Solo Bersiap Menyambut Sheikh MBZ Dalam Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan

Presiden UEA Dalam Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Bulan November ini terasa sangat sibuk di kota Solo. Hal ini karena selama bulan ini ada 3 event besar yang diadakan di Kota Kelahiran Presiden Jokowi. Terutama agenda solo ini adalah terkait dengan Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan.

Sebelumnya dibulan yang sama ada event Haul Habib Ali di kawasan Kecamatan Pasar Kliwon yang diadakan mulai dari tanggal 12 – 16 November. Kini kembali Solo akan ramai dengan hadirnya presiedn UEA (Uni Emirate Arab) yakni Mohammed bin Zayed atau biasa di sebut MBZ.

Selain itu masih juga akan ada acara Muktamar Muhammadiyah yang juga akan di gelar di kota solo. Bahkan tidak tanggung-tanggung, acara muktawar ini rencananya akan dihadiri sekitar 3 juta partisipan dan penggembira yang datang dari seluruh nusantara dan beberapa dari luar negeri.

Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Untuk proses peresmian masjid raya sheikh Zayed Al-Nahyan sendiri akan digelar hari ini tanggal 14 November 2022 oleh kedua pemimpin negara yakni Presiden Jokowi dan Presiden UEA yakni MBZ.

Kedatangan tamu negara VVIP ini sendiri rencananya akan datang ke Solo pagi sekitar pukul 5.00 WIB. Bahkan jalan jalan yang dilalui kedua presiden ini rencananya akan ditutup.

Dari percakapan WA yang viral dan beredar, rute yang akan dilalui mulai ditutup sejak pukul 5 pagi hingga pukul 9 pagi. Bagi masyarakat yang melewati rute tersebut diminta untuk mencari jalan alternatif.

Rute Jalan yang Dilewati Presiden UEA

Adapun rute jalan yang nantinya akan di lewati kedua pemimpin negara ini yakni Tugu Makuto – Perempatan Fajar Indah – Perempatan Tugu Wayang Wisnu Manahan – Pertigaan Pantiwaluyo – Sepanjang Slamet Riyadi – Gladag – Perempatan Panggung – Masjid Sheik Zayed Gilingan.

Bagi masyarakat yang ingin ikut meramaikan acara peresmian masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan ini bisa melihat dan mencegatnya disepanjang jalan tersebut.

Bahkan baliho dan miniatur bendera kedua negara telah terpasang disepanjang jalan tersebut. Tidak tangung-tanggung, baliho berukuran raksasa juga ikut dipajang di jalan yang dilalui untuk meramaikan penyambutan presiden MBZ.

Papan reklame sangat besar bergambar Sheikh Zayed berdiri di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Letjen Suprapto di Desa Sumber dan mengapit jalan di kedua arah.

Disambut Pelajar Sekolah

Anak-anak sekolah sangat senang bertemu dengan presiden Indonesia Jokowi dan presiden UEA MBZ. Mereka akan ikut menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Presiden UEA MBZ.

Anak-anak sekolah akan menyambut dua pemimpin yang sangat dicintai rakyat Indonesia ini. Mereka akan berada di sepanjang jalur yang mereka tempuh saat meresmikan Masjid Agung Sheikh Zayed Al Nahyan pada Senin, 14 November 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Dian Rinta mengatakan, hal ini sudah diantisipasi jauh-jauh hari.

“Sejak awal, sudah kita siapkan, tapi kita masih menunggu rute, begitu rute sudah pasti baru kita tetapkan sekolah yang dilewati (rombongan Jokowi dan MBZ),” kata dia dikutip dari TribunSolo.com, Sabtu 12 November 2022.

“Secara prinsip tidak berjalan terlalu jauh dari sekolah, di sekitar sekolah saja,” tambahnya.

Kabarnya, perjalanan rombongan Jokowi dan MBZ ke Masjid Agung Sheikh Zayed akan dimulai di Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali.

Rombongan Presiden Jokowi dan MBZ kabarnya akan berangkat beriringan menuju ke Masjid Raya Sheikh Zayed dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

Mereka akan melewati kawasan Jalan Adi Sucipto hingga simpang empat Patung Wisnu Manahan. Mereka kemudian belok ke arah selatan menuju ke arah RS Panti Waluyo dari sana lalu berbelok ke timur menuju Jalan Slamet Riyadi.

Rombongan bergerak menuju jalan Jalan Slamet Riyadi melewati Rumah Sakit Panti Waluyo. Setelah sebelumnya melewati perempatan Patung Wisnu Manahan atau Pom Bensin. Dari sana, mereka berbelok ke timur menuju jalan utama Jalan Slamet Riyadi.

Selanjutnya, rombongan akan menuju ke lokasi Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo di Gilingan. Untuk itulah, murid sekolah yang berada di jalur tersebut diharapkan sudah bersiap didepan sekolah mereka untuk ikut meramaikan penyambutan tamu VVIP ini.

Daftar Sekolah Yang Mengikuti Penyambutan Presiden UEA

Jika melihat dari rute yang akan dilalui diatas, maka ada beberapa sekolah yang akan ikut dan kebagian menyambut kedatangan tamu negara ini. Sekolah tersebut diantaranya adalah SMKN 5, SMKN 4, SMKN 6 dan juga SMA Batik 1 Solo.

Namun, tidak semua murid akan turut serta dalam proses penyambutan ini. Mereka yang diperbolehkan hanya untuk kelas 4, 5 dan 6 saja untuk tingkat SD. Dan untuk tingkat SMA dan SMP boleh diikuti semua kelas.

Mereka juga sudah harus bersiap sejak pukul 06:00 WIB hingga pikul 6:15 WIB. Setelah itu tetap masuk kelas untuk mengikuti proses belajar secara offline.

“Stand by pukul 06.00 WIB sampai 06.15 WIB di depan sekolah,” jelas dia.

Adapun siswa dan murid yang mengikuti penyambutan ini tetap memakai seragam harian sesuai dengan ketentuan setiap sekolah masing masing. Selain itu mereka nantinyaakan diberikan bendera mini dari kedua negara yakni Indonesia dan UEA.

Agar tidak rusak, bendera ini nantinya akan diberikan saat mereka sudah stand by di depan sekolah masing masing.