cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus

5 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Yang Terhapus

Setiap HP yang Anda beli dari toko manapun, tentu saja sudah ada aplikasi bawaan yang terpasang disana. APlikasi ini berguna untuk mendukung kinerja smartphone itu sendiri. Namun ada sebagian orang yang menemukan aplikasi tersebut tiba tiba hilang. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus itu?

Tidak perlu panik karena JogloNesia akan memberikan informasi yang cukup mudah dan berhasil dalam mengembalikan aplikasi yang hilang dari HP anda.

Namun sebelum lebih jauh pada pembahasan, Ada baiknya kita kenali apa yang menjadi penyebab aplikasi terhapus dari HP Anda.

Penyebab Aplikasi Bawaan Terhapus

Penting untuk memahami cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus agar kinerja HP Anda tetap bisa optimal. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi dihapus dari ponsel. Oleh karena itu, sebelum mengembalikan aplikasi tersebut, kenali dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Dengan begitu, kejadian hilangnya aplikasi bawaan pabrik tidak akan terulang kembali diwaktu yang akan datang. Dan berikut ini yang biasa menjadi penyebabnya:

  • Karena cache yang berlebihan, menjalankan aplikasi secara otomatis membuat lebih banyak file sampah di dalam cache.
  • Saat aplikasi diputar, aplikasi tersebut terhapus secara tidak sengaja.
  • Aplikasi serupa dapat menyebabkan crash karena dipasang oleh pengguna.
  • Kapasitas memori telepon melebihi batas secara otomatis. Ini terjadi jika aplikasi diinstal ke ruang penyimpanan default.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Terhapusnya aplikasi bawaan di ponsel dapat menyebabkan masalah besar. Banyak produsen ponsel menggunakan sistem operasi open source dalam produknya. Ini membuat keamanan sangat rentan.

Sejumlah HP memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna mengembalikan aplikasi bawaan yang telah terhapus. Ini berlaku untuk smartphone Android seperti merek Xiaomi, Oppo dan Vivo. Selain itu, merek perangkat seluler lain seperti Motorola dan Samsung juga memanfaatkan fitur ini.

Opsi untuk memulihkan aplikasi bawaan yang terhapus secara tidak sengaja di telepon ada 2 macam. Yakni dengan menggunakan laptop atau juga tanpa bantuan Laptop atau PC.

Nah, kali ini JogloNesia akan memberikan informasi terbaru kepada para Joglonesian kedua macam cara tersebut. Jadi, simak baik baik ya.!

Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Bantuan Laptop

Tentu saja, Anda bisa langsung menggunakan HP anda sendiri untuk mengembalikan aplikasi yanghilang tersebut. Namun, setiap HP memiliki cara yang berbeda beda tentunya.

Karena itulah, berikut dibawah ini panduan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan jenis ponsel kalian masing masing.

iPhone

Cara mengembalikan aplikasi bawaan iphone yang terhapus juga tidak sulit koq. Ada beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk melakukan pekerjaan ini.

Seperti kita ketahui, OS ini memberi pengguna banyak manfaat dibandingkan sistem operasi lain. Namun bukan berarti Anda bisa saja dengan tidak sengaja menghapus aplikasi bawaan pabrik yang ternyata itu sangat mempengaruhi kinerja iPhone Anda.

Ikuti panduan mudah ini untuk memulihkan aplikasi default Anda dari App Store perangkat iOS Anda. Aplikasi apa pun yang tidak sengaja Anda hapus dapat dipulihkan hanya dalam beberapa langkah.

Anda dapat memulihkan aplikasi bawaan iPhone dari app store dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  • Silahkan Anda membuka apliaksi AppStore di iPhone atau iPad Anda.
  • Cari program yang sebelumnya dihapus untuk dipasang kembali.
  • Tekan ikon cloud aplikasi untuk mengakses pemulihan aplikasi yang hilang.
  • Pastikan proses pengembalian ini sudah selesai terlebih dahulu.
  • Setelah menyelesaikan aplikasi, silakan klik tombol Selesai.

Langkah pengembalian software bawaan iPhone ini cukup simpel dan mudah. Anda hanya perlu melakukan panduan diatas secara berurutan.

Xiaomi

Xiaomi mengklaim produknya memiliki fitur mesin pencari, peta, dan browser yang lebih nyaman digunakan dibanding yang lain. Tidak disangka memang, HP ini menjadi pendobrak pasar smartphone dengan fitur canggih namun harga murah.

Tentu saja itu karena dukungan sejumlah aplikasi bawaan yang telah terinstal dari pabrik seperti contohnya aplikasi remote TV. Namun, bukan berarti aplikasi ini tidak bisa terhapus dan ini yang menjadi masalah yang cukup rumit. Hal ini dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk penghapusan yang tidak disengaja atau karena masalah lain-lain.

Ada banyak cara untuk mengembalikan aplikasi ke keadaan default di ponsel Xiaomi. Dan cara termudah adalah dengan menginstal ulang aplikasi tersebut. Tentunya, Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi yang terhapus ini.

Sedangkan untuk mendownload aplikasi yang terhapus ini, Anda bisa mengunjungi situs APK Mirror. sebagai catatan, ada banyak versi berbeda dari aplikasi yang disediakan. Bahkan, Ada juga versi aplikasi yang lebih lama yang dapat diunduh dari situs penyedia aplikasi ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di HP Xiaomi dibawah ini.

  • Buka situs web apkmirror.com.
  • Masukkan kotak pencarian dengan kata kunci seperti “MIUI” untuk menemukannya.
  • Anda akan menemukan aplikasi default mana saja yang ingin Anda instal ulang.
  • Temukan aplikasi yang hilang di ponsel Xiaomi Anda dengan memilih opsi yang Anda butuhkan.

Cara ini cukup sederhana dan mudah yang mana ini tak berbeda jauh dengan mendownload APK kemudian menginstalnya di HP. Jadi, Anda harus menentukan palikasi apa yang telah terhapus tersebut.

Vivo

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di Ponsel vivo ini juga cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri. Anda tidak perlu kawatir, karena JogloNesia akan mengulasnya semua.

Masalah terhapusnya aplikasi tidak selalu datang dari pengaruh luar, bahkan beberapa berasal dari dalam ponsel itu sendiri. Ini juga berlaku untuk ponsel Vivo.

Ketika aplikasi bawaan dari ponsel Vivo terhapus biasanya karena file yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Ini dapat dikaitkan dengan tiga penyebab utama: aplikasi yang macet, file sementara, dan aplikasi lain yang tidak diperlukan. Selain itu, banyak faktor lain yang berkontribusi pada penghapusan aplikasi default.

Caranya silahkan masuk ke file manager, dan cari aplikasi yang terhapus di kolom pencarian. Anda bisa menginstal ulang aplikasi ini jika sudah menemukannya. Dengan begitu, Aplikasi Anda akan kembali terinstal dan kinerja HP jadi tidak terganggu lagi.

Oppo

Tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan saat mengembalikan aplikasi bawaan Oppo yang sebelumnya di-uninstall. Anda tidak perlu mengunduh ulang aplikasi yang sebelumnya dihapus.

Secara default, aplikasi yang ada seperti kamera, kalender, kalkulator, dan Google Chrome disertakan dalam daftar aplikasi. Selain itu, telepon, pesan, galeri, peta google, dan aplikasi google dianggap sebagai aplikasi default.

Ponsel Oppo memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna mengembalikan aplikasi yang sebelumnya terhapus. Ini karena perangkat Android 11 mereka sudah memiliki fitur untuk mengunduh aplikasi yang sebelumnya dihapus dengan cepat.

Dan berikut ini cara download dan restore aplikasi yang hilang tanpa perlu download ulang.

  • Silahkan Anda buka pengaturan pada HP Anda.
  • Pilih manajemen aplikasi dari halaman berikutnya.
  • Pilih “Pulihkan Aplikasi Sistem”.
  • Ponsel akan meminta ijin dan silahkan tekan setujui dan lanjutkan.
  • Setelah meluncurkan aplikasi default untuk pertama kali, file aplikasi yang terhapus akan langsung terlihat.
  • Lanjut dengan mengklik tombol install pada aplikasi bawaan yang ingin direstore, dan silahkan tunggu proses berjalan.

Namun jika Anda pengguna Ponsel Oppo model A5S, Anda bisa mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan metode sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka menu pengaturan di HP Oppo kalian.
  • Selanjutnya, ketuk Atur Ulang lalu ketuk Atur Ulang Data Pabrik.
  • Di layar ini, klik tombol reset untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan default.
  • Setelah Anda menerima pemberitahuan, klik opsi Hapus Semua untuk melanjutkan.
  • Ketika Anda me-restart ponsel Anda, aplikasi bawaan dikembalikan ke keadaan semula.

Nah, cukup mudah kan bagaimana langkah demi langkah cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus ini. Untuk ponsel merek lain biasanya juga hampir sama. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan HP yang Joglonesian miliki.

Penyebab dan cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus

Cara Memulihkan Aplikasi Bawaan yang Terhapus Menggunakan Laptop

Jika kesemua cara di atas belum juga berhasil, Anda bisa menggunakan bantuan laptop untuk mengembalikan setingan pabrik terkait dengan aplikasi yang terhapus itu.

Memulihkan aplikasi dan data melalui laptop atau komputer memang direkomendasikan bagi siapa saja yang memilikinya. Namun tentunya Laptop atau PC anda harus memiliki software khusus bernama Android Data Recoveri.

Software “Pemulihan Data Android” ini bisa Anda instal di laptop yang sebelumnya Anda unduh di laman ini https://www.androiddata-recovery.com/android-phone-recovery.php

Alat Pemulihan Data Android memungkinkan pengguna memulihkan aplikasi sistem yang dihapus dengan sangat mudah. Ini dimungkinkan dengan menggabungkan perangkat lunak pemulihan data dengan modul pemindaian lanjutan. Kedua opsi ini dapat mengakses file di perangkat Android apa pun dan memulihkan aplikasi sistem apa pun yang telah dihapus.

Perangkat lunak ini dapat memulihkan hampir semua jenis data, termasuk video, lagu, game, file teks, dan bahkan film. Itu juga dapat memulihkan data dari sebagian besar tablet dan ponsel Android. Beberapa ponsel yang kompatibel ini termasuk ponsel Samsung, HTC, LG, Micromax, Sony, Dell, Karbonn dan Acer. Merek lain yang didukung oleh perangkat lunak ini termasuk Huawei, Samsung dan Google.

Alat Pemulihan Data Android memiliki beberapa manfaat, seperti yang terlihat pada informasi berikut.

  • mengembalikan data yang hilang untuk semua model perangkat android
  • Memformat kartu memori akan menghapus semua data yang sebelumnya tersimpan di kartu. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk memulihkan data yang dihapus dari kartu yang diformat.
  • Data yang hilang seperti gambar, video, rekaman audio, log panggilan, pesan teks, pesan email, dan lainnya dapat dipulihkan.

Untuk mengembalikan aplikasi bawaan pabrik yang terhapus menggunakan software ini, silahkan ikuti panduan yang mudah berikut. Namun, pastikan Anda telah mengunduh software tersebut dan menginstalnya di Laptop atau PC kalian.

Menyambungkan HP dengan PC

  • Setelah menjalankan Perangkat Lunak Pemulihan Data Android di atas pada komputer, pilih opsi “Data Recovery” dari menu.
  • Selanjutnya Anda akan melihat opsi Pemulihan Data saat perangkat Anda diidentifikasi dengan benar. Ini memungkinkan Anda untuk mulai memulihkan data.
  • Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer melalui kabel USB, dan aktifkan USB debugging pada perangkat sebelum melanjutkan.

Scaning File

Pemulihan Data Android secara otomatis memeriksa semua jenis file saat terhubung ke perangkat. Setelah memilih jenis file mana yang ingin Anda pulihkan, aplikasi menampilkan informasi yang didukungnya secara default.

Saat mengakses menu Pemulihan File di perangkat Android, pengguna memiliki dua opsi yakni Pindai File yang terhapus dan Pindai Semua File. Jika Anda memilih Pindai semua file, itu akan memakan waktu lebih lama karena akan memindai setiap file di HP kalian secara menyeluruh.

Selama proses perbaikan telepon, Anda diminta untuk menekan tombol “Berikutnya” di pojok kanan bawah jika Anda yakin untuk melanjutkan. Proses ini bertujuan memeriksa integritas ponsel Anda terlebih dahulu.

Selama proses pemulihan yang membosankan ini, perangkat Anda harus dibiarkan tidak terganggu. Saat memindai, Anda mungkin akanmenunggu proses panjang yang membutuhkan kesabaran. Namun, bersabarlah karena cara ini lebih akurat dan terbaik dalam memulihkan data yang terhapus.

Pratinjau dan Pulihkan data

Setelah pemindaian selesai, Anda dapat melihat setiap segmen data secara terpisah. Pilih data yang Anda butuhkan dengan mencentang kotak di sebelahnya, lalu ketuk kata “Pulihkan” untuk menyimpannya ke komputer Anda.

Kesimpulan

Nah Joglonesian, itulah langkah demi langkah bagaimna cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus dan juga penyebabnya. Anda bisa memilih cara mana yang cocok untuk Anda gunakan. Semua tutorial diatas memiliki kelebihan masing masing.

Untuk menghindari penumpukan file yang mengakibatkan memori penuh dan menjadikan aplikasi bawaan terhapus,sebaiknya simpan file video dan foto di google drive atau cloud gratis bawaan HP. Cara ini akan lebih aman dan mempu meningkatkan kinerja HP Anda.

Temukan Informasi Jogja Solo Indonesia dan juga lainnya dari joglonesia.com di Google Berita