Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah Resmi OJK dan Ilegal
credit image: facebook.com

7 Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah Resmi OJK dan Ilegal

Benarkah ada pinjaman online tanpa verifikasi wajah? apa bedanya verifikasi wajah dan pengenalan wajah? Informasi terbaru dari JogloNesia ini akan membantu Anda memahami apaitu Vermuk atau verifikasi muka (wajah) dan pengenalan wajah.

Layanan PayLater dan aplikasi Kredit Online kian populer di kalangan masyarakat. Begitu juga dengan aplikasi Pinjol dan pinjaman melalui internet juga terus berkembang. Tingginya biaya hidup adalah kenyataan sehari-hari bagi banyak orang di Indonesia. Hal ini terutama berlaku untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaan selama krisis keuangan karena pandemi baru-baru ini.

Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan layanan pinjol untuk memperoleh dana talangan dengan cepat. Dan tentu saja Anda perlu menunjukkan wajah Anda selama proses mengajukan pinjaman melalui Akulaku, Kredivo dan Shopee. Hal ini biasa dilakukan saat penggunaan Dana Cicilan, Pinjaman Tunai atau pinjaman online SPinjam.

Beberapa orang merasa tidak nyaman menggunakan layanan pinjaman online cepat cair karena tahap verifikasi wajah. Orang yang berbeda memiliki alasan yang berbeda untuk ini, tetapi beberapa percaya bahwa proses verifikasi wajah telah mengganggu privasi mereka. Inilah sebabnya mengapa mereka tidak mengajukan aplikasi melalui penyedia pinjaman online.

Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah

Pengajuan pinjaman online seperti SPinjam mengharuskan pengguna melewati verifikasi wajah sebelum pengajuannya diterima. Jika seseorang tidak melewati tahap ini, aplikasi mereka tidak akan diproses.

Calon pengguna aplikasi pinjaman online sering menemui masalah ini. Jika foto di eKTP mereka tidak lolos verifikasi wajah, biasanya karena wajah di foto kurang jelas. Akibatnya, sistem tidak dapat mencocokkan wajah asli pengguna.

Banyak orang menginginkan aplikasi yang dapat mereka gunakan tanpa harus memberikan informasi wajah apa pun. Demikian pula, beberapa orang menginginkan aplikasi serupa sehingga mereka dapat dengan mudah mengajukan pinjaman online tanpa memberikan informasi wajah apa pun.

Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Resmi OJK

Aplikasi pinjol tanpa vermuk akan lebih aman jika telah terdaftar di OJK selaku pengawas lembaga keuangan. Anda bisa menemukan banyak pinjol yang sudah terdaftar dan diawasi OJK diantaranya adalah:

1. Pinjaman Online AsaKita

AsaKita adalah aplikasi yang memungkinkan peminjam untuk mengajukan pinjaman tanpa harus memberikan melakukan vermuk. Ini tersedia secara gratis di App Store dan Google Play Store. Pinjaman AsaKita tidak memerlukan verifikasi wajah. Pelamar hanya perlu memberikan informasi pribadi, kontak darurat dan kartu ID untuk mendaftar.

Proses pengajuan AsaKita membutuhkan pengumpulan semua bahan yang dibutuhkan. Masyarakat yang meminjam melalui AsaKita juga akan menerima akses ke batas pinjaman yang besar, mulai dari 500 ribu hingga 3 juta rupiah. AsaKita dapat memproses aplikasi pinjaman online lebih cepat dari pemberi pinjaman lainnya. Tagline mereka adalah yang tercepat dari semua pemberi pinjaman online. Sedangkan tenor yang ditawarkan oleh pinjol ini maksimal selama 1 tahun.

Dibawah naungan PT Digitron Solusi Indonesia, aplikasi pinjol AsaKita telah resmi terdaftar dan mengantongi ijin dari OJK dengan nomor izin S-291/N B.213/2019 dan website resmi www.asakita.id.

2. Pinjaman Online KoinWorks

Pinjaman dapat diajukan dengan bantuan aplikasi Pinjaman Online yang disetujui pemerintah. Surat kuasa tersebut diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan dengan mengantongi formulir. Formulir ini sudah memberi pengguna akses ke jumlah pinjaman tanpa harus mengirimkan informasi verifikasi wajah. Selain itu, aplikasi KoinWorks mampu memberikan pinjaman hingga Rp 2 Miliar dan ini sangat besar.

Proses pengajuan KoinWorks memerlukan sejumlah persyaratan, antara lain menyediakan SIUP dan menjalankan usaha minimal 1 tahun. Tidak diperlukan verifikasi wajah khusus untuk proses ini, namun tentu saja ada sejumlah administrasi yang harus dilengkapi. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, suku bunga yang ditawarkan oleh KoinWorks tampak sangat masuk akal.

Pinjaman online tanpa verifikasi wajah KoinWork sudah mendaftarkan di OJK dibawah PT Lunaria Annua Teknologi dan nomor izin S-1862/NB.111/2017. Anda juga bisa mempelajari lebih jauh lagi melalui website resminya di koinworks.com.

3. Pinjaman Online DanaBijak

Aplikasi Dana Bijak menyediakan pinjaman yang tidak memerlukan scan wajah. Aplikasi ini hanya mewajibkan pengguna untuk memberikan eKTP, NPWP dan foto selfie saat memegang eKTP. Mereka tidak perlu memverifikasi wajah mereka melalui pemindaian wajah. Saat ini website Dana Bijak menyediakan proses pengajuan pinjaman dengan waktu selama 15 menit.

DanaBijak juga menyediakan aplikasi yang mudah melalui website resmi mereka yakini danabijak.com. Selain itu, aplikasi pinjol tanpa vermuk ini ini memberikan limit pinjaman yang besar dengan waktu pencairan yang singkat.

Pinjaman online DanaBijak yang sudah berdiri sejak tahun 2018 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin S-381/NB.213/2018 atas nama PT Digital Micro Indonesia.

4. Pinjaman Online DanaRupiah

Pinjol tanpa vermuk DanaRupiah terdaftar di OJK dibawah naungan PT Layanan Keuangan Berbagi dengan nomor izin S-380/NB.213/2018. Selain itu, Anda juga bisa mengenalnya lebih dekat dengan mengunjungi situs resminya di danarupiah.id

DanaRupiah merupakan aplikasi pinjaman online yang tidak mengharuskan penggunanya untuk memindai wajah. Seperti aplikasi pinjaman lainnya, ini mengharuskan pengguna untuk mengisi eKTP, memiliki rekening bank, dan tanpa verifikasi wajah. Selain itu, Dana Rupiah mensyaratkan pelamar berusia 55 tahun atau lebih dari 21 tahun.

DanaRupiah menawarkan pinjaman antara 200,000 hingga 80 juta rupiah. Pinjaman online tanpa verifikasi wajah dari DanaRupiah ini memiliki suku bunga yang cukup tinggi. Akibatnya, sangat disayangkan karena peminjam harus membayar bunga tinggi ini dan ini harus Anda perhitungkan dengan matang. Sebelum memutuskan untuk meminjam uang di Dana Rupiah, analisa apakah Anda mampu membayar cicilan pinjaman tersebut.

Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Ilegal

Faktanya, ada banyak juga aplikasi pinjaman online tanpa verifikasi wajah yang belum terdaftar di OJKalias ilegal. Tentu saja, resiko yang harus ditanggung juga cukup besar. Karena itulah Anda harus sangat hati hati ketika ingin pengajuan pinjaman ke pinjol ilegal ini. Bahkan, belum lama ini pemerintah menutup ratusan pinjol ilegal karena tidak terdaftar dan menyengsarakan masyarakat dengan menjebak melalui berbagai cara.

Adapun aplikasi pinjol yang belum terdaftar di OJK diantaranya adalah sebegai berikut:

1. Pinjaman Online Gudang Dana

Ada aplikasi pinjaman online bernama Gudang Dana yang tidak memerlukan verifikasi wajah. Aplikasi ini memungkinkan orang untuk mengajukan pinjaman dengan proses pencairan super cepat.

Saat ini, aplikasi Gudang Dana hanya menawarkan pinjaman dengan tenor terbatas 7 hari sedangkan untuk limit pinjaman hanya sebatas 600 ribu rupiah. Anda bisa mendapatkan pinjaman ini dengan mengunggah foto kartu eKTP Anda, serta foto yang diambil dari galeri smartphone Anda.

Namun sayangnya aplikasi pinjaman online tanpa verifikasi wajah ini belum terdaftar di OJK. Selain itu, suku bunga yang ditawarkan juga lumayan tinggi.

2. Pinjaman Online Dompet Beruntung

Dompet Beruntung adalah aplikasi pinjaman online yang tidak memerlukan verifikasi wajah dengan limit dana yang besar. Ini merupakan salah satu aplikasi pinjaman online tanpa verifikasi wajah yang belum terdaftar di OJK dengan limit yang cukup besar. Namun, informasi mengenai pendapatan bulanan dan juga rekening bank adalah syarat yang diperlukan untuk mendaftar. 4.000.000 adalah jumlah aplikasi yang diterima setiap tahun.

Untuk mengajukan pinjaman Dompet Beruntung, warga Indonesia berusia 18 tahun ke atas dengan batas usia 55 tahun dapat mengajukan permohonan. Tidak diperlukan pengenalan wajah selama pemrosesan aplikasi dan batas limit yang ditawarkan adalah sebesar 4 juta rupiah.

3. Pinjaman Online Prima Plus

Prima Plus menyediakan opsi online untuk mengajukan pinjaman. Mereka memberikan limit pinjaman antara 500 ribu hingga 4 juta rupiah. Ini terbilang cukup besar untuk sekelas pinjaman yang belum terdaftar di OJK. Jangka waktu pembayaran berkisar dari 7 hari hingga satu bulan.

Untuk mengajukan pinjaman melalui aplikasi Prima Plus, Anda harus menyerahkan eKTP sebagai syarat utama. Ini karena Prima Plus adalah aplikasi pinjaman online tanpa verifikasi wajah saat mendaftar. Dan karena belum terdaftar di sistem OJK, pastikan untuk berhati-hati saat mengajukan permohonan.

Keuntungan & Kerugian Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah

Dengan melakukan riset di sini, Anda menemukan bahwa pinjaman online memungkinkan peminjam mengajukan limit tanpa verimikasi muka (vermuk). Perlu Anda ketahui juga bahwa pinjaman dengan persyaratan seperti verifikasi wajah mengurangi keuntungan dan kerugian bagi peminjam. Beberapa keuntungan termasuk tidak ada biaya dan tidak diperlukan verifikasi wajah.

Keuntungan

  • Mendapatkan persetujuan jauh lebih mudah.
  • Hindari memasukkan syarat dan ketentuan yang terlalu rumit.
  • Dengan lebih efisien, proses pembayaran dipercepat.

Kerugian

  • Tingkat risiko sangat besar.
  • Memiliki suku bunga yang sangat tinggi.
  • Jangka waktu pelunasan sangat singkat.

Verifikasi Wajah vs Pengenalan Wajah

Teknologi pengenalan wajah berbeda dengan teknologi verifikasi wajah. Seperti namanya, verifikasi wajah menggabungkan elemen pendukung lainnya untuk memberikan penguatan tambahan. Hanya pengenalan wajah yang dapat mengidentifikasi seseorang dengan benar, meskipun dilihat dari keakuratannya, verifikasi wajah lebih aman daripada hanya pengenalan wajah.

Saat ini, beberapa aplikasi pinjaman online menggunakan teknologi pengenalan wajah dalam proses pendaftarannya. Hingga saat ini, Joglonesia.com belum menemukan adanya aplikasi pinjaman online yang menggunakan teknologi verifikasi wajah saat proses pengajuan atau pendaftaran.

Mungkin dalam waktu dua hingga tiga tahun Anda dapat meminjam uang yang mengharuskan verifikasi wajah saat mendaftar. Jadi dalam hal ini, Anda harus bisa membedakan mana facial verification dan mana yang facial recognition.

Kesimpulan

Pinjaman membutuhkan informasi identifikasi yang jelas, termasuk nama, alamat dan nomor ID. Ini harus disediakan melalui foto selfie atau wajah karena tidak ada jenis pinjaman lain yang memerlukannya. Pinjaman diproses sepenuhnya secara online dan tidak ada cara untuk memproses pinjaman tanpa memberikan data ini.

Jika pinjaman online tanpa membutuhkan verifikasi wajah yang Anda maksud adalah pengenalan wajah, sejauh ini JogloNesia telusuri tidak ada.

Pada akhirnya, perangkat lunak pengenal wajah atau autentikasi akan digunakan untuk mengamankan semua komputer dan akun Kita. Perbankan online baru-baru ini mulai menggunakan teknologi ini. Jika Anda menemukan aplikasi tanpa pengenalan wajah, Anda harus mempertanyakan keamanan aplikasi tersebut.

Joglonnesia menyediakan ringkasan formulir aplikasi pinjaman online ini tanpa memerlukan verifikasi wajah. Data di atas dapat digunakan oleh orang-orang yang kesulitan untuk mengajukan pinjaman online karena kesulitan pembiayaan.

Mungkin JogloNesia bisa memberikan beberapa saran kepada mereka yang tidak terganggu oleh tahap pengenalan wajah. Dengan menggunakan aplikasi pinjaman online resmi yang terdaftar di OJK, dan tanpa harus khawatir dengan potensi risiko, mereka dapat dengan mudah melanjutkan prosesnya.