Tak Ingin Diteror Pinjol, Begini Cara Menghapus Akun EasyCash

Tak Ingin Diteror Pinjol, Begini Cara Menghapus Akun EasyCash

Tidak sedikit orang yang trauma dan terganggu dengan sms maupun WA dari beberapa pinjol. Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda sudah pernah mendaftarkan untuk pengajuan pinjaman online. Bukan hanya teror, namun juga banyak pesan promo yang menawarkan pengajuan kredit dan pinjaman cash seperti EasuCash. Lantas, bagaimana cara menghapus akun easycash agar tidak ada lagi data yang berada di server mereka.

Seperti kita ketahui, sejumlah promosi gencar dilakukan oleh beberapa perusahaan fintech yang menawarkan kredit dan pinjaman uang cash. Seperti yang bisa Anda temukan di facebook, Yup Card, Credinex, NeoBank dan juga EasyCash akan menghiasi beranda facebook dan juga sosial media Anda.

Mereka menawarkan segudang kemudahan untuk Anda melakukan pengajuan pinjaman. Entah itu dalam bentuk uang cash maupun penjaman pembayaran barang secara kredit. Danketika Anda mencoba mendaftarkan diri mengajukan pinjaman, maka nomer HP kalian akan tercatat dalam database perusahaan fintech tersebut.

Meskipun Anda sudah tidak punya tanggungan hutang lagi, Anda akan sering mendapatkan pesan baik lewat SMS, Notifikasi mapun pesan WA. Bahkan, dalam sehari bisa sampai 3 kali Anda mendapatkan sms penawaran dari pinjol tersebut. Dan biasanya ini dilakukan oleh pinjol ilegal atau yang belum terdaftar di OJK.

Inilah yang membuat sejumlah masyarakat jengkel dan berusaha mencari tahu bagaimana cara menghapus akun di pinjaman online.

Cara Menghapus Akun EasyCash

Sebenarnya, ada sejumlah larangan yang telah diatur oleh OJK tentang promosi pinjaman online melalui SMS. Larangan ini berdasar pada Peraturan OJK (POJK) Nomor 07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Kendati demikian, pinjol ilegal terus melakukan spam SMS yang terkadang sangat mengganggu.

Meskipun ini sering dilakukan oleh perusahaan fintech ilegal, namun sejumlah pelanggan pinjaman online legal seperti Akulaku, Easycash dan KreditPintar juga ingin menghapus data mereka dari database perusahaan jasa keuangan.

Dalam hal ini, tim Joglonesia akan mengambil salah satu contoh fintech yakni EasyCash. Cara ini bisa juga Anda terapkan pada perusahaan jasa keuangan lain yang mana Anda ingin data pribadi Anda dihapus.

Namun, Anda juga bisa membatalkan pinjaman EasyCash dengan mudah sebelum terlanjur meminjam uang di perusahaan ini.

Cara menghapus akun pinjaman online di Easycash sangat mudah. Ini bisa Anda lakukan sendiri dengan cara offline maupun secara online. Namun, sebelum joglonesia memberikan informasi terkait cara menghapus akun easycash, ada baiknya Anda pertimbangkan kembali dari sisi untung ruginya.

EasyCash memang salah satu perusahaan jasa keuangan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan, dari hasil review yang ada di playstore, hampir semua memberikan rating yang cukup bagus dan sangat membantu dalam hal keuangan. Namun, jika Anda telah selesai berurusan dengan easyCash maupun pinjol lainnya, ada baiknya data pribadi Anda bisa dihapus secara permanen.

Perlu Anda ketahui, EasyCash bukan hanya aplikasi pinjaman online, melainkan juga aplikasi untuk investasi. Jadi, jika Anda merasa memang sudah tidak membutuhkan mereka lagi, ada 5 macam cara menghapus akun pinjaman online di EasyCash.

4 Cara Menghapus Data Akun Pinjalam Online EasyCash

Ada 4 langkah untuk menghapus akun EasyCash secara bersih dan akurat yang bisa Anda lakukan. Namun pastikan dulu bahwa Anda sudah tidak memiliki tanggungan apapun untuk melakukan penghapusan data ini.

1. Hubungi Customer Service EasyCash

Cara menghapus akun EasyCash yang paling utama dan pertama adalah menghubungi customer service. Cara ini bisa Anda lakukan dengan 2 metode, yakni melalui call center atau sambungan telepon dan yang kedua yakni menghapus data melalui aplikasi EasyCash.

Silahkan hhubungi call center EasyCash dan sampaikan apa yang menjadi keluhan Anda yakni penghapusan akun. Customer Service akan memandu Anda dan mebmerikan insstruksi tentang cara penghapusan akun. Setelah Anda mengajukan permohonan ini, CS akan melakukan pengecekan dan mengkonfirmasi proses penghapusan akun Anda.

Dan cara kedua yakni Anda lakukan sendiri melalui aplikasi EasyCash.

  1. Buka Aplikasi EasyCash
  2. Pilih Menu “SAYA” yang ada dibagian kanan bawah layar.
  3. Lanjut dengan memilih opsi “Pengaturan” yang berada aling bawah.
  4. Pilih Menu Penghapusan akun.
  5. Pada halama selanjutnya ini, Anda akan melihat informasi apakah Anda masih memiliki tanggungan hutang atau tidak. Jika sudah tidak ada, maka silahkan klik tombol “Permohonan Penghapusan”.
  6. Dihalaman ini, ada sejumlah pilihan alasan penghapusan akun. Anda bisa memilih lebih dari satu alasan dan jangan lupa jelaskan secara detail alasan Anda pada form paling bawah. Silahkan pilih alasan Anda dan klik tombol Selanjutnya.
  7. Selesai dan silahkan tunggu pihak EasyCash akan mengkonfirmasi penghapusan akun Anda.

Jika proses ini telah anda lewati semua, makan pihak EasyCash akan menghubungi Anda melalui email. Jadi, pastikan email Anda masih aktif.

2. Menghapus Aplikasi Easy Cash

Setelah menghubungi call center atau customer service EasyCash, langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi dari hp Anda. Ini perlu Anda lakukan agar aplikasi tersebut sudah tidak bisa lagi mengakses data yang ada pada smartphone Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa aplikasi pinjaman online membutuhkan izin untuk mengakses data mulai dari foto, kontak dan sejumlah data lain. Dan saat Anda menginstal aplikasi tersebut tentunya ada permintaan izin untuk anda setujui terkait akses data yang ada di HP kalian.

Selain itu, dengan menghapus aplikasi EasyCash, tentunya ruang penyimpanan Anda akan bertambah lega dan bisa Anda gunaklan untuk instal aplikasi lain misalnya aplikasi ivestasi saham atau terserah mana yang Anda perlukan. Juga, dengan berkurangnya aplikasi yang sudah tidak Anda butuhkan akan membuat kinerja HP semakin cepat.

Jika Anda kurang paham bagaimana menghapus aplikasi yang ada di smartphone Anda, silahjkan ikuti panduan berikut ini:

  • Buka menu setting/pengaturan perangkat.
  • Pilih opsi menu aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi EasyCash atau aplikasi yang akan Anda hapus.
  • Tekan bagian penyimpanan.
  • Klik menu hapus data.
  • Pilih menu “OK” untuk menghapus aplikasi tersebut.

3. Mereset HP

Untuk memastikan bahwa perangkat Anda sudah bebas dari file yang tidak Anda inginkan, lakukan pereseten HP untuk dikembalikan ke setelan pabrik. Cara ini cukup ampuh bukan hanya untuk membersihkan aplikasi EasyCash saja, namun semua aplikasi yang bikan bawaan pabrik semua akan hilang.

cara menghapus data ktp di pinjaman online

Jadi, HP Anda akan kembali seperti baru saja saat Anda membelinya. Anda bisa melakukan pemasangan ulang aplikasi apa saja yang Anda butuhkan dari awal. Untuk pemasangan ulang nantinya Anda tinggal masuk ke aplikasi playstore dan pilih opsi “Aplikasi Saya”.

Sedangkan untuk mereset ke setelan pabrik, silahkan tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan sampai HP mati dan menyala kembali. Ini membutuhkan waktu beberapa saat dan juga pastikan Bateray HP dalam keadaaan cukup terisi.

4. Ganti Nomor Hp Baru

Dari ketiga cara yang telah tersebut diatas, jika masih saja pihak pinjol melakukan promo melalui SMS atau WA, maka langkah terakhir dalam cara menghapus akun EasyCash adalah melaporkan nomer tersebut ke layanan pegaduan konsumen dan segera mengganti nomor HP yang baru.

Ini adalah cara yang paling terakhir yang bisa Anda tempuh jika tidak ingin terganggu dengan sms dari pinjol. Namun, kebanyakan orang tidak ingin mengganti nomor HP yang baru mengingat sudah banyak teman atau saudara yang menyimpan nomor Anda.

Alasan Kenapa Hapus Akun Itu Penting

Sebelum Anda malakukan penghapusan data akun EasyCash, penting untuk Anda pahami terkait perizinan yang diminta oleh aplikasi tersebut. Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa setiap kali Anda melakukan instalasi apliaksi pinjol, mereka akan meminta izin untuk mengakses data pribadi Anda.

Dan ini adalah hal yang wajib Anda waspadai karena aplikasi pinjaman online biasanya meminta izin untuk akses kontak, lokasi, jaringan internet, SMS dan juga telepon. Bahkan ada juga sejumlah aplikasi yang meminta izin untuk mengakses akun sosial media dan juga internet banking.

Karena itulah, cara menghapus akun EasyCash juga harus Anda lakukan sampai benar benar bersih dari smartpohone Anda. Jadi, singkatnya aplikasi itu akan meminta akses ke smartphone Anda dan jika Anda tidak memberikan izin, maka pinjaman juga tidak akan bisa dicairkan.

Lebih detail lagi tentang akses yang diminta biasanya adalah sebagai berikut:

  • Kontak dimana aplikasi akan membaca semua kontak yang Anda simpan di HP.
  • Lokasi, Aplikasi pinjol akan mengakses perkiraan lokasi Anda dengan bantuan GPS.
  • WIFI yang mana mereka bisa mengetahui terkait sambungan WIFI yang Anda gunakan.
  • Media Baik foto, video maupun kamera juga akan diakses oleh aplikasi tersebut.
  • Membaca informasi panggilan dan juga ID Perangkat Ponsel Anda.
  • Melakukan pembacaan identitas dan juga status ponsel Anda.
  • Melakukan panggilan telepon secara langsung.

Dengan begitu banyak akses data yang mereka butuhkan, ini membuktikan bahwa pengguna tidak memiliki banyak privasi di ponselnya lagi.

Karena itulah tidak sedikit yang memberikan arahan dan merekomendasikan untuk menghapus informasi pribadi mereka dari pinjaman online. Ini mencegah aplikasi mengakses lokasi Anda, detail kontak, atau data sensitif lainnya yang dapat disalahgunakan.

Syarat Menghapus data di EasyCash

Untuk sukses cara menghapus akun EasyCash, tentunya ada persyaratan mutlak yang wajib Anda lakukan. Hal ini terkait dengan tanggungan dan biaya yang masih terutang atau sebaliknya, Anda masih memiliki sejumlah investasi disana.

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa EasyCash tidak hanya melayani pinjaman online, melainkan juga tempat bagi Anda berinvestasi. Jadi, cek dulu apakah Anda masih memiliki dana yang tersimpan atau juga masih memiliki hutang di perisahaan jasa keuangan easyCash.

Jadi silahkan bayar hutang yang masih tersisa dan pastikan anda sudah tidak lagi menggunakan aplikasi EasyCash.

***

Baca Informasi Jogja – Solo, Indonesia lainnya di Google Berita