Kartu Kredit Jenius BTPN

Kartu Kredit Jenius BTPN, Ini Faktanya

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan dunia online, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Jenius yang mana mereka menggunakan Jenius untuk transaksi secara online sebagai pengganti kartu kredit virtual. Namun kini, tersedia kartu kredit Jenius BTPN dalam bentuk fisik dengan limit hingga 500 juta.

Wel, ini adalah angka yang fantastis untuk jenis karti kredit yang bisa dikategorikan untuk pemula. Mungkin karena inilah banyak yang berbinding bnding menggunakan kartu kredit Jenius BTPN ini.

Namun, sebelum kalian juga ikut dalam trend ini, yuk simak beberapa fakta lain dari kartu kredit Jenius BTPN ini agar kalian semakin paham dalam menentukan kredit pinjaman.

Kartu Kredit Jenius BTPN

Apa itu kartu kredit Jenius Visa?

Kartu kredit Jenius visa merupakan kartu kredit yang bisa kalian dapatkan secara digital melalui aplikasi Jenius. Jadi di aplikasi Jenius itu memiliki layanan perbankan yang cukup lengkap yakni tabungan, deposito, investasi serta ada juga pinjaman.

Dan pinjaman ini memiliki tiga bentuk, yakni kartu kredit, paylater dan ada juga flexi case. Jadi kartu kredit Jenius adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang mana bisa kalian gunkaan untuk bertransaksi dengan menggunakan limit pinjaman yang tersedia.

Adapun limit pinjaman akan disesuaikan dengan penghasilan dan setelah terjadi transaksi, kalian dapat merubah tagihan menjadi cicilan sampai dengan 36 bulan.

Perbedaan Kartu Debet Dan Kartu Kredit

Bagi yang belum paham, kartu debit dan kartu kredit itu berbeda. Kalau misalkan kalian transaksi dengan menggunakan kartu debit, itu akan memotong saldo pada tabungan Anda.

Sedangkan kalau kalian transaksi dengan menggunakan kartu kredit, maka kalian meminjam uang pada bank. Dan pinjaman ini wajib kalian kembalikan pada saat jatuh tempo untuk mendapatkan bunga 0%.

Jadi sampai disini sudah cukup jelas ya mengenai perbedaan kartu debet dan kartu kredit baik Jenius maupun kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank lain.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Jenius

Tentu saja, untuk melakukan pengajuan dan bisa menggunkaan fasilita kartu kredit Jenius BTPN, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi. Ini adalah hal yang paling ditungu oleh Joglonesiam tentunya.

Baca Juga: Pinjaman Untuk Karyawan Kontrak Tanpa Jaminan Limit Besar

Adapun syarat tersebut meliputi hal hal sebagai berikut dibawah ini:

Memiliki akun Jenius Aktif

Jadi syarat pertama dan utama untuk bisa memiliki kartu kredit Jenius fisik ini adalah memiliki akun Jenius yang aktif. Jadi kalian harus punya tabungan rupiah. Dan jika kalian belum terdaftar dan memiliki tabungan Jeniusm silahkan kalian download dulu aplikasinya di appstore atau playstore. Lanjut dengan mendaftar Jenius ya.

WNI usia 21 Tahun

Lalu syarat kedua warga negara indonesia dan berusia minimal 21 tahun. Tentu saja ini adalah syarat yang sudah tidak asing lagi bagi kalian ynag terbiasa dengan dunia keuangan. Jadi, penggunkaan kartu kredit jkenius ini hanya bisa diajukan oleh warga negara Indonesia saja.

Minimal Penghasilan

Syarat ketiga untuk bisa mengajukan Jenius Credit Card ini adalah memiliki penghasilan minimal 3 juta perbulan. Apapun jenis pekerjaan kalian itu bebas. Pegawai tetap, pegawai kontrak, profesional, atau bahkan wiraswasta tetap bisa menggunakan layanan kartu kredit dari Bank BTPN ini.

Selain itu kamu juga tidak perlu punya kartu kredit di bank lain. Kamu bisa buka kartu kredit Jenius untuk jadi kartu kredit pertama dan kartu kredit Jenius cocok untuk pemula.

Flexi Cash Aktif

Syarat terakhir ini memang agak berbeda karena untuk sementara, kartu kredit Jenius itu diberikan kepada pengguna fleksi case yang aktif.

Jadi ini adalah fasilitas tambahan bagi pengguna Flexi Cash yang memang cukup bagus. Tentunya kalian pengguna flexi cash semakin terbantu dengan hadirnya Kartu Kredit Jenius dalam bentuk fisik ini.

Jadi untuk urutan pengajuan kredit card Jenius adalah seperti ini: Tabungan Jenius, lalu flexi cash Jenius dan terakhir adalah kartu kredit Jenius. Dan setelah berhasil disetujui oleh genius, kalian akan mendapatkan kartu kredit Jenius visa.

Jenis Kartu Kredit Jenius

Perlu Joglonesian pahamai juga ya bahwa ada dua tipe kartu kredit dari Jenius ini, yakni kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan. Jadi kartu kredit utama di Jenius itu disebut dengan d-Card dan akan kalian dapatkan setelah melakukan aktivasi pada aplikasi.

Adapun, kalian juga diberikan fasilitas d-Card virtual dan bisa langsung kalian gunakan untuk transaksi online selagi kartu fisiknya dikirimkan ke alamat kalian. Namun jangan lupa untuk segera melakukan aktivasi kartu fisik agar d-Card bisa dipakai dalam transaksi offline.

Untuk d-Card virtual ini biasa digunakan untuk pembelian produk dari luar negeri seperti aliexpress contohnya. Nah, dengan menggunakan kartu kredit virtual ini, kalian bisa lho berbelanja produk2 import langsung dari china misalnya.

Selanjutnya ada kartu s-card yang merupakan jenis kartu kredit tambahan dan kalian bisa mengajukan dengan batas maksimal sebanyak 5 kartu. Jenis kartu ini biasanya diberikan kepada keluarga, misalnya kepada istri untuk kebutuhan belanja atau untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat.

Selanjutnya kartu kredit jenis visa yang telah kamu dapatkan dapat digunakan untuk beberapa jenis transaksi-transaksi offline di dalam negeri, tarik tunai di atm, transaksi online di merchant lokal dan juga merchant internasional, transaksi offline di luar negeri.

Limit Pinjaman Kartu Kredit

Transaksi dengan menggunakan kartu kredit Jenius itu cukup mudah namun kalian harus berhati hati karena limitnya yang tergolong besar. Limit minimal yang mereka tawarkan adalah sebesar itu 2 juta dan limit maksimal itu 500 juta.

Baca Juga: Pengajuan Kredit Renovasi Rumah Bank BTN dan Syaratnya

Adapun limit kartu kredit jenis visa itu bersifat titik gabungan dengan flexi cash di mana pembagian limit dapat diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing melalui fitur yang ada di aplikasi.

Sebagai contoh apabila kita mendapatkan limit sebesar 100 juta, maka bisa bagi pada kartu kredit adalah 50 juta dan limit fleksi case sebesar 50 juta.

Jadi buat kalian yang suka berbelanja, jangan sampai kebablasan ya karena limit yang mereka berikan cukup fantastis. Jika kalian tidak bisa mengintrol, bisa jadi kalian akan terjebak dalam hutang yang cukup besar.

Biaya Kartu Kredit Jenius

Tentunya hal yang paling Joglonesia tunggu adalah terkait dengan biaya dengan kartu kredit yang harus menjadi beban kalian. Nah adapun biaya kartu kredit kenius ini ada bebrapa macam.

Iuran Tahunan

Biasanya biaya kartu kredit yang paling diperhatikan oleh pengguna kartu adalah iuran tahunan. Di Jenius, iuran tahun pertama untuk kartu kredit utama adalah bebas tanpa syarat.

Untuk terus bisa mendapatkan bebas biaya pada tahun-tahun berikutnya, kalian diharuskan untuk mencapai transaksi minimal sebesar 30 juta per tahun. Namun jika transaksi kalian di bawah 30 juta pertahun, maka tentu saja kalian akan dikenakan iuran tahunan sebesar 500.000.

Bunga Transaksi

Selain itu, ketika menggunakan kartu kredit jenius btpn, kalian juga perlu tahu tentang bunga dan biaya transaksi lain yang ada di kartu kredit tersebut. Pertama adalah bunga transaksi maksimal itu 21% per tahun. Lalu biaya tarik tunai di atm adalah 2% dari jumlah transaksi minimal Rp 50.000.

Untuk tarik tunai sendiri kalian bisa menggunakan ATM manapun yang berlogo visa. Jadi, tidak berbeda jauh jika kalian menggunakan ATM di bank lain untuk melakukan penarikan. Hanya saja beban biaya disini dihitung berdasarkan prosentase.

Denda dan Biaya Meterai

Selain biaya diatas, masih adalagi biaya meterai yakni sebesar 10.000 apabila transaksi di atas 5 juta. Bahkan, kalian juga akan dikenakan denda over limit sebesar Rp 100.000 apabila menggunakan kartu kredit melebihi limit pinjaman yang telah diberikan.

Misalnya limit pinjaman 10 juta tapi transaksi 10 juta lebih 500 rupiah, maka kalian akan tetap terkena denda limit ini. Dan terakhir ada denda keterlambatan pembayaran sebesar 1% dari total tagihan maksimal 100.000.

Simulasi Perhitungan Bunga

Lantas bagaimana dengan simulasi perhitungan bunga pada kartu kredit Jenius ini? Apabila menggunakan kartu kredit jenis visa untuk melakukan transaksi, misalnya pada tanggal 24 februari tertransaksi 1.050.000 lalu pada tanggal 2 kita transaksi 150.000 dan pada tanggal 13 kita transaksi 120.000, maka total tagihan pada bulan maret adalah 1.320.000.

Baca Juga: Pengajuan KTA MNC Bank, Syarat dan Tabel Angsuran Tiap Bulan

Nah tanggal cetak tagihan itu berbeda dengan tanggal jatuh tempo. Jadi tanggal jatuh tempo itu biasanya sekitar 14 hari sejak tanggal cetak tagihan.

Yang paling penting adalah kalian wajib membayar lunas sebelum tanggal jatuh tempo agar bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga sama sekali alias bunga 0%.

Apabila ternyata kalian hanya membayar minimal, yaitu 5% sebesar 66.000, maka akan akan ada sisa tagihan pada bulan maret sebesar 1.254.000. Tagihan ini jika ada sisa, maka kalian akan terkena bunga, tapi kalau kalian membayar lunas maka tidak akan terkena bunga sama sekali.

Jadi jika kalian tidak membayar lunas maka dari simulasi diatas kalian akan terkena bunga sebesar sebesar 40.951.

Cara Pengajuan Kartu Kredit Jenius

Untuk kalian yang tertarik mengajukan kartu Jenius bisa itu caranya cukup mudah. Karena kalian bisa mendaftarnya secara online melalui aplikasi.

Jadi, kalian tidak perlu mengunjungi bank BTPN untuk melakukan pendaftaran ini. Ssmua bisa kalian kerjakan melalui smarthone kamu ya.

Download Aplikasi Jenius di Playstore

Silahkan kalian download aplikasi Jenius dan install. Lanjut dengan membuka aplikasi tersebut dan scroll ke bawah sampai ketemu informasi terbaru untuk kamu. Dibagian ini kalian akan menemukan kartu kredit jenis visa, lalu silahkan klik aja berikutnya.

Disini kalian akan menemukan beberapa promo seperti double point sesuai dengan pilihan kamu. Jadi ini adalah promo-promo yang sedang berlaku yang akan kalian dapatkan. Seperti contohnya promosi yang berlaku adalah dapatkan satu kali y-point buat mereka bertransaksi minimal 10.000 dan nikmati dua kali y-point dengan bertransaksi di kategori pilihan.

Jika kalian sudah paham dan yakin, silahkan lanjut dengan klik aja “ajukan sekarang”.

Mengisi data Diri

Kemudian dari Jenius akan meminta beberapa data informasi pribadi. Informasi ini adalah informasi terkait dengan data diri seperti nama ibu kandung, jumlah tanggungan dan tingkat pendidikan terakhir.

Selain itu, tentunya Jenius juga akan minta alamat tempat tinggal, informasi pendapatan, informasi pekerjaan dan terakhir adalah informasi kerabat dekat. Adapun informasi kerabat dekat yang diminta bisa orang tua atau saudara.

Kalian juga akan diminta untuk mengisi alamatnya provinsi, kota, nomor handphone dan nomor telepon rumah yang sifatnya opsional.

Di sini kalian perlu memastikan bahwa data itu itu benar dan valid karena nanti dari pihak Jenius akan melakukan verifikasi via telepon. Jadi dari Jenius akan melakukan telepon kepada kalian dan kepada saudara yang tidak serumah atau kerabat yang tidak serumah.

Perlu kalian catat bahwa, misalkan nomor telepon ini tidak terangkat maka pengajuannya akan otomatis dibatalkan. Jadi kalian perlu memastikan untuk mengangkat telepon dari Jenius untuk memastikan pengajuan kartu kredit bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Ajukan Kartu Kredit

Langkah selanjutnya pada pengajuan Kartu kredit Jenius BTPN adalah memastikan bahwa datanya itu benar dan kalian lanjut dengan klik kirim. Pihak dari Jenius akan meminta persetujuan untuk analisis dan verifikasi data. Setelah itu kalian centang “saya telah membaca dan menyetujui pernyataan di atas” dan klik “lanjutkan”.

Berikutnya kalian akan diminta untuk memasukkan password. Apabila sudah kamu klik kirim, maka proses pengajuan kartu kredit jenis visa sudah selesai tinggal tunggu ke tahapan berikutnya.

Kesimpulan

Setelah emmbaca semuanya secara detail, tentunya ada kesimpulan yang bisa Joglonesia tentukan. Tentu saja ada kekurangan dan kelebihannya dan ini bisa menjadi pertimbahan kalian.

Adapun kelebihan yang pertama yakni

  • Pengajuan dan aktivasi bisa dilakukan secara online.
  • Kedua, sudah keluar limit sesuai dengan kebutuhan.
  • Ketiga fleksibel untuk ubah transaksi menjadi cicilan hingga 36 bulan.

Dan itulah dia 3 kelebihan utama. Tapi tentu saja juga ada kekurangannya karena mengharuskan nasabah untuk mengaktifkan flexi Cash. Tapi, bagi sebagian orang ini bukanlah masalah karena fleksi cash ini adalah salah satu pinjaman online dengan bunga paling murah.

Jadi itulah faklta dari kartu kredit jenius BTPN yang bisa kalian pahami. Soal keputusan, silahkan kalian tentukan sendiri untung rugi dan tingat resikonya.


Baca Informasi menarik lainnya di Google News