Tabel Biaya Kartu Kredit Danamonm Bunga dan Denda keterlambatan

Tabel Biaya Kartu Kredit Danamon dan Denda Keterlambatan

Tentu saja, setiap kartu kredit memiliki biaya tahunan dan bunga yang berbeda dan disesuaikan dengan jenis kartu tersebut. Buat kalian yang ingin membuat kartu kredit, simak penjelasan mengenai tabel biaya kartu kredit Danamon dan juga besaran bunga cicilan berikut ini.

Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang sangat diminati oleh masyarakat. Selain lebih mudah dan praktis dalam penggunaannya, kartu kredit juga menawarkan berbagai keuntungan, seperti program reward dan cashback.

Tabel Biaya Kartu Kredit Danamon

Di Indonesia, salah satu pilihan kartu kredit yang banyak digunakan adalah Kartu Kredit Danamon. Kartu kredit ini menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi penggunanya, mulai dari biaya tahunan yang terjangkau hingga kemudahan dalam pembayaran tagihan.

Namun, sebelum menggunakan kartu kredit Danamon, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai biaya-biaya yang harus dibayarkan. Biaya-biaya tersebut meliputi biaya tahunan, biaya administrasi, bunga kartu kredit, dan denda keterlambatan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih detail mengenai biaya-biaya kartu kredit Danamon dan bagaimana cara mengelolanya dengan baik.

Rincian Biaya Kartu Kredit

Bukan hal yang aneh memang bahwa kartu kredit membutuhkan biaya terutama biaya tahunan. Bahkan, hampir semua bank yang menyediakan kartu kredit akan menarik biaya tahunan.

Namun, ada juga beberapa perusahaan perbangkan yang membebaskan biaya tahunan untuk produk kartu kredit mereka. Namun, ini biasanya juga hanya pada satu tahun awal pembuatan karena untuk tahun berikutnya tetap akan ada biaya yang dibebankan kepada nasabah.

Baca Juga: Pinjaman Online Bank Danamon Tanpa Bunga Limit 15 Juta

Seperti contohnya Katru Kredit Jenius dari bank BTPN yang pada tahun pertama bebas biaya tahunan, namun tetap akan membebankan biaya di tahun kedua dan selanjutnya.

Untuk Anda yang saat ini memilih Bank Danamon sebagai lembaga perbankan dlaam membuat kartu kredit, berikut ini beberapa biaya yang bisa Anda pelajari.

Biaya Tahunan

Biaya tahunan adalah biaya yang harus dibayar setiap tahun untuk pemakaian kartu kredit. Besaran biaya ini dapat bervariasi tergantung jenis kartu kredit dan bank yang digunakan.

Untuk biaya kartu kredit Danamon, biaya tahunan yang dikenakan tergantung dari jenis kartu kredit yang dipilih. Kartu kredit Danamon memiliki sedikitnya 10 jenis kartu yang bisa Anda baca di artikel sebelumnya disini: Pengajuan Kartu Kredit Danamon.

Namun, biaya tahunan ini bisa menjadi lebih murah atau bahkan gratis jika Anda memenuhi persyaratan tertentu, seperti membeli produk tertentu dengan kartu kredit atau melakukan transaksi dengan nilai yang sudah ditentukan. Untuk tabel biaya kartu kredit Danamon bisa Anda baca di bawah.

Biaya Administrasi

Biaya administrasi adalah biaya yang dikenakan setiap kali terjadi penggunaan kartu kredit, seperti biaya transfer dana, biaya pengambilan uang tunai, dan biaya penarikan uang tunai di ATM.

Sama halnya dengan biaya tahunanm, untuk biaya administrasi yang dikenakan oleh kartu kredit Danamon tergantung pada jenis kartu kredit dan jenis transaksi yang dilakukan.

Biaya administrasi untuk transfer atau pengembalian dana adalah sebesar 35 ribu rupiah. Sedangkan biaya tarik tunai kartu kredit danamon di ATM sebesar 5% dari jumlah penarikan dengan minimal Rp 125.000. Dan untuk biaya administrasi untuk pembayaran tunai di teller bank adalah sebesar 75 ribu rupiah.

Bunga Kartu Kredit

Bunga kartu kredit adalah biaya yang harus dibayar jika pembayaran tagihan tidak dilakukan penuh dalam waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Kartu Kredit Jenius BTPN, Ini Faktanya

Suku Bunga kartu kredit yang dikenakan oleh kartu kredit Danamon adalah sebesar 1,75% per bulan dan ini mulai diberlakukan sejak 1 juli 2021. Namun, bunga kartu kredit ini bisa lebih rendah jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik dan memenuhi persyaratan tertentu.

Denda Keterlambatan

Biaya atau Denda keterlambatan adalah biaya yang harus dibayar jika pembayaran tagihan kartu kredit tidak dilakukan tepat waktu. Denda keterlambatan yang dikenakan oleh kartu kredit Danamon adalah sebesar 3% dari jumlah tagihan yang belum dibayar atau minimal Rp 50.000.

Sedangkan untuk denda keterlambatan maksimum sebesar 150 ribu perbulan dan denda ini akan dikenakan setiap bulan sampai tagihan dilunasi penuh.

Biaya Lain

Selain beberapa biaya yang telah disebutkan diatas, masih ada sejumlah biaya lain yang menjadi tanggungan Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Denda overlimit mulai dari 50 ribu hingga 100 ribu (tergantung jenis kartu).
  2. Biaya cetak tagihan sebesar 25 ribu rupiah perbulan.
  3. Biaya Materai seebsar 10 ribu untuk transaksi diatas 5 juta.
  4. Biaya notifokasi melalui HP sebesar 10 ribu ripuah/bulan.
  5. Pelunasan dipercepat sebesar 5 persen dasi sisa pinjaman pokok dan bunga berjalan.
  6. Biaya kenaikan limit sebesar 25 ribu rupiah.
  7. Biaya penukaran poin melalui Hello Danamon sebesar 15 ribu ripiah (selain kartu kredit Classic, Gold dan Danamon Grab).
  8. Biaya penggantian kartu karena rusak atau expired sebesar 50 ribu ripuah.
  9. Biaya cicilan melalui pihakketiga sebesar 15 ribu rupiah.

Itulah beberapa biaya yang bisa menjadi tanggungan Anda dalam penggunakan karti kredit Danamon. Namun, semua biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktus esuai dengan kebijakan bank.

Tabel Biaya Tahunan Kartu Kredit Danamon.

Untuk tabel biaya tahunan sendiri berbeda-beda tiap jenis kartu. Untuk memudahkan Anda dalam memahami biaya tahunan ini, berikutini tabel yang bisa Anda pelajari sebelum pengajuan kartu kredit di bank Danamon.

Tabel dan Biaya Kartu Kredit Danamon Mastercard, Visa dan JCB

DeskripsiClassicGoldDanamon GrabPlatinumJCB PreciousWorldInfiniteWorld EliteBusiness CardCorporate Card
Kartu UtamaRp250.000Rp400.000Rp450.000Rp600.000Rp800.000Rp1.200.000Rp1.500.000Rp6.000.000Rp2.500.000Rp170.000 s/d Rp650.000
Kartu TambahanRp75.000Rp150.000Rp250.000Rp250.000Rp400.000Rp500.000Rp750.000Rp2.000.000Rp1.000.000N/A
Family PackRp300.000Rp450.000N/ARp750.000N/ARp1.500.000Rp1.700.000N/ARp3.500.000N/A

Tabel dan Biaya Kartu Danamon American Express

DeskripsiBlue Credit CardGold Credit CardGold Business CardGreen Charge CardGold Charge CardPlatinum Charge CardCorporate Card
Kartu UtamaRp250.000Rp350.000Rp500.000Rp650.000Rp1.200.000Rp12.000.000Rp170.000 s/d Rp650.000
Kartu TambahanRp90.000N/ARp250.000Rp400.000Rp750.000FreeN/A
Family PackN/ARp500.000N/AN/AN/AN/AN/A

Kesimpulan

Kartu kredit Danamon menawarkan biaya yang terjangkau bagi masyarakat yang ingin memiliki kartu kredit. Biaya yang harus dibayar tergantung pada jenis kartu kredit dan jenis transaksi yang dilakukan. Biaya tahunan yang dikenakan oleh kartu kredit Danamon tergolong murah dibandingkan dengan kartu kredit dari bank lain.

Baca Juga: Resmi Mulai Dibuka, Segini Bunga KUR BRI 2023 (Tabel KUR BRI)

Selain itu, biaya administrasi yang dikenakan oleh kartu kredit Danamon juga cukup kompetitif dan tergolong rendah. Namun, Anda tetap harus memperhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku, karena biaya-biaya kartu kredit Danamon dapat bervariasi tergantung dari jenis kartu kredit dan jenis transaksi yang dilakukan.

Untuk menghindari biaya-biaya yang tidak perlu, sebaiknya gunakan kartu kredit dengan bijak dan teliti setiap transaksi yang dilakukan.

Pastikan untuk selalu membayar tagihan tepat waktu agar tidak dikenakan denda keterlambatan dan bunga kartu kredit yang tinggi. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan batas limit kartu kredit dan tidak melebihi batas tersebut untuk menghindari biaya administrasi yang tinggi.

Dalam penggunaan kartu kredit, sebaiknya selalu diingat bahwa kartu kredit bukanlah alat pembayaran yang gratis. Ada biaya-biaya yang harus dibayar dan jika tidak dikelola dengan baik, penggunaan kartu kredit dapat menjadi beban keuangan yang berat.

Oleh karena itu, pastikan untuk memahami dan mengelola biaya kartu kredit Danamon dengan baik dan bijak, sehingga Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan efektif dan efisien tanpa harus merasa terbebani dengan biaya yang harus dibayar.


Info Lebih lanjut baca di Google News