Syarat pengajuan pinjaman bank bri tanpa agunan terbaru

Syarat Pengajuan Pinjaman Bank BRI Tanpa Agunan Terbaru

Tidak sedikit orang bertanya apa sebenarnya syarat pengajuan pinjaman Bank BRI ini. Hal ini wajar ketika ingin mendapatkan bantuan modal pinjaman dari Bank pemerintah tersebut. Untuk mengetahui syarat pengajuan pinjaman Bank BRI ini, simak penjelasannya dibawah ini.

Sejauh ini, BRI memang dikenal dengan bank konvensional yang memiliki kantor, tidak seperti Bank Neo Commerce yang lebih fokus pada layanan secara online.

Ada beberapa jenis pinjaman yang ada di BRI dan tentu saja dari setiap jenis pinjaman ini memiliki syarat yang berbeda. Karena peruntukan jenis pinjaman juga berbeda. Misalnya pinjaman untuk para TKI, Pinjaman untuk pegawai atau yang memiliki gaji tetap tiap bulan dan ada juga pinjaman untuk pelaku usaha UMKM.

Dari setiap jenis pengajuan pinjaman ini juga memiliki syarat yang berbeda beda tentunya. Jadi sebelum Anda mencoba mengajukan pinjaman ke BRI, pastikan dulu tujuan Anda dan dari mana nantinya sumber uang sebagai setoran tersebut.

Layanan Pinjaman Tanpa Agunan Bank BRI

Dilansir dari halaman resmi Bank BRI, ada 2 jenis kelompok pinjaman tanpa agunan yang ada, yakni Pinjaman UMKM dan Pinjaman Individu. Tentu saja kedua jenis ini masih dibagi lagi, namun JogloNesia akan mengulas hanya untuk jenis pinjaman tanpa agunan saja dari kedua kelompok tersebut.

Untuk pinjaman tanpa agunan dari kelompok UMKM ada 3 jenis pinjaman yakni KUR Mikro Bank BRI, KUR Kecil BANK BRI dan KUR TKI. Sedangkan untuk pinjaman Individu ada BRIguna Karya yang lebih disebut dengan Kredit Tanpa Agunan.

Dari keempat jenis pinjaman ini semuanya merupakan pinjaman yang tidak memerlukan agunan atau jaminan dalam bentuk fisik, misalya sertifikat atau surat berharga lainnya.

Selain itu, tentu saja limit pinjaman yang bisa Anda dapatkan juga bebeda. Bahkan, kelengkapan data dan kondisi usaha juga mempengarusi berapa limit pinjaman yang di setujui.

Syarat Pengajuan Pinjaman Bank BRI

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa persyaratan yangberbeda dari setiap jenis pinjaman yang Anda ajukan. Karena itulah, berikut ini syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan modal dari BRI.

Syarat Pinjaman KUR Mikro BRI

Pinjaman KUR MIkro BRI ini biasanya diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil atau UMKM. Sedangkan untuk batal limit pinjaman yang bisa Anda dapatkan mencapai 50 juta rupiah. Dan berikut ini syarat dan ketentuan yang bisa Anda pelajari.

  1. Individu atau perorangan yang memiliki atau melakukan usaha yang produktif dan layak.
  2. Usaha telah aktif minimal selama 6 bulan
  3. Tidak sedang dalam piutang bank lain atau menerima kredit dari perbankan. (Kecuali kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, KPR dan juga KKB).
  4. Memiliki Kartu Keluarga (KK), KTP, dan surat ijin usaha.
  5. Limit Pinjaman maksimal Rp50 juta per nasabah atau calon debitur.
  6. Tenor maksimal 5 tahun dengan perincian tergantun jenis pinjaman. Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal tenor masa pinjaman 3 tahun dan untuk Kredit Investasi (KI) memilkki tenor masa pinjaman 5 tahun.
  7. Besaran suku bunga sebesar 6% efektif per tahun
  8. Gratis biaya administrasi dan provisi

Syarat Pinjaman KUR TKI BRI

Pinjaman KUR TKI Bank BRI ini diberikan kepada para calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia) sebagai biaya pemberangkatan. Untuk besarnya limit yang bisa didapatan adalah 25 juta rupiah berdasarkan ketetapan dari pemerintah. Namun, tidak semua TKI bisa mendapatkan pinjaman ini, hanya untuk TKI yang berangkat ke beberapa negara saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini syarat dan ketentuan untuk bisa mendapatkan pinjaman TKI,

  1. Individu atau perorangan yang merupakan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara sesuai ketentuan penempatan.
  2. Melengkapi syarat administrasi berupa identitas diri seprti KTP, Kartu Keluarga, Perjanjian penempatan, Perjanjian kerja dengan pengguna jasa, Visa, Passpor dan juga ketentuan persyaratan lainnya.
  3. Limit maksimal Pinjaman sebesar Rp25 juta atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.
  4. Besaran suku bunga sebesar 6 persen efektif per tahun.
  5. Tidak ada biaya administrasi dan provisi.
  6. Maksimal tenor atau masa pinjaman selama 3 (tiga) tahun atau berdasarkan pada kontrak kerja dari perusahaan penyalur.
  7. Penempatan TKI di negara sebagai berikut: Hong Kong, Taiwan, Singapura, Brunei, Malaysia, Jepang dan juga Korea Selatan.

Syarat Pinjaman KUR Kecil BANK BRI

Pinjaman KUR Kecil BANK BRI adalah jenis pinjaman yang berupa Kredit Modal Kerja dan atau Investasi kepada pelaku usaha yang telah memiliki sebuah usaha yang produktif dan layak. Untuk limit pinjaman jenis ini mencapai maksimal 500 juta rupiah. Namun, meskipun tidak dibutuhkan agunan sebagai syarat, ada kalanya agunan juga akan dipertanyakan dan dibutuhkan dilihat dari situasi dan kelayakan usaha Anda.

Adapun syarat dan ketentuan pinjaman yang harus Anda persiapkan diantaranya adalah:

  1. Memiliki dan menjalankan usaha yang layak dan produktif.
  2. Usaha yang dijalankan telah aktif aktif minimal 6 bulan.
  3. Tidak sedang dlaam piutan denganbank lain atau menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR dan juga Kartu Kredit
  4. Menunjukkan Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang sejenis.
  5. Tenor atau masa pinjaman maksimal 5 tahun tergantung jenis pinjaman dengan perincian sebagai berikut. Untuk Kredit Modal Kerja (KMK) memiliki maksimal masa pinjaman 4 tahun sedangkan untuk Kredit Investasi (KI) memiliki maksimal masa pinjaman 5 tahun.
  6. Besaran suku bunga 6% efektif setiap tahun.

Syarat Pinjaman KTA BRIguna Karya

Pinjaman BRIguna Karya masuk dalam kategori KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang ditujukan untuk pegawai atau karyawan swasta dan memiliki gaji atau penghasilan tetap yang digunakan untuk sumber pelunasan secara mmengangsur tiap bulan. Jadi, tentu saja syarat utama untuk mengajukan KTA BRI ini adalah slip gaji.

Pinjaman ini memiliki limit yang tidak terbatas dan disesuaikan dengan kemampuan calon debitur dalam mengangsur setiap bulan. Karena itulah, slip gaji dibutuhkan sebagai syarat utama pada proses pengajuan. Sedangkan untuk jangka waktu atau tenor mencapai 15 tahun atau mendekati masa pensiun.

Untuk syarat dan ketentuan yang lebih lengkap dari pinjaman atau Kredit Tanpa Agunan ini sebagai berikut.

  1. Fotokopi identitas diri berupa KTP.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Surat keterangan asli tentang pengangkatan awal dan pengangkatan terakhir sebagai karyawan atau pegawai di perusahaan.
  5. Slip Gaji atau bukti penghasilan.
  6. Fotokopi buku tabungan BRI.
  7. Pas foto pasangan suami atau istri (bagi yang sudah menikah).
  8. Surat Rekomendasi dari atasan debitur.
  9. Mengisi formulir permohonan pinjaman BRIguna BRI.

Kesimpulan

Nah, itulah syarat pengajuan pinjaman bank BRI untuk sesuai dengan jenis pinjaman yang diajukan. Dari kesemua jenis pinjaman tersebut di atas, untuk pinjaman UMKM bisa dilakukan secara online dan untuk pinjaman individu harus datang ke kantor cabang terdekat.

Untuk cara pengajuan pinjaman BRI bisa Anda baca pada info selanjutnya di JogloNesia.