamaan yang bisa diandalkan.

Hal ini karena Foxit memiliki fitur tracking yang dap[at digunakan untuk mengetahui siapa saja yang telah menedit file Anda. Bahkan, ketika file PDF dari hasuil bikinan apliaksi Foxit ini terhubung ke internet, maka Anda akan mendapatkan notifikasi.

Selain itu, dari sisi penggunaan, terdapat fitur yang mana Anda dapat menambahkan file dengan ektesi mp4 maupun audio suara. Sekali lagi, ini gratis dan anda tidak akan dipungus biaya apapun.

4. PDF Reader – PDF Viewer

Selanjutnya ada aplikasi PDF Reader – PDF Viewer yang Anda jadikan sebagai aplikasi android untuk membaca file pdf yang cukup ringan. Fitur yang ditawarkan termasuk juga untuk membaca file PDF dalam mode gelap yang tidakakan menyilaukan mata.

Tak berbeda jauh dengan apikasi PDF Reader diatas, aplikai ini juga bisa digunakan untuk membuka file Excel, Word, Power Point dari email, cloud atau juga dari web secara mudah.

Tidak sedikit orang yang menggunakan apliaksi ini merasa puas. Hal ini dibultikan dengan jumlah unduhan di Playstore yang sangat banyak dengan reting ulasan yang lumayan tinggi.

5. Xodo – Aplikasi Membaca File PDF

Xodo adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membaca file PDF dengan cepat dan mudah di ponsel Android Anda. Aplikasi ini mengklaim cepat saat membuka dan membaca file, yang disimpan sebagai PDF.

Anda dapat menambahkan catatan dan gambar ke PDF dengan cara yang sama seperti Anda menggambar di buku. Menambahkan atau mengedit buku Anda juga secara otomatis menyinkronkannya ke Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Anda dapat langsung mengunduh Xodo dari app store.

Xodo PDF Reader adalah salah satu aplikasi paling serbaguna dan mudah digunakan untuk membuka file PDF. Ini memiliki sejumlah fitur menarik, termasuk memecah satu file menjadi beberapa file, menghapus halaman dari file, mengubah arah halaman ditata, menambahkan halaman kosong ke file, menggabungkan beberapa file menjadi satu dan banyak lagi.

Selain sebagai aplikasi untuk membaca file pdf, ada hal yang cukup menarik yang bisa Anda jadikan pegangan. Aplikasi ini dapat melakukan scan foto atau gambar dengan menggunakan kamera ponsel Android Anda. Jadi, Anda bisa menyimpan foto dalam bentuk file pdf.

Aplikasi Android Untuk Membaca File Pdf yang Ringan

Selain yang tersebut di atas, masih ada sejumlah rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuka dan membaca file PDF yang bisa Anda pilih.

Ini cukup ringan dan tidak akan membebani kinerja ram pada smartphone kalian. Berikut ini daftar apliaksi tersebut.

6. All Document Reader and Viewer

Sejauh ini, aplikasi All Documen Reader and Viewer telah di instal lebih dari 10 juta orang. Ini membuktikan bahwa aplikasi untuk membaca file pdf yang satu ini cukup populer. Hal ini bukan tanpa alasan, karena aplikasi ini dapat digunakan untuk membaca file .docx, .txt, .ppt, .pdf, dan .xls.

Aplikasi ini mengatur file ke dalam struktur folder dan memudahkan untuk menemukan dokumen tertentu. Selain itu, semua file tersedia dengan mudah di satu tempat.

Selain ringan, aplikasi ini juga gratis untuk Anda gunakan. Namun tentu saja, ada iklan yang disematkan didalam aplikasi karena ini adalah versi gratis.

7. OfficeSuite: Word, Sheets, PDF

Aplikasi untuk membaca file pdf yang cukup terkenal yakni OfficeSuite. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini masuk dalam kategori kebutuhan office. Namun, faktanya OfficeSuite juga mampu digunakan untuk membuka filde pdf dan membacanya dengan mudah.

Dan bagusnya, selain membaca, tentunya Anda juga bisa mengedit, memberikan catatan dan juga memberikan komentar pada file pdf dengan aplikasi ini melalui HP Android Anda.

Lebih dari 100 juta orang telah menggunakan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan mereka. Bahkan, rating dari review pengguna juga cukup bagus. Namun, untuk menggunakan semua fitur yang ada, ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan karena sebagian fitur tersebut berbayar.

8. Polaris Office

Kita tau, Aplikasi Google adalah pilihan terbaik untuk melihat file PDF karena juga berisi aplikasi Pembaca PDF lengkap dari Infraware Inc. Demikian pula, Polaris Office merupakan pilihan lain selain Google, yang memungkinkan pengguna untuk membaca semua file Microsoft Office termasuk yang berisi PDF.

Anda dapat dengan mudah mengedit PDF dengan alat yang disediakan oleh Polaris Office dalam fitur PDF-nya. Ini berarti Anda dapat mengintegrasikan corat-coret dalam pekerjaan Anda sebagai bagian dari rutinitas Anda yang biasa. Plus, lebih mudah bagaimana Anda dapat langsung mengedit PDF dengan alat yang disediakan.

Polaris Office adalah aplikasi android untukmembaca file PDF gratis yang kompatibel dengan Microsoft Office yang dapat dibuka di berbagai perangkat, seperti ponsel dan komputer desktop. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit file Word, Excel dan PowerPoint di berbagai perangkat.

Selain untuk membaca, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat file pdf yang cukupmembantu pekerjaan Anda dalam pembuatan ebook tanpa harus membuka laptop.

9. ezPDF Reader

EzPDF Reader menggabungkan aplikasi bisnis dan hiburan dengan sempurna. Itu dapat mengedit dokumen termasuk mengisi formulir dalam format PDF, membuat catatan dan banyak lagi. Dari perspektif bisnis, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengisi formulir dengan file PDF.

Aplikasi ini memberikan hiburan melalui pilihan untuk membaca kumpulan e-book dalam format yang dikenal sebagai EPUB. Alasan ia dapat melakukan ini adalah karena ia menggunakan aplikasi ezPDF Reader, yang memungkinkan Anda melihat koleksi e-book dalam format EPUB.

EPUB merupakan salah satu dari sekian banyak format buku elektronik yang dapat dibaca di perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer. Buku EPUB biasanya dibuat menggunakan HTML dan xHTML, yang merupakan program pemformatan sumber terbuka.

Jadi, ezPDF Reader merupakan aplikasi adnroid untukmebaca file PDF yang sangat powerfull yang banyak digunakan orang. Bisa jadi, Anda adalah salah satu dari mereka.

10. Google PDF Viewer

Aplikasi Android untuk membaca file PDF dari Google sendiri adalah Google PDF Viewer. Bahkan, Google Drive juga sudah terhubung ke aplikasi ini yang berguna untuk menyediakan akses ke file Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk dibaca.

Aplikasi Android ini menawarkan fitur penting seperti mencari dan menyalin teks. Selain itu, terdapat pula fitur penting lainnya.

Google memungkinkan Anda mencari kata atau frasa tertentu dalam dokumen dengan menggunakan aplikasi Google PDF Viewer. Anda bahkan dapat menyalin dan menempelkan teks dan mencetak dokumen secara nirkabel dengan printer yang kompatibel.

Tentu saja, google sebagai pemiliki Playstore paham betul apa yang menjadi keinginan para pngguna pada aplikasi yang dibutuhkan.

11. Nitro Reader – Aplikasi Membaca File PDF

Tidak seperti pembaca PDF lainnya, Nitro Reader membuka file dengan membalik halaman satu demi satu tanpa istirahat. Ini juga memiliki mode layar sentuh yang membuat navigasi lebih mudah dan nyaman. Aplikasi ini dapat dengan nyaman menyorot teks dengan mencoret-coret catatan dan centang di sebelahnya. Hal ini juga dapat digunakan untuk membaca dengan nyaman.

Saat membuat komentar terkait konten dokumen, Anda dapat menggunakan Nitro Reader untuk mengonversi file PDF ke format lain. Nitro Reader saat ini tidak mengizinkan pengguna untuk menambahkan tanda tangan ke konten file PDF.

Untuk menghemat penggunakan batery, Anda bisa menggunakan mode gelap yang tersedia pada aplikasi android untuk membaca file pdf dari Nitro ini.

12. CamScanner – Phone PDF Creator

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana pemindai dokumen dapat dianggap sebagai pembaca dokumen. CamScanner — Phone PDF Creator adalah aplikasi yang digunakan untuk memindai dokumen dan membuka file PDF. Itu juga mampu membaca teks dari file yang dibukanya.

CamScanner dapat mengimpor file dalam bentuk PDF selama Anda menggunakan Phone PDF Creator dalam aplikasi. Ini berarti Anda dapat membuat buku digital dengan CamScanner dengan mengonversi file teks menjadi PDF.

Nah, itulah beberapa aplikasi android untuk membaca file pdf yang cukup populer digunakan oleh kebanyak orang. Silahkan Anda pilih sesuai dengan tingkat kebutuhan Anda sendiri.