Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian Untuk Pemula Paling Praktis

Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian Paling Praktis Bagi Pemula

Jika Anda mencari cara buka tabungan emas pegadaian, Anda berada di tempat dan waktu yang tepat. Karena Joglonesia akan memberikan informasi terkait dengan tabungan emas di pegadaian yang semakin banyak peminat.

Menabung adalah salah satu kegiatan positif dan sebaiknya dibiasakan sejak kecil. Hal ini penting untuk prsiapan masa depan yang lebih baik dan juga hari tua yang lebih tenang.

Hal inilah yang mendorong beberapa perusahaan perbankan mengeluarkan produk tabungan sesuai dengan usia. Seperti halnya dengan tabungan yang cocok untuk mahasiswa atau tabungan untuk nelayan. Tentu saja, mereka memilki kelebihan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

Sama halnya dengan tabungan emas pegadaian, ada beberapa manfaat tabungan emas pegadaian yang bisa Anda pertimbangkan mengingat harga emas tidak terpengaruh inflasi.

Sistem Tabungan Emas

Bagaimana Sistem Tabungan Emas Di Pegadaian?

Anda dapat menggunakan produk Tabungan Emas Pegadaian sebagai pilihan untuk menginvestasikan sejumlah kecil uang yang Anda miliki. Investasi itu penting buat mereka yang memikirkan hari tua, dan tidak selamanya investasi membutuhkan dana yang besar.

Sistem tabungan emas pegadian ini sebenarnya cukup sederhana dan tidak ubahnya seperti tabungan jangka konvensional. Jumlah yang disetorkan bukan masalah, dan kontribusi uang tunai berapapun dapat diubah menjadi emas batangan 24 karat dengan harga yang saat itu berlaku tentunya.

Saldo emas di rekening Anda yang telah terkumpul dapat dicairkan menjadi uang tunai atau di cetak menjadi emas batangan berdasarkan harga logam mulia saat ini.
Aplikasi Pegadaian Digital dan berbagai outlet memungkinkan pemula untuk menyimpan emas. Emas dapat disimpan dalam bentuk tabungan yang dimulai dari bobot 0,01 gram.

Syarat Buka Tabungan Emas Pegadaian

Apa Syarat Buka Tabungan Emas Pegadaian

Untuk memulai menabung emas di Pegadaian tentu saja memilkki beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan sebelumnya. Syarat buka tabungan emas pegadaian ini juga cukup mudah kok, dan tentunya Anda memilikid an mampu menyiapkannya. Adapun persyaratan tersebut meliputi:

1. Warga negara yang memiliki KTP atau Kartu Identitas yang masih berlaku.
2. Melakukan pengisian formulir pendaftaran akun rekening tabungan emas pegadaian.
3. Melakukan pembayaran sebagai biaya transaksi tabungan emas.

Adapun biaya transaksi ini juga berbeda-beda tergantung dari mana Anda melakukan buka rekening tersebut. Untuk melengkapi data ini, berikut ini tabel biaya pembukaan tabungan emas.

Channel Biaya Pembukaan RekeningBiaya Fasilitas Penitipan Emas (per 1 tahun)Pembelian Saldo Emas Biaya Transaksi
Outlet PegadaianRp10.000,- Rp30.000,- 0,01gram–
Pegadaian Syariah DigitalRp0,- Rp30.000,-Rp70.000,-–
Agen PegadaianRp10.000,-Rp30.000,-Rp57.500,-Rp2.500,-
Pegadaian DigitalRp0,-Rp0,-Rp50.000,-–

Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian

Bagaimana Cara Buka Tabungan Emas Pegadaian

Setelah Anda melengkapi dan mempersiapkan persyaratan di atas, Anda bisa mendaftarkan diri untuk buka rekening tabungan. Sedangkan cara buka tabungan emas pegadaian sejauh ini ada beberapa metode yang bisa Anda pilih. Dalam hal ini JogloNesia bagi menjadi 2 kelompok yakni secara online dan offline.

Untuk mempermudah, berikut ini panduan cara buka tabungan emas:

1. Cara menabung secara Offline

Dilansir dari laman resmi pegadaian, dibawah ini adalah cara melakukan pembukaan rekening baru tabungan emas pegadaian secara offline melalui kantor cabang atau outlet terdekat.

  • Membawa Kartu Identitas yang masih berlaku dan mengisi formulir yang telah disediakan.
  • Membayar biaya admin sebesar 10 ribu, biaya sebesar 30 ribu untuk pengelolaan rekening selama 1 tahun dan juga meterai 10 ribu.
  • Setelah semuanya lengkap, Anda akan mendapatkan buku tabungan emas dan bisa mulai menabung minimal 0.01 gram.
  • Melakukan penandatanganan pada buku tabungan
  • Selesai

Cara ini cukup simple dan praktis, namun ada biaya yang harus Anda keluarkan yakni biaya pembukaan rekening. Meskipun tidak terlalubesar, namun tetap wajib melakukan pembayaran tersebut.

2. Cara menabung emas di Pegadaian secara Online

Cara buka tabungan emas pegadaian selanjutnya bisa melalui aplikasi pegadaian digital. Biasanya, Cara kedua ini menjadi pilihan favorit nasabah yang ingin berinvestasi emas batangan di Pegadaian.

Hal ini bukan tanpa alasan karena untuk mebuka rekening baru tabungan emas secara online tidak dikenakan biaya tambahan, alias 0 rupiah.

Dan untuk cara buka tabungan emas pegadaian secara online, silahkan ikuti panduannya sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi “Pegadaian Digital” di Playstore untuk pengguna Android dan AppStore untuk iPhone.
  • Instal aplikasi dan lanjut dengan registrasi sesuai dengan arahan yang ada di aplikasi.
  • Unggah KTP yang masih berlaku sesuai dengan data diri Anda
  • Lakukan pemilihan kantor cabang terdekat untuk mengambil buku tabungan.
  • Lanjut dengan pengisian saldo tabungan dengan minimal 50 ribu rupiah.
  • Selesai

Untuk pengambilan buku tabungan sebaiknya segera dilakukan di kantor cabang yang telah Anda pilih sebelum 6 bulan sejak pembukaan rekening.

Cara Menabung Emas Di Pegadaian Digital

Bagaimana Cara Menabung Emas Di Pegadaian Digital

Untuk melakukan top up saldo tabungan emas secara online cukup mudah. Setelah Anda terdaftar dan memiliki rekening tabungan emas pegadaian, Anda bisa melakukan top up secara online melalui aplikasi yang terlah terintsal di HP kalian.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan cara menabung emas di pegadaian digital berikut ini:

  1. Buka aplikasi Pegadaian Digital Anda dan pastikan jaringan internet cukup bagus.
  2. Login menggunakan akun yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  3. Pilih Rekening mana yang akan di isi (Top Up).
  4. Input besaran nominal top up dengan minimal 50 ribu rupiah.
  5. Tekan menu persetujuan yang muncul dan klik “selanjutnya”.
  6. Periksa kembali transaksi Anda dan pastikan semuanya sudah benar dan klik “Selanjutnya”.
  7. Pilih metode pembayaran yang akan Anda lakukan dan klik “Bayar”.
  8. Akan muncul informasi tentang pembayaran yang harus Anda lakukan berikut dengan nomor rekening virtual yangbisa Anda transfer.
  9. Lakukan pembayaran dan setelah selesai, maka saldo tabungan emas Anda akan bertambah yang dokonversi menjadi emas batangan sesuai dengan harga saat itu.

Cukup mudah bukan bagaimana cara menabung emas melalui aplikasi pegadaian. Bahkan Anda juga bisa melakukan cek saldo tabungan emas dengan aplikasi ini.